cover
Contact Name
Sumianto
Contact Email
jurnalgreen@gmail.com
Phone
+6285274742619
Journal Mail Official
sumianto@universitaspahlawan.ac.id
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai No. 23, Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Indo Green Journal
ISSN : 30252679     EISSN : 30254574     DOI : https://doi.org/10.31004/green
Indo Green Journal is published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. Indo Green Journal is a blind peer-reviewed journal dedicated to publishing quality research results in the fields of scientific and technology (religious sciences, humanities sciences, social science group, natural sciences, formal science, applied sciences). All publications in the Indo Green Journal are open access which allows articles to be available online for free without any subscription. Indo Green Journal is a national journal with e-ISSN: 3025-4574, and p-ISSN: 3025-2679 is free of charge in the submission process and review process. Indo Green Journal publishes articles periodically four a year, in March, June, September, and December. Indo Green Journal uses Turnitin plagiarism checks, Mendeley for reference management and supported by Crossref (DOI) for identification of scientific paper.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Judul Skripsi Dengan Notifikasi Whatsapp di IAIN Bukittinggi Muhammad Robi; Riri Okra
Indo Green Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Page: 01 - 45
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i1.1

Abstract

Skripsi merupakan istilah yang ada di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi tersebut disusun sesuai dengan pedoman penulisan skripsi yang berlaku di lingkungan IAIN Bukittinggi. Sistem informasi pengajuan judul skripsi merupakan sebuah sistem yang dapat membantu mahasiswa, Prodi dan juga dosen dalam proses pengajuan judul skripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan versi 4-D (Four D) yang terdiri beberapa tahapan yaitu define, design, develop dan dessiminate. Se-dangkan model pengembangan sistem menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan menerapkan model waterfall yang terdiri dari communica-tion, planning, modelling, construction dan deployment. Hasil uji produk yang telah dilakukan dengan beberapa dosen dan maha-siswa, diperoleh rata-rata nilai uji validitas adalah 0,87 (valid), rata-rata nilai uji praktikalitas adalah 0,85 (sangat tinggi), dan rata-rata nilai uji efektivitas adalah 0,97 (tinggi). Nilai yang didapatkan membuktikan bahwa sistem informasi pengajuan judul skripsi dengan notifikasi WhatsApp ini siap untuk digunakan.
Pengaruh Latihan Passing pada Hulahoop Terhadap Ketepatan Passing Bola Voli di Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Shailendra Palembang Abi Yasmaun; Ilham Arvan Junaidi; Wachid Sugiharto
Indo Green Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Page: 01 - 45
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i1.3

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu “Adakah Pengaruh Latihan Passing Pada Hulahoop Terhadap Ketepatan Passing Bola Voli Di Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Shailendra Palembang?. Adapun penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Latihan Passing Pada Hulahoop Terhadap Ketepatan Passing Bola Voli Di Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Shailendra Palembang. Populasi dalam penelitian ini 16 orang adalah peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Shailendra Palembang dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling yang berarti jumlah populasi digunakan semua karena dibawah 100. Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes passing bola voli. Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data pre-test dan post-test. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini ada Uji t. Hasil Penelitian yang di dapat diketahui bahwa nilai pada thitung > ttabel dengan nilai 12,85 > 2,131. Dari hasil tersebut dapat dikatakan adanya pengaruh karena thitung lebih besar dari pada ttabel dengan taraf signifikansi hasil uji statistik 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat pengaruh latihan passing pada hulahoop terhadap ketepatan passing bola voli di ekstrakurikuler bola voli SMA Shailendra Palembang.
Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Variasi Gaya Mengajar pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Reny Diansah Putri; Andi Suhandi; Alirmansyah Alirmansyah
Indo Green Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Page: 01 - 45
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru sekolah dasar dalam imelakukan ivariasi ipada pembelajaran itatap muka terbatas dengan rumusan masalah : iBagaimana ikemampuan iguru isekolah idasar idalam melakukan ivariasi gaya mengajar ipada ipembelajaran itatap muka terbatas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai bagaimana kemampuan guru dalam melakukan variasi pada pembelajaran tatap muka terbatas yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara dari sumber data yaitu guru wali kelas II yaitu Ibu S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru wali kelas II menggunakan variasi pada pembelajaran tatap muka terbatas, variasi gaya mengajar yang digunakan guru digunakan dalam proses belajar mengajar. Perlunya penguasaan guru terhadap Variasi gaya mengajar pada proses pembelajaran akan membuat siswa antusias dan tidak bosan dalam belajar.
Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Kelas IV di Sekolah Dasar Ade Syafriani; Faizal Chan; Alirmanysah Alirmanysah
Indo Green Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Page: 01 - 45
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada kelas IV tema 6 Subtema 1 Mengenai Aku dan Cita-citaku. Dengan rumusan masalah Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada kelas IV tema 6 Subtema 1 Mengenai Aku dan Cita-citaku? Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan. Penelitian ini ada penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada kelas IV , yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dari sumber data yaitu guru kelas dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa siswa kelas IV mengalami kesulitan belajar diantaranya peserta didik tidak bersemangat saat pelajaran, siswa kurang kreatif dalam mengambangkan materi, siswa tidak percaya diri dll yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis, prognosis, treatment/perlakuan dan evaluasi. Guru memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik seperti yang telah direncanakan, motivasi dan dorongan yang guru berikan berguna agar anak menjadi lebih aktif, kreatif dan lebih bersemanat dalam menjalankan pembelajaran di kelas.
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya pada Tema “Keragaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SD Novia Silvani; Beta Rapita Silalahi
Indo Green Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Page: 01 - 45
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i1.6

