cover
Contact Name
Andina Nurul Wahidah
Contact Email
andinanurulwahidah5@gmail.com
Phone
+6289694156310
Journal Mail Official
havizul@gmail.com
Editorial Address
https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/about/editorialTeam
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika
ISSN : -     EISSN : 2987646X     DOI : https://doi.org/10.24260
Core Subject : Education,
Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: 1. Desain Pembelajaran Matematika 2. Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran 3. Penelitian Tindakan Kelas 4. Media Pembelajaran Matematika 5. Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika 6. Alat Peraga Pembelajaran Matematika 7. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran 8. Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika 9. Evaluasi Pembelajaran Matematika 10. Kurikulum Pendidikan Matematika 11. Teori Belajar Matematika 12. Sejarah dan Filsafat Matematika 13. Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran 14. Media Pembelajaran berbasis IT 15. Lesson Study Pembelajaran MatematikaKhusus untuk hasil penelitian, metode penelitian yang digunakan dapat menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian campuran, penelitian pengembangan, penelitian desain, ataupun jenis penelitian lainnya yang berkaitan dengan topik di atas.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022)" : 6 Documents clear
STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF Muftahatus Saadah; Yoga Catur Prasetiyo; Gismina Tri Rahmayati
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.024 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1113

Abstract

Keabsahan data dalam penelitian kualitatif menjadi syarat khusus yang peru dipenuhi peneliti guna menyajikan hasil penelitian yang tepat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (Library Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah tujuh artikel yang didapatkan dari google scholar dimana enam merupakan artikel terbit dan 1 merupakan artikel tidak diterbitkan. Analisis data yang digunakan adalah mengadaptasi model Miles Hubberman yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif diantaranya adalah: (1) Memperpanjang masa observasi/pengamatan, dengan maksud untuk melakukan pengambilan data yang lebih cermat/teliti karena waktu yang relatif panjang, (2) Melakukan pengamatan secara terus menerus, dengan masksud meyakinkan peneliti terhadap hasil dan memperkaya data penelitian, (3) Melakukan triangulasi data, dengan maksud menguji validitas data yang diperoleh dalam penelitian (4) Transferabilitas, dengan maksud hasil penelitian nantinya dapat diterapkan dan disitasi oleh peneliti lain, (5) Despendability, dengan maksud pengukuhan konsistensi penelitian yang dimulai dari pengambilan data sampai dengan penyajian kesimpulan, dan (6) Konfirmabilitas, dengan maksud membuktikan data dengan mengkomunikasikannya dengan pihak ketiga sehingga hasil yang diperoleh lebih efektif.
ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING DAN LURING MATA PELAJARAN MATEMATIKA Selvie Selvie; Siti Komariah; Desty Septianawati
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.253 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika secara daring dan luring pada siswa jurusan MIA angkatan 19 di SMA Negeri 1 Tebas. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi untuk mencari tahu rata-rata hasil belajar matematika siswa ketika pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Adapun tahapan penelitian ini terdiri dari tahap orientasi yang dilakukan melalui wawancara awal dengan salah satu guru Matematika di SMA Negeri 1 Tebas. Tahap kedua yaitu tahap ekplorasi dengan teknik pengumpulan data adalah menggunakan teknik non tes melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian tahap yang ketiga yaitu analisis data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa secara luring lebih unggul dibanding hasil belajar siswa secara daring. Dimana rata-rata hasil belajar siswa kelas XI MIA dalam pembelajaran daring adalah 74,13 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas XII MIA dalam pembelajaran luring adalah 79,66. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar matematika secara daring dan luring pada siswa jurusan MIA angkatan 19 di SMA Negeri 1 Tebas.
ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP KELAS XI SMA NEGERI 2 PULAU MAYA Usman Usman; Wiwid Wiwid; Hidayu Sulisti
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.176 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan matematika semester genap kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya tahun ajaran 2021/2022. Kualitas butir soal tersebut dapat dilihat melalui perhitungan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu 54 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil analisis validasi terdapat 3 soal yang tidak valid dan 17 soal yang valid. Sedangkan untuk analisis reliabilitas bisa dikatakan reliabel karena sudah memenuhi kriteria yang ditentukan. Terdapat 18 soal yang tingkat kesukarannya sedang dan 2 soal yang tingkat kesukarannya mudah pada analisis tingkat kesukaran. Pada analisis daya pembeda terdapat 5 soal dengan kriteria jelek, 9 soal dengan kriteria sangat baik, 5 soal dengan kriteria cukup dan 1 soal dengan kriteria baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan mengenai 20 butir soal tersebut melalui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, terdapat 17 soal yang memenuhi kriteria layak dipakai dan terdapat 3 soal yang harus direvisi.
IDENTIFIKASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN YANG MEMUAT KONSEP ARITMETIKA Nur Indah Damayanti; Sarvia Sarvia; Ressy Rustanuarsi
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.664 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1134

