cover
Contact Name
Yusriani Sapta Dewi
Contact Email
ysaptadewi@gmail.com
Phone
+62818702416
Journal Mail Official
redaksi_jurnalft@usni.ac.id
Editorial Address
Alamat Redaksi Fakultas Teknik - Universitas Satya Negara Indonesia Jl. Arteri Pondok Indah No.11 , Kebayoran Lama RT.04/02, Jakarta Selatan 12240 email redaksi : redaksi_jurnalft@usni.ac.id
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal SINERGI (pengabdian kepada masyarakat)
ISSN : 26860287     EISSN : 2987971X     DOI : https://doi.org/10.59134/sinergi.v5i01
JURNAL SINERGI merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang menyajikan hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, sosial humaniora, komputer dan pengembangan serta penerapan Ipteks model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Redaksi menerima naskah artikel dari siapapun yang mempunyai perhatian dan kepedulian pada pengembangan teknologi lingkungan. Pemuatan artikel di Jurnal ini dapat dikirim ke alamat Penerbit. Informasi lebih lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia pada halaman terakhir yakni pada Pedoman Penulisan Jurnal Sinergi atau dapat dibaca pada setiap terbitan. Artikel yang masuk akan melalui proses seleksi editor atau mitra bestari. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yakni bulan Juni dan Desember serta akan diunggah ke Portal resmi Kemenristek Dikti. Pemuatan naskah dipungut biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI" : 11 Documents clear
PENINGKATAN LAYANAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DI SD IT JABAL NUR SLEMAN YOGYAKARTA Agus Sujarwadi
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.641

Abstract

Penerimaan siswa baru adalah salah satu proses di lembaga pendidikan seperti sekolah yang digunakan untuk memilih calon siswa sesuai dengan kriteria sekolah yang bersangkutan. Pengabdian ini dilakukan di SD IT Jabal Nur dengan melakukan desain sistem informasi untuk penerimaan siswa baru. Desain sistem informasi penerimaan siswa ini dirancang dengan basis web. Desain sistem informasi penerimaan siswa ini Ketika dikembangkan menjadi website dapat di akses oleh masyarakat umum. Diharapkan dengan desain ini, pihak SD IT Jabal Nur memiliki gambaran tentang kebutuhan data secara umum sehingga informasi yang disajikan kepada masyarakat dapat diterima dengan baik, khususnya orang tua calon siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pengumpulan data, analisis sistem, desain sistem, desain basis data, dan desain antarmuka.
PELATIHAN PENYUSUNAN BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK PENGEMBANGAN UMKM DI KELURAHAN KOLO KOTA BIMA Aliah Pratiwi; Abdul Qodir Jailani; Putri Maulidian; Nafisah Nurul Rahmatiah; Intisari Haryati
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.642

Abstract

Business Model Canvas (BMC) adalah salah satu alat manajemen strategis untuk mendefinisikan serta mengkomunikasikan ide atau konsep bisnis dengan cepat dan mudah. BMC ini juga dapat diterapkan pada UMKM warga di kelurahan Kolo Kota Bima. Tujuan dari pengabdian masyarakat di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kota Bima adalah memberikan wawasan kepada pelaku UMKM tentang manajemen bisnis dan meningkatkan daya saing usaha mereka di tengah persaingan bisnis yang ketat. Strategi perencanaan bisnis menggunakan BMC bertujuan membantu pelaku usaha dalam menentukan cara mencapai tujuan bisnis, seperti mendapatkan keuntungan dan menjalankan bisnis secara berkelanjutan dengan daya saing yang kuat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan peserta dalam proses perencanaan bisnis, bukan hanya melalui ceramah. Dengan melibatkan pelaku usaha, diharapkan mereka dapat menerapkan konsep ini untuk meningkatkan dan memperbaiki strategi bisnis yang telah mereka buat. Dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC), maka para pelaku UMKM memperoleh 9 aspek tentang gambaran model bisnis. 9 aspek tersebut diantaranya adalah Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure
PENGENALAN APLIKASI KAMUS BAHASA INGGRIS DIGITAL BERBASIS WEBSITE Ely Purnawati; Faridatun Nida; Dini Riandini
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.643

