cover
Contact Name
Fatkhurahman
Contact Email
fatkhurahmanq8@gmail.com
Phone
+6285265497158
Journal Mail Official
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Editorial Address
Jln. Suka Karya No 125 , Pekanbaru, Riau 28299
Location
,
INDONESIA
Jurnal Bisnis Kompetitif
ISSN : -     EISSN : 28295277     DOI : https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i3.1194
Core Subject : Social,
Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta penyebarannya dengan ilmu di kalangan intelektual, praktisi, mahasiswa dan pemerhati masalah bisnis.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2022)" : 16 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) CABANG KOTA SOLOK Tin Agustiani; Gustina Gustina; Ika Yuanita
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.965 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan (Tangible, Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy) terhadap kepuasan nasabah dan untuk mengetahui dimensi pelayanan yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kota Solok. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner menggunakan purposive sampling kepada 100 orang nasabah yang datang ke kantor Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kota Solok. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan dengan tingkat pengaruh sebesar 33,4%. Dimensi terbaik terletak pada dimensi Tangible dan yang terendah pada dimensi Empathy. Dalam rangka peningkatan kualitas layanan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah, disarankan BNI Cabang Kota Solok perlu memperhatikan beberapa item yang telah diuji dalam penelitian ini, agar BNI Cabang Kota Solok dapat mengevaluasi kembali kinerja petugas/karyawannya dalam memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas serta memberikan kemudahan dan keamanan bagi nasabah dalam bertransaksi, karena dalam penelitian ini kontribusi kepuasan paling rendah terdapat pada dimensi Assurance dan Empathy.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN INDRAGIRI HULU Warnadi Warnadi; Muhklas Adi Putra
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.966 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1185

Abstract

PPID Kabupaten Indragiri Hulu memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dibidang informasi. PPID fokus dalam mewujudkan kualitas pelayanan informasi yang prima bagi masyarakat di Kabupaten Indragiri Hulu. Sehingga masyarakat dapat menerima layanan informasi dengan prinsip cepat dan tepat waktu, biaya ringan dan cara yang sederhana karena dikelola secara baik dan efisien sehingga dapat diakses dengan mudah. Dan PPID Kabupaten Indragiri Hulu juga dipandang perlu untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai keterbukaan informasi publik agar pelayanan informasi dibidang publik menjadi maksimal.
KUALITAS PELAYANAN JASA DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA FOCUS CLINICAL LABORATORY PEKANBARU Widya Triana Putri; Arizal N; Zulia Khairani
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.058 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1186

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Laboratorium Klinik Focus Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dari Focus Clinical Laboratory Pekanbaru tahun 2020 sebanyak 7747 pasien. Karena populasi yang besar maka dengan menggunakan rumus Slovin maka sampel dalam penelitian ini adalah 99 pasien. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan pengolahan data menggunakan program SPSS. Pada penelitian ini berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan dengan thitung (8,486) > ttabel (1,980), maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang nyata antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Selain itu nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Persentase pengaruh variabel independen terhadap dependen adalah sebesar 42,6% sedangkan sisanya 57,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini seperti harga, promosi dan sebagainya untuk penelitian selanjutnya guna menambah variabel. untuk mendapatkan R2 yang lebih besar.
PENGARUH KOMPENSASI, KEPEMIMPINAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KEDISIPLINAN PNS BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI RIAU Wiko Rusmansyah
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.201 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1187

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kompensasi, kepemimpinan dan pengendalian terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil pada organisasi pendapatan asli daerah Provinsi Riau. Sampel penelitian adalah Pegawai Negeri Sipil pada Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Riau sebanyak 74 orang atau 25% dari jumlah penduduk. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan strategi pengumpulan data menggunakan proportional stratified random sampling, strategi information interview dengan wawancara dan kuesioner menggunakan skala Likert dan penggunaan analisis persamaan regresi linier berganda. Hasil akhir koefisien determinasi (R2) adalah 26,10 yang berarti bahwa seluruh variabel berpengaruh terhadap disiplin sebesar 26,10% dan sisanya sebesar 73,90% faktor lain yang tidak diteliti lagi. Hasil uji F-hitung sebesar 8.231 menunjukkan bahwa kompensasi, kepemimpinan, dan pengendalian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap disiplin. Pengaruh secara parsial kompensasi sebesar 50,60%, kepemimpinan sebesar 25,70% dan pengendalian sebesar 1,60%. Uji parsial menunjukkan t-tabel 1,666. jumlah kompensasi 3,609 dan kepemimpinan 2,240, yang artinya berpengaruh besar. pengendalian sebagian thitung 0,105 tidak berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan.
PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, TINGKAT SUKU BUNGA DAN INDEKS HARGA KONSUMEN TERHADAP INFLASI PERIODE 2017- 2021 Bani Hensami Tanial; Fazhar Sumantri; Permata Aulia Zahrani
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.356 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1190

