cover
Contact Name
Sumianto
Contact Email
sumianto1982@gmail.com
Phone
+6285274742619
Journal Mail Official
anthor.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl Pahlawan No 23 Bangkinang, Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
ANTHOR: Education and Learning Journal
ISSN : 29632498     EISSN : 2963198X     DOI : https://doi.org/10.31004/anthor.v1i1
ANTHOR: Education and Learning Journal ANTHOR: Education and Learning Journal is published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. ANTHOR: Education and Learning Journal is a blind peer-reviewed journal dedicated to publishing quality research results in the fields of Education and Learning. All publications in the ANTHOR Journal are open access which allows articles to be available online for free without any subscription. ANTHOR: Education and Learning Journal is a national journal with e-ISSN: 2963 - 198X, and is free of charge in the submission process and review process. ANTHOR: Education and Learning Journal publishes articles periodically sixt a year, in February, April, June, August, October and December. Focus and Scope ANTHOR: Education and Learning Journal is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts for service to the wider community. In addition, it is also a source of reference for academics in the field of education and learning, social, humaniora, Religion and Philosophy. ANTHOR: Education and Learning Journal publishes papers regularly sixt a year, in February, April, June, August, October and December. All publications in the ANTHOR journal are open, allowing articles to be available online for free without subscription. ANTHOR: Education and Learning Journal accepts scientific articles with the scope of research on: A. Education and Learning Educational Science Cluster Primary Teacher Education Education Phylosophy Education Psycological Pedagogic Technology and Vocational Science Education Learning Media Curriculum Educational Methodology Educational Guidance and Counseling Publick Education Analysis Other relevant study topics B. Social Humaniora Management Science Economics Social Sciences Humanior Culture accounting science Language Science Cluster Linguistics Sastra Music Art Arts Science Media Science History Science Social and Cultural Studies Comunity Development Other relevant study topics C. Religion and Philosophy Religious Knowledge Religion and Culture Science Other relevant study topics
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846" : 20 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Santri Baru (SIM-PSB) di MA Plus Subulussalam Kab. Padang Pariaman Kirany, Kiki; Supriadi, Supriadi; Zakir, Supratman; Musril, Hari Antoni
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.217

Abstract

Penelitian ini didasari oleh beberapa permasalahan yaitu perlunya sistem ‎informasi manajemen penerimaan santri baru di MA Plus Subulussalam ‎kab. Padang Pariaman.  Banyaknya jumlah calon santri yang mendaftar setiap ‎tahunnya membuat pihak administrasi mengalami permasalahan dalam hal ‎mengelola data calon pendaftar jika proses registrasi hingga penerimaan masih ‎dilakukan secara manual. Metode penelitian yang digunakan  penulis adalah metode penelitian dan ‎perkembangan (Research  and Development). Metode ini adalah metode penelitian ‎yang digunakan untuk mengembangkan atau validasi produk untuk digunakan ‎dalam  pendidikan dan pembelajaran. Model penelitian yang digunakan adalah ‎model ADDIE yang merupakan versi Waterfall dari model pengembangan adalah ‎design, develop, implement, evaluate dan SDLC. Sistem Informasi Penerimaan ‎Santri Baru yang merupakan salah satu sistem penerimaan berbasis web dirancang ‎untuk digunakan dalam proses penerimaan santri baru. Sistem informasi ini  ‎dirancang oleh penulis dengan menggunakan bahasa pemograman PHP MySQL.‎Hasil dari penelitian sistem informasi manajemen penerimaan santri baru ‎dapat digunakan oleh santri dan admin. Bentuk dari sistem informasi ini berupa ‎sistem informasi berbasis website yang dapat digunakan di smartphone atau pc ‎santri dan admin. Sedangkan untuk uji produk validitas sebesar 0,88 yang ‎dinyatakan valid, hasil uji praktikalitas sebesar 0,91 yang dinyatakan sangat ‎praktis dan hasil uji efektivitas sebesar 0,86 yang dinyatakan dengan efektif. ‎Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen penerimaan santri ‎baru sebagai sistem pendaftaran sudah valid, praktis dan efektif.
Proses Kreatif Penciptaan Tari Lime Gades Rengkek Sela, Wina; Kurnia, Melati; Sari, Desi Ratna
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.230

