cover
Contact Name
Andina Nurul Wahidah
Contact Email
andinanurulwahidah5@gmail.com
Phone
+6289694156310
Journal Mail Official
havizul@gmail.com
Editorial Address
https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/about/editorialTeam
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika
ISSN : -     EISSN : 2987646X     DOI : https://doi.org/10.24260
Core Subject : Education,
Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: 1. Desain Pembelajaran Matematika 2. Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran 3. Penelitian Tindakan Kelas 4. Media Pembelajaran Matematika 5. Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika 6. Alat Peraga Pembelajaran Matematika 7. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran 8. Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika 9. Evaluasi Pembelajaran Matematika 10. Kurikulum Pendidikan Matematika 11. Teori Belajar Matematika 12. Sejarah dan Filsafat Matematika 13. Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran 14. Media Pembelajaran berbasis IT 15. Lesson Study Pembelajaran MatematikaKhusus untuk hasil penelitian, metode penelitian yang digunakan dapat menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian campuran, penelitian pengembangan, penelitian desain, ataupun jenis penelitian lainnya yang berkaitan dengan topik di atas.
Articles 22 Documents
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN BAHAN AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR (SPL) Yumi Sarassanti; Rindah Permatasari
Bahasa Indonesia Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.361 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i1.800

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan menggunakan bahan ajar sistem persamaan linear di SMK Bina Sabjanoba. Metode dalam penelitian ini Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yakni tes dan juga angket. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar soal tes kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan soal sistem persamaan linear serta lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan sistem persamaan linear dengan menggunakan bahan ajar sistem persamaan linear pada tingkat tinggi termasuk ke dalam kategori sangat rendah. kemampuan siswa dalam memecahkan masalah termasuk dalam kategori rendah kebanyakan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada persamaan linear tiga variabel, sehingga bahan ajar yang dibuat masih perlu diperbaharui sehingga mudah dipahami oleh setiap siswa dan membantu siswa dalam memecahkan permasalahan sistem persamaan linear.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR Zulkarnain Zulkarnain
Bahasa Indonesia Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.943 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i1.801

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Penggunaan model pembelajaran Treffinger secara online pada materi bangun datar; (2) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar dan (3) Signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger secara online terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam materi bangun datar pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bawari Pontianak tahun pelajaran 2020/2021. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV MIS Bawari Pontianak. Teknik pengumpulan berupa observasi, pengukuran dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis instrument, deskriptif dan analisis pengaruh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Treffinger pada siswa kelas IV MIS Bawari Pontianak memiliki persentase hasil pengamatan 64,44% termasuk pada kategori cukup; (2) Kemampuan menyelesaikan soal cerita untuk kelas eksperimen pada saat pretes memiliki nilai rata-rata sebesar 7,68 dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 42,86 menjadi 50,54. Sedangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas kontrol pada saat pretes memiliki rata-rata persentase sebesar 26,28 dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 14,72 menjadi 41. Berdasarkan data tersebut baik pretes maupun postes termasuk kategori rendah dan (3) Penggunaanmodel pembelajaran Treffinger berpengaruh secara signifikan sebesar 12,5% terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita kelas IV MIS Bawari Pontianak.
KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DALAM PENGUKURAN SAMPEL PENELITIAN (STUDI PADA MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA FTIK IAIN PONTIANAK) Andina Nurul Wahidah; Dwi Surya Atmaja
Bahasa Indonesia Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.611 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i1.802

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mengukur tingkat kemampuan critical thinking mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak, dan (2) mendeskripsikan critical review dari miskonsepsi pengukuran sampel penelitian berdasarkan hasil analisis mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan populasi seluruh mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak yang menempuh perkuliahan Metodologi Penelitian sejumlah 21 orang. Melalui teknik total sampling, peneliti mengambil seluruh anggota populasi menjadi sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu (1) teknik tes dengan instrumen lembar tes essay materi pengukuran sampel penelitian, dan (2) teknik observasi dengan instrumen lembar check list yang diobservasi saat proses perkuliahan Metodologi Penelitian pada mahasiswa Tadris Matematika di tahun 2022. Analisis data yang digunakan adalah statistic descriptive menggunakan bantuan software microsoft excel untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan melakukan pengukuran sampel. Kesimpulan yang diperoleh, yaitu (1) tingkat kemampuan critical thinking mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak melalui tes essay pengukuran sampel penelitian memperoleh hasil pada komponen interpretasi diperoleh skor rerata (88,50), komponen analisis (85,00), komponen kesimpulan (77,50), komponen evaluasi (82,50), komponen penjelasan (79,00) dan komponen pengaturan diri (80,00), (2) critical review dari miskonsepsi yang terjadi dalam pengukuran sampel penelitian berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh mahasiswa Tadris Martematika FTIK IAIN Pontianak, yaitu menghitung ukuran sampel tanpa memperhatikan tingkat signifikansi, populasi dengan karakteristik finite population namun jumlahnya tidak ditulis dengan jelas serta jumlah sampel/ sample size yang diambil tidak sesuai dengan sample size yang seharusnya.
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN DESAIN DIDAKTIS PENDEKATAN TRANSACTIONAL READING Oktavia Oktavia; Sugiatno Sugiatno; Agung Hartoyo
Bahasa Indonesia Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.543 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i1.805

