cover
Contact Name
Fatkhurahman
Contact Email
fatkhurahmanq8@gmail.com
Phone
+6285265497158
Journal Mail Official
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Editorial Address
Jln. Suka Karya No 125 , Pekanbaru, Riau 28299
Location
,
INDONESIA
Jurnal Bisnis Kompetitif
ISSN : -     EISSN : 28295277     DOI : https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i3.1194
Core Subject : Social,
Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta penyebarannya dengan ilmu di kalangan intelektual, praktisi, mahasiswa dan pemerhati masalah bisnis.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023)" : 9 Documents clear
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk DENGAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL PERIODE 2018 – 2021 Rita Wiyati; Azhari Syofyan
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1252

Abstract

Bank Tabungan Negara Tbk merupakan salah satu bank pemerintah berstatus BUMN yang beroperasi diIndonesia dengan spesialis kredit perumahan . Dalam kegiatan usahanya BTN mencetak laba bersih tumbuh 19,87% dari Rp. 768 milliar meningkat menjadi Rp. 920 milliar pada tahun 2021, pada periode tersebut BTN juga mencatatkan posisi asset dari Rp. 314,60 trilliun meningkat menjadi Rp. 380,51 trilliun atau ada peningkatan sebesar 20,95%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Keuangan Bank Tabungan Negara Tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan PT. Bank Tabungan Negara Tbk tahun 2018 – 2021. Sumber data dengan data sekunder, untuk analisa data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif . Hasil penelitian, berdasarkan penilaian kinerja keuangan PT. Bank Tabungan Negara Tbk periode 2018 sampai dengan tahun 2021 dengan metode RGEC menunjukkan bahwa LDR dengan kriteria cukup sehat ,NPL sehat , GCG dengan kriteria sehat , ROA dua tahun terakhir cukup sehat, NIM sangat sehat, serta CAR dengan kriteria sangat sehat.
NILAI-NILAI MUAMALAH PADA PRAKTEK BAPADUO PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Arisman Arisman; Jefrinando Jefrinando
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1298

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masyrakat yang melakukan bapaduo ternak kerbau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagainama Sistem bapaduo ternak kerbau di Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman, Bagaimana kendala implementasi bapaduo ternak kerbau di Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman, dan Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap bapaduo ternak kerbau di Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Sistem bapaduo ternak kerbau di Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman, Untuk mengetahui kendala bapaduo ternak kerbau di Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi,dan Untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap bapaduo ternak kerbau di Desa Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian adalah adalah pemilik hewan ternak sebanyak 7 0rang dan pihak peternak sebanya 19 orang jadi keseluruhannya berjumlah 26 orang yang berada di Desa Seberang Pulau Busuk. Dengan pengambilan sample mengunakan teknik jenuh atau total sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bapaduo ternak kerbau yang dilakukan oleh masyarakat Desa Seberang Pulau Busuk masih di lakukan dengan cara tradisional dan akadnya masih bersifat lisan. Pemberian modal oleh pemilik kerbau kepada peternak berupa kerbau, Sedangkan untuk prasarana dipenuhi oleh peternak. Pembagian keuntungan dengan perjanjian separoh-separoh 50%:50%. Kendala yang dihadapi Banjir yang cukup lama, Peternak yang tidak menyediakan kandang, Pembagian yang tidak sama. Dari tinjauan ekonomi Islam masih belum sepenuhnya sesuai dengan syariat Islam.
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN (STUDI KASUS LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR) PEKANBARU Samuel Siregar; Arizal N; Nofrizal Nofrizal
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1325

Abstract

PT English First Pekanbaru dapat mempengaruhi perilaku dalam memilih lembaga bimbingan belajar responden setuju bahwa faktor sosial mempengaruhi responden dalam memilih PT English First Pekanbaru sebagai lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris. Menggunkaan metode deskriptif dengan sampel sebanyak 93 orang hasil penelitian menunjukkan bahwa responden cukup setuju bahwa faktor personal dipengaruhi responden dalam memilih PT English First Pekanbaru sebagai lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris, dan responden setuju bahwa faktor psikologis mempengaruhi responden dalam memilih PT English First Pekanbaru sebagai lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris.
BUDAYA ORGANISASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN BAGIAN ADMINISTRASI PT. XYZ PEKANBARU Risman Risman
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1360

