cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari" : 5 Documents clear
Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And Create (RADEC) yang Berorientasi Penyelidikan Poppy Anggraeni; Wahyu Sopandi; Septinaningrum Septinaningrum; Ai Hayati; Tursinawati Tursinawati; Yosi Gumala Yosi Gumala
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.207 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v4i1.4398

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara komprehensif mengenai keterampilan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran RADEC berorientasi penyelidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed methods, dengan sampel sebanyak 29 orang mahasiswa PGSD. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kritis mengacu pada 5 aspek Critical Thinking Abilities yang dikembangkan Ennis (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD pada materi perkembangbiakan pada tumbuhan melalui pembelajaran RADEC berorientasi penyelidikan  memiliki kategori cukup (53,4%). Adapun keterampilan berpikir kritis tertinggi pada aspek the bases for a decision (59,1%) dan persentase terendah pada aspek basic clarification (44,5%). Hasil uji hipotesis menggunakan software SPSS 22 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara mahasiswa PGSD perempuan dan laki-laki. Namun demikian, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis perempuan (55,3) lebih besar daripada laki-laki (45,8), maka dapat disimpulkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD perempuan lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD laki-laki.Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, RADEC, Penyelidikan
Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Qonita Putri; Mudopar Mudopar; Ira Rahayu
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.866 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v4i1.4812

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendesain buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penyusunan buku cerita ini dilatarbelakangi adanya permasalahan bahwa penyediaan buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal sebagai penunjang pembelajaran teks fiksi di sekolah dasar masih minim. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengembangkan buku cerita anak ini yakni penelitian kualitatif dengan metode penelitian desain (design based research). Buku cerita anak berbasis kearifan lokal yang disusun terdiri dari empat cerita. Keempat cerita tersebut berjudul Hutan Mangroveku yang Malang, Menjaga dengan Hati, Pasar Muludan serta Dewi dan Topeng Merahnya. Buku cerita anak yang disusun kemudian divalidasi oleh tim ahli dan praktisi. Adapun tim ahli yang dijadikan sebagai validator yakni dosen bahasa dan sastra Indonesia, sedangkan praktisi yang dijadikan validator yakni beberapa orang guru sekolah dasar yang ada di daerah Cirebon. Berdasarkan hasil validasi membuktikan bahwa buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, dalam arti buku cerita tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran teks fiksi. Kata Kunci. Buku cerita anak, kearifan lokal, teks fiksi
Bentuk Dan Makna Inferensi Pada Tuturan Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Weru Cirebon Khalimi Romansyah
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.284 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v4i1.3542

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini  menjelaskan bentuk dan makna inferensi pada tuturan bahasa Indonesia siswa sekolah dasar di Kecamatan Weru Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya yaitu dokumen, peristiwa tutur, dan informan. Teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teori. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari sepuluh peristiwa tutur ( terdiri atas lima puluh dua tuturan ) yang diamati, seluruhnya mengandung unsur inferensi. Bentuk inferensinya meliputi prinsip analogi  penafsiran lokal sebanyak lima tuturan dan  prinsip analogi penafsiran umum sebanyak enam tuturan. Adapun  makna  inferensinya meliputi : menyampaikan ajakan, menolak ajakan, memperingatkan sesuatu, mengumumkan sesuatu, menyampaikan keinginan, memberitahu sesuatu, mengingatkan sesuatu, menyuruh, dan mengharapkan sesuatu. Kata kunci: Kecamatan Weru Cirebon, Bentuk dan Makna Inferensi, Tuturan, Siswa SD
Analisis Buku Tematik Kelas 1 SD/MI Muatan Matematika Tema 1 Diriku Jannah Ulfah; Rizka Febriyani Awliyah; Auliya Fia; Nelsa Putri Ayu; Halimatun Nisa
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.02 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v4i1.3563

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Saat ini dalam dunia pendidikan kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013. Buku yang digunakan dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah buku tematik. Buku tematik merupakan buku yang disediakan oleh pemerintah yang didalamnya memuat beberapa tema yang digunakan untuk mengaitkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami sebuah konsep. Salah satu materi yang ada dalam buku tematk kurikulum 2013 di kelas 1 sekolah dasar adalah materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi pembelajaran matematika pada tema 1 Diriku yang ada dalam buku Tematik Kurikulum 2013 Sekolah Dasar kelas 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini merupakan analisis isi (content analisis). Analisis isi ini digunakan untuk menganalisis materi matematika yang ada pada buku Tematik Kurikulum 2013 kelas 1 Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi matematika yang  diajarkan di kelas 1 sekolah dasar pada buku tematik tema 1 Diriku mengenai bilangan masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki.Kata Kunci: Analisis, Buku Tematik, Materi Matematika
Desain Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Ular Tangga Berbasis Penguasaan Konsep Siswa Tarmidzi Tarmidzi; Dian Permana Putri; Abyan Zahran
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.082 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v4i1.4811

Abstract

Abstrak.  Pembelajaran yang terjadi di kelas merupakan kegiatan yang sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan.  Guru harus memiliki kemampuan dalam mengemas rancangan pembelajaran yang baik diawali dengan persiapan yang matang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan kreativitas pada pelaksanaan pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat merangsang siswa menjadi lebih aktif dan tidak gampang bosan saat pembelajaran berlangsung.  Media pembelajaran adalah komponen-komponen sumber belajar yang mengandung materi-materi instruksional pada lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.  Desain dan pengembangan media pembelajaran ini difokuskan pada materi sumber energi untuk siswa kelas IV sekolah dasar.  Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan  metode penelitian desain (Design Research) dengan langkah-langkah, diantaranya: 1) permasalahan; 2) analisis; 3) desain/perancangan; 4) evaluasi/validasi.  Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara sebagai analaisis kebutuhan dan angket untuk validasi media yang dikembangkan.   Hasil penelitian menunjukkan ahwa media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga yang dikembangkan sudah menarik dan valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembalajaran di kelas.   Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Penguasaan Konsep 

Page 1 of 1 | Total Record : 5