cover
Contact Name
Didi
Contact Email
jepkm.inlic@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jepkm.inlic@gmail.com
Editorial Address
Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia Email: jepkm.inlic@gmail.com.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29861217     DOI : -
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (JEPKM) merupakan jurnal ilmiah yang mencakup pendidikan/ edukasi, pelatihan, kegiatan layanan atau pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menyebarkan pemikiran konseptual dan ide-ide yang telah dicapai di bidang layanan dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini berisi berbagai kegiatan/ aktivitas dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra kerjasama lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022" : 10 Documents clear
Edukasi Petani Dalam Memanfaatkan Informasi dan Prakiraan Iklim/Musim Melalui Sekolah Lapang Iklim di Tegalsari, Kedu, Temanggung Zauyik Nana Ruslana; Umaroh; Giarno Giarno
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.046 KB)

Abstract

Potensi pertanian yang besar di Karesidenan Kedu terkendala oleh kesadaran dan pemahaman unsur cuaca iklim yang kurang tepat. Salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petani adalah Sekolah Lapang Iklim (SLI). Kegiatan SLI tahap 3 (SLI 3) merupakan eduksi secara langsung untuk meningkatkan kemampuan petani dalam merencanakan kegiatan usaha tani dengan memanfaatkan pengetahuan tentang cauca dan iklim. Hasil kegiatan SLI 3 ini terlihat dari hasil pre-Test dan post-test dimana nilai rata-rata pemahaman materi SLI pre test 56.8% benar dibandingkan 81.2% setelah kegiatan atau post test. Selain itu petani langsung menerapkan pengetahuan cara menghitung hasil panen padi. Diperoleh panen padi terendah sebesar 6.2 Ton/Ha dan tertinggi sebesar 7.8 Ton/Ha dengan rata-rata produktivitas adalah 6.8 Ton/Ha. Mengingat di masa tanam ini terjadi serangan hama lebih banyak dibandingkan dengan waktu tanam Tahun 2018, hasil produktivitas pada Sekolah Lapang Iklim BMKG masih lebih tinggi dari rata-rata Kabupaten sebesar 6.2 Ton/Ha dengan kenaikan produksi 9.7%.
Hubungan Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Syarifah Suryana; Besse Qur'ani; Nurhijrah
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.464 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran minat mahasiswa menjadi guru; dan (2) gambaran prestasi belajar mata kuliah Pembelajaran Mikro di jurusan PKK FT UNM. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan populasi dari penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 yang telah melulusi mata kuliah pembelajaran mikro berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan metode product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya Minat Mahasiwa Menjadi Guru yang tergolong sedang yang ditunjukkan dengan frekuensi 42,5% sebanyak 17 mahasiswa yang menghasilkan nilai pada interval 79,75– 88,64. (2) adanya Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro tergolong tinggi yang ditunjukkan dengan frekuensi sebanyak 57,5% atau sebanyak 23 mahasiswa yang menghasilkan nilai pada interval 92,83 – 98,00.
Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4 – 5 Tahun Asfinolia; Eka Sufartianinsih Jafar
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.762 KB)