Abstract

This study aims to reveal the development of mathematical problem solving skills of vocational high school students using a didactic design with a transactional reading approach. The research method used is action research in the form of pedagogical action research. The data sources of this study were 30 subjects of class XII AKL students and the data were answer sheets from the pretest and posttest results of the mean material. The results showed the development of mathematical problem solving skills with a didactic design with a transactional reading approach in the material mean class XII. This can be seen from the achievement of indicators of mathematical problem solving ability on the students' pretest and posttest results. Students also become more confident in the results of their own answers, dare to ask questions and give opinions. The ability of students to solve mathematical problems before being given learning using the didactic design of the transactional reading approach in the material mean class XII is still low. This is evidenced by the results of the pretest of 30 students, only 11 students scored above 70 with an average of 64. Students' mathematical problem solving abilities after being given learning using a didactic design with a transactional reading approach in the material means class XII developed. This can be seen from the posttest results of 30 students, only 6 students scored below 70 with an average score of 82.5. The average difference between the students' pretest results and the posttest results was 18.5.
PENGARUH PENERAPAN HOME VISIT METHOD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYYAH 1 PONTIANAK Desty Septianawati; Maya Maya
Bahasa Indonesia Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.368 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i1.810

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar peserta didik yang tidak berlangsung sebagaimana mestinya (tatap muka) dikarenakan wabah Covid-19, sehingga menghambat aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Penerapan Home Visit Method terhadap aktivitas belajar pada materi Konversi Satuan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak, kelas III tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design (pra-eksperimen) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen (kelas yang diberikan perlakuan) dan kelas kontrol (tidak diberikan perlakuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan Home Visit Method berpengaruh signifikansi dengan nilai probabilitas 0,000 atau nilai signifikansi 0,000 < 0,05 terhadap aktivitas belajar pada materi Konversi. (2) penerapan Home Visit Method dalam pembelajaran tema 6 subtema 1 materi Konversi Satuan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dikembangkan berdasarkan dengan kebutuhan guru dan peserta didik. (3) diperoleh rata-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 89,87 sedangkan rata-rata skor post-test kelas kontrol sebesar 67,08. (4) terdapat pengaruh penerapan Home Visit Method terhadap aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha = 0,05%, maka Ho ditolak. (5) besar pengaruh penerapan Home Visit Method terhadap aktivitas belajar peserta didik pada materi konversi satuan kelas III SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ialah sebesar 39,04 atau 39 %.
MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN Surianto Surianto
Bahasa Indonesia Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.303 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i1.811

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam yang di dalamnya tidak hanya memuat tentang amaliah keagamaan saja tapi juga memuat tentang sains dan ilmu pengetahuan tak terkecuali ilmu matematika. Berbicara matematika di dalam al-Qur’an, maka cukup banyak surah-surah al-Qur’an yang penjelasannya berhubungan dengan matematika, diantaranya surah Al-Kahfi, surah Al-‘Ankabuut, surah al-Baqarah dan surah an-Nisaa’. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam surah-surah yang di salah satu ayatnya terdapat rumus dasar matematika. kemuddian akan dikaji dari segi urutan penurunannya serta hubungan dengan hikmah diturunkannya al-Qur’an secara bertahap dengan kurikulum pendidikan yang diterapkan di lembaga pendidikan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dan bersifat studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan datanya dengan cara tela’ah dokumen dan Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini ialah 1). Surah-surah al-Qur’an yang di salah satu ayatnya terdapat pelajaran rumus dasar matematika berdasarkan urutan penurunannya ialah surah al-kahfi pada ayat ke 25 terdapat rumus penjumlahan, kemudian surah al-Ankabut pada ayat ke 14 terdapat rumus pengurangan, kemudian surah al-Baqarah pada ayat ke 261 terdapat rumus perkalian dan berikutnya surah an-Nisa’ pada ayat ke 12 terdapat rumus pembagian. 2). Tahapan mempelajari rumus dasar matematika yang ditawarkan oleh al-Qur’an yang diisyaratkan dalam tahapan penurunannya sama dengan kurikulum pendidikan yang terapkan di lembaga pendidikan formal khususnya di SD sederajat yaitu rumus dasar matematika yang pertama kali dipelajari di kelas satu SD sederajat ialah rumus penjumlahan dan rumus pengurangan, kemudian di kelas dua SD sederajat mempelajari rumus perkalian dan rumus pembagiat.
STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF Muftahatus Saadah; Yoga Catur Prasetiyo; Gismina Tri Rahmayati
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.024 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1113