Abstract

Tari lime gadis rengkek ini terinsprasi dari sebuah tarian tradisi yang berasal dari musi bayuasin yang bernama tari stabek karya tari ini di ciptakan oleh wina sela, melati kurniadan desi ratna sari pada tahun 2023,penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif tari lime gadis rengkek. Tarian ini melalui tahap eksplorasi, inprovisasi, evaluasi dan komposisi. Objek penelitian ini adalah tari lime gadis rengkek yang di kaji dari proses kreatif yang meliputi elemen elemen komposisi tari seperti tema, gerak, tata rias, tata busana, iringan, pola lantai,  dangan menggunakan pendekatan kualitatif. Tema tari lime gadis rengkek pada awalnya yaitu berupa suatu tari penyambutan kepada tamu tamu agung/penting. Urutan gerak yag dilakukan di mulai dari salam pembuka, inti dan salam penutup. tari ini menggunakan tata rias makeup yang cantik, serta busana  menggunakan baju kurung bawahan songket sehingga terlihat anggun, serta di iringidi iringi dengan musik yang merdu.metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, Teknik penggumpulan data di lakukan dengan menggunakan pendekatan studi pustaka,pengamatan,atau observasi dan wawancara. Uji keabsahan data di lakukan dengan teknik kriangulasi. oleh karena itu di dapatkan hasil penelitian berupah tahap tahap di lakukan oleh wina sela, melati kurnia, desi ratna sari.dalam proses kreatif meliputi tahap eksplorasi, impropisasi, evaluasi, dan tahap komposisi yaitu proses penyusuna gerak yabg telah di dapat dari proses eksplorasi, improvisasi, dan evaluasi menjadi satu tarian yang utuh. Selain itu proses kreatif penciptaan tari lime gades rengkek juga di pengaruhi oleh faktor faktor serperti faktor lingkungan, sarana atau fasilitas, keterampilan atau skill indentitas atau gaya originalitas atau kealian.
Peran Teknologi Digital dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen di Era Digital Jonatan, Jonatan; Waruwu, Anwar Three Millenium
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.233

Abstract

This article focuses on the role of digital technology in the development of Christian education in the digital era. The article presents the research background by explaining the importance of adapting Christian religious education to technological advancements and the demands of the time. The objective of this study is to answer questions related to the role of digital technology in the development of Christian education. The research methodology employed in this study is a qualitative approach using a literature review. Through literature analysis, the research findings conclude that by wisely utilizing digital technology, Christian education can become more dynamic, interactive, and relevant in the digital era. Digital technology enables more engaging learning experiences through the use of instructional videos, multimedia-based digital resources, and interactive simulations. However, challenges such as the negative influence on Christian values and the morality of students need to be addressed. In this regard, the responsibility of Christian educators is crucial in building students' character and ensuring the appropriate use of digital technology in accordance with Christian principles.
Comparison of Educational Theories: Perspectives of Carol Dweck and Howard Gardner in Developing Individual Potential Prodyanatasari, Arshy; Prayitno, Mustofa Aji; Leuwol, Ferdinand Salomo; Aminah, Siti; Maskur, Maskur
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.250

Abstract

This research aims to compare Carol Dweck's Growth Mindset Theory and Howard Gardner's Multiple Intelligences Theory in the context of developing individual potential. The study utilizes literature review and comparative analysis as the research method to compare the two theories. In the pursuit of optimizing individual potential, the growth mindset emphasizes the importance of a developing mindset, viewing failures as opportunities for learning, and creating a supportive learning environment. On the other hand, multiple intelligences theory acknowledges the diversity of intelligences and advocates for the development of all types of intelligence in education. In inclusive modern education, the application of both theories can motivate students to grow and learn, develop self-confidence, and optimize their potential in various areas of intelligence. Through this approach, modern education can create a stimulating environment, facilitate holistic development, and produce individuals who are prepared to face future challenges. By understanding the differences and similarities between these two theories, education can adopt an inclusive approach that focuses on the full development of each individual's potential, ensuring that students are empowered to achieve academic success and optimal personal growth.
Upaya Guru Menginternalisasikan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA IT Annajiyah Lubuklinggau Oca, Aroza; Asmara, Yeni; Isbandiyah, Isbandiyah
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.256

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya permasalahan yang terjadi pada siswa di zaman sekarang ini mengenai sikap nasionalisme sedang mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya guru meninternalisasikan sikap nasionalisme pada siswa kelas X melalui pembelajaran sejarah di sma it annajiyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru menginternalisasikan sikap nasionalisme melalui pembelajaran sejarah antara lain dengan pembiasaan, keteladanan, contoh yang konstektual, penggunaan cerita dan media. Upaya tersebut dikategorikan efekti untuk digunakan menginternalisasikan sikap nasionalisme pada siswa kelas X SMA IT Annajiyah. analisis angket guna untuk mengetahui keberhasilan yang upaya guru menginternalisasikan sikap Nasionalisme yang ada pada siswa maka diambil kesimpulan bahwa upaya guru yang telah dideskripsi diatas dikategorikan efektif dan baik dilihat dari rata-rata jawaban siswa selalu.
Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan Reading Questioning and Answering (RQA) pada Pembelajaran Biologi untuk Memberdayakan Motivasi Siswa Putra dan Putri SMA Kusuma Pekanbaru Hadiyanti, Putri Octa
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.257

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji: 1) Pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap motivasi siswa, 2) Pengaruh gender terhadap pembentukkan motivasi siswa, dan 3) Pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan gender terhadap motivasi  siswa. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X SMA Kusuma. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut. 1) Tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap motivasi siswa. 2) Perbedaan gender berpengaruh terhadap pembentukkan motivasi siswa. Nilai rerata terkoreksi motivasi siswa putri lebih tinggi 2,6% dari siswa putra. 3) Interaksi strategi pembelajaran dan gender tidak berpengaruh terhadap pembentukkan motivasi siswa.
Efektivitas Video Animasi Sebagai Media Guru pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Purwosari Bariah, Hoirul; Kirom, Askhabul; Saifullah, Saifullah; Hadi, Muhammad Nur
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.258