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa universal dan penting untuk mempelajarinya. Keberadaan sebuah buku kamus sangat erat kaitannya dan dapat membantu dalam mendukung proses belajar bahasa asing. Permasalahan yang terjadi pada siswa-siswa SMK Budi Utomo Sokaraja pada jurusan Asisten Keperawatan yaitu kurangnya atau tidak tersedianya sarana media yang dapat mendukung dan memfasilitasi kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris seperti cara dan bunyi pengucapan, makna dan contoh penggunaan kata di dalam kalimat yang dapat diakses dengan lebih efektif dan efisien. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengenalan aplikasi kamus bahasa Inggris digital berbasis website. Tahapan metode yang dilakukan yaitu persiapan kegiatan, pemberian materi dan demonstrasi, praktikum bersama dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu berhasil dilaksanakannya dengan baik kegiatan pengenalan aplikasi kamus Bahasa Inggris digital berbasis website, dicapainya peningkatan kemampuan pemanfaatan teknologi dengan praktikum penggunaan kamus Bahasa Inggris digital dan dicapainya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris.
PENYULUHAN ETIKA BISNIS UMKM DI LINGKUNGAN RT002/02, KEBAYORAN LAMA UTARA, KEBAYORAN LAMA, JAKARTA SELATAN Guston Sitorus; Arifin Siagian; Roby Wijaya
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.645

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan pilar penting pembangunan ekonomiIndonesia terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagiperekonomian, dan menyerap tenaga kerja lebih banyak. Sektor UMKM memberikan kontribusiterhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun, bahkankontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja.Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM yangjumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha, Untuk itu perlu dilakukan penyuluhan lepadapara pengusaha UMKM di lingkungan RT002/02 Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan. Hasilpenyuluhan yang diberikan kepada 20 pengusaha UMKM tersebut dengan menggunakan Uji Beda T-test terbukti adanya peningkatan kemampuan pengusaha memahami Etika Bisnis UMKM sebelum danSesudah mengikuti penyuluhan. Maka perlu dilakukan penyuluhan-penyuluhan berkelanjutan sepertiini untuk meningkatkan kemampuan pengusaha mengelola UMKM sehingga dapat meningkatkanpertumbuhan Ekonomi Indonesia
PELATIHAN DIGITALISASI TABUNGAN BANK SAMPAH DI WILAYAH KELURAHAN GROGOL SELATAN JAKARTA SELATAN Kiki Kusumawati; Yusriani Sapta Dewi; Prionggo Hendradi; Wawan Kurniawan; Nurhayati .; Berlin Sitorus
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.646

Abstract

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merilis data terbaru berkaitan volume sampah yang ada di negara Indonesia pada tahun 2021 tercatat 18,2 juta ton/tahun dari 154 Kabupaten/kota se-Indonesia. Sedangkan sampah yang mampu dikelola dengan baik hanya sebanyak 13,2 juta ton/tahun atau setara dengan 72,95%. Hal ini dapat terjadi dikarenakan masih terbatasnya daya tampung tempat pembuangan sampah baik Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) maupun Tempat Penampungan Sementara (TPS), hingga minimnya standar dalam pengelolaan sampah yang sudah diterapkan. Dari kondisi yang telah terurai diatas, untuk pengelolaan sampah bukan hanya tugas dari pemerintah saja, melainkan ada peran serta dari masyarakat maupun pelaku yang harus bertanggungjawab agar lingkungan tetap bersih dan sehat. Untuk mengatasi masalah sampah, maka pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Pemukiman sejak bulan September 2019 mulai mencanangkan konsep bank sampah. Pengelolaan bank sampah harus dilakukan secara kreatif dan inovatif dengan mendampingkan teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang kegiatan pengelolaan dana nasabah bank sampah dengan baik dan transparan. Tim PkM Fakultas Teknik Universitas Satya Negara Indonesia melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada mitra pengelola bank sampah di wilayah Kelurahan Grogol Selatan berkaitan dengan penggunaan aplikasi digitalisasi bank sampah. Hasil responbility dari para peserta kegiatan sosialisasi ini bermanfaat untuk menunjang aktivitas peserta dengan direpresentasikan sebesar 83,33%.
WEBINAR PELATIHAN MENGGUNAKAN WEBSITE ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI GURU BEKERJASAMA DENGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR M. Arief Rahman
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.647

