cover
Contact Name
Nia Kania
Contact Email
niakania.edupedia@gmail.com
Phone
+6282214483006
Journal Mail Official
jcos.edupedia@gmail.com
Editorial Address
https://journals.eduped.org/index.php/jcos/about/editorialTeam
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Community Service (JCOS)
Published by Edupedia Publisher
ISSN : 29856701     EISSN : 2964853X     DOI : 10.56855
Focus and Scope Articles published in JCOS: Journal of Community Service based on research such as Participatory Action Research, Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development. Service activities are organized into activities aimed at improving the welfare of the community. The purpose of publishing this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 49 Documents
GERAKAN TAMAN BACA DARI MAHASISWA UNTUK DESA Rismayani Rismayani; Pijar Hatinurani Merdeka
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.127

Abstract

Buku dan membaca adalah dua sisi mata uang yang saling berkaitan. Meskipun saat ini sudah beragam media dalam memfasilitasi kegiatan membaca akan tetapi tetap bukulah yang menjadi pilihan utama. Membiasakan membaca butuh proses dan waktu untuk bisa membumikannya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor lingkungan dan ketidaktersediaan fasilitas sangat mempengaruhi hal tersebut. Itulah yang dialami pada masyarakat desa Trajaya. Untuk itu pembuatan taman baca ditengah desa menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan memfasilitasi minat baca masyarakat terutama anak-anak. Penyediaan buku-buku dengan memanfaatkan sumbangan dan pengadaan sarana pendukung lain dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan tersebut sekaligus menjadi edukasi tersendiri dalam program ini. Dengan terwujudnya perpustakaan desa diharapkan melek baca pada masyarakat dapat terwujud. Selain dari itu pembuatan perpustakaan desa merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat dan pendidikan.
PENDAMPINGAN LES TAMBAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI TAMAN BACAAN EUCLID Firliani Firliani; Nella Suciaty
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.128

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pendampingan belajar di taman bacaan Euclid merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang hal ini dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Majalengka. Dengan adanya bimbingan belajar peserta didik sangat terbantu dalam memahami mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah memberikan bimbingan belajar matematika kepada peserta didik dari kelas 2-6 Sekolah Dasar. Kegiatan pelaksanaan Pengabdian masyarakat dilaksanakan selama satu bulan lebih. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa di Sekolah. Adapun yang menjadi harapan penulis adalah diperlukan dukungan pemerintah, masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendampingan belajar.
PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS PADA GURU SEKOLAH DASAR ida ida; Neni Suhaeni
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.129

Abstract

Pada saat pandemi COVID-19 di Indonesia, para pelajar harus bersekolah atau kuliah di rumah. Kegiatan pembelajaran ini lebih dikenal dengan belajar daring. Namun, para guru atau pelajar terkadang menggunakan aplikasi yang kurang membantu mereka dalam melakukan pembelajaran daring. Berbagai masalah dihadapi oleh guru maupun sisiwa, seperti sinyal tidak kuat, aplikasi tidak cocok dengan spesifikasi perangkat, dan masih banyak lainnya. Para pelajar sering kesulitan berdiskusi atau bertanya lebih lama pada saat pembelajaran masa kini. Aplikasi Ms. Teams menjadi salah satu aplikasi yang menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi dalam pembelajran daring tersebut. Hal ini karena aplikasi Ms. Teams membuat pembelajaran masa kini menjadi aktif dan menyenangkan.
WEBINAR PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU KEMENTERIAN AGAMA Zaenal Arifin
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.135

Abstract

Guru sebagai pendidik profesional dituntut untuk melaksanakan peningkatan kompetensinya. Salah satu kegiatannya adalah membuat artikel ilmiah dan mempublikasikannya ke dalam jurnal. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 20 November 2022 dan diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari berbagai provinsi di Indonesia. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu 1) tahapan awal yang meliputi a) membuat flyer promosi kegiatan webinar, b) mempromosikan webinar di grup whatsapp, facebook, dan media lainnya, c) merekup peserta yang terdaftar, d) membuat grup whatsapp, e) membuat/menyeting zoom; 2) tahapan pelaksanaan yang meliputi a) pembukaan/perkenalan 10’, b) kegiatan inti yang terdiri dari (1) Penjelasan angka kredit pada naskah jurnal 15’, (2) Penulisan Naskah 40’, (3) Konversi penelitian 20’, (4) proses submit hingga publish 30’, (5) diskusi 60’, dan c. penutup 5’; 3) tahapan akhir yang meliputi penugasan dan pemberian sertifikat. Kegiatan ini outputnya adalah para peserta dapat membuat artikel dan menyesuaikan dengan template jurnal yang dituju.
WORKSHOP PEMANFAATAN SOFTWARE PUBLISH OR PERISH (POP) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS RUJUKAN TUGAS AKHIR MAHASISWA Nia Kania; Krida Singgih Kuncoro; Betty Kusumaningrum; Fitria Sulistyowati; Anggun Apriliani
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i1.136

