cover
Contact Name
Ahmad Zakki Abdullah
Contact Email
globalkomunika@upnvj.ac.id
Phone
+628211089631
Journal Mail Official
globalkomunika@upnvj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
ISSN : 20856636     EISSN : 26555328     DOI : -
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel ilmiah dari ilmu sosial, ilmu politik, ilmu komunikasi dan ilmu sosiologi. (e-ISSN 2655-5328 dan ISSN 2085-6636)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. TAMAN KAMPUNG ARTIS RENTAL BROADCASTING EQUIPMENT Tuty Mutiah; Fajar Astuti; Rawit sartika; Marlina Shinta; A Rafiq
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan industri jasa broadcasting equipment menjadi tantangan bagi para pelaku untuk menarik minat pelanggan agar menjadi konsumen yang loyal terhadap perusahaan. Beragam strategi dilakukan perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan, diantaranya dengan meningkatkan citra perusahaan dan kualitas pelayanan. citra perusahaan adalah keseluruhan kesan yang dibuat di benak masyarakat, tentang sebuah perusahaan yang merupakan hasil keseluruhan pengalaman penggunaan pelanggan. Sementara kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan pelanggan yang melampaui harapan pelanggan. Untuk mengetahui loyalitas pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakna spss 17. Kuesioner diberika kepada 30 pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment yang merupakan responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra perusahan dan kualitas pelayanan secara secara simultan atau bersama-sama mampu menjelaskan hubungan Loyalitas Pelanggan hanya sebesar 48,9%, dan siasanya 51,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.Kata kunci: citra perusahaan, kualitas layanan, Loyalitas Pelanggan
ANALISA PROSES PRODUKSI PROGRAM BERITA SAAT KEBIJAKAN WORK FORM HOME (WFH) Agung Raharjo; Ilham Albar Pane; Juniarti Eka Sapitri; Tuty Mutiah
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan produksi, proses produksi dan analisis produksi program berita 1st session closing di IDX Chanel saat kebijakan Work Form Home (WFH). Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma positifis. Data diperoleh melalui proses observasi dengan melakukan proses magang, wawancara baik terstruktur maupun tidak terstruktur dan studi dokumentasi. Dengan menggunankan Teori Hirarki Pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, maka penulis akan meneliti apakah ada tekanan dari level rutinitas media terhadap program berita 1st session closing yang ditinjau dari tiga unsur, yakni: Audiens (Consumers), Organisasi Media (Processor), dan Sumber Berit (Suppliers). Setelah melakukan penelitian 1st session closing dalam memproduksi programnya melalui tiga tahap, yakni: Pra produksi, Produksi dan Pasca produksi. Dilihat dari teori hirarki pengaruh level media rutin dalam proses produksi program berita 1st session closing di pengaruhi 3 unsur, yaitu: Audiens, Organisasi Media dan Sumber Berita. Dan pengemasan berita yang biasannya menggunakan format 5w+1H.Kata Kunci: Analisis Produksi, Teori Hirarki Pengaruh, Audiens, Organisasi Media, Sumber Berita.