Abstract

Pelatihan menggunakan website kecerdasan buatan (AI) bagi guru merupakan langkah penting dalam menghadapi perkembangan teknologi dalam pendidikan. Melalui webinar ini, narasumber berhasil menyampaikan materi dengan jelas dan efektif, serta memfasilitasi diskusi yang bermanfaat. Umpan balik dari peserta menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja narasumber. Diharapkan, kegiatan serupa dapat terus ditingkatkan interaktivitasnya dan diadakan secara berkala untuk mendukung peningkatan keterampilan teknologi AI di kalangan guru
LOKAKARYA WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN I TAHUN KETIGA DI KABUPATEN SOPPENG Rahma Ashari Hamzah; Rahma Ashari Hamzah
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.648

Abstract

Lokakarya wawasan kebhinekaan global bertujuan untuk meningkatkan pemahaman toleransi dan menumbuhkan sikap toleran pada kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru, serta menjadikan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru tersebut sebagai agen promosi toleransi kebhinekaan. Alur pembelajaran dimulai dari sesi mulai dari diri, aktivitas, refleksi, konsep, dan diakhiri dengan aplikasi. Metode dalam kegiatan lokakarya wawasan kebhinekaan global yaitu partisipastif komite pembelajaran yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, dan 2 orang perwakilan guru setiap sekolah yaitu terdiri dari 4 jenjang sekolah dasar yaitu SDN 100 Dare Bunga-Bungae, SDN 238 Laempa, SDN 118 Ujung, dan SDN 5 Mattiropole yang berada di daerah Kabupaten Soppeng yang dilaksanakan pada hari Minggu 24 Maret 2024 dengan melibatkan peserta secara langsung selama kegiatan. Hasil akhir dari kegiatan lokakarya wawasan kebhinekaan global ini berupa produk rencana aktivitas memperkuat kebhinekaan di sekolah masing-masing. Dengan demikian, kegiatan lokakarya wawasan kebhinekaan global ini dapat memberikan dampak positif kedepannya bagi sekolah pada Program Sekolah Penggerak Angkatan I dimana dapat memperkuat kebhinekaan peserta didik di satuan pendidikan.
PELATIHAN APLIKASI MICROSOFT ACCESS UNTUK REMAJA WILAYAH KELURAHAN PONDOK AREN Sukarno Bahat Nauli; Turkamun Adi Kurniawan; Agung Priambodo; Riama Sibarani; Bosar Panjaitan; Istiqomah Sumadikarta; Faizal Zuli
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.649

Abstract

Remaja di Negara Republik Indonesia adalah generasi Penerus Bangsa yang akan menggantikan Para Generasi Orangtua mereka. Para remaja perlu dibekali penggunaan teknologi informasi. Salah satu bagian dari teknologi informasi itu adalah aplikasi Microsoft Access. Selain belajar disekolah, para remaja di Lingkungan kelurahan Pondok Aren perlu mengisi waktu selain sekolah menggunakan media Daring.Kegiatan yang berguna dan sangat dibutuhkan oleh para Warga Pondok Aren adalah mengikuti Pelatihan Aplikasi Microsoft Access sehingga setelah selesai mengikuti Pelatihan, para remaja dapat membuat spreadsheet dan menggunakan semua rumus yang ada di Microsoft Access.
PEMANFAATAN LIMBAH IKAN DI WILAYAH PAMEKASAN SEBAGAI ALTERNATIF TAMBAHAN GIZI TERHADAP MAKANAN KUCING Devi Lestari Pramita Putri
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.650