Abstract

Pengembangan bahan ajar berbasis lintas budaya pada tema keragaman budaya bangsaku di kelas IV SD dilatar belakangi oleh minimnya bahan ajar berbasis lintas budaya yang digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar, khususnya di kelas IV SD. Menanggapi hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar bebasis lintas budaya yang layak digunakan pada tema “Keragaman Budaya Bangsaku” dikelas IV SD. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 054931 Batu Melenggang kecamatan Hinai. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Bahan ajar yang telah dikembangkan, divalidasi oleh beberapa ahli. Setiap ahli akan memberikan komentar dan saran mengenai bahan ajar lintas budaya pada tema keragaman negeri sub tema ragam budaya bangsa. Validasi oleh ahli materi, media dan respon guru dilaksanakan pada 2 tahap dan menghasilkan media dinilai layak. Hasil penilaian para ahli memperoleh hasil yang lebih baik dari tahap pertama. Berdasarkan nilai yang diperoleh pada uji validasi materi, validasi media dan respon guru, bahan ajar berbasis lintas budaya yang dikembangkan sudah termasuk bahan ajar yang Valid dan Sangat Layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.
Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19 Ira Yunestia; Mufarizuddin Mufarizuddin; Adityawarman Hidayat
Indo Green Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Page: 01 - 45
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh situasi pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memutus penyebaran COVID-19 dari kalangan sekolah proses pembelajaran dialikan menjadi belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase bentuk sikap/perilaku kepedulian orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Desa Benai Kecil Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang tua (ayah/ibu/wali). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket peran orang tua. Teknik analisis data menggunakan rumus P = (F/N) 100%, yaitu untuk melihat besarnya presentase jawaban responden. Hasil dari penyebaran angket penelitian didapat presentasenya yaitu 75,9% dan kemudian direkapitulasi dalam kriteria penelitian termasuk kedalam kategori baik. Melihat hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa walaupun memiliki latar belakang yang bukan guru, orang tua di Desa Benai Kecil tetap berupaya memberikan yang terbaik dalam mengupayakan pembelajaran anak. Artinya dari aspek peran orang tua sebagai guru di rumah, orang tua telah membatu mengajar anak belajar dan memeriksa pembelajaran anak. Dari aspek fasilitataor, orang tua telah berupaya memberikan fasilitas penunjang pembelajaran. Dari aspek motifator, orang tua berusaha mendukung anak agar semangat belajar. Aspek director, selama anak pembelajaran di rumah orang tua memberikan respon yang baik yang berpengaruh akan pembelajaran anak. Hal tersebut diperkuat dengan melihat hasil dari wawancara yang mana saat melakukan pembelajaran di rumah orang tua mengakui menjadi lebih mengenal anak dan mengetahui kekurangan dan kelebihan anak dalam belajar serta membantu anak mengatasi kesulitan yang dihadapi.
The Advantages and Limitations of Traditional Game Engklek as a Media in Students' Vocabulary Mastery Khairan Nisa Sitepu; Mutiarani Mutiarani
Indo Green Journal Vol. 1 No. 2 (2023): Page: 46 - 83
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keunggulan dan keterbatasan yang muncul dalam implementasi permainan tradisional Engklek sebagai media pembelajaran kosa kata. Sebanyak 40 siswa kelas 7 di SMP Arraisiyah Pamulang dilibatkan sebagai peserta penelitian ini. Peneliti melakukan observasi dan menyebarkan kuesioner terbuka untuk mengumpulkan data. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Ditemukan bahwa ada beberapa kelebihan dan keterbatasan yang muncul dari lingkungan kelas, pengelolaan kelas, dan media itu sendiri. Keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menekankan keefektifan Engklek sebagai media, khususnya dalam pembelajaran kosa kata. Sementara itu, keterbatasan yang ditemukan dapat menjadi petunjuk yang berguna bagi guru untuk menghindari keterbatasan yang sama yang muncul selama pembelajaran kosa kata dengan menggunakan Engklek.
Pembentukan Karakter Sopan Santun Melalui Budaya Ahlan Wa Sahlan Talamidz Istiana Chasana Safarina; Askhabul Kirom; Saifulah Saifulah; Muhammad Nur Hadi
Indo Green Journal Vol. 1 No. 2 (2023): Page: 46 - 83
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i2.9