Abstract

: The purpose of this research is to find out the effect that there is an organizational culture on the work discipline of the employees of the administration section of PT. XYZ Pekanbaru. Data was collected through questionnaires which were distributed to 38 respondents. By using quantitative analysis including validity and reliability tests, classical assumption tests, hypothesis testing through the t test and analysis of the coefficient of determination (R2). The t value is 6.553 and the t table is 2.208 and also the significance level is 0.000 <0.05, so the results of this research hypothesis mean that organizational culture has a clear impact on the work discipline of employees in the Administration Section. The relationship between organizational culture and the work discipline of employees in the administration section is positive, as evidenced by the result b of 0.883, which means that every one unit increase in the organizational culture variable will increase the work discipline of employees in the administration section of PT. XYZ .883 units. The value of the coefficient of determination (R Square) is 0.544, this means that organizational culture influences the work discipline of employees of the Administrative Section of PT XYZ Pekanbaru by 54.40 percent.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOPERASI SYARIAH BMT AL-ITTIHAD PEKANBARU Muhammad Muaddib Qomarsyah; Mahyarni Mahyarni; Mahendra Romus
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang dihasilkan dari kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner melalui google form, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan software SmartPLS versi 4.0 .9.2 . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang berbasis penelitian lapangan, dimana peneliti menggunakan 30% dari total populasi untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini, yang pada akhirnya berjumlah 63 responden. Hasil pengujian hipotesis pengaruh langsung dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang dibuktikan dengan nilai p (0,08) < dari (0,05). (2) kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang dibuktikan dengan p-value (0,102) > dari (0,05). (3) Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang dibuktikan dengan nilai p-value (0,709) > (0,05). (4) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dengan p-value (0,00) < dari (0,05). (5) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dengan p-value (0,00) < dari (0,05). Sedangkan hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung (intervening) menunjukkan bahwa (1) pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dinyatakan tidak berpengaruh signifikan yang dibuktikan dengan p- nilai (0,743) > dari (0, 05). (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dinyatakan tidak berpengaruh signifikan dibuktikan dengan nilai p (0,708) > dari (0,05).
PERSEPSI GENERASI MILENIAL TERHADAP PAYLATER DALAM JUAL BELI ONLINE SHOPPING MENURUT PERSPEKTIF ISLAM Rina Sundari
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1416

Abstract

Perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan bagi masyarakat, sistem jual beli pun semakin canggih. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode pembayaran paylater atau bayar setelah barang diterima dengan cara diangsur plus bunga. Dalam menggunakan paylater ada pilar jual beli yang harus diperhatikan. Islam memandang bahwa jika suatu pinjaman ada bunganya, maka bisa dikatakan haram karena termasuk riba. Penelitian ini menggunakan survei deskriptif yang mengambil data atau menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dari hasil penelitian. Dari hasil penelitian terdapat 60 responden yang mengisi kuesioner. Paylater memang terlihat lebih memudahkan konsumen. Sisi positif paylater perlu diimbangi dengan pemahaman akan potensi risiko yang dapat ditimbulkannya. Seperti konsumtif dan resiko utang jika tidak digunakan secara bijak dan hati-hati. Terkadang menggunakan paylater bisa membingungkan ketika konsumen menggunakan lebih dari satu platform dan pada akhirnya sulit untuk membayarnya. Daripada menggunakan fitur ini dan akhirnya membuat keuangan berantakan, lebih baik menabung. Dengan menabung maka berbagai barang yang dibutuhkan dapat dibeli secara tunai tanpa bunga dan biaya tambahan lainnya.Perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan bagi masyarakat, sistem jual beli pun semakin canggih. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode pembayaran paylater atau bayar setelah barang diterima dengan cara diangsur plus bunga. Dalam menggunakan paylater ada pilar jual beli yang harus diperhatikan. Islam memandang bahwa jika suatu pinjaman ada bunganya, maka bisa dikatakan haram karena termasuk riba. Penelitian ini menggunakan survei deskriptif yang mengambil data atau menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dari hasil penelitian. Dari hasil penelitian terdapat 60 responden yang mengisi kuesioner. Paylater memang terlihat lebih memudahkan konsumen. Sisi positif paylater perlu diimbangi dengan pemahaman akan potensi risiko yang dapat ditimbulkannya. Seperti konsumtif dan resiko utang jika tidak digunakan secara bijak dan hati-hati. Terkadang menggunakan paylater bisa membingungkan ketika konsumen menggunakan lebih dari satu platform dan pada akhirnya sulit untuk membayarnya. Daripada menggunakan fitur ini dan akhirnya membuat keuangan berantakan, lebih baik menabung. Dengan menabung maka berbagai barang yang dibutuhkan dapat dibeli secara tunai tanpa bunga dan biaya tambahan lainnya.
PENGARUH ATMOSFIR AKADEMIK DAN EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA Novita Novita
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1417

