cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
+628170200505
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Dramaga KM. 7 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Telp: 0251-8625187 HP: 0812 2220 2006 email: admin@staiabogor.ac.id
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
ISSN : -     EISSN : 29632927     DOI : 10.30868
Core Subject : Religion, Social,
contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are organized into an activity aimed at improving the welfare of society.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah" : 15 Documents clear
STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI MASA PENDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR Devi Mulyana Sari; M Hidayat Ginanjar; Heriyansyah Heriyansyah
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.683 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor (1) untuk mengetahui peningkatan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor (2) untuk mengetahui faktor-faktor penghanbat (3) untuk mengetahui solusi mengatasi faktor-faktor penghambat. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Kota Bogor yang beralamat di Jalan Pahlawan Gang Raden Saleh No.55, Empang, Kec.Kota Bogor Selatan, Kota Bogor Prov. Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diantaranya: (1) strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa, bahwa pihak sekolah menggunakan strategi pemasaran dengan melibatkan nama besar organisai Muhammadiyah sebagai sebuah umpan dalam menarik minat masyarakat luas terhadap SMP Muhammadiyah Kota Bogor. (2) untuk mengetahui peningkatan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, pihak sekolah kesulitan dalam meningkatkan jumlah peserta didik karena sulitnya melakukan pemasaran di dalam keadaan pandemic saat ini. (3) faktor penghambat, yaitu pihak sekolah tidak dapat langsung menjangkau sekolah-sekolah yang masih dalam keadaan zona merah dikarenakan terhalang oleh adanya aturan PSBB. (4) solusinya yaitu, pihak sekolah akan melakukan perbaikan dari segi strategi pemasaran ataupun pelayanan serta lebih meningkatkan lagi kualitas pendidikan serta keunggulan yang di miliki sekolah SMP Muhammadiyah Kota Bogor dan akan terus menggali potensi pserta didik dan guru memulai prestasi akademik mapun non akademik. Dapat disimpulkan strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, sudah masksimal
UPAYA GURU TAHSIN DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VI DI SDIT AL-KAHFI CIRACAS JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020 Nurul Fadhil; Moch Yasyakur; Wartono Wartono
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.96 KB)

Abstract

ABSTRAKGuru tahsin merupakan orang dewasa yang memberikan ilmu mengenai kaidah-kaidah tajwid dan pelafalan huruf hijaiyah yang terfokus untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa serta memberi contoh kepada siswa yang dibimbing agar sesuai kaidah. Penelitian ini bertempatkan di SDIT Al-Kahfi Ciracas Jakarta Timur. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif interpretasi. Dari hasil penelitian di peroleh; (1) Upaya guru tahsin antara lain pembagian level Al-Qur’an untuk siswa, menggunakan langkah-langkah pembelajaran, dalam satu kelas dibimbing oleh dua guru tahsin, mempunyai perangakat administrasi diantaranya, Prota, Promes, dan RPP, menggunakan media pembelajaran, guru tahsin dituntut untuk memiliki bacaan yang bagus dan paham teori tajwid dan sabar dalam mendidik siswa, dan adanya evaluasi pembelajaran; (2) faktor pendukung antara lain adanya keinginan dalam diri siswa, adanya kelompok belajar, guru tahsin memiliki keterampilan,sarana dan prasarana yang memadai; (3) faktor penghambat diantaranya rasa malas dari siswa, main game, ketidak sesuaian dengan metode yang disepakati oleh guru-guru, jaringan wifi yang bermasalah, tidak ada bimbingan dari orang tua; (4) solusi yang dilakukan antara lain menghubungi orang tua siswa, menasehati kepada siswa, adanya pembinaan guru, penggunaan paket data dan, meningkatkan kuota internet, komunikasi antara guru tahsin dan orang tua
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA AL-WILDAN ISLAMIC SCHOOL 3 BSD CITY SERPONG TANGERANG SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021 Metha Kurnia Putra; Unang Wahidin; Agus Sarifudin
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.036 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu: (1) mendeskripsikan implementasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP)dalam meningkatkan mutu pembelajaran; (2) mengetahui faktor-faktor pendukung implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP dalam meningkatkan mutu pembelajaran; (3) mengetahui faktor-faktor penghambat implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP dalam meningkatkan mutu pembelajaran; dan (4) mendapatkan solusi atas faktor-faktor penghambat implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif melalui teknik penghimpunan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini sebagaimana disebutkan berikut ini: (1) implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP sudah sesuai dengan kurikulum tingkat nasional. Sekolah menerapkan kurikulum berkualitas dan bermutu secara seimbang. Mutu pembelajaran menghasilkan output pembelajaran berupa pencapaian prestasi siswa; (2) faktor-faktor pendukungnya adalah motivasi kuat, minat besar, sikap positif, kondisi jasmani sehat, IQ yang baik, dan bakat siswa; (3) faktor-faktor penghambatnya adalah kurangnya kemandirian belajar siswa, media dan sarana penunjang belajar, peran dan pengawasan orang tua di rumah, penggunaan gadget/HP secara berlebihan, kebiasaan belajar hanya menjelang ujian; (4) solusi atas faktor-faktor penghambatnya adalah memaksimalkan kemandirian belajar, membeli buku dan berlangganan internet, mengembalikan peran dan pengawasan orang tua, membatasi aturan penggunaan gadget/HP sekedarnya untuk kepentingan belajar dan menghilangkan kebiasaan belajar hanya menjelang ujian
UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 28, 29, DAN 30 BAGI SISWA KELAS V SDIT QATRUNNADA CIOMAS BOGOR Haji Aziz S. Koli; M Sarbini; Ali Maulida
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.218 KB)

