cover
Contact Name
Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra
Contact Email
iagsuwiprabayantiputra@unud.ac.id
Phone
+6281338409591
Journal Mail Official
jupita@unud.ac.id
Editorial Address
Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana Jl. Kampus Bukit Jimbaran Computer Science Building Jurusan Ilmu Komputer, Jimbaran, , Kab. Badung, Provinsi Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA)
Published by Universitas Udayana
ISSN : 29636280     EISSN : 29858127     DOI : -
Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA) adalah jurnal pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memanfaatkan keilmuan Informatika/Komputer, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, ataupun Teknologi Informasi. JUPITA secara konsisten terbit empat kali dalam setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.
Articles 51 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023" : 51 Documents clear
IMPLEMENTASI ANTARMUKA LANDINGPAGE “SPBE” SEBAGAI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE KOMINFO Bayu Prasetiyo; Agus Muliantara; Made Agung Raharja
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkembangnya era globalisasi seperti sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan sangat cepat. sudah banyak teknologi-teknologi baru tercipta yang dimanfaatkan untuk mempermudah semua pekerjaan manusia. sistem informasi merupakan suatu sistem berbasis komputer yang memiliki beberapa komponen yang bertujuan untuk mengolah data dan menghasilkan informasi bagi pengguna. Dinas Kominfo adalah organisasi pemerintahan yang memanfaatkan teknologi sistem informasi sebagai layanan administrasi pemerintahan. Kominfo memiliki banyak sistem informasi yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna yang bertujuan untuk memperlihatkan transparansi layanan yang dilakukan salah satunya ada sistem SPBE. sistem informasi website yang digunakan sebagai media penyampaian informasi. sebelumnya rancangan antarmuka dari sistem SPBE atau landing page ini telah dibuat, sehingga diperlukan penerapan atau implementasi dari rancangan kedalam code program sehingga menjadi sebuah website. hasil dari penerapan landing page ini berupa sebuah website SPBE yang berfungsi sebagai media penyampaian informasi.
Perancangan Antarmuka “Bit Pos” Sebagai Sistem Informasi Point Of Sale Untuk Kasir Pada Pt. Bangun Inovasi Teknologi I Gede Martayasa; Anak Agung Istri Ngurah Eka Karyawati; Ida Bagus Made Mahendra
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bangun Inovasi Teknologi atau BIT House adalah perusahaan dengan visi global yang bergerak di bidang software developer berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). BIT House adalah perusahaan yang setiap tahunnya menerima mahasiswa dari berbagai universitas di Bali untuk melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan atau kegiatan pengabdian. Pada kegiatan pengabdian ini dibangun sebuah desain BIT POS sebagai sistem informasi Point of Sale (POS) untuk kasir. BIT POS dibangun karena selama ini proses transaksi yang dilakukan kasir masih manual dimana proses transaksi tersebut masih menggunakan kalkulator. Proses yang masih manual ini menyebabkan proses transaksi tidak dikerjakan secara otomatis dan sering menghambat transaksi penjualan. Proses perancangan desain sistem dimulai dari tahap wawancara, implementasi desain sistem, dan pengujian desain sistem. Hasil perancangan desain sistem menunjukkan bahwa BIT POS berhasil diimplementasikan ke dalam bentuk desain antarmuka dengan berbagai kebutuhan fungsional beserta alur kerja sistemnya.
Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi E-Ticketing Tempat Wisata Di Badung Ni Ketut Intan Setiawati; I Gede Arta Wibawa; Gst. Ayu Vida Mastrika Giri
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Badung adalah kabupaten di Bali yang dikenal memiliki beragam tempat wisata menarik sehingga menjadi favorit para wisatawan lokal maupun internasional. Kabupaten Badung telah mengembangkan daya tarik wisata sebanyak 39 lokasi dan akan mengembangkan potensi pariwisata di luar lokasi-lokasi tersebut. Untuk mengembangkan potensi tersebut, dibutuhkan sebuah sistem yang memungkinkan para wisatawan untuk memesan tiket secara daring. Deskripsi detail terkait destinasi pariwisata Badung mulai dari deskripsi, harga tiket, dan lokasi tempat wisata dapat ditampilkan pada aplikasi berbasis website. Oleh karena itu, dibuat suatu desain antarmuka aplikasi e-ticketing yang bernama Vacatix. Melalui aplikasi ini para wisatawan akan lebih mudah dalam mencari dan membeli tiket tempat wisata di Badung. Vacatix akan membantu perangkat daerah Badung dan pengelola tempat wisata untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki.