KAPABILITAS PRODUCTION ASISTENT DALAM PRODUKSI TALK SHOW DIMASA PANDEMI Fitriyanto Fitriyanto; Tuty Mutiah; Yusni Mirat La Ode; Fajar Muharam
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKProgram televisi yang berkualitas memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan kemampuan mengeksploitasi sangat tergantung pada faktor kemampuan, pendidikan, pengetahuan, salah satunya kapabilitas production asistent. Production asistent merupakan salah satu elemen penting yang membuat proses produksi berjalan dengan lancar, asisten produser berperan untuk mengawasi kinerja tim produksi, juga sebagai tangan kanan produser yang bertugas membantu memecahkan masalah produksi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang menjelaskan kejadian tersebut. Penelitian itu sendiri bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa yang sedang berlangsung pada penelitian terlepas dari peristiwa sebelumnya dan sesudahnya. Kapabilitas production asistent sangat penting untuk memahami dan menguasai rencana dalam produksi talk show apalagi dimasa pandemi. Tidak hanya menguasai satu divisi tetapi juga memintanya untuk mampu membangun komunikasi yang baik dan dapat bekerjasama dengan instansi terkait.Kata Kunci: Production asistent, Production, Masa Pandemi
EFEKTIVITAS MEDIA INTERNAL WEBSITE MyBCA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN PT BANK CENTRAL ASIA KCU WISMA ASIA Aska Leonardi
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah media internal website MyBCA efektif digunakan dalam pemenuhan kebutuhan informasi para karyawannya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode quota sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner. Kemudian data yang didapat dianalisa dengan menyederhanakan data menggunakan coding book dan coding sheet. Teori yang digunakan adalah teori Uses & Gratification dimana penulis membatasi dalam kebutuhan kognitif atau kebutuhan seputar informasi. Penilaian pemenuhan kebutuhan informasi meliputi distribution, awareness, reliability, understanding, readability, dan cost. Hasil penelitian menunjukkan indikator distribution dan awareness mendapatkan hasil paling rendah dan masih perlu ditingkatkan lagi. Untuk reliability mendapatkan hasil yang paling tinggi dibandingkan indikator yang lainnya yang berarti sudah baik dalam memberikan informasi terkait pesoalan-persoalan yang ada.
WHATSAPP SEBAGAI MEDIA LITERASI DIGITAL SEBAGAI MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DIMASA PANDEMI Eulin Karlina; Panji Suratriadi; Tuty Mutiah; Fajar Kurniawan
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Salah satu media sosial yang sering digunakan yaitu whatsap. WhatsApp memiliki berbagai fungsi, di antaranya adalah bisa mengirim pesan, chat grup, berbagi foto, video, dan dokumen. Whatsapp merupakan salah satu media sosial paling berpengaruh dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Adanya penyebaran wabah Covid-19 di Jakarta berdampak pada kegiatan pendidikan yang dilakukan melalui media internet. Pemanfaatan internet dengan aplikasi Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan oleh mahasiswa yang bisa meningkatkan kemampuan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan whatsapp sebagai media literasi digital mahasiswa dan kemampuan literasi digital mahasiswa dilihat dari kemampuan berbahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simak, catat, dan kajian pustaka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu tingkat literasi digital mahasiswa dengan media sosial whatsapp masih kurang dan peningkatan kemampuan literasi digital mahasiswa ditinjau dari berbagi materi pelajaran di WhatsApp, fitur forward. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan fitur dari WhatsApp dan Kemampuan literasi digital siswa berkaitan dengan kemampuan berbahasa siswa, yaitu mendengar, berbicara, membaca, memirsa, dan menulis.Kata kunci: literasi digital, media sosial, Pembelajaran jarak jauh, Whatsapp
METODE DAKWAH IRD BATIK MOTIF WALISONGO SEBAGAI MEDIA DAKWAH APLIKATIF Mapinda Puspasari; Syarifah Gustiawati Mukri; Retno Triwoelandari
