cover
Contact Name
Anny Wahyuni
Contact Email
anny123@unja.ac.id
Phone
+6285281412786
Journal Mail Official
anny123@unja.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Edu Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 28090098     DOI : https://doi.org/10.22437/jeso
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Edu Sosial: jurnal Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang menerbitkan makalah hasil penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan Jurnal ini terdiri dari Ilmu Pegetahuan sosial yang tediri dari bidang Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosologi, Pendidikan PPKN yang meliputi • Sistem Pendidikan, • Kurikulum, • Nilai-Nilai Pendidikan, • Media Dan Sumber Pembelajaran • Evaluasi Pembelajaran • Dan Topik Terkait Lainnya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial" : 9 Documents clear
Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Dalam Melanjutkan Studi S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi Nirmala Winda; Arpizal Arpizal; Novia Dwi Srijayanti
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.812 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.18315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga secara parsial maupun simultan terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan kuantitafif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 sebanyak 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi awal, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPPS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel efikasi diri secara parsial berpengaruh terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,490 > 2,002. Variabel lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,830 > 2,002. Variabel efikasi diri dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2, dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 22,764 > 3,16. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 44,4%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi.
Pengaruh Distribusi Penduduk Tidak Merata Dan Pendapatan Perkapita Terhadap Pembangunan Ekonomi Di Indonesia Sebagai Negara Sedang Berkembang: Indonesia Tiara Anjawarti; Rosmiati Rosmiati
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2499.713 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.20674

Abstract

Sebagai negara sedang berkembang Indonesia mengalami banyak sekali hambatan dalam pembangunan ekonomi. Menurut hasil sensus penduduk 2020 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menujukan jumlah penduduk Indonesia adalah sekitar 270,20 juta, namun 56,10% berfokus pada pulau jawa saja hal ini juga menyebabkan pendapatan perkapita menjadi rendah. Dengan adanya kondisi dari distribusi penduduk yang tidak merata dan pendapatan perkapita yang rendah, maka akan dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan sumber data sekunder dan prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Prosedur analisis penelitian ini mengguanakan teknik analisis model Miles and Huberman, aktivitas analisis data yaitu data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian relevan menunjukan dimana pulau Jawa yang memiliki jumlah penduduk yang banyak namun total PRDB lebih rendah daripada pulau Kalimantan. Artinya bahwa, distribusi penduduk yang tidak merata dan pendapatan perkapita berpengaruh negatif terhadap pembangunan ekonomi. Kedua faktor tersebut menjadi penghambat terjadinya pembangunan ekonomi di Indonesia  
Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua Dan Literasi Ekonomi Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Jurusan PIPS Universitas Jambi: Indonesia Kartika Nawang Wulan; Khairinal Khairinal; Refnida Refnida
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.912 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.20965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status ekonomi orang tua dan literasi ekonomi secara parsial maupun simultan terhadap pola konsumsipada mahasiswa PIPS Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di Jurusan PIPS Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Ex Post Facto. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan bantuan google form yang disebarkan pada sampel penelitian sebanyak 210 mahasiswa Jurusan PIPS Universitas Jambi. Teknik pengambilan sampel dengan Sample Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan thitung> ttabel (2,119>1.971); (2) terdapat pengaruh X2 terdapat Y diperoleh thitung> ttabel (6,974>1,971); (3) terdapat pengaruh secara simultan, X1 dan X2 terhadap Y berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung> Ftabel (29,724>3,04) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,223 yang berarti bahwa Pola Konsumsi dipengaruhi Status Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi sebesar 22,3%.
Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Pendidikan (Studi Kasus Masyarakat Penerima Bantuan Sosial Pkh Di Kecamatan Jambi Timur: Indonesia Wildah Fauziah Muhata; Suratno Suratno; Hidayatul Arief
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.698 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.21131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana bantuan pendidikan (studi kasus masyarakat penerima bantuan sosial PKH di Kecamatan Jambi Timur). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data dari penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara bersama keluarga penerima manfaat (sebagai data utama) dan wawancara bersama koordinator PKH kota jambi serta pendamping (sebagai data penunjang) serta data sekunder diperoleh dari dokumen atau peraturan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan efektivitas penggunaan dana bantuan pendidikan (studi kasus masyarakat penerima bantuan sosial PKH di Kecamatan Jambi Timur) sudah berjalan efektif sesuai akan tetapi masih terdapat beberapa KPM yang menggunakan dana bantuan PKH untuk keperluan lain. Dana bantuan pendidikan PKH digunakan khusus untuk pembiayaan pendidikan hal ini dapat dibuktikan dari hasil monitoring dan evaluasi pendamping ke sekolah-sekolah dengan melihat apakah kebutuhan untuk menunjang pendidikan sudah terpenuhi atau belum, ketika dimonitoring dan evaluasi sudah efektiv. Baju, tas, sepatu dan kebutuhan sekolah sudah rapi dan layak digunakan untuk menunjang pendidikan.
Pengaruh Self Efficacy Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akhir Angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi: Indonesia Selvina K Parangin-Angin; Siti Syuhada; Hidayatul Arief
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.767 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.21535