PENINGKATAN SDM DAN PEMASARAN UMKM KERAJINAN KAYU BERBASIS IPTEKS PADA UMKM KERAJINAN DESA PETULU UBUD Made Agung Raharja; Made Suyana Utama; Yohanes Kristianto Kristianto; I Gusti Ngurah Lanang Wijayakusuma
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis. Saat ini di kecamatan Ubud hampir memiiki perusahaan perorangan atau yang tergolong UMKM yang paling banyak diantara daerah lainya. Dalam penerapan Program Udayana Mengabdi (PUM) ini terdapat mitra yang akan didampingi berlokasi di Desa Petulu, kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jenis UMKM yang dimiliki mitra tersebut adalah UMKM Kerajinan Kayu. Kegiatan Program Udayana Mengabdi (PUM) dengan tema peningkatan SDM dan pemasaran UMKM kerajinan kayu berbasis ipteks pada UMKM kerajinan desa petulu ubud melakukan beberapa kegiatan pendampingan dan pelatihan yang digunakan pada pemberdayaan UMKM untuk jenis usaha Kerajinan tanya dengan bahan dasar kayu adalah metode partisipatif yang diintegrasikan dengan kearifan lokal. Dengan metode yang partisipatif luaran yang diharapkan dari kegiatan PUM ini adalah: 1) Peningkatan keterapilan pemasaran UMKM dalam hal penggunaan teknologi informasi berbasis internet dengan menggunakan aplikasi online e-commers. 2) Peningkatan kemampuan manajemen usaha UMKM dan dalam hal pengelolaan keuangan serta pengelolaan aset UMKM. 3) Pengembangan usaha UMKM ke arah usaha ekonomi produktif yang berbasis teknologi informasi untuk menjaga keberlanjutan pendapatan dan diversifikasi usaha.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE PROJECT ABUSIVE REVIEW DETECTION PADA FITUR ULASAN AKOMODASI PENGINAPAN WEBSITE PT. KAMARTAMU BARU I Komang Tryana Mertayasa; I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan; I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kamartamu merupakan sebuah start-up yang bergerak di kategori OTA atau Online Travel Agent. Wisatawan domestik (wisatawan nusantara) dapat memesan akomodasi lokal daripada menyewa hotel untuk tempat menginapnya melalui Kamartamu. Wisatawan yang telah memesan akomodasi penginapan melalui situs www.kamartamu.com dapat mememberikan ulasan kepada akomodasi tempat mereka menginap. Saat ini belum ada sistem yang mampu mendeteksi apakah suatu ulasan termasuk abusive dalam fitur ulasan di website kamartamu. Jika ulasan abusive tersebut tidak disaring maka akan berpengaruh kepada jumlah pengguna dari website kamartamu. Untuk mencapai tujuan agar vertical dari divisi akomodasi penginapan Kamartamu dapat mendeteksi ulasan yang mengandung abusive review, maka metode yang dipergunakan adalah Machine Learning Project Lifecycle. Model machine learning untuk mendeteksi apakah suatu ulasan mengandung abusive review pada situs website Kamartamu memiliki akurasi model sebesar 0,91 dan nilai f1 score sebesar 0,93 dimana menggunakan metode xgboost. Proses deployment atau deliver model machine learning untuk mendeteksi apakah suatu ulasan mengandung abusive review pada situs website Kamartamu berupa service API dan juga berupa website model serving demo menggunakan open source library streamlit. Telah dilakukan juga demo kepada team Kamartamu dalam penggunaan project ini, dimana memperoleh hasil yang positif.
Desain Frontend Aplikasi Website Panggil Tukang Terpercaya Di Bali Pasha Renaisan; I Gede Santi Astawa; Gst. Ayu Vida Mastrika Giri
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tukang menurut KBBI adalah orang yang mempunyai kepandaian dalam suatu pekerjaan tangan. Tukang biasa diperlukan masyarakat untuk mengurus segala sesuatu tentang bangunan, seperti memperbaiki bangunan, renovasi bangunan, ataupun membuat bangunan baru. Tukang tentunya merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat karena semua orang pasti memerlukan tukang untuk merawat properti mereka. Tukang yang terpercaya kadang sulit untuk didapatkan konsumen, seringkali tukang tidak jujur dalam perihal biaya pengerjaan sesuatu dan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Seringkali kerja dari tukang kurang melibatkan konsumen sehingga mungkin hal ini menyebabkan tukang untuk mendapat kesempatan untuk menaikkan harga sesuai keinginan mereka mengingat konsumen juga seringkali tidak mengerti dengan apa yang dikerjakan. Hal ini cukup banyak terjadi di Indonesia tidak terkecuali juga di Bali. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diadakan platform yang menyediakan jasa pemanggilan tukang terpercaya. Tukangku hadir sebagai website sewa tukang yang diharapkan mampu untuk mempermudah keterhubungan antara masyarakat dan tukang dan juga meminimalisir kerugian yang diakibatkan oleh permainan harga.