Abstract

Kejenuhan belajar menjadi faktor penghambat tujuan pada keberhasilan belajar siswa, maka peneliti menjadikan video animasi sebagai sarana yang tepat untuk membantu mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas video animasi sebagai media guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI Darut Taqwa dan mengetahui Faktor pendukung dan penghambat video animsi sebagai media guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI Darut Taqwa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan untuk penggalian data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, teknik analisa data, kondensasi data, pengumpulan data dan pengecekan keabsahan data. penggunaan media pembelajaran video animasi cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Darut Taqwa. faktor pendukung yaitu video animasi didukung dengan peletakan dasar dasar yang nyata dari konsep yang abstrak sehingga dapat menambah kepemahaman siswa. Faktor penghambat media video animasi mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VI Mi Darut Taqwa yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang diberikan melalui video animasi.
Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 177 Pekanbaru Refika, Refika; Ain, Siti Quratul
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.264

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 177 Pekanbaru. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket/kuesioner yang diberikan oleh oleh 51 responden berisis 22 pernyataan atau pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik yang isinya motivasi belajar siswa dikelas IV SDN 177 Pekanbaru dan dokumentasi hasil belajar. penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan tekni sampel jenuh karena semua angota populasi digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang posotif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,367, yang berarti r hitung yang diperoleh lebih besar dibanding dengan r tabel yang telah ditentukan pada taraf signifikan 5% dengan perhitungan rhitung 0,367 > 0,266 hal ini berarti rhitung > rtabel yang memiliki arti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 177 Pekanbaru.
Representasi Kekeran Seksual pada Film Virgin The Series (Studi Analisis Semiotika John Fiske) Kesuma, Rafifa Luqyana; Rozi, Fakhrur; Abidin, Syahrul
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.269

Abstract

Penelitian ini menjelaskan representasi film sebagai salah satu media komunikasi massa. Peneliti memilih film Virgin the Series sebagai objek penelitiannya, dengan alur cerita tindakan kekerasan seksual yang terjadi kepada para remaja perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kekerasan seksual direpresentasikan pada film tersebut. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini adalah studi pustaka tentang kekerasan seksual dan studi analisis semiotika John Fiske. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan dokumentasi dari adegan-adegan yang ditandai adanya kekerasan seksual serta melakukan studi kepustakaan. Melalui level realitas, level representasi, dan level ideologi, serta dari enam adegan pada film Virgin the Series, kekerasan seksual direpresentasikan dengan cara fisik, non-fisik, dan secara verbal.
Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Menopause pada Wanita di Indonesia Apriani, Suci Ririn; S, Supardi Uki
ANTHOR: Education and Learning Journal Vol 2 No 6 (2023): Volume 2 Nomor 6. Page: 717 - 846
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/anthor.v2i6.270

Abstract

Sudah merupakan hukum alam (Sunnahtullah) bahwa setiap makhluk di dunia ini mengalami proses penuaan. Pada manusia proses penuaan itu sebenarnya terjadi sejak manusia dilahirkan dan berlangsung terus sampai mati. Menopause adalah terhentinya menstruasi secara permanen. Dan dijelaskan bahwa menopause ialah berhentinya menstruasi dan berakhirnya kemampuan bereproduksi. Banyak faktor yang berhubungan dengan usia menopause. Faktor-faktor tersebut antara lain usia pertama kali haid, stres, penggunaan alat kontrasepsi, status perkawinan (misalnya, status perkawinan, jumlah anak, dan usia saat melahirkan anak terakhir), riwayat keluarga, pekerjaan, pendapatan, merokok, dan penggunaan alkohol. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan terhadap kejadian menopause pada wanita di Indonesia. Metode Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode literatur review. Literatur yang digunakan digunakan sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah literatur dengan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Pencarian literatur menggunakan Google Scholar (2013-2022). Kata kunci yang digunakan yaitu “Faktor-Faktor” dan “Menopause”. Literatur yang dipilih dan akan diseleksi dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi penelitian. Hasil penelitian Didapatkan sebelas jurnal. Lima jurnal membahas variabel karakteristik, empat jurnal membahas variabel paritas, enam jurnal membahas variable menarche, delapan jurnal membahas variable alat kontrasepsi, dua jurnal membahas variable status gizi dan tiga jurnal membahas variabel usia melahirkan anak terakhir. Penelitian dilakukan pada wanita di Indonesia berdasarkan tabel sampel yang didapatkan sampel tersebut berasal dari daerah-daerah yang tersebar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Sulawesi. Sampel tersebut diambil dari wanita yang berusia ≥ 40 tahun. Kesimpulan penelitian ini Faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap kejadian menopause pada wanita di Indonesia yaitu faktor karakteristik yang terdiri atas Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, dan Usia, faktor paritas, faktor menarche, faktor penggunaan kontrasepsi, faktor status gizi, dan usia melahirkan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20