cover
Contact Name
Ahmad Iskandar Rahmansyah
Contact Email
jumad@upm.ac.id
Phone
+6285258800088
Journal Mail Official
jumad@upm.ac.id
Editorial Address
Jln. Yos Sudarso, No. 107, Pabean, Dringu Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia Kode Pos. 67271
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
JUMAD Journal Management, Accounting, & Digital Business
ISSN : 29868726     EISSN : 29868726     DOI : https://doi.org/10.51747/jumad.v1i2
Core Subject : Economy,
JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business has been published by Universitas Panca Marga. JUMAD is published six times a year, in February, April, June, August, October, December. JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business on issues relating to empirical investigations of the Indonesian economy. JUMAD aims to tie researchers to share high-quality publications at the national level through a process of double-blind review. Articles published in JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business is expected to cover a variety of topics in the economic field and use standard economic analysis tools that focus on the Indonesian economy. Topics might include the fields of Economics: public economics, international economics, monetary economics, financial economics, health economics, labor economics and others related to economics. Business: finance, marketing, consumer behavior, human resource management, organizational behavior, strategic management, operations and innovation, entrepreneurship, ethics. It is expected that students and researchers are facilitated by JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business is expected to play an important role in understanding the Indonesian economy.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023" : 15 Documents clear
Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo Indah Tri Wulandari; Mohammad Saiful Bahri; Trivosa Aprilia Novadiani Haidiputri
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1394

Abstract

Kinerja Pegawai Pada Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo dapat terwujud secara maksimal jika faktor-faktornya terpenuhi dengan baik. Faktor-faktor untuk meningkatkan kinerja yaitu memberikan Lingkungan Kerja, Pelatihan serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam bekerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai PNS, non PNS di Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo sebanyak 57 responen dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, variabel yang digunakan meliputi Lingkungan Kerja, Pelatihan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Kinerja Pegawai. Metode analisis data dari hasil penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik berupa uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, pengujian hipotesis. Hasil penelitian ditunjukkan dengan hasil uji hipotetis simultan Fhitung sebesar 20,865 > Ftabel 2,779 dengan ini membuktikan bahwa Lingkungan Kerja, Pelatihan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Hasil uji hipotesis parsial t tabel= 1,674, nilai Thitung X1= 3,244 X2= 4,511, X3= 4,414 dengan ini membuktikan bahwa Lingkungan Kerja, Pelatihan, Keselamatan dan Kesehatan kerja secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX Stasiun Probolinggo Muhammad Yunus; R Abdul Haris; Dedi Joko Hermawan
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1405

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX Stasiun Probolinggo. Penumpang kereta api DAOP IX Stasiun Probolinggo pada bulan Februari-Maret 2023 adalah Populasi dari penelitian. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling berupa sampling insidental. pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuatitatif menggunakan uji validitas, reliabilitas uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisisen determinasi dan uji t (parsial) dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil pengujian kualitas pelayanan, harga dan ketepatan waktu secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Diva Swalayan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Izzeti Fatinah; Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas; Trivosa Aprilia Novadiani Haidiputri
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1406

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial beban kerja, lingkungan kerja, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan DIVA Swalayan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif berjenis Kausal-Komparatif. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden karyawan DIVA Swalayan Kraksaan Kabupaten Probolinggo dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel beban kerja diperoleh thitung > ttabel (2,099 > 2,056) dan sig. 0,046 < 0,05, variabel lingkungan kerja diperoleh thitung > ttabel (2,772 > 2,056) dan sig. 0,010 < 0,05, dan variabel kompensasi diperoleh thitung > ttabel (3,832 > 2,056) dan sig. 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diartikan bahwa variabel beban kerja, lingkungan kerja, dan kompensasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan DIVA Swalayan Kraksaan Kabupaten Probolinggo.
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Violet Bakery Probolinggo Isnabela Isnabela; Mohammad Iskak Elly; Elok Dwi Vidiyastutik
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1409

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pomosi Terhadap Keputusan Pembelian di Violet Bakery Probolinggo. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di Violet Bakery di Probolinggo. Sampel yang digunakan incidental sampling yang berjumlah 40 responden dengan penentuan setiap variabel dikalikan 10. Data yang dibutuhkan berupa primer berupa kuesioner. Data tersebut dianalisis menggunakan statistic berupa uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dan pengolahannya menggunakan (SPSS). Metode analisis berupa uji validitas, uji realibiltas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, analisisi regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi (R2), Uji F, Uji t dan uji dominan. Berdasarkan uji hipotesis uji t kualitas produk dengan nilai thitung adalah 6,022 lebih besar ttabel 2,028. Harga dengan nilai thitung adalah 5,027 lebih besar ttabel 2,028. Promosi dengan nilai thitung adalah 4,123 lebih besar ttabel 2,028. Uji F kualitas produk, harga dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dengan hasil Fhitung dengan nilai 64,617 > Ftabel 2,87. Paling dominan adalah kualitas produk yaitu sebesar 0,322.
Pengaruh Good Corporate Governance Dan Firm Size Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021 Nurul Izzah; Moh. Iskak Elly; Elok Dwi Vidiyastutik
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1410

