cover
Contact Name
Uswatunnisah
Contact Email
uswatunnisah225@gmail.com
Phone
+6285242886819
Journal Mail Official
jurnalvenus173@gmail.com
Editorial Address
Jln Tentara Pelajar No. 173
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Venus
ISSN : 23384611     EISSN : 27980995     DOI : https://doi.org/10.48192/vns.v8i2
Jurnal ini menampilkan berbagai pokok pembahasan yang berwujud ringkasan hasil penelitian dan artikel ilmiah yang mempunyai keterkaitan di bidang kemaritiman dan kependidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 13 (2019): Maret" : 7 Documents clear
PERSEPSI TARUNA TERHADAP KINERJA DOSEN DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR Bachri; Mustamin Latief; Chrisandi Lande; Iswansyah
JURNAL VENUS Vol 7 No 13 (2019): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.206 KB) | DOI: 10.48192/vns.v7i13.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kapal, manajemen armada berpengaruh terhadap optimalisasi perusahaan secara simultan pada PT.Pelindo II Pontianak.Metodhe penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda (Pamudji Pasaribu, 1983 : 358) : Y = ao + a1X1 + a2X2 + ei. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa optimalisasi perusahaan di dalam kategori sedang, kemudian manajemen kapal dan manajemen armada dalam kategori sedang dimana manajemen kapal dan manajemen armada memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap optimalisasi perusahaan di PT.Pelindo II Pontianak dengan kontribusi masing-masing variabel adalah manajemen kapal sebesar 0.392, dan manajemen armada sebesar 0.299. sedangkan hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa faktor manajemen kapal adalah faktor yang paling berpengaruh dominan terhadap optimalisasi perusahaan di PT. Pelindo II Pontianak.
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU) DIKLAT POLITEKNIK ILMU PELAYARAN KOTA MAKASSAR ilham Ashari; Aslang; Zaenal Yahya; Sukur
JURNAL VENUS Vol 7 No 13 (2019): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.331 KB) | DOI: 10.48192/vns.v7i13.239

Abstract

Organisasi sektor publik saat ini dituntut agar menjalankan tata kelola pemerintah yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) terhadap layanan diklat Politeknik Ilmu Pelayaran Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Instrumen penelitian digunakan yaitu kuesioner dengan responden sebanyak 129 orang. Teknik pengolahan data menggunakan program SPSS dan analisis data dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pegawai menyatakan bahwa karakteristik organisasinya baik. Kemudian mayoritas pegawai menyatakan bahwa lingkungan kerja telah diciptakan cukup ideal dan menunjang aktivitas pegawai. Adapun karakteristik pegawai menunjukkan telah bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan organisasi serta berkomunikasi interaktif baik formal dan informal dengan pegawai lain. Selain itu, Kebijakan dan praktek manajemen yang dilakukan telah berorientasi pada target capaian organisasi.
IDENTIFIKASI PENGAWAKAN KAPAL NEGARA DALAM PERSPEKTIF PERATURAN PENGAWAKAN KAPAL NEGARA INDONESIA Irwan; Ahmad Fauzi; Meti Kendek; Mahbub Arfah
JURNAL VENUS Vol 7 No 13 (2019): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.311 KB) | DOI: 10.48192/vns.v7i13.240

Abstract

Mengungkapkan peranan kapal negara, sekaligus memberi gambaran besarnya jumlah armada dan besarnya jumlah anak buah kapal yang dibutuhkan kapal negara agar dapat dilayarkan sesuai standar pengawakan. Tujuan penelitian mengetahui kesesuaian sertifikasi keahlian dan keterampilan anak buah kapal negara dengan peraturan tentang pengawakan kapal negara yang berlaku. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif, indikator pengamatan yang dinyatakan dalam perhitungan persentase (%), yakni persentase jumlah anak buah kapal negara pada level Perwira yang memiliki sertifikat kehlian dan keterampilan yang sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut. Hasilnya menunjukkan jumlah kapal negara yang saat ini dioperasikan oleh Kementerian terkait hanya 50% dari jumlah seluruh kapal yang dibutuhkan. Kondisi ini tentu berdampak pada kinerja layanan kapal negara. Analisis data menunjukkan bahwa 39.3% anak buah kapal negara yang memiliki sertifikat kompetensi dan profesiensi yang sesuai dengan aturan sertifikasi pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK.103/3/13/DJPL-15, Kondisi ini sekaligus mengindikasikan besarnya kebutuhan anak buah kapal negara untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kapal yang operasikannya.
PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KAPAL DAN MANAJEMEN ARMADA TERHADAP OPTIMALISASI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT.PELINDO II PONTIANAK - KALIMANTAN BARAT) Slamet Riyadi; Muh. Syafril Sunusi; Eva Susanti; Haerani
JURNAL VENUS Vol 7 No 13 (2019): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.595 KB) | DOI: 10.48192/vns.v7i13.241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kapal, manajemen armada berpengaruh terhadap optimalisasi perusahaan secara simultan pada PT.Pelindo II Pontianak.Metodhe penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda (Pamudji Pasaribu, 1983 : 358) : Y = ao + a1X1 + a2X2 + ei. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa optimalisasi perusahaan di dalam kategori sedang, kemudian manajemen kapal dan manajemen armada dalam kategori sedang dimana manajemen kapal dan manajemen armada memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap optimalisasi perusahaan di PT.Pelindo II Pontianak dengan kontribusi masing-masing variabel adalah manajemen kapal sebesar 0.392, dan manajemen armada sebesar 0.299. sedangkan hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa faktor manajemen kapal adalah faktor yang paling berpengaruh dominan terhadap optimalisasi perusahaan di PT. Pelindo II Pontianak.
ANALISIS PERKEMBANGAN TRANSPORTASI LAUT DALAM WILAYAH SULAWESI UNTUK MENDUKUNG TOL LAUT Tri Iriyani Eka Wahyuni; Sahabuddin Sunusi; Irwan Jaya; Senitriany B. N.
JURNAL VENUS Vol 7 No 13 (2019): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.296 KB) | DOI: 10.48192/vns.v7i13.242