Abstract

Masalah penulisan rujukan mahasiswa ketika menyusun skripsi sudah terjadi sejak lama. Padahal penulisan rujukan yang valid juga merupakan salah satu indikator kualitas tulisan yang dihasilkan oleh mahasiswa. Karena itu, tujuan dari kegiatan PKM adalah melatih mahasiswa menginstal dan menggunakan software PoP sebagai alat bantu untuk mencari dan menyusun rujukan yang valid dan relevan. Kegiatan dini dilaksanakan dengan 4 tahapan utama yakni; (1) identifikasi masalah dan solusi; (2) koordinasi Tim; (3) pelaksanaan workshop PoP; dan (4) evaluasi kegiatan. Untuk mengevaluasi kegiatan ini, diberikan angket yang berjumlah 15 butir soal. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk semua peserta mengalami kenaikan pemahaman terhadap software PoP dengan rata-rata pencapaian 93,76% untuk setiap indikator ketercapaian. Berdasarkan hasil ini maka kegiatan workshop PoP yang dilaksanakan ini dapat dikatakan berhasil.
PENGENALAN ETHNOMATEMATIKA KEPADA ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN KELURAHAN KERTAHARJA Angra Ruswana
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i2.261

Abstract

Matematika membutuhkan jembatan yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari, yang mengandung budaya lokal dan matematika sekolah. Pengintegrasian matematika dan budaya lokal dikenal dengan istilah ethnomatematika. Kenyataannya saat ini, tidak banyak anak-anak yang faham tentang unik dan menyenangkannya matematika yang terintegrasi dengan budaya. Bahkan tidak juga terlihat anak-anak yang masih menggunakan permainan tradisional, kebanyakan dari mereka sudah sibuk dengan gadgetnya masing-masing dan permainan lain yang sudah modern. Permainan tradisional congklak dan engklek digunakan untuk mengenalkan konsep matematika tersebut sehingga mempelajari matematika menjadi suatu hal yang menyenangkan.
Inggris Veno Dwi Krisnanda; Suhfi Albab; Ainul Husna
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i2.263

Abstract

Aktivitas menggunakan ponsel merupakan kebiasaan yang dianggap normal bagi kebanyakan orang. Namun, tanpa disadari, intensitas yang berlebihan dalam berinteraksi dengan ponsel tentunya dapat menimbulkan berbagai dampak bagi penggunanya, seperti nomophobia – no mobile phone phobia. Nomophobia adalah kecemasan yang dirasakan pengguna saat berada jauh dari ponselnya. nomophobia mengacu pada ketidaknyamanan, ketidaknyamanan, kegugupan atau kesedihan yang disebabkan oleh tidak ada hubungannya dengan ponsel. Bentuk ketidaknyamanan, kecemasan, kecemasan, atau kesedihan pada penderita nomophobia telah melampaui batas wajar dan mengarah pada perilaku adiktif. Gangguan nomofobia dan kecanduan smartphone memiliki beberapa gangguan komorbiditas, dengan dua atau lebih gangguan individu, seperti gangguan kecemasan dan panik. Dengan melaksanakan penyuluhan serta membimbing kembali nilai-nilai agama, konseli akan dapat mengurangi kecanduannya terhadap smartphone, karena nomofobia merupakan bentuk manusia yang terlalu mementingkan urusan duniawi. Sehingga setelah pelaksanaan konseling, konseli sadar akan berseberangan dengan Tuhan dan mulai mengurangi hubungannya dengan smartphone..
U UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN TENTANG BAHAYA HIPERTENSI PADA LANSIA: Hipertensi, lansia, pengetahuan Evi Vestabilivy; Rina Veronica
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i2.274