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh dari good corporate governance dan firm size terhadap financial distress. Populasi dari sebuah penelitian ini berjumlah 84 perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Sedangkan Sampel penelitiannya berjumlah 18 perusahaan yang menggunakan teknik purposive sampling sehingga total sampel selama 3 tahun yaitu 54 perusahaan yang akan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan GCG yang terdiri oleh 5 indikator yaitu kepemilikan manjerial, kepemilkan institusiional, dewan komisariis independen, dewan direksi, dan komite audit secara parsial tidak ada yang memiliki pengaruh ke arah negatif terhdap financial distress sedangkan firm size secara parsial memiliki pengaruh ke arah negatif terhadap financial distress. Secara simultan variabel good corporate governance dan firm size berpengaruh terhadap financial distress. Secara dominan indikator dewan direksi dari good corporate governance berpengaruh terhadap financial distress.
Pengaruh kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada UD. Probo Sakti Kota Probolinggo Aan Sulaiman; Titik Musriati; Dedi Joko Herwaman
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1420

Abstract

Penelitian ini dijalankan pada UD. Probo Sakti Kota Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara parsial antara kepemimpinan, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian kuantitatif dengan analisis prediktif dengan pendekatan secara kuantitatif. Populasinya adalah seluruh karyawan UD. Probo Sakti Kota Probolinggo dengan sampel hingga 35 orang memberikan tanggapan, dan metode pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi serta uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan secara parsial antara kepemimpinan, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada UD. Probo Sakti Kota Probolinggo.
Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi, Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo Adelia Putri Rahmadani; Ngatimun Ngatimun; Raihan Wishal Nafis
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1421

Abstract

Tempat melakukan survei ini yaitu PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo. Tujuannya buat menentukan efek menguntungkan dari lingkungan kerja, motivasi, dan komunikasi terhadap kinerja. Dalam penelitian ini, menggunakan metodologi kausal-asosiatif, kinerja merupakan komponen dependen, sedangkan lingkungan kerja, motivasi, dan komunikasi merupakan elemen independen. 40 responden dari PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo adalah populasi yang digunakan, dan sampel jenuh digunakan dalam metode pengambilan sampel. sesuai hasil uji hipotesis membagikan bahwa (1) Lingkungan kerja PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo mempengaruhi kinerja karyawan secara positif serta signifikan (2) Motivasi PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo mempengaruhi kinerja karyawan secara positif serta signifikan (3) Komunikasi PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo mempengaruhi kinerja karyawan secara positif serta signifikan.
Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo Sofiya Nur Jannah; Tumini Tumini; Yekti Rahajeng
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1423

Abstract

Perusahaan yang menjualkan jasa berarti menjualkan produknya dalam bentuk kepercayaan. Kualitas pelayanan juga dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan suatu perusahaan. Variabel bebas terdiri dari produk dan kualitas pelayanan sedangkan variabel terikatnya yaitu kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna jasa pelabuhan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo yang berstatus aktif dan yang berdomisili di wilayah Probolinggo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yakni simple random sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dengan diolah menggunakan analisis data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada J’bing Cafe & Resto Probolinggo Yuliana Yuliana; Titik Musriati; Yekti Rahajeng
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1425

Abstract

Kualitas pelayanan yang memuaskan dan harga kompetitif, maka mendorong terciptanya kepuasan konsumen. Jika harga yang diterapkan terlalu tinggi atau pelayanan yang diberikan tidak sebanding dengan harga yang harus dibayar maka produk kurang memuaskan bagi konsumen. Sehingga tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen serta untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh dominan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Dengan Populasi sebanyak 1.130 konsumen, teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan pada konsumen J’bing Cafe & Resto Probolinggo (Jalan Basuki Rahmad, No. 9, Mayangan, Kota Probolinggo) yaitu teknik non-probability sampling melalui teknik sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 92 orang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan pengujian hipotesis uji uji t dan dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan 4,639 dan harga 2,698 secara parsial terhadap kepuasan konsumen serta variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien beta 0,429 lebih besar dari nilai koefisien beta variabel harga 0, 250 pada J’bing Cafe & Resto Probolinggo (Jalan Basuki Rahmad, No. 9, Mayangan, Kota Probolinggo).
Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) 2017-2021 Abdul Hanif; Joni Hendra; Yekti Rahajeng
PAKETHEMAT Vol 1 No 4 (2023): JUMAD: August 2023
Publisher : Universitas Panca Marga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51747/jumad.v1i4.1427

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh efisiensi modal kerja, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII), baik secara simultan, parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis asosiatif, dengan variabel bebas yang digunakan adalah efisiensi modal kerja, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 17 perusahaan dari jumlah populasi 30 perusahaan selama periode 2017-2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa working capital turn over sebagai proksi dari efisiensi modal kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, perubahan total aktiva sebagai proksi dari pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan profitabilitas dan Ln (total asset) sebagai proksi dari ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.

Page 1 of 2 | Total Record : 15