Abstract

Melihat kondisi karakter generasi muda yang kian hari kian memilukan, sebagaimana terlihat dari masalah sosial mereka, cara hidup mereka, hingga masalah kejahatan yang menimpa anak di bawah umur. Pembentukan karakter menjadi hal yang sangat urgent untuk segera diimplementasikan, salah satunya melalui budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi budaya ahlan wa sahlan talamidz di MA Darut Taqwa Sengonagung, (2) Mendeskripsikan implikasi pembentukan karakter sopan santun melalui budaya ahlan wa sahlan talamidz terhadap perilaku peserta didik di MA Darut Taqwa Sengonagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yakni observasi, wawancara serta dokumentasi terkait, dengan informan meliputi kepala madrasah, waka bidang kurikulum, waka bidang kesiswaan dan peserta didik MA Darut Taqwa Sengonagung. Setelah data dilapangan terkumpul, peneliti menganalisis data dengan teknik kondensasi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Budaya Ahlan Wa Sahlan Talamidz dilaksanakan setiap hari pada pukul 06:40-06:55 WIB di depan gerbang dengan jadwal guru yang ditentukan. Budaya ini dilakukan melalui strategi pembiasaan dan keteladanan maka dari itu sangat membutuhkan bantuan guru dalam pelaksanaannya. (2) Implikasi pembentukan karakter sopan santun melalui budaya ahlan wa sahlan talamidz terhadap perilaku peserta didik tercermin dari kebiasaan peserta didik diantaranya; berpenampilan sopan, bertutur kata yang santun, jika membutuhkan bantuan tidak berteriak, bersikap ramah, dan terbiasa bersalaman dengan guru maupun teman sebaya.
Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tahqiq dalam Madrasatul Qur’an Asrama H Pondok Pesantren Ngalah Khoirotun Nafisatul Mutmainah; Askhabul Kirom; Saifuloh Saifuloh; Muhammad Nur Hadi
Indo Green Journal Vol. 1 No. 2 (2023): Page: 46 - 83
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan membahas tentang pembelajaran al-Qur’an melalui metode Tahqiq dalam Madrasatul Qur’an pada santri asrama H. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan data dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa membaca sesuai dengan kaidah al-Qur’an, pembacaan makharijul huruf dan shifatul hurufnya menjadi jelas, tidak tawallud (mempermainkan bacaan) seperti menambahkan “e” dengan memantulkan bacaan dalam membaca al-Qur’an. Tapi metode ini, kalau sudah lancar dan bisa membaca dengan tahqiq, maka susah dalam pembacaan lainnya. Seperti membaca dengan murottal (ngaji bernada), ataupun pembacaan nada lainnya.
Analisa Faktor Kekurangan Debit Air Jaringan Irigasi Jetak (Studi Kasus Jaringan Irigasi Jetak Desa Karangjati Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan) Nurin Nubuwati; Afrikhatul Maulidiyah
Indo Green Journal Vol. 1 No. 2 (2023): Page: 46 - 83
Publisher : FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/green.v1i2.11

Abstract

Air memiliki nilai yang sangat penting sebagai sumber daya alam dengan berbagai fungsi, terutama dalam konteks pertanian. Karena berbagai peranannya, terjadi kekurangan debit air dalam jaringan irigasi, terutama pada jaringan Irigasi Jetak. Penelitian ini menganalisis permasalahan yang menyebabkan kekurangan debit air di jaringan irigasi Jetak. Pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dipilih karena variabel bebasnya melibatkan unsur-unsur dari 5 pilar irigasi. Analisis menunjukkan hasil yang signifikan, dengan nilai F hitung (3,767) > F tabel (3,33). Secara keseluruhan, variabel yang digunakan memiliki dampak terhadap kekurangan debit air di jaringan irigasi Jetak, hasil ini didukung oleh uji validitas dan uji F (ANOVA) yang menunjukkan pengaruh bersama variabel terhadap variabel Y. Permasalahan utama dalam kekurangan debit air di jaringan irigasi Jetak adalah ketersediaan air yang kurang memadai, terindikasi dengan koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,215. Solusinya melibatkan pendekatan komprehensif melalui manajemen air yang bijaksana, upaya pelestarian lingkungan, serta kerja sama lintas sektor.

Page 1 of 3 | Total Record : 22