Abstract

Hypertension is one of the most common cardiovascular diseases and is widely carried by the community. Hypertension is found in approximately 6% of the entire world population. Epidemiological data show an increase in the prevalence of hypertension, with increasing life expectancy or an aging population. The purpose of this community service is to socialize hypertension control to the wider community so that the development of this disease can be suppressed. This activity needs to be done considering the number of people with hypertension is increasing day by day. From the results of a survey conducted on residents of RT 4 RW 3, Jatiasih, Bekasi, there are quite a number of them. By doing this socialization/counseling it is hoped that people's knowledge about hypertension will increase, so that the risk factors for this disease will decrease and the quality of life of sufferers will increase.
The KLASIFIKASI BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI LABORATORIUM X DENGAN MENGGUNAKAN HAZMAT TOOL : KLASIFIKASI BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI LABORATORIUM X DENGAN MENGGUNAKAN HAZMAT TOOL Novita Lizza Anggraini; Mayati Isabella; Nor Halidah; Ayumi Devidhavyasa; Christian Eben Eliezer Siahaan
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i2.281

Abstract

Abstract: Hazardous and toxic materials (B3) are materials that can cause harm to living organisms, materials, buildings, or the environment due to explosion or fire hazard, corrosion, poisoning for organisms, as well as devastating consequences. The method for carrying out B3 classification is by using the Hazmat Tool. Before using the Hazmat Tool, an observation was made to find out the chemicals in Laboratory X. Based on the observations, a list of the chemicals used was obtained, then a classification was carried out to determine the storage of chemicals and after carrying out the design requirements for storing chemicals in prevent potential hazards of chemicals in Laboratory X. The classification of these chemicals is expected to increase institutional and laboratory staff knowledge regarding the importance of knowing how to store chemicals in the workplace. Keywords: Classification of chemicals, B3, Laboratory
TAHAPAN INOVASI TEKNOLOGI PEMANENAN AIR HUJAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KETERSEDIAAN AIR TANAH TANAMAN AGROINDUSTRI DI DESA TAMAN SARI KECAMATAN GEDUNG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG Indriyani; Refi Arioen; Febriansyah; Ahiruddin; Yessy Dekasari
Journal of Community Service (JCOS) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : EDUPEDIA Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56855/jcos.v1i2.285

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan darma pengabdian kepada masyarakat sebagai pengejawantahan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah untuk diaplikasikan dilingkungan kehidupan nyata di masyarakat. KKN tahun 2023 Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai saat ini dilaksanakan di 21 Desa yang berada di Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Tanggamus.Tema yang diusung pada KKN tahun ini adalah “Membangun Desa Guna Pencapaian SDGs”. Desa Taman Sari merupakan salah satu dari 21 Desa yang menjadi objek KKN di Tahun 2023 ini dan menjadi fokus dari pengabdian masyarakat Kelompok 8. Meningkatnya kebutuhan penggunaan air di Desa Taman Sari utamanya untuk pertanian, dikarenakan mayoritas masyarakat Desa Taman Sari berprofesi sebagai Petani dan Buruh Tani dengan total 704 jiwa. Pertanian sebagai tonggak utama mata pencaharian sebagian besar masyarakat Desa Taman Sari, sehingga hal ini menjadi fokus utama program kerja Kelompok 8 yang akan dilakukan di Desa Taman Sari yakni pemanenan air hujan yang dapat digunakan untuk multi tujuan seperti menyiram tanaman, mencuci, mandidan bahkan dapat digunakan untuk memasak jika kualitas air tersebut memenuhi standar kesehatan disamping itu juga program kerja pendukung lain yang akan dilaksanakan di Desa Taman Sari seperti program fisik berupa pemasangan papan nama jalan, pembersihan saluran drainase, dan penanaman pohon untuk penghijauan. Selain itu juga akan dilaksanakan program non fisik berupa sosialisasi dan edukasi masyarakat tentang budidaya ikan, pemilihan ikan segar, dan kewirausahaan, serta penyuluhan tentang bahaya penggunaan narkoba. Target dan harapan yang akan dicapai antara lain penambahan kuantitas air yang dapat digunakan multi tujuan, pengembangan budidaya ikan tawar, penambahan wawasan ilmu pengetahuan masyarakat Desa Taman Sari tentang kewirausahaan, bahaya penggunaan narkoba, dan pemilihan ikan segar yang layak konsumsi. Metode pelaksanaan rencana kegiatan KKN ini dilakukan dengan cara pendekatansosial langsung/interaksi langsung dengan masyarakat Desa Taman Sari Kec. Gedong Tataan danuntuk menunjang keberhasilan program kerja kami membuat jadwaldan matiksprogram (terlampir). Dengan adanya program kerja ini diharapkan masyarakatdapatlebih majudan unggul.