cover
Contact Name
RIDWAN
Contact Email
ridwanr320@gmail.com
Phone
+6282340340330
Journal Mail Official
jurnaljpils@gmail.com
Editorial Address
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No.1` Pagesangan Kota Mataram NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
ISSN : 28092856     EISSN : 2809042X     DOI : https://doi.org/10.31764/jpils.v1i1.5701
Focus and Scope: Manajemen Perpustakaan; Etika Profesi Pustakawan; Layanan Perpustakaan; Teknologi Informasi Perpustakaan; Perpustakaan dan Media Sosial; Big Data dan Data Analytics; Manajemen Koleksi Perpustakaan dan Arsip; Open Access, Open Data dan Data Management; Literasi Informasi; Preservasi dan Konservasi Media Informasi;
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober" : 5 Documents clear
PENINGKATAN TATA KELOLA LAYANAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM Baiq Fitriah Darmayanti P; Ridwan Ridwan; Rohana Rohana
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.793 KB) | DOI: 10.31764/.v1i1.5698

Abstract

Perpustakaan di era saat ini harus melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Keadaan ini yang mendorong para pustakawan, dan pelaku pemanfaatan informasi atau pengguna perpustakaan berusaha keras agar mendapatkan perkembangan informasi yang mutakhir dan dibutuhkan. Perpustakaan sebagai sumber informasi juga berperan penting dalam membangun karakteristik mahasiswa dalam mempelajari ilmu pendidikan. Perpustakaan sebagai sumber informasi dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lengkap, cepat, jelas, dan tepat guna mendapat pertanggung jawaban sumbernya terutama pada lingkup perguruan tinggi sehingga diperlukannya pengabdian terkait kegiatan pelayanan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Mataram. Target khusus yang diharapkan tercapai adalah perbaikan kualitas pelayanan melakukan kegiatan literasi dengan nyaman serta tidak lagi merasa segan untuk terus mengunjungi perpustakaan. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara menghidupkan ulang perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di UPT Perpustakaan Islam Negeri Mataram  telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu (1) Susunan penataan buku yang lebih teratur, (2) Kegiatan pelayanan teknis untuk mempermudah temu kembali informasi.
PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR Lulu Puji Istiana; Amin Saleh; Widiastuti Furbani
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.109 KB) | DOI: 10.31764/.v1i1.5700

Abstract

Saat ini perpustakaan terus mengalami perkembangan dimulai dengan yang bersifat tradisional sampai saat ini masuk ke dalam era modern (digital). Perpustakaan dulu sistem pengelolaannya masih sangat sederhana, koleksinya pun sangat terbatas, pelayanan dan penyediaannya masih manual. Sedangkan perpustakaan saat ini sudah mengalami perkembangan dalam berbagai aspek seperti pengelolaan, koleksi, pelayanan, penyediaan, dan ilmu pengetahuan semakin berkembang. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia memerlukan proses inovasi dan kreatifitias yang berkelanjutan dan bertahap secara konsisten dan terencana dari semua pihak. Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Lombok Timur hadir sebagai sarana penyedia informasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Timur. Diharapkan dengan adanya lembaga ini kualitas masyarakat Kabupaten Lombok Timur dapat lebih meningkat baik pengetahuan maupun keterampilan. Adapun metode yang digunakan untuk adalah dengan cara memperbaiki kulaitas pelayanan perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Lombok Timur telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu pelaksanaan pelayanan perpustakaan dan informasi kepada masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan yang meningkatkan minat baca masyarakat.
OPTIMALISASI PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM Abdul Munawir; Iskandar Iskandar; Iwin Ardyawin
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.465 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i1.5701

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan yang memiliki peran besar bagi kebutuhan penggunanya khususnya mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di suatu perguruan tinggi. Oleh karena itu, perpustakaan pada suatu perguruan tinggi mempunyai fungsi sebagai sumber pendidikan yang menyangkut fungsi edukasi, fungsi informasi, fungsi riset, fungsi, fungsi rekreasi, fungsi publikasi, artinya perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu sarana informasi yang memiliki fungsi sebagai jembatan ilmu bagi seluruh komponen masyarakat perguruan tinggi terutama bagi mahasiswa yang sedang dalam proses menyelesaikan studinya. Sehingga perlu adanya pengoptimalan kegiatan pelayyanan perpustakaan pada UPT Perpustakaan Univeristas Muhammadiyah Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara terjun lamgsung dalam melakukan pengoptimalan pelayanan perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiah Mataram. Hasil dari pengabdian ini adalah pengoptimalan kegiatan pelayanan dalam bidang teknis agar kemudahan dalam temu Kembali informasi dan pengoptimalan layanan informasi kepada sulurh mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Mataram. 
KEGIATAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA MATARAM Titin Agustina; Nurul Fikriati Ayu Hapsari; Hirma Susilawati
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.392 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i1.5702

Abstract

Perpustakaan memiliki begitu banyak peran untuk memenuhi kebutuhan terutama kebutuhan pengetahuan. Namun di era modern ini sumber bacaan banyak terpampang di internet yang membuat masyarakat lebih memilih mengakses bahan bacaan yang ada di internet dari pada harus mencari di tiap-tiap rak buku perpustakaan. Perpustakaan seakaan dijadikan pilihan kedua apa bila informasi yang ingin dicari tidak dapat ditemukan di internet. Inilah yang membuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran perpustakaan sangat berkurang Sehgga didperlukannya perbaikan dalam pengelolaan bahan pustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Adapun metode yang digunakan untuk adalah dengan cara memperbaiki kegiatan pengelolaan bahan pustaka di Perpustakaan kota Mataram. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram tela dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu pelaksanaan pengolahan bahan pustaka mulai dari Inventaris, pemberian stampel, klasifikasi, katalogisasi, labeling dan shelving.
KEGIATAN TEKNIS DI PERPUSTAKAAN POLI TEKNIK KEMENTERIAN KESEHATAN MATARAM Lalu amirul Khairi; Lubis Lubis; Abdul Hafiz
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.399 KB) | DOI: 10.31764/.v1i1.5703

Abstract

Perpustakaan juga sangat berperan penting dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Namun dalam hal ini pusrtakawan, orang tua juga tenaga pendidik harus bekerja sama dalam memperkenalkan perpustakaan sejak dini. Contohnya pada mahasiswa perkuliahan, ketika seorang mahasiswa memiliki niat membaca yang tinggi maka mereka akan sangat bersemangat untuk terus aktif dalam mengikuti masa perkuliahan. Oleh sebab itu, disini seorang pustakawan lebih berperan penting dalam mengajak para mahasiswa untuk datang dan membaca buku walau hanya beberapa menit saja, atau bisa dengan bantuan dosen yang memberikan tugas kepada mahasiswa yang berkaitan dengan masalah perpustakaan. Sehingga perlu diadakannya kegiatan pengabdian masayarakat untuk kegiatan teknis perpustakaan Politeknik Kementrian Kesehatan Mataram. Target khusus yang diharapkan tercapai adalah perbaikan kualitas pelayanan teknis sehingga membantu pemustaka dalam mempermudah menemukan informasi. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara melakukan kegiatan teknis di perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di Politeknik Kementrian Kesehatan Mataram  telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu (1) Adanya aplikasi slims yang telah digunakan di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Mataram sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan  perpustakaan (2) Kegiatan ini juga dapat memudahkan pengguna perpustakaan saat mencari bahan pustaka dan dapat mempermudah pustakawan dalam mengelola perpustakaan secara otomatis.

Page 1 of 1 | Total Record : 5