Evaluasi User Experience Prototype Aplikasi Mobile Peminjaman Ruangan Menggunakan User Experience Questionnaire Tristan Nugraha Tanaya; I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra; I Wayan Santiyasa
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

User experience adalah pengalaman yang dimiliki pengguna saat menggunakan perangkat lunak. Keberhasilan dari perangkat lunak merupakan kunci sebuah produk ketika kebutuhan dan emosi pengguna bernilai positif. Sebagai perangkat lunak, sistem sewa ruangan berperan penting dalam meningkatkan produktivitas bagi masyarakat. Pengukuran user experience bertujuan untuk mengetahui pengalaman seperti apa yang didapatkan pengguna saat menggunakan sistem peminjamanan ruangan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Skor UEQ evaluasi pengalaman pengguna untuk setiap sub-area UEQ adalah Attractiveness 1,389, Visibility 1,375, Efficiency 1,583, Reliability 1,188, Stimulation 1,292 dan Novelty 0,667. Ini menunjukkan bahwa hampir setiap aspek pengalaman pengguna mendapat nilai bagus. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi untuk merancang user experience sistem peminjaman kamar, dilanjutkan dengan inovasi dari berbagai perspektif.
WEBSITE FAQ KOTA DENPASAR BAGIAN ADMIN Era Wahyuni; I Ketut Gede Suhartana; I Putu Gede Hendra Suputra
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Denpasar memiliki sebuah website link resmi Pemerintah Kota yang dikelola oleh Dinas Kominfos (Komunikasi, Informatika dan Statistik) Kota Denpasar FAQ (Frequently Asked Question). Pada website ini tersedia menu layanan yaitu menu yang berguna untuk membantu masyarakat agar dapat memperoleh informasi. Untuk membantu pengguna website mendapatkan informasi secara cepat dengan memberikan pertanyaan kepada admin, kini telah disediakan DAIVA (Denpasar Information Virtual Asistant) yang merupakan chatbot dan langsung terhubung pada nomor official resmi WhatsApp yang diberi nama DEVI. Kinerja DAIVA sendiri belum optimal karena terlalu lama memberikan respon kepada pengguna oleh karena itu dibutuhkan website yang dapat menampilkan pertanyaan yang paling sering ditanyakan agar masyarakat dapat dengan cepat memperoleh informasi yang ingin dicari. Berdasarkan hasil dari pembuatan website yang telah dibuat diperoleh bahwa website tersebut bisa menjawab solusi dari permasalahan yang dimaksud.
SISTEM PENGAJUAN BARANG BERBASIS WEBSITE PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KABUPATEN BANGLI Ni Komang Santi Cahyani; I Ketut Gede Suhartana; I Wayan Supriana
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Kominfosan merupakan salah satu instansi pemerintahan di Kabupaten Bangli yang mengelola teknologi dari keamanan suatu jaringan, update-an website, hingga pembuatan website yang dibutuhakan. Seperti yang diketahui bahwa teknologi semakin maju, sehingga hampir semua hal dilakukan secara digitalisasi. Digitalisasi yakni proses pengalihan menggunakan teknologi digital, agar dapat memperoleh informasi melalui jaringan internet. Perubahan manual menjadi digitalisasi sangat diperlukan instansi untuk mengefisienkan perkerjaan. Dalam perancangan website pengajuan barang adanya beberapa tahapan yaitu wawancara alur kerja sistem di Dinas Kominfosan, merancang website, diskusi terkait rancangan yang akan dibuat, studi literatur, implementasi rancangan dan pengujian program. Hasil evaluasi yang didapatkan dengan adanya website pengajuan barang yakni 100% pengguna mengatakan bahwa penting adanya sistem pengajuan barang, 80% pengguna yang mengatakan fitur atau fungsi pada sistem terintegrasi dengan baik, 20% pengguna mengatakan bahwa aplikasi sangat sulit digunakan, serta 20% mengatakan adanya hal yang perlu dipelajari sebelum penggunaan sistem. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan adanya website pengajuan barang dapat membantu mempercepat serta mempermudah proses pengajuan barang yang dilakukan oleh instansi.
PENGEMBANGAN FITUR PENGGUNA APLIKASI ARSIP SURAT (STUDI KASUS : KANTOR DISDUKCAPIL KABUPATEN BADUNG) Krisphino Saputra Nurbidin; I Ketut Gede Suhartana; I Wayan Supriana
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 3 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 3, Mei 2023
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Badung belum sepenuhnya dikembangkan sesuai dengan prosedur dan belum efektif, cara pengambilan dan penyimpanan surat masih dilakukan secara manual dalam melakukan pendataaan dan Semua surat masuk maupun surat kelaur masih tersimpan dalam bentuk hard copy. Dengan masalah yang dialami maka akan menghambat pekerjaan dan membutuhkan waktu yang lama karena setiap koleksi arsip harus dibuka satu per satu, sehingga membuat kerja kurang efisien. Pengembanggan fitur pengguna pada aplikasi arsip surat saat ini sangat dibutuhkan oleh Dinas kependudukan Pencatatan Sipil agar memudahkan pegawai untuk mengecek surat masuk maupun surat keluar. dengan tersedianya sistem pengembangan fitur pengguna aplikasi arsip surat berbasis web akan memudahkan mereka dalam membuat surat secara terstruktur dan terkomputerisasi. Pegawai dapat secara teratur menyusun dan mengelola surat-surat yang masuk atau keluar serta mengelola laporan arsip surat- surat yang masuk atau keluar.