cover
Contact Name
Swasti Maharani
Contact Email
conferences.id@gmail.com
Phone
+6285850872042
Journal Mail Official
adminpub@mykreatif.com
Editorial Address
Perumahan Griya Salaam A7, Rukun Tetangga 002, Rukun Warga 018, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali 57374
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Educatif: Journal of Education Research
ISSN : 26863669     EISSN : 26862077     DOI : https://doi.org/10.36654/educatif.v5i2.280
Core Subject : Education, Social,
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning 2. Curriculum Development 3. Learning Innovation and technology 4. The evaluation process in teaching
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): January" : 24 Documents clear
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas-IV Melalui Aplikasi Quizizz Dalam Kegiatan Evaluasi Pemelajaran Tegar Ponco Ariyanto; Toni Harsan; Krisdiyanyo Hadiprasetyo
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.485 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi semangat belajar siswa melalui aplikasi virtual digital dengan menggunakan aplikasi quizizz dalam kegiatan evaluasi pembelajaran di kelas IV SD Negeri 01 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipurwo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, observasi, dan angket. Validitas data yag digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Waktu. Teknik analisis data menggunakan model analisis interakif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Aplikasi Quizizz pada Kegiatan Evaluasi Pembelajaran dapat meningkatkan Motivasi Semangat Belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipurwo Desa Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil pada pra siklus menunjukan skor keaktifan belajar dalam penerapan Aplikasi Quizizz pada Kegiatan Evaluasi Pembelajaran adalah 40%, sedangkan pada siklus I mencapai 46,7% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 93,3%. Pada pra siklus menunjukan persentase ketuntasan belajar siswa dalam penerapan Aplikasi Quizizz pada Kegiatan Evaluasi Pembelajaran adalah 33,3%, sedangkan pada siklus I mencapai 46,6% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 86,7%.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar Aslim Utomo; MS Khabibur Rahman; Esi Sumarsih
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.999 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar dan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA melalui penggunaan Video Pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Wonoboyo. Subjek penelitian adalah 10 siswa, Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti sebagai observer. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya sebuah peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V melalui media Video Pembelajaran hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa kelas V sebelum tindakan rendah, siklus I katagori Sedang sebanyak persentasenya 52%, dan pada siklus II katagori tinggi sebanyak persentasenya 80%. Untuk hasil belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran IPA meningkat, sebelum tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM (≥75) sebanyak 2 siswa atau persentase ketuntasan sebanyak 20%, siklus I sebanyak 5 siswa atau 50%, pada siklus II sebanyak 9 siswa atau 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media Video Pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 02 Wonoboyo Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tentang Penghematan Energi di SDN I Banyuasin III Pressilia Yusa Pramesti; Toybah; Rima Selly Novtantia
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.202 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 1 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin tahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III dengan jumlah peserta didik 10. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase klasikal keberhasilan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 50% dengan rata-rata 73, sedangkan untuk presentasi klasikal keaktifan peserta didik yaitu 59,6 % dengan rata-rata 59,65. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 70% dengan rata-rata 80,5. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 73,1% dengan rata-rata 72,9. Lalu perbaikan dilanjutkan dengan siklus III, keberhasilan peserta didik pada siklus III meningkat menjadi 90% dengan rata-rata 86,5. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 83,1% dengan rata-rata 83,9. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas III SDN 1 Banyuasin III.
Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema Perkembangan Teknologi Subtema Perkembangan Teknologi Transportasi di SDN 02 Pemulutan Tri Wahyudi; Siti Dewi Maharani; Sugiono
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.458 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media videoscribe dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 02 Pemulutan Kabupaten Ogan Ilirtahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III dengan jumlah peserta didik 13. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase klasikal keberhasilan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 54% dengan rata-rata 59, sedangkan untuk presentasi klasikal keaktifan peserta didik yaitu 69 % dengan rata-rata 66. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 84% dengan rata-rata 79. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 84% dengan rata-rata 77. Lalu perbaikan dilanjutkan dengan siklus III, keberhasilan peserta didik pada siklus III meningkat menjadi 92% dengan rata-rata 89. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 92% dengan rata-rata 79. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas III SDN 02 Pemulutan.
