cover
Contact Name
Dadi Mulyadi Nugraha
Contact Email
sosioreligi@upi.edu
Phone
+6285795665290
Journal Mail Official
sosioreligi@upi.edu
Editorial Address
Gedung Numan Soemantri, FPIPS UPI, Departemen Pendidikan Umum, Lantai 2, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung, 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Pendidikan Umum
ISSN : 16931793     EISSN : 26563622     DOI : -
Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, reviews of articles from contributors, and news on new technologies related to general education. This journal includes original research articles, review articles, and brief communication, including: General Education Character building Value Education Pancasila Education Civic education Religious education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM" : 5 Documents clear
Pendidikan nilai dan karakter dalam perspektif pendidikan umum di perguruan tinggi Aiman Faiz
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 2 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi kehidupan yang makin kompleks memerlukan wawasan yang luas untuk menghadapinya bahkan secara multidisiplin. Solusi individual untuk urusan-urusan yang melibatkan dukungan ilmu dari berbagai bidang memerlukan kerja sama keahlian dari berbagai bidang ilmu. Dalam kerangka menggali dan mendeskripsikan data, metodologi yang digunakan yaitu library research atau penelitian kepustakaan, yang dilakukan dengan menggunakan literatur berupa aturan-aturan yang mendukung dalam menganalisis pendidikan nilai dan karakter dalam perspektif pendidikan umum di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi dan memberikan argumen mengenai pendidikan nilai dan karakter satuan tingkat pendidikan tinggi di Indonesia dalam perspektif pendidikan umum. Hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa, pendidikan umum atau general education hadir memberikan solusi yang tidak diberikan disiplin ilmu lain, pendidikan umum mampu mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu menjadi satu kesatuan yang saling berkaitan dengen menggali nilai-nilai esensial dari ilmu tersebut yang tidak pernah terlepas dari nilai dan karakter. Pendidikan umum tidak membiarkan ilmu saling membentengi dari ilmu yang lain atau bahkan saling menyerang dengan berasumsi bahwa ilmu adalah bebas nilai. Esensi dan orientasi pendidikan umum adalah nilai dan karakter, sehingga individu yang telah di didik oleh pendidikan umum dapat menghasilkan manusia yang memiliki kepribadian utuh dengan multi disiplin ilmunya. Dengan hadirnya kajian ini diharapkan membuka mindset orang untuk membuka diri dengan kehadiran disiplin ilmu lain sehingga tidak membatasi diri dari pengetahuan lain. Oleh karena dunia yang semakin maju dan berkembang menuntut manusianya untuk senantiasa mau belajar dan belajar.
Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam di pendidikan tinggi vokasi Deni Hambali; Abas Asyafah
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 2 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata kuliah Pendidikan Agama merupakan salah satu Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dan Berdasarkan SK Dirjen Dikti tahun 2006 bahwa setiap Perguruan Tinggi memiliki hak mengembangkan rambu-rambu MPK sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Maka dari itu, tulisan ini ingin membahas implementasi pembelajaran PAI di Pendidikan Tinggi Vokasi, yakni Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti yang tentunya agak sedikit berbeda dari pembelajaran PAI di PTU. Tujuan utama Pendidikan Tinggi Vokasi adalah menyiapkan lulusan yang siap kerja dan berkinerja tinggi, maka dari itu para dosen PAI di ASM Ariyanti mencoba menjembatani antara pemahaman keagamaan dengan praktek di dunia kerja, khususnya pada materi bahasan “Etos Kerja dalam Islam”.
