cover
Contact Name
Oskah Dakhi
Contact Email
jurnaleducativo@gmail.com
Phone
+6281386656981
Journal Mail Official
educativo@marospub.com
Editorial Address
Jln. Desa Botohilitano No. 207, Kec. Luahagundre Maniamolo, Kab. Nias Selatan, Sumut, 22865
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Educativo: Jurnal Pendidikan
ISSN : 28298004     EISSN : 28296222     DOI : https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1
Core Subject : Education,
Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication and information technology, at various levels of education and how to deliver learning. It provides an academic platform for teachers, lecturers, and researchers to contribute innovative work in the field. Educativo: Jurnal Pendidikan covers all the educational research at the level of primary, secondary, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on educational advancements and establishing new collaborations in these areas. Original research papers, state-of-the-art reviews are invited for publication in all areas of Education. Topics of Interest include, but are not limited to, the following: - Education - Learning Analysis - Teacher Evaluation - Business Education - Religious Education - Counseling Education - Multimedia in Education - Course Management Systems - Mobile Computing in Education - Education Policy and Leadership - Education Management Systems - Collaborative & Interactive Learning - Games and Simulations in Education - Curriculum, Research, and Development - Global Issues in Education and Research - Integrating Technology Into the Curriculum - Professional Development for Teachers in ICT - Learning/Teaching Methodologies and Assessment - Student Selection Criteria in Interdisciplinary Studies - Pedagogy Enhancement with E-Learning Web-based Tools for Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan" : 40 Documents clear
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Model Pembelajaran Modelling The Way Asali Lase; Karib Boy Halawa
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.69 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.26

Abstract

Model pembelajaran modelling the way merupakan model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktekkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas untuk demonstrasi. Tujuan penelitian ini (1). untuk mengetahui penerapan model pembelajaran modelling the way dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 2 Onohazumba, (2). untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 2 Onohazumba dengan penerapan model pembelajaran modelling the way. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Onohazumba, Kecamatan Onohazumba Kabupaten Nias Selatan, dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIB semester I tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1). lembar observasi, terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, (2). tes hasil belajar, (3). dokumentasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa (1). hasil lembar observasi untuk guru pada siklus I sebesar 59,38% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,06%. Sedangkan hasil analisis pada lembar observasi untuk aktifitas siswa pada siklus I sebesar 50,21%, meningkat pada siklus II menjadi 84,63%. Dengan demikian model pembelajaran modelling the way dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2). rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,12 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 56,67%, berada pada interval lemah dan cukup. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 85,26 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100% berada pada interval kuat dan sangat kuat.
Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan LKPD Berbasis Lingkungan Fendy A. M. Bria; Maria A. Uron Leba; Hironimus C. Tangi
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.175 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.41

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran, hasil belajar siswa, dan ketuntasan indikator dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan LKPD berbasis lingkungan di SMA Negeri Harekakae Kabupaten Malaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah kemampuan guru mengelola pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik dikatakan baik atau instrumen layak digunakan dengan memperoleh skor 3,70. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan LKPD berbasis lingkungan dikategorikan tuntas dengan skor 87. Ketuntasan indikator setelah melaksanakan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik elektrolit dan bahan larutan non elektrolit menggunakan LKPD berbasis lingkungan dikategorikan lengkap dengan nilai 0.89.
Pengaruh Respon Siswa Tentang Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Yang Mengintegrasikan Media Video Pembelajaran Sub Materi Sifat Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Melda Elisma Banu; Yanti R. Tinenti; Maria Benedikta Tukan
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.089 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.43

