cover
Contact Name
lilis wahyuni
Contact Email
liliswahyuni6@gmail.com
Phone
+628127520
Journal Mail Official
japabis@stia-lk-dumai.ac.id
Editorial Address
Jl. Gunung Merapi No.1, Bumi Ayu, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau 28826
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JaPaBis)
ISSN : 25410989     EISSN : 26566095     DOI : https://doi.org/10.36917/japabis.v4i2.49
Core Subject : Science, Social,
Ruang Lingkup (FOCUS AND SCOPE) 1. ADMINISTRASI PUBLIK 2. ADMINISTRASI BISNIS 3. SOSIAL DAN BUDAYA 4. TENKNOLOGI DAN INFORMASI 5. MANAJEMEN 6. BAHASA INGGRIS
Articles 64 Documents
Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik Dedy Afrizal
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Maret
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.536 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i1.2

Abstract

Pelaksanaan Prinsip-prinsip Pelayanan Publik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan prinsip-prinsip pelayanan publik pada Kantor Desa Api-Api Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Populasi penelitian adalah semua aparat Kantor Desa Api-Api dan masyarakat yang dilayani sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan prinsip-prinsip pelayanan publik di Kantor Desa Api-Api Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis sudah dilaksanakan dengan baik. Indikator yang dominan mendukung pelaksanaan prinsip-prinsip pelayanan publik adalah rasa kenyamanan dalam pelayanan dan dukungan yang kurang dominan adalah kepastian waktu dalam pelayanan.
Kualitas Pelayanan Publik Dila Erlianti
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Maret
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.522 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i1.3

Abstract

Kualitas Pelayanan Publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pegawai pada Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal serta masyarakat. Sampel diambil 39 orang secara purposive. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara dan observasi. Analisis data adalah dengan metode statistik deskriptif dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan publik perizinan mendirikan bangunan oleh Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal sudah berjalan dengan baik, namun belum mencapai hasil maksimal
Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Tentang Ketertiban Umum Encik Maznah
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Maret
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.905 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i1.4

Abstract

Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Tentang Ketertiban Umum. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan Perda Nomor 12 Tahun 2002, tentang penyelenggaraan ketertiban umum di Kota Dumai. Populasi penelitian adalah pejabat dan staf pelaksanaan pengendalian operasional Satpol PP Kota Dumai dan masyarakat pedagang kaki lima 340 dan sampel diambil 77 orang secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Perda Nomor 12 Tahun 2002 telah berjalan dengan baik, namun belum memcapai hasil maksimal.
Kualitas Pelayanan Publik Latip
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Maret
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.221 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i1.5

Abstract

Kualitas Pelayanan Publik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Mekar Sari Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai. Populasi penelitian adalah semua aparatur sebanyak 10 orang dan masyarakat diambil 90 orang secara acak insidentil. Teknik pengumpulan data adalah angket dan observasi. Analsis data disajikan dalam bentuk tabel frekuensi.
Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Nahar Effendi
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Maret
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.266 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i1.6

Abstract

Prinsip-prinsip Pemberdayaan Masyarakat Nelayan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat nelayan oleh Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kota Dumai. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kota Dumai sebanyak 21 orang dan semua populasi dijadikan sampel. Sampel nelayan adalah 60 orang diambil secara acak sederhana dari 200 populasi. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat nelayan baru mencapai pada kategori kurang baik. Hal ini terutama disebabkan kelemahan-kelemahan dalam penerapan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat nelayan oleh Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kota Dumai
Bauran Pemasaran Dan Pencapaian Tujuan Penjualan Sofyan
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Maret
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.339 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i1.7

Abstract

Bauran Pemasaran dan Pencapaian Tujuan Penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap pencapaian tujuan penjualan pada AJB Bumiputera Cabang Dumai. Populasi penelitian adalah karyawan AJB Bumiputera 1912 Cabang Dumai sebanyak 67 orang dan semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan bauran pemasaran terhadap pencapaian tujuan penjualan dengan r = 0,434. Konstribusi bauran pemasaran pada pencapaian tujuan penjualan sebesar 18,84% dan sisanya sebesar 81,16% ditentukan oleh variabel lain
Analisis Kualitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum (RSUD) Dumai Hildawati
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 1 (2019): Maret
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.134 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i1.8

