cover
Contact Name
Nia Kania
Contact Email
niakania.edupedia@gmail.com
Phone
+6282214483006
Journal Mail Official
jcos.edupedia@gmail.com
Editorial Address
https://journals.eduped.org/index.php/jcos/about/editorialTeam
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Community Service (JCOS)
Published by Edupedia Publisher
ISSN : 29856701     EISSN : 2964853X     DOI : 10.56855
Focus and Scope Articles published in JCOS: Journal of Community Service based on research such as Participatory Action Research, Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development. Service activities are organized into activities aimed at improving the welfare of the community. The purpose of publishing this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023)" : 5 Documents clear
GERAKAN TAMAN BACA DARI MAHASISWA UNTUK DESA Rismayani Rismayani; Pijar Hatinurani Merdeka
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.127

Abstract

Buku dan membaca adalah dua sisi mata uang yang saling berkaitan. Meskipun saat ini sudah beragam media dalam memfasilitasi kegiatan membaca akan tetapi tetap bukulah yang menjadi pilihan utama. Membiasakan membaca butuh proses dan waktu untuk bisa membumikannya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor lingkungan dan ketidaktersediaan fasilitas sangat mempengaruhi hal tersebut. Itulah yang dialami pada masyarakat desa Trajaya. Untuk itu pembuatan taman baca ditengah desa menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan memfasilitasi minat baca masyarakat terutama anak-anak. Penyediaan buku-buku dengan memanfaatkan sumbangan dan pengadaan sarana pendukung lain dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan tersebut sekaligus menjadi edukasi tersendiri dalam program ini. Dengan terwujudnya perpustakaan desa diharapkan melek baca pada masyarakat dapat terwujud. Selain dari itu pembuatan perpustakaan desa merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat dan pendidikan.
PENDAMPINGAN LES TAMBAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI TAMAN BACAAN EUCLID Firliani Firliani; Nella Suciaty
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.128

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pendampingan belajar di taman bacaan Euclid merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang hal ini dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Majalengka. Dengan adanya bimbingan belajar peserta didik sangat terbantu dalam memahami mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah memberikan bimbingan belajar matematika kepada peserta didik dari kelas 2-6 Sekolah Dasar. Kegiatan pelaksanaan Pengabdian masyarakat dilaksanakan selama satu bulan lebih. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa di Sekolah. Adapun yang menjadi harapan penulis adalah diperlukan dukungan pemerintah, masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendampingan belajar.
PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS PADA GURU SEKOLAH DASAR ida ida; Neni Suhaeni
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.129

Abstract

Pada saat pandemi COVID-19 di Indonesia, para pelajar harus bersekolah atau kuliah di rumah. Kegiatan pembelajaran ini lebih dikenal dengan belajar daring. Namun, para guru atau pelajar terkadang menggunakan aplikasi yang kurang membantu mereka dalam melakukan pembelajaran daring. Berbagai masalah dihadapi oleh guru maupun sisiwa, seperti sinyal tidak kuat, aplikasi tidak cocok dengan spesifikasi perangkat, dan masih banyak lainnya. Para pelajar sering kesulitan berdiskusi atau bertanya lebih lama pada saat pembelajaran masa kini. Aplikasi Ms. Teams menjadi salah satu aplikasi yang menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi dalam pembelajran daring tersebut. Hal ini karena aplikasi Ms. Teams membuat pembelajaran masa kini menjadi aktif dan menyenangkan.
WEBINAR PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU KEMENTERIAN AGAMA Zaenal Arifin
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.135

Abstract

Guru sebagai pendidik profesional dituntut untuk melaksanakan peningkatan kompetensinya. Salah satu kegiatannya adalah membuat artikel ilmiah dan mempublikasikannya ke dalam jurnal. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 20 November 2022 dan diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari berbagai provinsi di Indonesia. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu 1) tahapan awal yang meliputi a) membuat flyer promosi kegiatan webinar, b) mempromosikan webinar di grup whatsapp, facebook, dan media lainnya, c) merekup peserta yang terdaftar, d) membuat grup whatsapp, e) membuat/menyeting zoom; 2) tahapan pelaksanaan yang meliputi a) pembukaan/perkenalan 10’, b) kegiatan inti yang terdiri dari (1) Penjelasan angka kredit pada naskah jurnal 15’, (2) Penulisan Naskah 40’, (3) Konversi penelitian 20’, (4) proses submit hingga publish 30’, (5) diskusi 60’, dan c. penutup 5’; 3) tahapan akhir yang meliputi penugasan dan pemberian sertifikat. Kegiatan ini outputnya adalah para peserta dapat membuat artikel dan menyesuaikan dengan template jurnal yang dituju.
WORKSHOP PEMANFAATAN SOFTWARE PUBLISH OR PERISH (POP) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS RUJUKAN TUGAS AKHIR MAHASISWA Nia Kania; Krida Singgih Kuncoro; Betty Kusumaningrum; Fitria Sulistyowati; Anggun Apriliani
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.136

Abstract

Masalah penulisan rujukan mahasiswa ketika menyusun skripsi sudah terjadi sejak lama. Padahal penulisan rujukan yang valid juga merupakan salah satu indikator kualitas tulisan yang dihasilkan oleh mahasiswa. Karena itu, tujuan dari kegiatan PKM adalah melatih mahasiswa menginstal dan menggunakan software PoP sebagai alat bantu untuk mencari dan menyusun rujukan yang valid dan relevan. Kegiatan dini dilaksanakan dengan 4 tahapan utama yakni; (1) identifikasi masalah dan solusi; (2) koordinasi Tim; (3) pelaksanaan workshop PoP; dan (4) evaluasi kegiatan. Untuk mengevaluasi kegiatan ini, diberikan angket yang berjumlah 15 butir soal. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk semua peserta mengalami kenaikan pemahaman terhadap software PoP dengan rata-rata pencapaian 93,76% untuk setiap indikator ketercapaian. Berdasarkan hasil ini maka kegiatan workshop PoP yang dilaksanakan ini dapat dikatakan berhasil.

Page 1 of 1 | Total Record : 5