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggetahui pengaru self efficacy dan soft skill terhadap kesiapan kerja  maha.siswa akhir angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akhir angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi dengan jumlah 60 mahasiswa dan menggunkan teknik sampling total. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif, yang datanya bersumber dari penyebaran angket melalui google formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh self efficacy terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikan sebesar 0,043 dan nilai thitung = 2,067 lebih besar dari nilai thitung = 1,671. (2) Terdapat penggaruh soft skill terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai thitung = 6,403 lebih besar dari nilai thitung = 1,671. (3) Terdapat pengaruh self efficacy dan soft skill terhadap kesiapankerja dengan nilai Fhitung > Ftabel (20,147 > 3,16).
Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual: Indonesia Andre Mustofa Meihan; Merci Robbi Kurniawanti; Junita Yosephine Sinurat
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.942 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.22359

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat menumbuhkan motivasi belajar sejarah siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (literature review). Sehingga dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis beberapa Jurnal, buku, dan, sumber data/informasi yang berhubungan dengan penelitian. Memilih sumber primer maupun sekunder akan menjadi sesuatu yang diperhitungkan, sebab nantinya sumber inilah yang akan dianalisis sesuai kebutuhan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat menumbuhkan motivasi belajar sejarah siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Probllem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xi Bisnis Daring Dan Pemasaran Di Smk Negeri 1 Kota Jambi: Indonesia Era Susianty; Khairinal Khairinal; Arpizal Arpizal
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.118 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.22385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar penataan produk antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk Pre-Test Post-Test Control Group Design, yang dilaksanakan pada kelas XI BDP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI BDP 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini Instrumen penelitian menggunakan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar penataan produk yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi atau mengalami peningkatan dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai thitung> ttabel (3,06>1,998) dengan df 62 dan α 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar penataan produk siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Pengaruh Praktek Kerja Industri Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 1 Kota Jambi): Indonesia Ririn Kartika; Arpizal Arpizal; Novia Sri Dwijayanti
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.6 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.22388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktek kerja industri dan dukungan keluarga baik secara parsial ataupun secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI jurusan bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa/i kelas XI bdp 1,2,dan 3 sejumlah 96 responden. Teknik dalam pengambilan data yaitu dengan menggunakan angket dalam bentuk google formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel praktek kerja industri secara parsial berpengaruh terhadap kesiapan kerja yang dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05 dan hasil thitung > ttabel dimana 8,676 > 1,985. Variabel dukungan keluarga secara parsial berpengaruh terhadap kesiapan kerja yang juga dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05 dan hasil thitung > ttabel dimana 5,052 > 1,985. Dan secara simultan juga berpengaruh dimana Fhitung > Ftabel atau 39,896 > 3,09.
Sejarah Pemikiran Gerakan Reformasi : Indonesia Lisa Rukmana; Yoan Mareta
Jurnal EduSosial Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.753 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v2i2.22405

Abstract

Abstrak: Reformasi mengubah wajah politik di Eropa kemudian perubahan itu terjadi di bagian-bagian dunia. Reformasi digagas oleh Martin Luther, seorang pastur di Jerman yang merasa prihatin dengan kondisi umat Kristen. Selain kepapaan masyarakat Kristen yang bertolak belakang dengan kondisi kehidupan mewah para penguasa dan para pastur Gereja, pemberlakuan praktek penjualan Surat Penghapusan Dosa atau yang disebut Surat Aflat menjadi penyebab munculnya dorongan untuk menyusun ulang pola kehidupan masyarakat Kristen. Luther memprotes penyelewengan pihak gereja dengan mencetuskan 95 Dalil dan memakunya di pintu gereja, usaha itu mendapat sambutan dari cendikiawan-cendikiawan Barat yang terbuka pikirannya. Buah dari penerimaan itu reformasi gereja bertransformasi menjadi gerakan pembaharuan pada kesadaran teokrasi yang lebih kuat, perubahan dan pembaharuan bentuk-bentuk hidup gereja, sikap aktif terhadap politik, hingga cara pandang reformasi bertransformasi memuat nilai-nilai utama yang menjadi landasan dan harapan berproses, bernegara dan bermasyarakat. Kata kunci: reformasi, gereja, Katolik Roma, Martin Luther, Calvinisme Abstract: The reforms changed the face of politics in Europe then those changes took place in those parts of the world. The Reformation was initiated by Martin Luther, a priest in Germany who was concerned about the condition of Christians. In addition to the poverty of the Christian community which is contrary to the luxurious living conditions of the rulers and priests of the Church, the imposition of the practice of selling penance letters or the so-called Aflat letter is the cause of the urge to rearrange the pattern of Christian community life. Luther protested against the irregularities of the church by inventing the 95 Theses and nailed them to the door of the church, the effort received a response from Western scholars who were open-minded. The result of the acceptance of church reform is transformed into a movement of renewal in the consciousness of a stronger theocracy, change and renewal of the forms of church life, an active attitude towards politics until the perspective of reform is transformed to contain the main values that are the foundation and expectations of the process, state, and society. Keywords : reformasi, gereja, Katolik Roma, Martin Luther, Calvinisme

Page 1 of 1 | Total Record : 9