Abstract

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Peratam, kondisi hafalan Al-Qur’an bagi siswa kelas V di SDIT Qatrunnada Ciomas Bogor telah berjalan dengan baik. Kedua, upaya guru Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, diantaranya dengan metode talaqqi guru membaca dan siswa mengikutinya agar bacaan murid sesuai dengan hukum bacaan Al-Qur’an dan untuk memperbaiki bacaan siswa. Ketiga, adapun faktor yang mendukung bagi siswa dalam menghafal Al-Qur’an diantaranya adalah akhlak yang baik sehingga para siswa terpacu dalam menghafal Al-Qur’an, lingkungan yang nyaman dan sejuk, bersungguh-sungguh dalam menghafal, punya harapan yang tinggi, khususnya dalam menghafal Al-Qur’an. Keempat, faktor yang menghambat, yaitu sering berganti-gantinya mushaf Al-Qur’an yang digunakan dalam menghafal, terlalu banyak penggunaan media elektronik sampai melampaui batas, serta terlalu banyaknya bergurau sesama teman. Kelima, solusi yang diambil oleh guru Al-Qur’an Sadalah menanamkan akhlak baik agar dimiliki para siswa sehingga terpacu dalam menghafal Al-Qur’an
ASTRONOMI DALAM AL-QUR’AN (Studi Tafsir Tematik Ayat Heliosentris dan Geosentris) Isa Nahdi; Ade Wahidin; Rumba Triana
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.879 KB)