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai seorang Muslim kita wajib meneruskan risalah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu dakwah, yang mana merupakan suatu kewajiban setiap muslim. Dakwah adalah suatu aktivitas yang mulia dimana setiap muslim dapat melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Dalam dakwah memerlukan sebuah metode, metode dakwah merupakan proses penyampaian atau cara-cara tertentu yang dilakukan seorang da’i kepada mad’u. Kemudian selain adanya metode dalam dakwah terdapat sebuah media dakwah yaitu sebagai alat/sarana agar pesan dakwah dapat tersampaikan kepada mad’u sehingga tujuan dakwah yang hakiki yakni membentuk khairul ummah dapat terwujud. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan Metode dakwah yang digunakan IRD Batik pada motif Walisongo sebagai media dakwah aplikatif. Dalam skripsi ini akan dibahas permasalahan bagaimana sebuah metode dakwah yang digunakan IRD Batik  pada motif Walisongo (Sunan Ampel, Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga) dan aplikasi dakwah IRD Batik motif Walisongo (Sunan Ampel, Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga) sebagai media dakwah aplikatif. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan kata-kata dari orang yang diamati. teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan observasi, teknik wawancara secara langsung pada narasumber terpercaya, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa metode dakwah yang digunakan IRD Batik dengan cara merekonstruksi kembali karya dan sejarah dakwah Walisongo melalui motif batik tidak dapat dikatakan sebagai media dakwah aplikatif. Karena visual pada motif batik tidak mengkomunikasikan pesan dakwah, sehingga nilai pada motif hanya menggambarkan karya ulama dan sejarah Walisongo dalam dakwah. Nilai dakwah yang menjadi pesan terpenting dalam motif tidak tersampaikanKata Kunci : Metode dakwah, Media dakwah, Dakwah aplikatif, Batik, Walisongo
FEATURE HUMAN INTEREST PADA PORTAL BERITA ISLAM HIDAYATULLAH.COM Heni Pratiwi; Nirwan Syafrin; Maya May Syarah
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemberitaan media online kerap menimbulkan kejenuhan terhadap pembaca seperti jenis berita hard news. Salah satu jenis berita yakni feature merupakan berita yang melawan kebasian struktur berita pada umumnya sebagai pelengkap dengan mengedepankan kreativitas yang melibatkan daya imajinasi penulis dan mempunyai nilai estetika didalamnya serta dapat mempengaruhi perasaan pembaca seperti rasa haru,  gembira. Nilai human interest pada feature memberikan ketertarikan lebih terhadap pembaca karena kehidupan manusia menarik untuk dijadikan cerita dari berbagai sisi. Adapun rubrik Feature pada portal berita Islam Hidayatullah.com merupakan rubrik khusus yang menyediakan karya feature bagi pembaca, tujuan penelitian, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teori analisis wacana feature human interest pada portal berita Islam Hidayatullah.com rubrik Feature. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analalisis wacana teori Teun A.van Dijk sebagai pisau. Hasil penelitian ini menggunakan teori analisis wacana Teun A.van Dijk, terdiri dari tiga struktur yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Pada struktur makro digunakan untuk menganalisis tema atau berkaitan dengan tematik. Superstruktur berkaitan dengan skematik dimana penulis menjelaskan keterpaduan dan secara terstruktur antar paragraf pada pembukaaan, isi, dan penutup. Untuk struktur mikro yang berkaitan dengan semantik sintaksis, stilistik digambarkan secara lengkap dan jelas, leksikon menggunakan istilah yang mudah dipahami, retoris dan metafora digunakan sebagai penanda pesan terhadap pembaca. Dari analisis tersebut dapat diketahui karakteristik tulisan feature human interest pada portal berita Islam Hidayatullah.comKata Kunci : Portal Berita Islam Hidayatullah.com, Analisis, Feature human interest.
Pergulatan Kekuatan Politik Di DPRD Kota Padang Dalam Proses Pengisian Kekosongan Jabatan Wakil Walikota Periode 2019-2024 Muhammad Sheif Al Islam; Divina Amelia Syafitri; Doni Hendrik
Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4 No 1 (2021): Global Komunika
Publisher : FISIP UPNVJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33822/gk.v4i1.5359

Abstract

Kekosongan jabatan wakil walikota periode 2019-2024 di Kota Padang disebabkan oleh mantan Walikota Padang, Mahyeldi mencalonkan diri sekaligus memenangkan Pemilihan Umum Gubernur untuk Provinsi Sumatera Barat periode 2021-2024. Sehingga secara hukum Hendri Septa sebagai wakil walikota berhak naik mengisi posisi walikota dan terjadilah kekosongan jabatan wakil walikota. Akan tetapi, kebijakan yang ada tidak diindahkan sebagaimana mestinya dimana terjadi konflik diantara kedua partai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kekuatan politik partai koalisi PAN - PKS karena kekosongan jabatan Wakil Walikota Padang periode 2020-2024. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan metode pengumpulan data studi literatur. Konflik yang terjadi dikarenakan salah satu partai yaitu PKS mempermasalahkan etika politik yang disanksi kan kepada PAN yang turut ikut mencalonkan nama kandidat calon wakil walikota, sehingga PKS berspekulasi bahwa merekalah yang berhak atas pengisian nama kandidat calon wakil walikota yang nantinya akan mengisi jabatan yang kosong tersebut.Kata kunci; Kekuatan Politik; Kekosongan Jabatan; Koalisi Partai; Konflik Kepentingan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8