Abstract

Kemampuan motorik kasar sangat penting dikembangkan di masa kecil. Motorik kasar merupakan gerakan tubuh menggunakan seluruh anggota tubuh, Tingkat capaian perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun yaitu melakukan gerakan tubuh terkoordinir. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 4 – 5 tahun. Stimulasi motorik kasar anak menggunakan sebuah alat permainan edukatif berupa Sensory Path. Media ini lebih efektif karena anak merasa bebas bergerak namun terkoordinir, sehingga melalui penelitian diharapkan mampu menstimulasi perkembangan kasar khususnya keseimbangan, kelincahan dan kekuatan serta membantu pekerja social dalam pengelolaan strategi pembelajaran keterampilan motorik kasar anak. Subjek dalam penelitian ini adalah APM kelas A di UPT PPRSA Inang Matutu sebanyak 23 orang yang berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Pengabdian ini dilakukan dalam II siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan motorik kasar anak setelah melaksanakan permainan edukatif ini.
Penerapan Konseling Rational Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Matematika Di SMK Negeri 4 Gowa Burhanuddin Burhanuddin; Abdul Hadis
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.101 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dan perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling rational emotif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Listrik dan Jurusan Bangunan sebanyak 30 responden. Prosedur penelitian ini adalah berupa wawancara konseling, observasi, dan analisis dokumen yang berasal dari konselor berupa pengamatan terhadap partisipasi dan kebiasaan dalam belajar. Instrumen penelitian yang dilakukan berupa bahan perlakuan dengan memberikan pre-test dan post-test dengan pemberian angket/kuesioner. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Gowa umumnya rendah (kategori rendah 21 responden dan agak rendah 9 responden). Namun, setelah diadakan konseling rational emotif menunjukkan peningkatan yang tinggi (kategori tinggi 20 responden, agak rendah 7 responden, dan rendah 3 responden) terhadap motivasi belajar siswa dan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum dan sesudah penerapan konseling rational emotif di SMK Negeri 4 Gowa.
Pemanfaatan Tepung Ampas Kelapa (Cocos Nucifera) sebagai Bahan Substitusi dalam Pembuatan Coconut Crispy untuk Meningkatkan Potensi Usaha Gawarti; Syamsidah; Nur Resky M. Febriani
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.411 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) Mengetahui proses pembuatan tepung ampas kelapa. (2) Mengetahui proses pembuatan coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa. (3) Mengetahui penilaian panelis terhadap mutu coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa. (4) Mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa. Tempat penelitian di Laboratorium Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan LKSA Bahagia. Waktu penelitian dimulai dari Desember 2021 hingga Februari 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (Scoresheet), studi literatur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan uji rata – rata (Mean), uji beda annova, dan uji beda lanjutan duncan. Hasil penelitian (1) Proses pembuatan tepung ampas kelapa ialah pengeringan, penghalusan, dan pengayakan. (2) Proses pembuatan coconut crispy diawali dengan penimbangan bahan, pencampuran bahan sesuai formulasi (F1 25%, F2 50%, dan F3 75%), pencetakan, pemanggangan, dan pengemasan. (3) Penilaian panelis terhadap mutu coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa dihasilkan warna semakin tidak kuning kecoklatan, aroma semakin harum, tekstur semakin renyah, rasa semakin enak, over all semakin tidak baik, dan kesukaan semakin suka. (4) Produk coconut crispy diterima oleh masyarakat.
Edukasi Petani Dalam Memanfaatkan Informasi dan Prakiraan Iklim/Musim Melalui Sekolah Lapang Iklim di Tegalsari, Kedu, Temanggung Ruslana , Zauyik Nana; Umaroh, Umaroh; Giarno, Giarno
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v1i2.7

Abstract

Potensi pertanian yang besar di Karesidenan Kedu terkendala oleh kesadaran dan pemahaman unsur cuaca iklim yang kurang tepat. Salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petani adalah Sekolah Lapang Iklim (SLI). Kegiatan SLI tahap 3 (SLI 3) merupakan eduksi secara langsung untuk meningkatkan kemampuan petani dalam merencanakan kegiatan usaha tani dengan memanfaatkan pengetahuan tentang cauca dan iklim. Hasil kegiatan SLI 3 ini terlihat dari hasil pre-Test dan post-test dimana nilai rata-rata pemahaman materi SLI pre test 56.8% benar dibandingkan 81.2% setelah kegiatan atau post test. Selain itu petani langsung menerapkan pengetahuan cara menghitung hasil panen padi. Diperoleh panen padi terendah sebesar 6.2 Ton/Ha dan tertinggi sebesar 7.8 Ton/Ha dengan rata-rata produktivitas adalah 6.8 Ton/Ha. Mengingat di masa tanam ini terjadi serangan hama lebih banyak dibandingkan dengan waktu tanam Tahun 2018, hasil produktivitas pada Sekolah Lapang Iklim BMKG masih lebih tinggi dari rata-rata Kabupaten sebesar 6.2 Ton/Ha dengan kenaikan produksi 9.7%.
Hubungan Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Suryana, Syarifah; Qur'ani, Besse; Nurhijrah, Nurhijrah
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v1i2.9

