cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PREDICT,OBSERVE,EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG Alia; Dwi Salmah
Dialektologi Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i01.250

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayuagung tahun ajaran 2019. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 40 soal dengan alternatif a, b, c, d. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi kelas eksperimen 52,8621 dan tes akhir 71,7241. Nilai rata-rata tes kelas kontrol 33,7931dan akhir 39,810. Hasil analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol,71,7241 banding 39,8103 jadi selisihnya adalah 31,91.Berdasarkan analisis tahap pertama menunjukan bahwathitng (11,145) > ttab (1,672) dengan derajat keabsahan 56 (df 56). Dengan memperhatikan kriteria pengujian, yaitu probability <0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sedangkan Ha diterima
PENGARUH STRATEGI PROBABLE PASSAGES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR Yeyen Yusniar; Iin Parlina; Husniati
Dialektologi Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i01.255

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikanpengaruh Strategi Probable Passages Terhadap Kemampuan Menulis CeritaFantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalampenelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja KabupatenOgan Ilir tahun 2018/2019 berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampelberdasarkan metode purposive sampling diperoleh 60 siswa. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan diperiksa menggunakanvaliditas isi. Tes telah di ujicobakan untuk mencari reliabilitas tes. Kolmogorovsmirnov digunakan untuk menilai oleh inter-rater. Hasil tes menggunakan uji-tdengan bantuan spss 22. Berdasarkan hasil uji sampel independen, hasilpenelitian ini menunjukan bahwa thitung adalah (5,039) dengan level signifikanp<0,05 dalam test penyesuaian derajat keabsahan 58. Nilai kritis dari ttable (1,671).thitung (5,039) lebih tinggi dari ttable (1,671). Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima.Artinya, ada perbedaan kemampuan menulis cerita fantasi siswa yang diajarmenggunakan strategi probable passages dengan siswa yang diajar denganpendekatan saintifik.
PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Devi Nafriyanti
Dialektologi Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i01.256

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode chain writing terhadapkemampuan menulis teks eksplanasi. Metode penelitian ini menggunakanmetode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIII.1 (kelas eksperimen) dengan menggunakan metode chainwriting dan VIII.3 (kelas kontrol) dengan menggunakan metode saintifik SMPNegeri 6 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja menulis teks eksplanasi denganmenggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasilperhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompokeksperimen dan kelompok kontrol. Nilai Thitung (4,844) lebih tinggi dari Ttabel(1,668) dengan derajat keabsahan 66 pada taraf signifikan probability di bawah0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sedangkan Ha diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode chain writing berpegaruhterhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPNegeri 6 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.
INTERTEKSTUAL NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA A. FUADI DAN NOVEL 9 SUMMER 10 AUTUMNS KARYA IWAN SETYAWAN Ernani; Dewi Purnama
Dialektologi Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i01.257

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Intertekstual Novel Rantau 1 MuaraKarya A. Fuadi dan novel 9 Summer 10 Autumns Karya Iwan Setyawan. Metodepenelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadisumber data pada penelitian ini adalah teks dalam novel Rantau 1 Muara Karya A.Fuadi dan Novel 9 Summer 10 Autumns karya Iwan Setyawan. Langkah analisisdata yang digunakan adalah model analisis mengalir (flow model ofanalysis), yangmeliputi tiga komponen utama, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikansimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwastruktur novel Rantau 1 Muara dan novel 9 Summer 10 Autumns meliputi: (1)tema; (2) alur; (3) penokohandanperwatakan; (3) latar; (4) sudut pandangpengarang; dan (6) amanat. Teknik transformasi yaitu 1) ekspansi ataupengembangan pada alur ditahap penyelesaian, teknik 2) konversi pada alurditahap perkenalan, klimak, dan anti klimaks, teknik 3) modifikasi atau mengubahdan melakukan manipulasi pada alur dibagian konflik dan latar sosial, dan teknik4) ekserp atau penyerapan digunakan pada pemunculan tokoh, latar tempat, latarwaktu, amanat dan tema. Dibuktikan dengan tahun terbit yang lahir lebih awaladalah novel 9 summer 10 Autumns yaitu pada tahun 2011 dan novel Rantau 1Muara terbit pada tahun 2013.
PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KAYUAGUNG Ima Maryana
Dialektologi Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i01.258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Gambar Berseriterhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahunajaran 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan programSPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil nilai rata-rata tes awalkemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas eksperimen 73,89 dan tes akhir84,95. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 61,16 dan tes akhir 70,52. Hasilanalisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besardaripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwathitung (10,445) lebih tinggi dari ttable (1,669) dengan derajat keabsahan 62 (df 62)pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri memiliki pengaruhterhadap kemampuan menulis teks fabel siswa SMP Negeri 1 Kayuagung.
PENGARUH STRATEGI 3W2H DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Novi Santi; Yulia Marheni
Dialektologi Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i01.259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi 3W2H dalamkemampuan menulis teks berita. Metode penelitian ini menggunakan metodeeksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2018/2019.Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling, diperoleh kelas VIII.1sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu unjuk kerja menulis teksberita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikanpembelajaran kemampuan menulis teks berita antara siswa kelas VIII.1 yangmendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi 3W2H dengan siswa kelasVIII.4 yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Haltersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor postes kelompok eksperimen dankelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasilperhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompokeksperimen dam kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu86,2917 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 73,2500. Berdasarkanhasil analisis hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh thit sebesar7,662 dan ttab 1,67866 dengan derajat keabsahan 46 (df 46) jadi thit > ttab, artinyaH0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, strategi 3W2H berpengaruh dalampembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kayuagung.
PENGARUH MODEL DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG Juniarti
Dialektologi Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v6i01.260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model deep dialogue/criticalthinking terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Metode penelitian inimenggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitianini adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMK Negeri 1 KayuagungKecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dandianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji rata-rata tes awal kemampuanmenulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen 65,97 dan tes akhir 78,22. Nilairata-rata awal kelas kontrol 64,20 dan tes akhir 74,91. Hasil analisis datamenunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelaskontrol yakni 78,22>74,91. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkanbahwa thitung (3,197) lebih tinggi dari ttabel (1,667) dengan derajat keabsahan 68(df 68) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model deep dialogue/criticalthinking memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswaSMK Negeri 1 Kayuagung.

Page 1 of 1 | Total Record : 7