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh jumlah uang beredar, tingkat suku bunga dan indeks harga konsumen terhadap inflasi pada tahun 2017-2021. Metode yang digunakan adalah Analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (Uji T) menjelaskan bahwa variabel Jumlah Uang Beredar (X₁) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Inflasi, Tingkat Suku Bunga (X₂) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Inflasi dan Indeks Harga Konsumen (X₃) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Inflasi. Hasil uji signifikan simultan (uji F), menunjukkan bahwa H₄ diterima, karena terdapat pengaruh Jumlah Uang Beredar, Tingkat Suku Bunga, Indeks Harga Konsumen secara simultan terhadap Inflasi.
MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK ONLINE SHOP SHOPEE MELALUI CELEBRITY ENDORSER Rina Sundari
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.309 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan para celebrity endorser online shop shopee yang diantaranya Arya Saloka dan Amanda manopo, Jackie Chan, Joe taslim dan Tukul arwana dalam mempromosikan produk-produk online shop shopee untuk meningkatkan minat beli berbelanja di online shop ini. Kuesioner ini disebar kepada 71 responden melalui google form. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh attractiveness (daya tarik), trustworthiness (kepercayaan) dan expertise (keahlian) yang dimiliki para celebrity endorser terhadap minat beli konsumen ditoko online shopee. Kata kunci : minat beli, celebrity endorser
PENGARUH HUTANG DAN PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PADA INDUSTRI PULP AND PAPER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019 Rita Wiyati; Aljufri Aljufri
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.938 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Hutang Dan Total Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Industri Pulp & Paper Yang Berada DiBursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk Periode 2015-2019. Analisa data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah : Total liabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih PT.Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019. Total penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih PT.Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019. Dan untuk Total liabilitas dan total penjualan secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih PT.Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019.
PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGANKERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT RSUD ROKAN HULU Sukri Pirdaus; Raden Lestari Garnasih; Dewita Suryati Ningsih
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.534 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai RS Rokan Hulu, lingkungan kerja pegawai terhadap motivasi pegawai RS Rokan Hulu, lingkungan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai RS Rokan Hulu, dan lingkungan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai RS Rokan Hulu. kinerja di RSUD Rokan Hulu secara serentak. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana kinerja perawat RSUD Rokan Hulu dalam kaitannya dengan motivasi, etos kerja, dan lingkungan tempat kerja. Baik data primer dari kuesioner maupun data sekunder dari buku dan jurnal digunakan dalam penelitian ini. 83 perawat dari Rumah Sakit Rokan Hulu merupakan seluruh populasi penelitian. Metode pengambilan sampel saturasi, atau metode pengambilan sampel di mana setiap anggota populasi dipilih sebagai sampel, adalah yang digunakan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, 83 sampel akan digunakan dalam analisis SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kinerja dipengaruhi secara signifikan oleh motivasi. Kinerja secara signifikan dipengaruhi oleh disiplin kerja. 3) Komitmen organisasional dipengaruhi secara signifikan oleh kepribadian. 4) Kinerja dipengaruhi secara signifikan oleh motivasi, disiplin kerja, dan lingkungan kerja.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI 2017-2020 Margaretta Mita Malasari Panggabean; Aljufri Aljufri; Indarti Indarti
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.372 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1200

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana faktor-faktor termasuk ukuran perusahaan, laba atas aset, leverage, dan pertumbuhan penjualan mempengaruhi penghindaran pajak. Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 merupakan populasi penelitian. Hanya 35 organisasi yang memenuhi kriteria pengambilan sampel, sehingga diambil 140 data yang tersedia sebagai sampel. Bentuk pengambilan sampel ini dikenal sebagai purposive sampling. Website Bursa Efek Indonesia menjadi sumber penelitian. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda untuk menyelidiki bagaimana masing-masing variabel mempengaruhi penghindaran pajak. Menurut temuan empiris, leverage dan return on assets sama-sama berdampak pada penghindaran pajak. Namun, penghindaran pajak dipengaruhi oleh ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan
KINERJA PENGURUS KOPERASI UNIT DESA DALAM PENANAMAN KEMBALI KEBUN KELAPA SAWIT ANGGOTA Risman Risman
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 3 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.726 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i3.1212

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Koperasi Unit Desa (KUD ) Makarti Jaya Desa Kumain Kecamatan Tandun. Metode penelitianya dengan analisis deskriftif kualitatif, dengan responden sebanyak 30 orang, meliputi pengurus, Ketua Kelompok dan anggota. Dalam penelitian ini penulis lebih melihat pada kinerja pengurus dalam melakukan peremajaan tanaman kelapa sawit anggota, yang dimulai akhir ahun 2019 dan sekarang sudah pada fase tanaman mulai menghasilkan ( TM 1 ). Dan produksi dalam 6 bulan terakhir berjumlah 786.517 kg/ bulan, atau 1.128 kg / ha / bulan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16