Abstract

Capaian pengelolaan limbah ikan sisa kuliner rujak kelang sebagai sumber makanan kucing merupakan inovasi yang menarik dalam upaya mendaur ulang limbah makanan untuk kegunaan yang bermanfaat.Proses ini dimulai dengan pengumpulan limbah ikan sisa kuliner rujak kelang dari restoran atau tempat yang memproduksi makanan tersebut. Limbah tersebut kemudian diolah secara tepat sehingga dapat dijadikan pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kucing. Melalui pemrosesan yang hati-hati dan penggunaan teknologi terkini, limbah ikan tersebut diubah menjadi sumber asupan makanan yang berkualitas untuk kucing. Hasil dari pengelolaan limbah ini telah terbukti memberikan hasil yang memuaskan, baik dari segi nutrisi maupun penerimaan kucing terhadap makanan tersebut. Selain memberikan manfaat bagi kucing dengan memberikan alternatif pakan yang bernutrisi, inisiatif ini juga memiliki potensi untuk diteruskan oleh masyarakat lebih luas. Melalui edukasi dan pelatihan, teknik pengelolaan limbah makanan seperti ini dapat disebarkan dan diterapkan oleh masyarakat dalam usaha mendukung upaya daur ulang limbah serta pengurangan limbah makanan secara keseluruhan. Dengan demikian, pengelolaan limbah ikan sisa kuliner rujak kelang sebagai sumber makanan kucing telah membawa dampak positif yang berpotensi untuk diterapkan dan diteruskan oleh masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan dan memberikan solusi kreatif terhadap masalah limbah makanan
SOSIALISASI PEMANFAATAN RT-RW NET UPAYA MENDUKUNG UMKM DI LINGKUNGAN SUDIMARA PINANG WILAYAH KOTA TANGERANG Teguh Budi Santoso; Nurul Chafid; Ai Silmi; Heriston Sianturi; Edi Siregar
JURNAL SINERGI Vol. 6 No. 1 (2024): SINERGI
Publisher : FT-USNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/sinergi.v6i1.651

Abstract

Program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai bentuk kepedulian lembaga terhadap kegiatan yang ada dimasyarakat untuk mengembangkan keterampilan, serta menambah wawasan dan pengetahuan yang berkaitan dengan perkembangan iptek. Dimasa pandemi covid-19 yang sudah lewat, banyak sekali ide-ide kreatif di masyarakat yang spontan muncul, karena keterbatasan ruang lingkup dimana seluruh kegiatan dilakukan dengan proses online, yang tanpa kita pungkiri penggunaan teknologi informasi yang terhubung dengan jaringan begitu penting bagi pengusahan kecil dalam memasarkan barang dagangannya. Pada masyarakat yang tinggal di wilayah Kelurahan Sudimara Pinang yang berlokasi di lingkungan Rw.003, Kota Tangerang masih minimnya pengetahuan terkait dengan Teknologi informasi dimana dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha khususnya di lingkungan Rw.003 ini banyak pelaku industry kreatif, saat ini sudah jamannya yang di kenal dengan digital Marketing dimana proses transaksi maupun penjualan produk sudah menggunakan Teknologi adapun dengan keterbatasan pengetahuan di masyarakat kurangnya memanfaatkan teknologi masih sangat minim, Adapun solusi yang dapat ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah dilakukan sosialisasi pengenalan dalam hal memanfaat teknologi yaitu RT-RW Net. Layanan Internet kini sudah menjadi kebutuhan yang utama dalam menunjang setiap kegiatan bermasyarakat tidak terkecuali dalam dunia permasaran. Penggunaan internet saat ini cukup efektif untuk proses meningkatkan baranding suatu produk UMKM yang ada di lokasi pengabdian masyarakat. Adapun metode kegiatan diawali dengan tahap persiapan, kemudian tahap pelaksanaan dan terakhir tahap pelaporan yang direncanakan mulai bulan Oktober 2023 sampai dengan bulan November 2024. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan program ini diharapkan, para mitra mengalami peningkatan pemahaman mengenai pentingnya menggunakan teknologi informasi yang baik untuk menunjang kegiatan transaksi perdagangan guna untuk memulihkan usaha.

Page 1 of 2 | Total Record : 11