cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI APLIKASI PIXTON SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL DALAM BENTUK KOMIK UNTUK MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR Dede Trie Kurniawan; Nailah Tresnawati; Sri Maryanti
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1105.673 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i2.2205

Abstract

Komik edukasi dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik, sehingga cocok digunakan untuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode perkuliahan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembuatan media komik pembelajaran pendidikan lingkungan hidup untuk siswa sekolah dasar. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian pengembangan (Development Research) dengan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang diarahkan untuk mengembangkan komik pembelajaran pendidikan lingkungan hidup (PLH) berbasis TIK dengan aplikasi PIXTON. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan metode perkuliahan yang dapat memberikan keteramipilan pembuatan bahan ajar digital dalam bentuk komik untuk mahasiswa calon guru sekolah dasar di salah satu perguruan tinggi swasta kota Cirebon. Hasil Penelitian menunjukan mahasiwa calon guru sekolah dasar mampu merancang dan membuat komik dengan aplikasi pixton dalam mengembangkan materi pembelajaran sekolah dasar untuk mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup.
Pengaruh Model Pembelajaran Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar Wiwit Lathifah Febrilyani
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.281 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i2.2244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada materi bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini berupa Quasi Experimental Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV A dan kelas IV B SDN Cikole Kota Sukabumi. Pengumpulan data yang dilakukan berupa metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Pembelajaran pada kelas eksperimen dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran VAK sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, baik pada kelas eskperimen maupun kelas kontrol dengan materi yang sama, yaitu bangun datar. Hasil perhitungan awal menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Adapun hasil perhitungan akhir menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata hasil akhir kelas eksperimen sebesar 78,95 sedangkan kelas kontrol sebesar 54,74. Adapun hasil pengujian dari Uji T Dua Sampel Independen menunjukkan nilai sig. = 0,000. Nilai sig. lebih kecil dari taraf signifikansi uji, yaitu 0,05. Artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VAK berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD pada materi bangun datar.Kata Kunci. Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran VAK, Bangun Datar
PENGARUH MENULIS SAINS TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SD NEGERI BIMA KOTA CIREBON) Tarmidzi Tarmidzi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.54 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i2.2499

Abstract

Menurut teori belajar Konstruktivisme, pendidikan akan bermakna dan tersimpan dalam memori jangka panjang siswa jika mereka “membangun” sendiri pengetahuannya, dalam hal ini siswa menjadi subjek dalam pembelajaran yang aktif.  Salah satu aktivitas dalam kegiatan belajar adalah menulis.  Semakin terampil seseorang berbahasa, mencerminkan kecerahan dan kejelasan jalan pikirannya.  Tim pengembang Writing Across Curriculum dari Michigan Science Teacher Association (MSTA) and The Office School Improvement menyatakan bahwa menulis dapat membantu siswa menemukan pengetahuan baru, memilah-milah pengetahuan sebelumnya, membuat hubungan dan mengungkap ide-ide baru yang mereka tulis.  menulis dalam kelas sains dapat juga berarti “(1) mengingat pengetahuan lama untuk menyiapkan aktivitas baru; (2) mengembangkan pelajaran baru; (3) menggabungkan dan mengulas ide-ide; serta (4) merumuskan kembali dan memperluas pengetahuan”.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tambahan pembahasan secara deskriptif kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan bahwa menulis sains memengaruhi kemampuan keterampilan proses sains siswa secara signifikan sebesar 26,2%.
Peran Guru Kelas Pada Pelaksanaan Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Di SD Negeri 1 Pamijen Dilla Tiara Kusuma Dewi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.148 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i2.2357

Abstract

Bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru kelas dengan cara memberikan nasehat, memberikan motivasi, memberikan contoh, memberikan koreksi atau penilaian, membimbing, mengingatkan, dan memberikan hukuman pada peserta didik. salah satu ctontoh terlaksana bimbingan konseling telah diterapkan disekolah tersebut adanya peserta didik yang telah melaksanakan sikap tanggung jawab seperti mengerjakan PR, berangkat tepat waktu, memakai seragam sesuai aturan, mengerjakan PR secara berkelompok, dan bertanggung jawab pada setiap perbuatan yang dilakukan.
Media Pop Up Book Kearifan Lokal Cirebon Dalam Pembelajaran Sosial (Studi Kasus Mahasiswa PGSD Tingkat I Universitas Swadaya Gunung Jati) Iis Yeni Sugiarti; Auliya Aenul Hayati
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.98 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i2.2492