Abstract

Transportasi pada hakekatnya merupakan derived demand yang mempunyai sifat menerus serta tidak mengenal batas, sehingga tidak bisa dipenggal atas dasar suatu wilayah administratif tertentu. Dalam kaitan ini, transportasi pada dasarnya adalah urat nadi kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana pada tahap awal, peranan transportasi adalah sebagai “the promoting sector”, yaitu prasarana dan sarana transportasi disediakan mendahului pembangunan sektor-sektor lain, sedangkan pada tahap berikutnya peranan transportasi adalah sebagai “the servicing sector”. Jenis dan alat transportasi berbeda-beda sesuai dengan yang kita perlukan. Ada 3 jenis transportasi yang ada di dunia yaitu ada transportasi darat, transportasi air, dan transportasi udara. Diantara jenis-jenis transportasi tersebut, Transportasi laut memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian nasional dan daerah sebagaimana amanat dalam Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 menjadi suatu yang sangat strategis bagi wawasan nasional serta menjadi sarana vital yang menunjang tujuan persatuan dan kesatuan nasional. Perlu diketahui juga kontribusi transportasi laut menjadi semakin penting karena nilai biaya yang dikeluarkan adalah paling kecil bila dibandingkan dengan biaya transportasi darat dan udara. Selain itu, transportasi laut juga memiliki kelebihan, yaitu kapal laut dapat melewati medan yang tidak dapat ditempuh oleh kendaraan roda dua atau kapal udara. Sasaran utama pembangunan tol laut menurut Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional adalah terwujudnya Indonesia sebagai negara kepulauan yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional.
STUDI PORT RECEPTION FACILITIES DI INDONESIA BERDASARKAN REGULASI MARPOL Abdoellah Djabier; Suwarno Waldjoto; Bustamin; Marthen Makahaube
JURNAL VENUS Vol 7 No 13 (2019): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.137 KB) | DOI: 10.48192/vns.v7i13.297

Abstract

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 sebagaimana Pasal 235 tentang Pelayaran disebutkan bahwa otoritas pelabuhan, unit penyelenggara pelabuhan, badan usaha pelabuhan dan pengelola terminal khusus wajib menanggulangi pencemaran yang diakibatkan oleh pengoperasian pelabuhan dan bertanggung jawab menyediakan fasilitas penampungan limbah. Maksud penelitian ini untuk mengevaluasi seberapa jauh pemanfaatan Reception Facilities di pelabuhan Indonesia dilihat dari 5 aspek, yaitu legalitas, sarana, prasarana, SDM dan pengawasan kapal. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantatif dengan pendekatan Importance Analysis dan Performance Analysis. Dari hasil penelitian dikemukakan bahwa di pelabuhan belum tersedia fasilitas penampungan limbah kapal sebagaimana mestinya, drum-drum yang berisi limbah kapal berupa oli diambil oleh perusahaan khusus yang mendapat ijin untuk mengambil limbah kapal, atau drum itu dibawa ke pangkalan sendiri untuk diolah maupun digunakan sendiri.
ANALISIS PENGGUNAAN UDARA BERTEKAN TERHADAP GAGALNYA PENGISIAN AIR TAWAR TANKI HIDROPOR PADA KL-02 SULTAN HASANUDDIN Abdul Basir; Suyuti; Abu Bakar; Syah Rizal
JURNAL VENUS Vol 7 No 13 (2019): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.344 KB) | DOI: 10.48192/vns.v7i13.299

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa penggunaan udara bertekanan terhadap gagalnya pengisian air tawar tanki hidropor pada KL-02 Sultan Hasanuddin sehingga kebutuhan air untuk MCK crew dan taruna tidak terpenuhi. Metode yang digunakan beberapa referensi, rumus, dan program SPSS dengan memperlihatkan hasilnya bahwa tekanan udara dan air di dalam hidropor bila tidak seimbang jumlahnya sangat berpengaruh langsung terhadap jumlah air yang mengalir ke MCK, ini penting untuk diketahui bagi yang terlibat langsung dalam pengoperasian system tanki hidropor air tawar di KL-02 Sultan Hasanuddin..

Page 1 of 1 | Total Record : 7