cover
Contact Name
Dadi Mulyadi Nugraha
Contact Email
sosioreligi@upi.edu
Phone
+6285795665290
Journal Mail Official
sosioreligi@upi.edu
Editorial Address
Gedung Numan Soemantri, FPIPS UPI, Departemen Pendidikan Umum, Lantai 2, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung, 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Pendidikan Umum
ISSN : 16931793     EISSN : 26563622     DOI : -
Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, reviews of articles from contributors, and news on new technologies related to general education. This journal includes original research articles, review articles, and brief communication, including: General Education Character building Value Education Pancasila Education Civic education Religious education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM" : 5 Documents clear
Studi literatur: Analisis pengaruh dan upaya pengembangan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar Arlinta Ulfa Auvisena; Aiman Faiz; Kurotul Aini
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh dan upaya mengembangkan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar. Anak-anak di sekolah dasar harus mampu bersosialisasi dengan baik. Salah satu perilaku yang ditunjukkan yaitu perilaku prososial, di mana seseorang memiliki keinginan untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan upaya dalam mengembangkan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru merupakan salah satu pengaruh yang menentukan munculnya perilaku prososial, sehingga mereka harus melakukan upaya peningkatan perilaku prososial sedini mungkin. Pengaruh lain, yaitu lingkungan keluarga dan teman sebaya. Faktor situasional dan faktor dalam diri juga berpengaruh pada munculnya sikap prososial. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perilaku prososial yaitu dengan memberikan teladan atau contoh, memberikan motivasi dan stimulus secara konsisten, serta selalu menekankan perhatian terhadap norma-norma prososial.
Analisis pembelajaran daring pada mahasiswa PGSD di masa pandemik Dety Amalia Karlina; Dadan Nugraha; Andi Luthfiyyah Islamiyyah; Puza Halimatu Sa'diyah
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran di masa pandemik menjadi suatu tantangan dalam pendidikan. Sistem pembelajaran daring digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di masa pandemik. Banyak tipe-tipe pembelajaran daring yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dalam praktiknya di lapangan tentu pembelajaran daring ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini akan menganalisis pembelajaran daring yang dilakukan pada perkuliahan oleh mahasiswa PGSD khususnya di Universitas Pendidikan Inodnesia (UPI) Sumedang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini diharapkan akan mendapatkan data tentang pembelajaran daring yang dilakukan mahasiswa PGSD UPI Sumedang. Data tersebut mampu dijadikan bahan evaluasi untuk pembelajaran daring sehingga proses pelaksanaan di masa yang akan datang menjadi lebih baik.
Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik Panca Dewi Purwati; Aiman Faiz; Arif Widiyatmoko
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peserta didik perlu dipersiapkan menghadapi uji AKM Nasional melalui penyiapan program AKM Kelas yang berfungsi untuk memahami hasil belajar peserta didik secara individu. AKM Kelas Literasi Membaca, khususnya untuk jenjang sekolah dasar, perlu diteliti urgensinya agar diketahui potensi sistem penilaian sebut sebagai pemacu peningkatan angka peserta didik. Terdapat tiga tujuan penelitian: deskripsi indikator AKM Kelas, deskripsi kisi-kisi AKM Kelas, dan langkah-langkah efektif menyusun instrumen AKM Kelas Literasi Membaca. Hasil penelitian yaitu: (1) Tedapat enam level AKM Kelas Literasi Membaca, level 1, 2, dan 3 sangat berpotensi sebagai pemacu peningkatan angka literasi peserta didik. (2) Kisi-kisi AKM Kelas Literasi Membaca jenjang sekolah dasar dapat diperoleh guru dengan cara mengalimatkan indikator AKM Kelas dikaitkan dengan contoh instrumen AKM Kelas yang disiapkan Pusmenjar. Guru secara profesional tergerak membuat instrumen AKM Kelas Literasi Membaca sebagai AKM produk guru. (3) Langkah penyusunan instrumen AKM Kelas Level 1 Literasi membaca membutuhkan kebersamaan antara tim perumus kisi-kisi, tim penyusun stimulus, tim penyunting, tim pengembang instrumen, dan tim IT.
Pengaruh fitur go-food pada aplikasi go-jek terhadap gaya hidup mahasiswa di era digital Sri Nurhayati; Siti Nurbayani; Asep Dahliyana
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Go-Food merupakan salah satu fitur layanan yang terdapa pada aplikasi Go-Jek. Layanan Go-Food adalah jasa pesan antar makanan secara online, dan Go-Food berhasil menarik perhatian masyarakat hingga banyak yang mengunduh aplikasi digital tersebut. Penggunaan Go-Food yang berlebihan dapat mempengaruhi gaya hidup mahasiswa dan dapat berdampak pada perilaku konsumtif bahkan sifat hedonisme. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan Go-Food terhadap gaya hidup mahasiswa di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode studi deskriptif. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling dan menggunakan rumus Slovin dengan peluang kesalahan 10% adapun hasil sampelnya sejumlah 100 responden. Intrumen penelitian berupa angket tertutup. Masing-masing kuesioner memiliki tingkat reliabilitas 0,903 untuk penggunaan Go-Food dengan 20 item valid dan 0,950 untuk gaya hidup dengan 22 item valid. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana didapatkan nilai signifikansi (p) = 0,00 (p 0,05) artinya ada pengaruh positif signifikansi penggunaan Go-Food terhadap gaya hidup mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.
Peer group sebagai bentuk komunikasi penggunaan jilbab pada peserta didik muslimah usia akil baligh di SMP Negeri 2 Praya Barat Saparudin Saparudin
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana komunikasi penggunaan jilbab dilakukan melalui Peer Group atau teman sebaya pada peserta didik usia akil Baligh. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pemahaman peserta didik muslimah di SMP Negeri 2 Praya Barat usia akil baligh tentang penggunaan jilbab di sekolah dan luar sekolah dan untuk mengetahui peer group sebagai bentuk komunikasi terhadap prilaku penggunaan jilbab pada peserta didik Muslimah usia akil baligh di SMP Negeri 2 Praya Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif interaktif yaitu penelitian yang ditandai dengan adanya interaksi antara peneliti dengan yang diteliti. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa peserta didik muslimah akil baligh di SMP Negeri 2 Praya Barat sebagian besar memiliki pemahaman tentang usia akil baligh, ketentuan, dan hukum menggunakan jilbab, sehingga dalam pengamalan sehari-hari dengan kesadaran sendiri dan adanya peserta didik yang masih buka tutup merupakan implikasi dari pemahamannya serta dampak dari peer group.

Page 1 of 1 | Total Record : 5