Abstract

Abstrak. Kurangnya pemahaman tentang kearifan lokal Cirebon pada mahasiswa PGSD tingkat I Universitas Swadaya Gunung Jati menyebabkan minimnya pengetahuan yang dimiliki. Hal ini sangat miris, mengingat Cirebon adalah kota budaya dan kota religi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media pop up book kearifan lokal Cirebon, mengetahui sejauh mana motivasi belajar dan minat belajar mahasiswa menggunakan media pop up book kearifan lokal Cirebon. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive rondom sampling. Desain pop up book dibuat oleh mahasiswa setelah mereka melakukan observasi lapangan, dengan menggali nilai-nilai kearifan lokal dan sosial kemasyarakatan dalam pembelajaran sosial. Analisis data desain pembelajaran menggunakan validasi ahli yang terdiri dari ahli media pembelajaran dan ahli materi kearifan lokal Cirebon, motivasi belajar dan minat belajar diukur menggunakan rating scale. Hasil penelitian yaitu 1) Desain media pop up book kearifan lokal Cirebon dalam pembelajaran sosial kategori sangat sesuai dengan memperoleh rata-rata skor 3.20. Artinya media pop up book kearifan lokal Cirebon yang dibuat mahasiswa dapat digunakan tanpa revisi karena sudah sesuai dengan prinsip VISUALS yaitu visible, interesting, simple, useful, accurate, legitimate, structured. 2) Motivasi belajar mahasiswa menggunakan media pop up book kearifan lokal Cirebon dalam pembelajaran sosial memperoleh skor 119.85 dengan kategori sangat setuju sebanyak 85.60%.  Dengan adanya media media pop up book kearifan lokal, memudahkan mahasiswa dalam memahami materi tentang kearifan lokal Cirebon sehingga mahasisw termotivasi untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak dimakan zaman. 3) Minat belajar mahasiswa menggunakan pop up book kearifan lokal Cirebon dalam pembelajaran sosial memperoleh rata-rata skor 83.7 dengan kategori baik sebanyak 74.73%. Dengan adanya media media pop up book kearifan lokal, mahasiswa dapat mencintai dan mewarisi budaya agar tidak terpengaruh oleh faktor globalisasi.  Kata kunci: Media Pop Up Book, Kearifan Lokal Cirebon, dan Pembelajaran Sosial Abstract. The lack of understanding of Cirebon local wisdom in the first-level PGSD students at Gunung Swadaya Gunung Jati caused a lack of knowledge. This is very sad, considering that Cirebon is a city of culture and religious city. This study aims to describe the pop up book design of the local wisdom of Cirebon, to find out the extent to which learning motivation and learning interest of students using pop up books, Cirebon local wisdom. This type of research is a case study with a qualitative approach. The sample used in this study was purposive rondom sampling. The pop up book design is made by students after they make field observations, by exploring the values of local wisdom and social society in social learning. Analysis of learning design data using expert validation consisting of learning media experts and Cirebon local wisdom material experts, learning motivation and interest in learning are measured using a rating scale. The results of the study are 1) Cirebon local wisdom pop up book media design in social learning category is very appropriate to obtain an average score of 3.20. This means that Cirebon local wisdom pop up book media created by students can be used without revision because it is in accordance with the VISUALS principle, which is visible, interesting, simple, useful, accurate, legitimate, structured. 2) Learning motivation of students using Cirebon local wisdom pop up book media in social learning scores 119.85 with a very agreeable category of 85.60%. With the existence of local wisdom pop up book media, it makes it easier for students to understand the material about Cirebon local wisdom so that students are motivated to preserve and preserve local culture so that it is not eaten by the times. 3) The interest in learning students using Cirebon local wisdom pop up book in social learning gained an average score of 83.7 with a good category of 74.73%. With the existence of local wisdom pop up book media, students can love and inherit culture so that they are not affected by globalization. Keywords: Media Pop Up Book, Cirebon Local Wisdom, and Social Learning
Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dasar Suriyana Suriyana; Risdiana Andika Fatmawati
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.479 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i2.2223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kritis mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal matematika pada matakuliah Matematika dasar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD yang berjumlah 20 mahasiswa, 16 mahasiswa perempuan dan 4 laki-laki. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis berupa tes kemampuan berfikir kritis dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  karena data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berdasarkan ketercapaian indikator berfikir kritis pada setiap soal. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada indikator menganalisis argumen kategori kurang. Kemampuan berpikir kritis pada indikator mengevaluasi informasi kategori tidak baik.  Kemampuan berpikir kritis pada indikator mensintesis bukti kategori tidak baik. Kemampuan berpikir kritis pada indikator menarik kesimpulan kategori tidak baik. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD perlu untuk dikembangkan.
STUDI AWAL MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA Yulia Eka Yanti
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.611 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i2.2200

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan dalam pembelajaran dan pengajaran Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa yaitu model ARCS. Empat aspek yang menjadi bagian penyusun motivasi tersebut adalah aspek attention, relevance, confidence, dan satisfaction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa S1 PGSD Universitas Islam Raden Rahmat pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei, dalam hal ini menggunakan angket motivasi mahasiswa. Subjek penelitian adalah terdiri dari empat kelas dengan total 76 mahasiswa pada Prodi PGSD dan PGMI Universitas Islam Raden Rahmat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa PGSD pada aspek attention dan relevance berada pada kategori cukup sedangkan untuk aspek confidence dan satisfaction berada pada kategori tinggi. Namun demikian, motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA masih perlu ditingkatkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7