cover
Contact Name
Ikhsan Kamil
Contact Email
lppm@stiemb.ac.id
Phone
+6287824726400
Journal Mail Official
ikhsan.kamil@stiemb.ac.id
Editorial Address
Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
ISSN : 25415255     EISSN : 26215306     DOI : https://doi.org/10.31955/mea.v6i2
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan tentang perkembangan teoritik, artikel ilmiah, dan hasil penelitian, yang akan diterbitkan berkala 3 kali dalam 1 tahun.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019" : 24 Documents clear
PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, SOLVABILITAS DAN FIRM SIZE TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA Sheren Joselyn Lais; Namira Ufrida Rahmi; Sally Hartono; Shinta Chandora
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.719 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Solvabilitas, dan Firm Size terhadap Audit Delay pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan teknik pengambilan berdasarkan kriteria sebanyak 40 perusahaan, dengan jumlah observasi sebanyak 88 laporan keuangan tahunan dari sektor barang konsumsi yang menerbitkan laporan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Pengujian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for Social Science) ver.17.0 , dengan variabel independen yaitu Mekanisme Corporate Governance, Solvabilitas dan Firm Size Terhadap variabel dependen yaitu Audit Delay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mekanisme Corporate Governance, Solvabilitas , dan Firm Size tidak berpengaruh terhadap Audit Delay, dengan kontribusi nilai adjusted R square sebesar 3,3%.
PENGARUH OPINI AUDIT, FINANCIAL DISTRESS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA Namira Ufrida Rahmi; Justin Stefano; Junaidi Chou; Fenni Rae; Bella Vanty Saragih
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.862 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Opini Audit, Financial Distress dan Ukuran Perusahaan terhadap Auditor Switching pada perusahaan konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 yang berjumlah 36 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 perusahaan yang diseleksi dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial hanya Opini Audit berpengaruh terhadap Auditor Switching pada perusahaan konsumsi di Bursa Efek Indonesia sedangkan Financial Distress dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Auditor Switching pada perusahaan konsumsi di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH AUDIT TENURE, SPESIALISASI AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN DAN AUDITOR SWICTHING TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Namira Ufrida Rahmi; Hengky Setiawan; Jane Evelyn; Yuni Utami
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.455 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana Pengaruh audit tenure, spesialisasi audit, ukuran perusahaan dan auditor swicthing terhadap kualitas audit pada perusahaan manufaktur sektor barang konumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia Tahun 2014-2017 secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 yang berjumlah 40 perusahaan dan sampel dalam penelitian ini adalah 23 perusahaan yang diseleksi melalui kriteria tertentu. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Audit Tenure, Spesialisasi Audit, Ukuran Perusahaan dan Auditor Switching secara parsial tidak berpengaruh terhadap Kualitas Audit pada perusahaan manufaktur sektor konsumsi di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, DISCOUNT DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PENGUNJUNG TRANSMART CARREFOUR BUAH BATU BANDUNG Martiana Wulandari; Ai Lili Yuliati
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1163.258 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.150

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait Shopping Lifestyle, Discount dan Fashion Involvement Pengunjung Transmart Carrefour Buah Batu Bandung. Berdasarkan hasil pra survey, secara keseluruhan pengunjung Transmart Carrefour Buah Batu Bandung kurang cukup tertarik untuk melakukan pembelian tak terencana (impulse buying) terhadap produk yang ada di Transmart Carrefour Buah Batu Bandung bahkan pengunjung dapat beralih ke pusat perbelanjaan lain yang lebih menarik dalam memberikan diskon dan memiliki banyak pilihan model terhadap produk-produk fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle, discount dan fashion involvement terhadap impulse buying pengunjung Transmart Carrefour Bandung Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling jenis Purposive Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel shopping lifestyle, discount, fashion involvement dan impulse buying berada pada kategori baik. Hasil analisis regresi berganda menunjukan variabel shopping lifestyle, discount, fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, besarnya berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying sebesar 79,5%, dan 20,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci: shopping lifestyle, discount, fashion involvement, impulse buying
ANALISIS PERBANDINGAN KARAKTERISTIK PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DITINJAU DARI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DI KOTA BANDUNG Flores Cantika Timoer; Arlin Ferlina Mochamad Trenggana
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1003.742 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.157

Abstract

Di Indonesia terdapat dua macam pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Seiring berkembangnya pasar modern, lokasi gerainya pun berdekatan dengan pasar tradisional. Sehingga hal tersebut menimbulkan persaingan dengan sesama pasar. Hal ini, membuat product, place, price, promotion, people, physical evidencedan processmerupakan faktor penting untuk menarik konsumen. Untuk menarik konsumen diperlukan strategi bauran pemasaran yang efektif. Namun, untuk menentukan strategi bauran pemasaran yang telah efektif, hal tersebut hanya dapat dinilai oleh konsumen. Pasar Palasari dan Griya Buah Batu merupakan contoh pasar tradisional dan pasar modern yang bersaing untuk mendapatkan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bersaing pasar tradisional dengan pasar modern dengan strategi bauran pemasaran sebagai parameter. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif yang melibatkan masing-masing 100 orang pengguna atau yang pernah berbelanja di Pasar Palasari dan Griya Buah Batu sebagai responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa strategi bauran pemasaran Pasar Palasari berada dikategori cukup baik. Dari ketujuh dimensi yang diteliti, dinyatakan bahwa dimensi harga memiliki skor paling tinggi. Sedangkan dimensi dengan skor paling rendah adalah dimensi promosi. Strategi bauran pemasaran di pasar modern Griya Buah Batu berada pada kategori baik. Dari ketujuh dimensi yang diteliti, dinyatakan bahwa dimensi tempat memiliki skor paling tinggi. Sedangkan dimensi dengan skor paling rendah adalah dimensi harga.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA Nanda Din Nurazizah; Majidah Majidah
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1005.905 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.160