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Dalam penelitian ini dihasilkan video pembelajaran pada materi sifat koloid dan tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui validitas media video pembelajaran, respon peserta didik hasil belajar peserta didik, hubungan respon peserta didik tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik setelah menggunakan video pembelajaran pada materi sifat koloid dan pengaruh respon peserta didik tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik setelah menggunakan video pembelajaran pada materi sifat koloid. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1). media video pembelajaran dinyatakan valid dengan nilai validitasnya sebesar 85, (2). respon peserta didik termasuk dalam kategori setuju dengan presentase rata-rata sebesar 78, (3). hasil belajar peserta didik dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 88, (4). ada hubungan yang signifikan antara respon dengan hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,56, dan (5). ada pengaruh yang signifikan antara respon dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2021/2022 dengan persamaan regresi sederhana sebesar = 85,133 +6,29x.
Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga Trifonia Dervia Jaya; Maria Benedikta Tukan; Faderina Komisia
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.031 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.44

Abstract

Pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing diharapkan dapat melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, untuk mengetahui aktivitas siswa, untuk mengetahui respon siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitan ini adalah kelas X1 IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang. Sampel di ambil secara sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikategorikan baik dengan persentase 3,68, aktivitas siswa digolongkan dalam kategori baik dengan persentase 82%, keterampilan proses sains siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikategorikan baik dengan persentase 83%, respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikateogrikan baik dengan persentase 82%.
Pengembangan LKPD Dengan Memanfaatkan Indikator Alami Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Titrasi Asam Basa Sebdiel Boimau; Maria B. Tukan; Yustina D. Lawung; Erly Grizca Boelan
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.175 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.45

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik adalah suatu bahan ajar cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan mengacu pada kompetensi dasar yang harus di capai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, untuk mengetahui respon peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (resarch & development). Populasi dalam penelitan ini adalah kelas X1 IPA SMA Negeri Kuanfatu. Hasil validasi ahli materi yang diperoleh berkategori layak dengan persentase 80%, hasil validasi ahli media yang diperoleh berkategori sangat layak dengan persentase 97%, hasil validasi angket respon peserta didik yang diperoleh berkategori sangat layak dengan persentase 92%, hasil belajar peserta didik untuk aspek pengetahuan (KI-3), dan keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan rata-rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan yang diperoleh dari 26 siswa sebesar 85, dan hasil persentase respon peserta didik yang diperoleh 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dikategorikan baik.
HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PENERAPAN MEDIA BUKU SAKU MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIA SMA SEMINARI ST. RAFAEL OEPOI KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023 Imelda Paul; Theresia Wariani; Early Grizca Boelan
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.661 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi terhadap buku saku, mengetahui minat belajar siswa, mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui bagaimana hubungan antara minat dan hasil belajar siswa pada materi Stoikiometri dengan menerapkan media buku saku. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan asosisatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang yang berjumlah 14 orang. Dengan variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh tim Ahli, lembar tes dan lembar angket dengan menerapkan media buku saku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). validasi terhadap buku saku dinyatakan valid dengan rata-rata Perolehan nilai sebesar 89%, 2). minat belajar siswa sangat baik dengan rata-rata perolehan nilai sebesar 91,57%, 3). hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan nilai sebesar 80%, dan 4). hubungan antara minat dan hasil belajar siswa pada materi Stoikiometri dengan menerapkan media buku saku cukup kuat dengan perolehan koefisien korelasi (r) sebesar 0,53 dan nilai thitung ≥ ttabel atau 22,6 > 2,178.
Efektivitas Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Delsi Ndoen; Maria B. Tukan; Faderina Komisia
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.723 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.48

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Semau Selatan, yang meliputi keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan guru, untuk mengetahui aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Semau Selatan tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, tes dan angket. Penelitin ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Semau Selatan, dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85% tergolong dalam kategori baik, dan nilai kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran sebesar 3,76 dalam kategori baik, persentase aktivitas siswa tergolong dalam kategori baik dengan persentase rata-rata sebesar 80%, hasil belajar siswa tergolong dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 86, persetase respon siswa tergolong dalam kategori baik dengan persentase rata-rata sebesar 80%. Guru diharapkan dapat menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing karena sangat baik dan efektif dalam pembelajaran kimia.
Makna Semiotik Mamahea Ni’owalu (Menandu Pengantin) Pada Acara Pesta Pernikahan Agustinus Duha; Kalvintinus Ndruru; Ringlinawati Laia
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.194 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.53