Abstract

Pengembangan karakter mahasiswa membantu mereka menjadi individu yang lebih lengkap dan siap menghadapi tantangan kehidupan. Selain itu, kualitas dan keterampilan yang diperoleh melalui pengembangan karakter juga dapat membantu mahasiswa dalam karir mereka dan membuat perbedaan yang positif dalam masyarakat. Persoalan karakter mahasiswa saat ini menjadi sorotan banyak kalangan, tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya. Melalui survey yang dilakukan kepada 50 orang mahaasiswa di Kota Pekanbaru dan dianalisis dengan regresi linier berganda membuktikan bahwa atmosfir kampus yang dibangun oleh institusi berupa budaya akademik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan karakter mahasiswa. Kemudian juga pendidikan kewirausahaan juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter mahasiswa. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik pendidikan kewirausahaan dalam bentuk pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa dalam membangun kreatifitas dan inovasi, maka akan semakin baik pula pengembangan karakter mahasiswa.
PENGARUH KOMPETENSI TEKNOLOGI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA Wirdayani Wahab
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1418

Abstract

Fenomena belanja online telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dari beberapa fenomena dalam penelitian ini ingin membuktikan apakah kompetensi teknologi dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belanja online di kalangan mahasiswa yang merupakan representasi generasi muda.. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 85 orang mahasiswa dan dianalisis dengan regresi linier berganda, maka hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel kompetensi menggunakan teknologi dan lingkungan sosial terhadap motivasi berbelanja online.Fenomena belanja online telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dari beberapa fenomena dalam penelitian ini ingin membuktikan apakah kompetensi teknologi dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belanja online di kalangan mahasiswa yang merupakan representasi generasi muda.. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 85 orang mahasiswa dan dianalisis dengan regresi linier berganda, maka hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel kompetensi menggunakan teknologi dan lingkungan sosial terhadap motivasi berbelanja online.
STRATEGI MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA BERWIRAUSAHA Hadiyati Hadiyati; Fatkhurahman Fatkhurahman
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v2i1.1419

Abstract

Rendahnya rasa percaya diri mahasiswa dari hasil pra survey yang dilakukan memberikan dampak pada keberhasilan prodi manajemen Unilak dalam mencapai capaian pembelajaran yakni menjadi wirausaha muda. Hal ini tentuknya perlu dilakukan identifikasi factor eksternal dan juga identifikasi factor eksternal lalu dilanjutkan dengan penyusunan formula strategi membangun rasa percaya diir mahasiswa dalam berwirausaha. Tata cara yang dipakai merupakan riset survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Informasi digabungkan dari populasi mahasiswa yang mengutip mata kuliah riset kelayakan bidang usaha genap 2022- 2023 di prodi manajemen sebesar 248 orang dengan ilustrasi didapat sebesar 73 orang dengan metode sepadan random sampling bersumber pada kategori kuliah. Pengumpulan informasi dengan memakai angket online serta metode analisa informasi dengan memakai metode analisa deskriptif kuantitatif dengan perlengkapan analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membangun rasa percaya diri mahasiswa berwirausaha yakni dengan agresif memanfaatkan kekuatan dalam diri seperti rasa optimis, berani dan mampu mendapatkan keuntungan untuk menangkap peluang luas kesempatan berwirausaha, besarnya peluang sukses dalam berwirausaha dan berubahnya cara pandang dengan berwirausaha.

Page 1 of 1 | Total Record : 9