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai merupakan salah satu sarana yang akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mampu menciptakan, keadaan masyarakat kota Dumai yang sehat dan dinamis. Dari hasil observasi ditemukan permasalahan pelayanan yang dihadapi oleh RSUD Kota Dumai seperti keluhan masayarakat tentang pelayanan yang diberikan. Teori yang digunakan adalah teori Zeithaml dalam Hardiyansyah (2011:46) yang mengatakan kualitas pelayanan dapat diukur dari 5 dimensi, yaitu: a) Tangible (Berwujud); b) Reliability (Kehandalan); c) Responsiviness (Ketanggapan); d) Assurance (Jaminan); e) Empathy (Empati). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Sampel penelitian sebanyak 163 orang. Pegawai sebanyak 63 orang dan masyarakat sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik campuran bertahap (sequential mixed methods). Hasil penelitian terhadap kualitas pelayanan pada RSUD Kota Dumai adalah Cukup Baik dengan skor 15925 karena berada antara BM-BK (12225-16300). Atau dengan kata lain Tingkat kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai berdasarkan hasil penelitian dan sikap responden mendapatkan hasil sikap positif
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di Indonesia Arifin
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 2 (2019): September
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.764 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i2.9

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, yaitu analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh variabel independen yaitu, pengangguran, angka harapan hidup (AHH), inflasi, pertumbuhan ekonomi (GDP) dan persentase penduduk miskin sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari World Bank Indikator dan Badan Pusat Statistik Indonesia selama periode 2000-2016. Tes asumsi klasik dilakukan sebelum menjalankan model analisis regresi linier berganda. Tes diagnostik dijalankan melalui tes CUSUM dan CUSUM (of square) untuk melihat data yang digunakan dalam keadaan stabil atau tidak. Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel angka harapan hidup dan pengangguran signifikan terhadap persentase penduduk miskin di Indonesia, dimana angka harapan hidup berhubungan secara negatif sedangkan pengangguran berhubungan secara positif terhadap persentase penduduk miskin di Indonesia.Variabel pertumbuhan ekonomi (gdp) dan inflasi tidak signifikan mempengaruhi persentase penduduk miskin di Indonesia
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kedisiplinan Karyawan Nahar Effendi
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 2 (2019): September
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.742 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i2.10

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat Kedisiplinan Karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan karyawan pada PT. Sari Dumai Sejati. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan PT. Sari Dumai Sejati. Sampel diambil 47 orang dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disiplin karyawan dalam pelaksanaan pekerjaan cukup tinggi. Faktor yang mempunyai derajat tinggi dalam mempengaruhi tingkat kedisiplinan adalah kemampuan yang dimiliki karyawan dan pengawasan melekat. Faktor yang paling lemah adalah kurangnya rasa keadilan dan sanksi hukum
Analisis Mekanisme Pengkoordinasian Bantuan Gempa Kota Padang Provinsi Sumatera Barat Anhal Mulya Perkasa
Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis Vol 1 No 2 (2019): September
Publisher : LPPM STIA Lancang Kuning Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.443 KB) | DOI: 10.36917/japabis.v1i2.12

Abstract

Tujuan penelitian adalah ingin menganalisis mekanisme pengkoordinasiaan bantuan gempa Antar Lembaga Dalam Hal Penanganan Dan Penyaluran Bantuan Gempa Kepada Masyarakat Di Kota Padang.Konsep yang digunakan menurut Dadan et.al (1997) dalam setiap tahapan proses manajemen yaitu Koordinasi dalam Perencanaan, Koordinasi dalam Pengorganisasian, Koordinasi dalam Staffing, Koordinasi dalam directing, Koordinasi dalam Pengawasan. Adapun metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif, penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive samplingTemuan di lapangan penulis sajikan dalam bentuk tulisan deskriptif analitis dengan rdeuksi data dengan harapan dapat memberikan gambaran yang mendekati realitas. Koordinasi penyaluran bantuan gempa di kota Padang hingga saat ini belum optimal dan dinilai lamban dalam bertindak. Untuk itu, Pemerintah perlu melakukan tinjauan ulang dan evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen bencana terutama pada metode koordinasi yang dilakukan selama ini. Dengan demikian, pada masa yang akan datang diharapkan penanganan bencana dapat lebih baik.