cover
Contact Name
Sakaria
Contact Email
sakaria@unm.ac.id
Phone
+6285382904273
Journal Mail Official
jurnal.titikdua@unm.ac.id
Editorial Address
Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 28095413     EISSN : 28095332     DOI : -
Core Subject : Education,
TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal welcomes submissions from around the world as well as from Indonesia. Manuscripts published including. Linguistics: phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literary studies. Indonesian Language and Literature:curriculum development, learning methods, learning materials, learning media, assessment, Indonesian language learning across curricula, information and communications technology in Indonesian language learning, language skills, and other Indonesian language learning analyses.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN PADA TEKS BUKU PAKET SEJARAH KELAS X SMA Putri Muzakirah Sakir; Akmal Hamsa
Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.653 KB) | DOI: 10.59562/titikdua.v1i1.23887

Abstract

Analisis Penggunaan Ejaan Pada Teks Buku Paket Sejarah Kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca titik, koma, serta titik koma pada teks buku paket Sejarah Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik baca. Peneliti mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca titik, koma, serta titik koma berdasarkan kaidah yang dijelaskan dalam PUEBI edisi keempat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat pada penulisan kata awal kalimat, huruf awal judul buku, dan awal perincian yang berupa klausa. Kesalahan penulisan kata depan terdapat pada penulisan kata dimana dan diantaranya. Kesalahan penggunaan tanda baca titik, koma, dan titik koma terdapat pada penulisan tanda titik di akhir kalimat perintah, penulisan tanda titik di tengah singkatan nama tahun, penulisan tanda titik sebelum kata penghubung “akibatnya”, penulisan tanda koma pada singkatan nama gelar, tidak menggunakan tanda koma sebelum kata penghubung dalam kalimat majemuk, serta tidak menggunakan tanda titik koma pada akhir perincian yang berupa klausa.
KESETARAAN GENDER DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DAN XI SEKOLAH MENENGAH ATAS Muhammad Abdi Arismunandar; Muhammad Saleh
TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.127 KB)

Abstract

Kesetaraan Gender dalam Buku Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini mendeskripsikan kesetaraan posisi dan peran gender dalam ranah domestik maupun publik pada buku pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah koskata, klausa, kalimat, atau paragraf yang mengandung kesetaraan gender sedangkan sumber dari penelitian ini adalah teks bacaan dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas X dan XI SMA kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pencatatan dan teknik baca-simak. Hasil penelitian diklasifikasikan berdasarkan posisi dan peran gender dalam lingkup domestik dan dalam lingkup publik. Bentuk kesetaraan gender yang ditemukan adalah kesetaraan posisi dan peran dalam lingkup domestik maupun publik. Kesetaraan posisi dan peran berkenaan dengan kesetaraan posisi dan peran seseorang dalam lingkup domestik tidak hanya laki-laki, perempuan juga ditemukan sebagai pengambil keputusan dan dapat menjadi pemimpin keluarga. Kesetaraan gender juga ditemukan dalam lingkup publik berupa kesetaraan posisi dan peran gender dimana perempuan digambarkan sebagai orang yang mampu mencari nafkah untuk dirinya sendiri tanpa memerlukan bantuan dari orang lain, perempuan digambarkan sebagai sosok yang mandiri dan mampu menjadi pemimpin baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.
PENGGUNAAN EUFEMISME DALAM TEKS BERITA PELECEHAN SEKSUAL TRIBUN-TIMUR.COM Andi Noor Islamiah Taufik; Syamsudduha Syamsudduha
TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (997.761 KB)

Abstract

Penggunaan Eufemisme dalam Teks Berita Pelecehan Seksual Tribun-timur.com. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk penggunaan eufemisme pada teks berita pelecehan seksual Tribun-timur.com, (2) Mendeskripsikan fungsi penggunaan eufemisme pada teks berita pelecehan seksual Tribun-timur.com. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. sumber data dalam penelitian ini yakni teks berita pelecehan seksual Tribun-timur.com. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk penggunaan eufemisme dalam teks berita pelecehan seksual Tribun-timur.com terdiri atas bentuk ekspresi figuratif, bentuk metafora, bentuk, bentuk filipansi, bentuk sirkumlokusi, bentuk singkatan, bentuk pelesapan, bentuk satu kata untuk menggantikan satu kata yang lain, bentuk umum ke khusus, hiperbola, bentuk satu makna kata yang terlepas dari makna kata, bentuk jargon, bentuk kolokial. Adapun fungsi penggunaan eufemisme dalam teks berita pelecehan seksual Tribun-timur.com yaitu menghindari tabu, menghaluskan ucapan, alat pendidikan, menyindir/mengkritik, memperlihatkan rasa peduli, melebih-lebihkan, menjauhi kata-kata yang dapat mengakibatkan kepanikan, jijik, atau trauma.
UNGKAPAN HUMOR DALAM VIDEO DOKUMENTASI PEMBELAJARAN DI MEDIA SOSIAL Imran Samir; Azis Azis; Usman Usman
Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.771 KB) | DOI: 10.59562/titikdua.v1i1.22886

Abstract

Ungkapan Humor Dalam Video Dokumentasi Pembelajaran di Media Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk ungkapan humor dalam video dokumentasi pembelajaran, (2) mendeskripsikan fungsi ungkapan humor dalam video dokumentasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa video pembelajaran. Desain penelitian yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini yakni guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan perekaman dan pengamatan. Istrumen penelitian terdiri atas instrumen utama yakni peneliti dan instrumen pendukung berupa rekaman, dan panduan analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk ungkapan humor yang digunakan guru dalam pembelajaran yaitu bentuk humor plesetan, bentuk berlebihan, bentuk silap lidah, bentuk jargon, bentuk estetis, bentuk kejutan dan bentuk konatif. Adapun fungsi ungkapan humor yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu fungsi menghibur, memotivasi, mengingspirasi, mengkondusifkan kelas, dan memerintah. Penggunaan bentuk ungkapan humor disesuaikan dengan materi pelajaran. Pengunaan fungsi ungkapan humor tersebut digunakan sesuai dengan konteks pembelajaran.
ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH NOVEL CINTA DALAM DIAM KARYA SHINEEMINKA KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK Sri Wulandari; Sulastriningsih Djumingin
Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.541 KB) | DOI: 10.59562/titikdua.v1i1.23914

Abstract

\Aspek Kepribadian Tokoh Novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka Kajian Psikologi Humanistik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh utama dan tokoh pendukung pada novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka ditinjau dari psikologi humanistik teori Abraham Maslow. Penelitian tentang aspek kepribadian tokoh novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka ini merupakan penelitian kualitatif. Masalah yang akan dianalisis adalah tokoh pada tokoh utama dan tokoh pendukung novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka.Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan dua langkah yaitu teknik baca dan pencatatan. Teknik baca dilakukan dengan cara membaca literatur dan sumber data utama penelitian, yakni novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka secara seksama. Selanjutnya teknik pencatatan dilakukan dengan cara mencatat dalam kertas yang telah dipersiapkan tantang hasil penelitian dan pengamatan terhadap peristiwa penting dalam jalinan cerita serta faktor yang menyebabkan munculnya hal tersebut, baik yang tertuang dalam kata, frasa, kalimat, ataupun paragraf yang digunakan novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka tersebut dicatat dalam kertas yang telah dipersiapkan. Data yang terkumpul akan disajikan dalam bentuk analisis pendeskripsian tokoh pada novel tersebut berdasarkan kajian psikologi humanistik Abraham Maslow.

Page 1 of 1 | Total Record : 5