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian masyarakat terkait budaya dan nilai yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna semiotik dalam tradisi mamahea ni’owalu pada acara pesta pernikahan. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat di desa Botohili. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan strategi interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data adalah wawancara terstruktur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mamahea ni’owalu dalam acara pesta pernikahan mengandung makna semiotik kultural yakni sebagai tanda penghormatan, dan tanda kemuliaan bagi mempelai perempuan. Kesimpulannya adalah mamahea ni’owalu merupakan salah satu kebiasaan atau tradisi orang Nias ketika anak perempuan menikah. Tradisi ini yang patut dilestarikan karena dapat menunjukkan betapa berharganya seorang anak perempuan di mata keluarga dan masyarakat sehingga tidak diperlakukan secara sewenang-wenang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada masyarakat agar terus melestarikan kegiatan mamahea ni’owalu untuk mempertahankan nilai adat Nias, kepada dinas pendidikan Nias Selatan agar memuat budaya-budaya dan tradisi masyarakat Nias dalam mata pelajaran mulok.
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Relimawati Giawa; Agnes Renostini Harefa; Toroziduhu Waruwu
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.257 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.59

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Amandraya, pada proses pembelajaran modul tidak pernah digunakan, proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran berbasis discovery learning pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (analyze¸ design¸ development¸ impementation and evaluate). Pelaksanaan penelitian di SMAN 1 Amandraya pada kelas X. Sampel uji praktikalitas produk sebanyak 3 orang untuk uji coba perorangan, 5 orang ujicoba kelompok kecil dan 19 orang untuk uji coba lapangan. Sedangkan untuk uji efektivitas sebanyak 19 orang sampel yang merupakan sampel uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi modul oleh ahli materi, bahasa dan desain, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian: (1). kelayakan modul oleh ahli materi diperoleh 91% kriteria sangat layak, oleh guru bidang studi diperoleh 90% kriteria sangat layak, ahli bahasa diperoleh 95% kriteria sangat layak, ahli desain diperoleh 94% kriteria sangat layak, (2). kepraktisan modul berdasarkan uji coba perseorangan diperoleh 84% kriteria sangat praktis, uji kelompok kecil diperoleh 90% kriteria sangat praktis, uji coba lapangan di kelas X IPA2 diperoleh 95% kriteria sangat praktis, dan (3). efektifitas modul di kelas X IPA2 mencapai 89% kriteria sangat efektif.
Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Web Pada Materi Keanekaragaman Hayati Impur Dermawan Zega; Dalifati Ziliwu; Natalia Kritiani Lase
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.645 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v1i2.60

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website menggunakan model 4-D, untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu: define, design, develop, disseminate. Pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 1 Lotu pada kelas X AKP. Sampel uji praktikalitas produk sebanyak 3 orang untuk uji coba perorangan, 6 orang uji coba kelompok kecil dan 22 orang untuk uji coba lapangan. Sedangkan untuk uji efektivitas sebanyak 22 orang sampel yang merupakan sampel uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi, angket respon peserta didik, tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian validasi ahli isi dan materi, oleh dosen mencapai 87,1%, oleh guru mata pelajaran mencapai 100%. Penilaian validasi bahasa mencapai 92,5%, dan validasi desain mencapai 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website pada uji perorangan diperoleh persentase 88,9%, uji kelompok kecil diperoleh persentase 91,1%, dan uji lapangan diperoleh persentase 90,6%, dengan kualifikasi sangat praktis. pada uji keefektifitas media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website uji lapangan persentase ketuntasan 90,91%, dengan kualifikasi sangat tinggi.

Page 1 of 4 | Total Record : 40