Abstract

Astronomi merupakan cabang ilmu dari science yang telah diteliti oleh ilmuwan muslim dan ilmuwan barat. Dengan berkembangnya ilmu astronomi sekarang maka terjadilah perbedaan pendapat mengenai peredaran matahari oleh kubu heliosentris dan geosentris. Heliosentris adalah pendapat yang mengklaim bahwa matahari statis sedangkan bumi beredar mengelilinginya dan geosentris adalah klaim bahwa sifatbumi statis sedangkan matahari dan bulan beredar di atasnya. Berdasarkan perbedaan tersebut maka dibutuhkan untuk meneliti tentang perspektif astronomi dalam Al-Qur’an.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan metodologi tafsir yang digunakan adalah mauḍu’i, untuk metodologi penelitian yang digunakan adalah library research. Berdasarkan hasil penlitian dari Q,S Yāsin 38-40, menunjukan matahari dan bulan melakukan pergerakan, dimana para mufassir di antaranya Jalalain mengatakan bulan dan matahari bergerak layaknya orang yang sedang berenang di atas air. Ini menunjukkan bahwa matahari tidak statis seperti yang dikatakan Nicolaus Copernicus, justru sebaliknya dengan teori Ptolemy yang justru lebih mendekati dengan hasil analisis ini
ADAB PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 (Studi Tafsir Tematik) Riri Rafiani Fitri; Syaeful Rokim; Rumba Triana
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.604 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adab seorang pendidik sebagaimana yang terkandung dalam surat Al-Kahfi ayat 60-82. Metode penelitian ini adalah tematik. Berdasarkan hasil analisa yang penulis lakukan terhadap tafsir surat Al-Kahfi ayat 60-82, dapat simpulkan bahwa di dalam kisah tersebut terdapat dua sosok guru, yaitu Nabi Musa yang merupakan guru dari Yūsha' bin Nūn, dan Khidir yang merupakan guru dari Nabi Musa. Dari kedua guru tersebut, penulis dapat simpulkan beberapa adab guru yang terkandung di dalamnya, yaitu adab Nabi Musa sebagai guru kepada Yūsha' bin Nūn adalah memaafkan kesalahan murid serta menerima alasan dan permintaan maaf murid. Adab Khidir sebagai guru kepada Nabi Musa yaitu: Rendah hati dan mengembalikan ilmu kepada Allah, menjumpai murid dengan persiapan yang maksimal, memaafkan kesalahan murid, tidak mengajarkan ilmu yang belum saatnya dipelajari  murid, berusaha mengetahui karakter calon murid, tidak menolak murid yang bertekad ingin belajar, memberikan penjelasan tentang ilmu yang akan diajarkan, bersabar terhadap perkataan murid yang menyakitkan. Sumber data primer yang dipakai dalam penelitian ini adalah: Tafsīr Al-Qurṭubī karya Abū ‘Abdullāh Al-Qurṭubī, Tafsir Fi Dzilalil al-Qur'an Karya Sayyid Qutb, Tafsir Al-Azhar karya Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA), dan Tafsir Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an karya Muhammad bin Jarir ath-Thabari.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN Al-QUR’AN WAL HADIST MADRASAH ALIYAH AL-HAITSAM BOGOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGETAHUAN ILMU AGAMA SANTRI Muhammad Faisal Tamim; Muslim Muslim; Sarifudin Sarifudin
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.441 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kurikulum Pondok Pesantren Al-Qur’an Wal Hadist Madrasah Aliyah Al-Haitsam Bogor dalam meningkatkan kualitas pengetahuan ilmu Agama Santri. Tentang hal tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Koodinator Pondok Pesantren, Waka Kurikulum dan Guru/Ustaz. Hasil Penelitiannya sebagai berikut: (1) perencanaan kurikulum pondok pesantren terdiri dari kalender akademik, jadwal pelajaran jam sekolah dan luar sekolah, mengadakan rapat, membuat silabus dan RPP, disesuaikan dengan Visi Misi pondok pesantren dan menyediakan alat media pembelajaran (2) Pelaksanaan Kurikulum pondok pesantren terdiri dari pelaksanaan kurikulum pondok pesantren, pelaksanaan kurikulum pada tingkat sekolah dan pelaksanaan kurikulum tingkat kelas. (3) Pengawasan Kurkulum pondok pesantren terdiri dari pemantauan kurikulum pondok pesantren, diadakannya evaluasi tersebut, penilaian produk atau kelulusan, alat evaluasi yang digunakan serta yang dibahas pada evaluasi tersebut.
PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK BINA SEJAHTERA 4 KOTA BOGOR Alfin Alwi; M Sarbini; Ade Kohar
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.709 KB)