Abstract

Keabsahan data dalam penelitian kualitatif menjadi syarat khusus yang peru dipenuhi peneliti guna menyajikan hasil penelitian yang tepat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (Library Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah tujuh artikel yang didapatkan dari google scholar dimana enam merupakan artikel terbit dan 1 merupakan artikel tidak diterbitkan. Analisis data yang digunakan adalah mengadaptasi model Miles Hubberman yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif diantaranya adalah: (1) Memperpanjang masa observasi/pengamatan, dengan maksud untuk melakukan pengambilan data yang lebih cermat/teliti karena waktu yang relatif panjang, (2) Melakukan pengamatan secara terus menerus, dengan masksud meyakinkan peneliti terhadap hasil dan memperkaya data penelitian, (3) Melakukan triangulasi data, dengan maksud menguji validitas data yang diperoleh dalam penelitian (4) Transferabilitas, dengan maksud hasil penelitian nantinya dapat diterapkan dan disitasi oleh peneliti lain, (5) Despendability, dengan maksud pengukuhan konsistensi penelitian yang dimulai dari pengambilan data sampai dengan penyajian kesimpulan, dan (6) Konfirmabilitas, dengan maksud membuktikan data dengan mengkomunikasikannya dengan pihak ketiga sehingga hasil yang diperoleh lebih efektif.
ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING DAN LURING MATA PELAJARAN MATEMATIKA Selvie Selvie; Siti Komariah; Desty Septianawati
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.253 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika secara daring dan luring pada siswa jurusan MIA angkatan 19 di SMA Negeri 1 Tebas. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi untuk mencari tahu rata-rata hasil belajar matematika siswa ketika pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Adapun tahapan penelitian ini terdiri dari tahap orientasi yang dilakukan melalui wawancara awal dengan salah satu guru Matematika di SMA Negeri 1 Tebas. Tahap kedua yaitu tahap ekplorasi dengan teknik pengumpulan data adalah menggunakan teknik non tes melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian tahap yang ketiga yaitu analisis data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa secara luring lebih unggul dibanding hasil belajar siswa secara daring. Dimana rata-rata hasil belajar siswa kelas XI MIA dalam pembelajaran daring adalah 74,13 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas XII MIA dalam pembelajaran luring adalah 79,66. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar matematika secara daring dan luring pada siswa jurusan MIA angkatan 19 di SMA Negeri 1 Tebas.
ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP KELAS XI SMA NEGERI 2 PULAU MAYA Usman Usman; Wiwid Wiwid; Hidayu Sulisti
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.176 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan matematika semester genap kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya tahun ajaran 2021/2022. Kualitas butir soal tersebut dapat dilihat melalui perhitungan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu 54 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil analisis validasi terdapat 3 soal yang tidak valid dan 17 soal yang valid. Sedangkan untuk analisis reliabilitas bisa dikatakan reliabel karena sudah memenuhi kriteria yang ditentukan. Terdapat 18 soal yang tingkat kesukarannya sedang dan 2 soal yang tingkat kesukarannya mudah pada analisis tingkat kesukaran. Pada analisis daya pembeda terdapat 5 soal dengan kriteria jelek, 9 soal dengan kriteria sangat baik, 5 soal dengan kriteria cukup dan 1 soal dengan kriteria baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan mengenai 20 butir soal tersebut melalui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, terdapat 17 soal yang memenuhi kriteria layak dipakai dan terdapat 3 soal yang harus direvisi.
IDENTIFIKASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN YANG MEMUAT KONSEP ARITMETIKA Nur Indah Damayanti; Sarvia Sarvia; Ressy Rustanuarsi
Bahasa Indonesia Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : IAIN Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.664 KB) | DOI: 10.24260/add.v1i2.1134

Abstract

Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Hal ini dapat menunjang kompetensisikap spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang memuatkonsep aritmetika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (libraryresearch). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan dokumentasi. Dalam penelitianini teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapatbanyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat konsep aritmetika. Ayat-ayat tersebut antara lain: (1) surat Al-A’rafayat 142 dan surat Al-Baqarah ayat 196 memuat konsep operasi penjumlahan, (2) surat Al-‘Ankabut ayat 14memuat konsep operasi pengurangan, (3) surat Al-An’am ayat 160 memuat konsep kelipatan suatu bilangan danoperasi perkalian, (4) surat An-Nisa ayat 11 memuat konsep perbandingan dan operasi perkalian bilangan rasional,dan (5) surat Al-Anfal ayat 65 memuat konsep perbandingan.

Page 1 of 3 | Total Record : 22