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran minat mahasiswa menjadi guru; dan (2) gambaran prestasi belajar mata kuliah Pembelajaran Mikro di jurusan PKK FT UNM. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan populasi dari penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 yang telah melulusi mata kuliah pembelajaran mikro berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan metode product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya Minat Mahasiwa Menjadi Guru yang tergolong sedang yang ditunjukkan dengan frekuensi 42,5% sebanyak 17 mahasiswa yang menghasilkan nilai pada interval 79,75– 88,64. (2) adanya Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro tergolong tinggi yang ditunjukkan dengan frekuensi sebanyak 57,5% atau sebanyak 23 mahasiswa yang menghasilkan nilai pada interval 92,83 – 98,00.
Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4 – 5 Tahun Asfinolia, Asfinolia; Jafar, Eka Sufartianinsih
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v1i2.10

Abstract

Kemampuan motorik kasar sangat penting dikembangkan di masa kecil. Motorik kasar merupakan gerakan tubuh menggunakan seluruh anggota tubuh, Tingkat capaian perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun yaitu melakukan gerakan tubuh terkoordinir. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 4 – 5 tahun. Stimulasi motorik kasar anak menggunakan sebuah alat permainan edukatif berupa Sensory Path. Media ini lebih efektif karena anak merasa bebas bergerak namun terkoordinir, sehingga melalui penelitian diharapkan mampu menstimulasi perkembangan kasar khususnya keseimbangan, kelincahan dan kekuatan serta membantu pekerja social dalam pengelolaan strategi pembelajaran keterampilan motorik kasar anak. Subjek dalam penelitian ini adalah APM kelas A di UPT PPRSA Inang Matutu sebanyak 23 orang yang berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Pengabdian ini dilakukan dalam II siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan motorik kasar anak setelah melaksanakan permainan edukatif ini.
Penerapan Konseling Rational Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Matematika Di SMK Negeri 4 Gowa Burhanuddin, Burhanuddin; Hadis, Abdul
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v1i2.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dan perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling rational emotif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Listrik dan Jurusan Bangunan sebanyak 30 responden. Prosedur penelitian ini adalah berupa wawancara konseling, observasi, dan analisis dokumen yang berasal dari konselor berupa pengamatan terhadap partisipasi dan kebiasaan dalam belajar. Instrumen penelitian yang dilakukan berupa bahan perlakuan dengan memberikan pre-test dan post-test dengan pemberian angket/kuesioner. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Gowa umumnya rendah (kategori rendah 21 responden dan agak rendah 9 responden). Namun, setelah diadakan konseling rational emotif menunjukkan peningkatan yang tinggi (kategori tinggi 20 responden, agak rendah 7 responden, dan rendah 3 responden) terhadap motivasi belajar siswa dan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum dan sesudah penerapan konseling rational emotif di SMK Negeri 4 Gowa.
Pemanfaatan Tepung Ampas Kelapa (Cocos Nucifera) sebagai Bahan Substitusi dalam Pembuatan Coconut Crispy untuk Meningkatkan Potensi Usaha Gawarti, Gawarti; Syamsidah, Syamsidah; Febriani , Nur Resky M.
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) Mengetahui proses pembuatan tepung ampas kelapa. (2) Mengetahui proses pembuatan coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa. (3) Mengetahui penilaian panelis terhadap mutu coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa. (4) Mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa. Tempat penelitian di Laboratorium Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan LKSA Bahagia. Waktu penelitian dimulai dari Desember 2021 hingga Februari 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (Scoresheet), studi literatur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan uji rata – rata (Mean), uji beda annova, dan uji beda lanjutan duncan. Hasil penelitian (1) Proses pembuatan tepung ampas kelapa ialah pengeringan, penghalusan, dan pengayakan. (2) Proses pembuatan coconut crispy diawali dengan penimbangan bahan, pencampuran bahan sesuai formulasi (F1 25%, F2 50%, dan F3 75%), pencetakan, pemanggangan, dan pengemasan. (3) Penilaian panelis terhadap mutu coconut crispy substitusi tepung ampas kelapa dihasilkan warna semakin tidak kuning kecoklatan, aroma semakin harum, tekstur semakin renyah, rasa semakin enak, over all semakin tidak baik, dan kesukaan semakin suka. (4) Produk coconut crispy diterima oleh masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10