Abstract

Setiap sekolah pasti memiliki sarana prasarana yang perlu dimanfaatkan dan dikelola untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran. Pengelolaan bertujuan agar sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan pencatatan. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis melalui penyederhanaan data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) Pengelolaan sarana prasarana SMK Bina Sejahtera 4 Bogor sudah berfungsi dengan baik (2) Kualitas pembelajaran terus ditingkatkan fasilitas ruang kelas dan ruang praktik seiring dengan peningkatan pembelajaran. di kelas dan ruang praktik. (3) Bantuan pemerintah, SDM dengan pengalaman mempuni, kondisi lingkungan yang nyaman, dan yayasan yang peka terhadap kondisi sarana prasarana menjadi faktor pendukung pengelolaan sarana prasarana yang ada. Kepekaan dan kepedulian warga sekolah masih menjadi pekerjaan rumah pengelola sarana prasarana SMK Bina Sejahtera 4 Bogor (4) Secara keseluruhan, sarana dan prasarana SMK Bina Sejahtera 4 Bogor sudah dalam standar yang berlaku
IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMP AL-IRSYAD BOGOR TAHUN 2021 Ridho Muhammad Fauzan; M Sarbini; Ade Kohar
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.973 KB)

Abstract

Public Relations (PR) istilah ini sudah tidak asing lagi di setiap penjuru dunia dengan kata lain bisa disebut kehumasan. Menurut para pakar mengatakan berhasilnya lembaga atau sekolah di dalamnya perlu manajemen public guna untuk mendorong keberhasilan visi misi lembaga. Fokus masalah penelitian ini yaitu tentang implementasi manajemen humas dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Al-Irsyad Bogor. Tujuannya untuk mengetahiu bagaimana implementasi manajemen humas dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Al-Irsyad Bogor. Dengan demikian penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rumusan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara. Pengontrolan pelaksanan internal sebagai berikut: (1). Perencanaan humas untuk meningkatkan akhlak siswa terbukti efektif untuk generasi mendatang, (2). Pelaksanaan kehumasan untuk meningkatkan akhlak siswa sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan sekolah, (3). Evaluasi yang dilakukan sudah terlaksana dengan efekif dan efisien, (4). Terdapat kendala dalam proses peningkatan akhlak siswa, dan (5). Langkah solusi yang diambil sudah sangat tepat dan terbukti dapat menyelsaikan permasalahan yang ada
ULUL AMRI DALAM AL-QUR’AN (Studi Tafsir Tematik Ayat-Ayat Tentang Ulil Amri) Siti Luthfiah; Solahudin Solahudin; Aceng Zakaria
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.526 KB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan makna, kewajiban dan kriteria ulil amri dalam persfektif Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yang bersumber dari literatur, buku dan dokumen yang menyangkut hal yang bersifat teoritis, konseptual, gagasan, dan ide. Penelitian ini bersifat deskriptif, dimana data yang terkumpul berbentuk kata-kata bukan angka dan statistik. Metode penelitian ini menggunakan metode tematik yang menjelaskan ayat Al-Qur’an mengenai tema tertentu dengan memperhatikan sebab turunnya masing-masing ayat yang dijelaskan dengan berbagai keterangan dari segala seginya, dan diperbandingkan dengan keterangan berbagai ilmu pengetahuan lain yang benar yang membahas topik yang sama untuk memperjelas masalah. Skripsi ini berkesimpulan bahwa makna ulil amri menurut bahasa adalah setiap orang yang memerintah dan mengurus suatu urusan. Adapun menurut istilah, ulil amri adalah setiap orang yang memiliki kekuasaan yang sah sesuai syariat Islam baik kekuasaan dalam lingkup besar dan kecil, umum dan khusus. Ulil amri dalam lingkup besar dan khusus adalah penguasa dan pemimpin. Kewajiban inti ulil amri adalah mencapai tujuan kepemimpinan yaitu menegakkan agama Islam dan mengatur urusan kaum muslimin dengan syariat Islam. Hak ulil amri adalah ditaati dan dibela selama ia tidak meninggalkan salat dan selama berhukum dengan hukum Allah. Kriteria ulil amri sebagai pemimpin tertinggi dalam negara Islam yaitu: muslim, merdeka, baligh, berakal, laki-laki, berilmu, ‘adālah (keadilan), memiliki kecakapan. Sumber utama penelitian ini adalah “Jāmi’ Al-Bayān fi Ta’wīl Āyi Al-Qur’ān” karya imam Ibn Jarīr Al-Ṭabarī dan data lainnya dari berbagai rujukan meliputi kitab-kitab tafsir, hadith, akidah dan lain-lain yang relevan dengan tema yang akan diteliti

Page 1 of 2 | Total Record : 15