Abstract

Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Hal ini dapat menunjang kompetensisikap spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang memuatkonsep aritmetika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (libraryresearch). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan dokumentasi. Dalam penelitianini teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapatbanyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat konsep aritmetika. Ayat-ayat tersebut antara lain: (1) surat Al-A’rafayat 142 dan surat Al-Baqarah ayat 196 memuat konsep operasi penjumlahan, (2) surat Al-‘Ankabut ayat 14memuat konsep operasi pengurangan, (3) surat Al-An’am ayat 160 memuat konsep kelipatan suatu bilangan danoperasi perkalian, (4) surat An-Nisa ayat 11 memuat konsep perbandingan dan operasi perkalian bilangan rasional,dan (5) surat Al-Anfal ayat 65 memuat konsep perbandingan.
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA CANVA DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN Putri Kusuma Wardani; Sarika Putri; Zulkarnain Zulkarnain
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.571 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media canva dan wordwall pada pembelajaran matematika materi pola bilangan kelas VIII di SMP Negeri 2 Jongkong. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif, dengan jenis penelitian survey. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi, yaitu kelas VIII yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Wawancara diperuntukkan kepada guru dan kuesioner tertutup diisi oleh siswa di google form kemudian dikirimkan melalui whatsapp group kelas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa hasil dari rata-rata kuesioner yang telah diisi oleh siswa adalah 29,6% siswa yang sangat setuju, 53,6% siswa yang setuju, 12,2% siswa ragu, 3,5% siswa tidak setuju, dan 1,2% siswa yang sangat tidak setuju. Dari data tersebut mengindikasikan penggunaan media canva dan wordwall, efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi pola bilangan.
MEDIA PEMBELAJARAN ELIMINASI GAUSS PADA MATRIKS ORDO 3X3 BERBASIS MATLAB Rizki Ramadhania; Dheah Hairunisa; Havizul Havizul
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.044 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir dan menyelesaikan masalah mahasiswa dalam pembelajaran Eliminasi Gauss pada Matriks ordo 3x3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil survey masalah yang telah dilakukan melalui kuesioner online menunjukkan sebanyak rata-rata 61,9% dari 21 mahasiswa menghadapi beberapa masalah dalam pembelajaran Eliminasi Gauss, yaitu sering keliru dalam melakukan perhitungan di salah satu atau beberapa langkah penyelesaian soal Matriks 3x3 dengan metode Eliminasi Gauss, lupa langkah selanjutnya pada saat mengerjakan, dan sering lupa materi ketika tidak diulang kembali. Bedasarkan hasil analisis masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran Eliminasi Gauss berbasis MatLab. Hasil evaluasi satu-satu oleh ahli materi dan ahli media, mendapatkan kriteria yang layak digunakan. Hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa terbantu dalam pembelajaran Eliminasi Gauss. Untuk pengembangan lebih lanjut media pembelajaran ini dapat ditambahkan fungsi untuk menghitung soal Matriks dengan selain metode Eliminasi Gauss seperti metode Eliminasi Gauss Jordan, aturan Cramer dan metode Substitusi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6