cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi" : 7 Documents clear
ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK PADA NOVEL MIDAH SIMANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER Alia
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik, strukturalisme genetik khususnya pandangan dunia yang meliputi pandangan dunia tragik, subjek kolektif dan lingkungan sekitar, dan pandangan pengarang. Hubungan pengarang dan realita sejarah sebagai asal-usul karya sastra. Kemudian, pandangan pengarang meliputi latar sosial, latar ekonomi, latar agama, dan latar budaya. Pandangan pengarang dideskripsikan berdasarkan hubungan realita sejarah. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca heuristic. Hasil analisis data dari penelitian yang berjudul Analisis Strukturalisme Genetik Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer Menurut unsur intrinsik antara lain: menggunakan plot di lihat secara kriteria isi. Tokoh dan penokohan, tokoh utama adalah Midah dan beberapa tokoh bawahan antara lain; Ayah atau Haji Abdul, Ibu, Haji Terbus, Riah, Mimin, Nini, Ahmad atau polisi, dan Bidan. Latar yang digunakan latar tempat menggambarkan kota Cibatok-Jakarta, latar waktu terjadi sekitar tahun50-an, latar sosial menggambarkan hubungan sosial yang terjadi. Sudut pandang pengarang dalam novel adalah pengarang sebagai narator ‘‘Dia” bersifat mahatahu. Tema novel tersebut adalah perjuangan perempuan melawan kehidupan yang keras dan kejam yang membuat dirinya harus tegar, kuat dan bertahan. Gaya bahasa yang tergambar dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer diantaranya; aliterasi, litotes, metafora, alusio, hiperbola, dan sarkasme.
PROSES AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 9 SUMMERS 10 AUTUMNS KARYA IWAN SETYAWAN Ernani; Nurma Saputri
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter tokoh utama dalam novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan dan mendeskripsikan pemenuhan kebutuhan sebagai proses aktualisasi diri tokoh utama dalam novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan. Melalui teori kebutuhan Abraham Maslow, meliputi kebutuhan fisiologi, kebutuhan akan keselamatan, kebutuhan rasa memiliki dan rasa cinta, kebutuhan akan harga diri, dan kebutuhan perwujudan diri (aktualisasi diri). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah teks novel “9 Summers 10 Autumns” karya Iwan Setyawan. Langkah analisis dalam penelitian ini adalah membaca dan memahami isi novel, membuat synopsis, mengklasifikasikan dan menganalisis data menurut jenis permasalahannya, dan menarik kesimpulan. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis karya seseorang. Berdasarkan hasil penelitiaan, tokoh utama memiliki karakter seorang anak laki-laki yang kecil dan pendek, pintar dan tekun, mempunyai mimpi dan cita-cita tinggi, pekerja keras, berkeinginan kuat, mudah terharu dan menangis, berbakat, gigih, pantang menyerah, dan suka tantangan dan hal baru. Proses aktualisasi diri tokoh utama berhasil dicapai melalui teori kebutuhan Abraham Maslow. Kebutuhan aktualisasi diri tokoh utama diwujudkannya dengan berhasilnya ia menjadi direktur di New York dan mampu mempunyai kamar tidur sendiri, yang ia cita-citakan sejak kecil.
Pengaruh Metode Show and Tell Pada Kemampuan Berbicara Siswa Terhadap Penyampaian Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Kandis Iin Parlina; Nopi Yanti
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Show And Tell pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan suatu percobaan yang dirancang khusus, untuk membandingkan dua kelompok sasaran penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis Kabupaten Ogan Ilir tahun ajaran 20017. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.I sebagai kelompok eksperimen berjumlah 32 orang, dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 64 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Dengan diterimanya hipotesis penelitian (Ha) ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Show And Tell berpengaruh pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi.
HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN Merry Listiantin
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.64

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan “Hubungan Penggunaan Media Alam Sekitar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Indralaya Selatan“. Metode yang digunakan adalah deskritif Kolerasional dengan desain korelasi. Variabel bebas yaitu penggunaan media alam sekitar dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Indralaya Selatan dengan jumlah sampel 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan korelasi beradasarkan rumus Product moment dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan diantara variabel. Nilai rata-rata variabel X adalah 66,39 dan variabel Y 63,39. Berdasarkan hasil dari perhitungan rhitung (0.4820) lebih tinggi dari rtabel (0.4629) dengan taraf signifikansi 0,005. Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara media alam sekitar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Indralaya Selatan.
PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG Novi Santi; Devi Nafri Yanti
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Kayuagung dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Kayuagung yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 12 siswa putra dan 22 siswa putri. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test design. Dari hasil tes tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya teknik yang mampu menarik minat siswa dalam menulis puisi. Maka diterapkan teknik akrostik dalam pembelajaran. Siswa mulai mengalami peningkatan pada nilai tindakan siklus I, dengan nilai rata-rata siswa yaitu 18,85 dan meningkat sebanyak 2. Pada akhir siklus II, nilai rata-rata siswa yaitu 21,20. Siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II menjadi 4,35.
ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA Riza Aryani
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Struktur novel Padang Bulan karya Andrea Hirata; dan (2) Wujud nilai moral yang terdapat dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi analisis isi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Analisis struktural; tema novel Padang Bulan adalah pendidikan. Alur yang digunakan adalah alur campuran. Penokohan dalam novel Padang Bulan dibedakan menjadi tokoh utama dan tokoh tambahan. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama sebagai tokoh utama. Latar yang digunakan adalah latar tempat, latar waktu. (2) Wujud nilai moral yang ada dalam novel Padang Bulan terdiri dari, hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup lingkungan sosial.
PENGARUH BAHASA LINGKUNGAN FORMAL TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA TK AL-MA’ARIF RANGKUI JAYA KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Tuti Alawiyah
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.67

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya untuk memberikan pemahaman tentang kebaikan pada diri seseorang. Melalui pendidikan karakter, diharapkan seorang individu dapat menerapkan pemahaman tentang kebaikan yang telah diperoleh dalam bentuk pembiasaan sikap dan perilaku di kehidupan sehari-hari. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sedangkan salah satu cara untuk mendapatkan pendidikan dengan nilai nilai mulia, berakhlak, kreatif dan memiliki karakter sesuai budaya bangsa dapat diperoleh melalui penggunaan bahasa yang baik. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pengaruh bahasa lingkunga formal terhadap pendidikan karakter, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan teknik rekam. Dari penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh bahasa lingkungan formal terhadap pendidikan karakter yakni: (1) memiliki sikap jujur; (2) memiliki rasa ingin tahu yang lebih; (3) memilki sikap peduli sosial; (4) adanya sikap cinta damai; dan (5) bertanggung jawab.

Page 1 of 1 | Total Record : 7