Konsep pendidikan umum di perguruan tinggi dalam tinjauan esensialisme Purwati Purwati; Ahmad Symsu Rizal; Encep Syarief Nurdin
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 2 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mengkaji penyelenggaraan pendidikan umum di perguruan tinggi. Rumusan masalahnya seputar konsep pendidikan umum di perguruan tinggi berdasarkan perspektif esensialisme. Manfaat teoretis artikel ini yaitu sebagai sumber informasi dalam melengkapi kajian pendidikan umum di perguruan tinggi. Manfaat praktisnya yaitu membantu tenaga pendidik mengembangkan nilai-nilai pendidikan umum dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) sehingga sumber datanya berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Data dianalisis berdasarkan tinjauan esensialisme dan divalidasi menggunakan triangulasi teori. Kajian ini menghasilkan kontribusi pikiran bahwa pendidikan umum di perguruan tinggi dilaksanakan dengan konsep: (1) pendidikan sebagai upaya membina potensi manusia sehingga penyelenggaraannya dilakukan secara komprehensif; (2) program mata kuliah yang dipilih mahasiswa diselenggarakan dengan terkendali; (3) hakikat manusia menjadi dasar pertimbangan pelaksanaan pendidikan; (4) pengembangan kualitas berpikir menjadi perhatian utama; (5) buku-buku klasik adalah sumber utama belajar; 6)pendidikan dilakukan untuk mencegah atau memberantas fasisme; (7) great book wajib diberikan kepada mahasiswa; dan 8) great book sebagai kunci pemersatu pikiran bangsa; dan 9) jadwal pemberian great book dilakukan di tahun-tahun awal perkuliahan.
Pembelajaran bela negara dalam pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya membina semangat nasionalisme mahasiswa STKIP PGRI Kota Sukabumi Tina Septiana
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 2 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di perkuliahan perguruan tinggi dapat mengembangkan semangat dan motivasi bela negara pada mahasiswa. Data dalam penelitian ini dihimpun dari data hasil wawancara mahasiswa serta kajian analisis kritis terhadap berbagai literatur. Adapun studi wawancara dilakukan terhadap beberapa informan yang memiliki kepedulian, perhatian dan kompetensi spesifik mengenai pemahaman dan argumen dalam mengkaji dan menganalisa bidang bela negara yang tertera dalam perkuliahan PKn di perguruan tinggi. Adapun kajian pustaka yang dijadikan referensi adalah berbagai literatur (bahan bacaan) baik media cetak maupun media elektronik yang memiliki relevansi dengan upaya mengembangkan semangat nasionalisme dan bela negara. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dipahami bahwa secara konsepsi dan konstruksi Pembelajaran bela negara dalam pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya untuk engembangkan semangat nasionalisme pada mahasiswa STKIP PGRI Kota Sukabumi. Hal tersebut tidak lepas dari fokus kajian Pendidika Kewarganegaraan yang dikembangkan pada hakikatnya menitikberatkan pembangunan kesadaran sebagai negara kesatuan republik Inonesia dengansemangat kebangsaan dan cinta tanah air (nasionalisme).
Tradisi “ngameli” dalam perspektif agama islam dan budaya pada mayarakat gedebage bandung Kania Khoirunnisa; Salvira Pratiwi; Rima Listia; Asep Dahliyana
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 2 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tradisi Ngameli memiliki aspek kebudayaan di Masyarakat Gedebage, Bandung. Budaya ini berpengaruh terhadap pemikiran masyarakat yang berkembang menjadi sebuah tradisi atau kebiasaan mengenai pemberian makan dan minum roh orang yang meninggal. Hal ini tentunya memicu pandangan yang berbeda dari segi agama khususnya Agama Islam, yang mana tidak terdapat ajaran memberi makan orang yang sudah meninggal. Penelitian ini berusaha menggali pemahaman masyarakat di Gedebage, Bandung dalam pelaksanaan dan pelestarian Tradisi Ngameli dipandang dari segi agama yang mereka anut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara terhadap tiga tokoh adat, agama, dan masyarakat mengenai keterkaitan Tradisi Ngameli sebagai kebudayaan dengan Agama Islam secara mendalam. Masyarakat Gedebage, Bandung memandang Tradisi Ngameli sebagai kebudayaan. Mereka meyakini tradisi ini akan memberikan pertolongan kepada roh yang meninggal di alam kubur, sebagai bentuk pemberian hadiah dan shodakoh berupa doa dan barang seperti pakaian agar pahala mengalir kepada orang yang meninggal. Mereka mengetahui bahwa tradisi ini tidak terdapat dalam syariat Islam. Tradisi ini melekat sebagai sebuah kebudayaan yang perlu dilestarikan agar generasi berikutnya mengetahui tradisi ini. Mereka tidak ingin tradisi ini dikatakan sebagai bentuk kemusyrikan melainkan sebuah kebudayaan, karena dalam tradisi ini menyematkan doa-doa kebaikan untuk roh orang yang telah meninggal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5