Abstract

Harga saham perdana salah satunya ditentukan oleh underwriter, pihak yang memiliki informasi lebih banyak mengenai pasar modal dibandingkan dengan calon emiten. Adanya kondisi asimetri informasi ini dapat memberikan peluang kepada masing-masing pihak untuk mencapai kepentingan pribadinya, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kondisi underpricing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial leverage, return on assets (ROA), konsentrasi kepemilikan, tingkat inflasi dan listing delay terhadap tingkat underpricing baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang melakukan IPO di BEI periode 2015 – 2017. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 39 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews versi 9.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial leverage, ROA, konsentrasi kepemilikan, tingkat inflasi, dan listing delay berpengaruh secara simultan terhadap tingkat underpricing. Sedangkan secara parsial, ROA berpengaruh negatif terhadap tingkat underpricing. Tingkat inflasi berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing. Financial leverage, konsentrasi kepemilikan, dan listing delay tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing secara parsial.Disarankan kepada peneliti selanjutnya dapat menambahkan tahun penelitian yang terbaru dengan menggunakan variabel yang tidak berpengaruh dalam penelitian ini. Untuk variabel financial leverage dapat menggunakan Debt to Assets Ratio (DAR) atau Time Interest Earning Ratio (TIER) sebagai proksi. Kata kunci: Tingkat Underpricing, Initial Public Offering, Informasi Keuangan, Informasi Non Keuangan.
PENGARUH LIKUIDITAS, REPUTASI AUDITOR DAN DISCLOSURE TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN Anindya Sekar Ayu Miraningtyas; Siska Priyandani Yudowati
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.302 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, reputasi auditor dan disclosure terhadap pemberian opini audit going concern pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang didapatkan dari website resmi Bursa Efek Indonesia, populasi penelitian ini adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2013-2017, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan dalam periode penelitian selama 5 tahun, sehingga diperoleh 40 data sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, reputasi auditor dan disclosure berpengaruh secara simultan terhadap pemberian opini audit going concern. Kemudian hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif terhadap pemberian opini audit going concern, reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern dan disclosure berpengaruh positif terhadap pemberian opini going concern. Kata kunci: likuiditas, reputasi auditor, disclosure, going concern
PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) (Studi pada Karyawan Hotel Bintang Empat di Semarang) Aurilia Triani Aryaningtyas; Aletta Dewi Maria Th
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.748 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.163

Abstract

Penelitian ini menguji kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB), menggunakan pendekatan kuantitatif melalui instrumen survei terhadap 188 karyawan hotel bintang empat di Semarang. Hasil menunjukkan keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasional secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap OCB melalui kepuasan kerja. Implikasi teoritis atas hasil penelitian mendukung teori maupun penelitian yang sudah ada, sedangkan implikasi manajerial menyarankan pada organisasi (industri perhotelan) untuk mempertimbangkan keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasional sebagai faktor yang cukup penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan OCB.
PENGARUH DIMENSI KEPERCAYAAN (TRUST) KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA E-COMMERCE DI INDONESIA Indirasari Cynthia Setyoparwati
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.222 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.165

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan integritas (integrity) vendor terhadap kepuasan pelanggan e-commerce di Indonesia. Data dari penelitian ini diperoleh 200 kuisioner yang didistribusikan kepada pengguna e-commerce. Analisis statistik yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Variabel ability tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan e-commerce. Sedangkan, variabel benevolence dan integrity berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan e-commerce. Penelitian ini membahas dalam bidang Sistem Informasi Manajemen dan Perilaku Konsumen, khusususnya aplikasi e-commerce. Lingkup bahasan yang diteliti adalah dimensi kepercayaan konsumen dan pengaruhnya terhadap kepuasan dalam transaksi melalui e-commerce.
DOES POLITICAL CONNECTION AND CONSERVATISM INFLUENCE EARNINGS MANAGEMENT? Tubagus Mahardhika; Vita Elisa Fitriana
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (871.08 KB) | DOI: 10.31955/mea.v3i3.181

Abstract

The purpose of this research is to determine the influence of the political connection and conservatism toward earnings management. The sample in this research are manufacturing companies that listed on Indonesia Stock Exchange (IDX) which consist of 126 observation which come from 63 companies for the period of 2016-2017. Multiple linear regression is used to analyze the hypothesis in this research. The results show that political connection has no significant effect towards earnings management, meanwhile conservatism has significant effect towards earnings management.

Page 1 of 3 | Total Record : 24