Penerapan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 8 Subtema 1 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 57 Palembang Novia Dwi Khasanah; Siti Dewi Maharani; Sugiono
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.202 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar peserta pada tema 8 subtema 1 daerah tempat tinggalku kelas IV SD Negeri 57 Palembang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 6 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase klasikal keberhasilan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 66% dengan rata-rata 72, sedangkan untuk presentasi klasikal keaktifan peserta didik yaitu 66 % dengan rata-rata 66. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 83% dengan rata-rata 81,3. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 83% dengan rata-rata 70. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri 057 Palembang.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di SD Negeri 161 Palembang Amanah Juliasari; Nuraini Usman; Rima Selly Novtantia
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.703 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 8 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Negeri 161 Palembang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, obeservasi, dan refleksi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik, mulai dari siklus I dengan persentase sebesar 36,36% pada siklus II meningkat sebesar 72,72% dan pada siklus III meningkat sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran Discovery Learning di SD Negeri 161 Palembang.
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Menemukan Ide Pokok Paragraf Di Kelas III SDN 17 Tanjung Lago Dessy Pinkky Purnama; Toybah; Rima Selly Novtantia
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.458 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang menemukan ide pokok paragraf di kelas III SDN 17 Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin tahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III dengan jumlah peserta didik 24. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase klasikal keberhasilan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 58,3 % dengan rata-rata 76,1. Sedangkan untuk presentasi keaktifan peserta didik yaitu 68,3 %. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 70,8 % dengan rata-rata 82,3. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 74,5%. Lalu perbaikan dilanjutkan dengan siklus III, keberhasilan peserta didik pada siklus III meningkat menjadi 87,5% dengan rata-rata 85,8. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 83,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Cooperative Svript dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik tentang menemukan ide pokok paragraf di kelas III SDN 17 Tanjung Lago.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV Tentang Macam-Macam Gaya Menggunakan Model Problem Based Learning SDN 02 Pemulutan Sri Agustina; Nuraiani Usman; Ummu Aiman
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.87 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang macam-macam gaya di kelas IV SDN 02 Pemulutan Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir tahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 22. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase klasikal keberhasilan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 31,25 % dengan rata-rata 54,06. Sedangkan untuk presentasi keaktifan peserta didik yaitu 64,08%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 81,81% dengan rata-rata 74,32. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 76,15%. Lalu perbaikan dilanjutkan dengan siklus III, keberhasilan peserta didik pada siklus III meningkat menjadi 86,36% dengan rata-rata 81,04. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 81,06%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik tentang macam-macam gaya di kelas IV SDN 02 Pemulutan.
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD Negeri 157 Palembang Yudi Candra Nugraha; Nur Aini; Ummu Aiman
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.123 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema lingkungan di kelas V SDN 157 Palembang tahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V dengan jumlah peserta didik 35. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase klasikal keberhasilan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 57,1 % dengan rata-rata 68. Sedangkan untuk presentasi keaktifan peserta didik yaitu 61,25 %. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 88,57 % dengan rata-rata 80. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 81,6%. Lalu perbaikan dilanjutkan dengan siklus III, keberhasilan peserta didik pada siklus III meningkat menjadi 91,4% dengan rata-rata 85,14. Sedangkan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 83,58%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 157 Palembang
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Triana Sekti; Rahayu Condro Murti; Nurudin
Educatif Journal of Education Research Vol 5 No 1 (2023): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.315 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v5i1.150

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN Sendangsoko dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Sendangsoko yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi guru. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan sintaks: 1) pendahuluan; 2) penyajian masalah; 3) tindak lanjut masalah; 4) persentasi; 5) kesimpulan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi pra tindakan yang menunjukan motivasi belajar siswa masih sangat rendah, selanjutnya diterapkan model pembelajaran problem based learning pada siklus I rata-rata skor mencapai 74,29% (kategori cukup). Setelah dilakukan perbaikan oleh guru yang meliputi membagi tugas untuk setiap anggota kelompok saat kegiatan berdiskusi agar semua anggota kelompok aktif menyampaikan pendapat, melengkapi LKPD dengan tabel pengamatan, dan menyampaikan pesan moral di tengah-tengah pembelajaran terkait dengan materi yang sedang dipelajari. Sehingga setelah dilakukan perbaikan, motivasi belajar siswa pada siklus II meningkat sebesar 11,49 menjadi 85,78% (kategori sangat baik)

Page 1 of 3 | Total Record : 24