cover
Contact Name
Rani Darmayanti
Contact Email
ranidarmayanti1990@gmail.com
Phone
+6282245549135
Journal Mail Official
editorjurnal@assyfa.com
Editorial Address
https://www.journal.assyfa.com/index.php/dpjpm/EditorialTeams
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 29880696     EISSN : 29880696     DOI : https://doi.org/10.61650/dpjpm
Core Subject : Education, Social,
Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika is a primary source for academics and professionals in the fields of learning development throughout the world. This Journal receives and publishes articles about theoretical perspectives, methodological developments and high-quality empirical research that demonstrate whether and how applications of instructional/educational technology systems, networks, tools and resources lead to improvements in formal and non-formal education at all levels, from early years through to higher, technical and vocational education, professional development and corporate training. Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika has the Open Journal System (OJS) is a mathematical education journal published three times a year in April, Auguts and December by CV. Bimbingan Belajar Assyfa Pasuruan. Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika publishes original article of research result in mathematics education, problem solving, creative thinking, contextual learning, learning innovation, learning evaluation, learning media, didactic / methodology of mathematics learning. Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika concerning Mathematics Education field.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika" : 11 Documents clear
Urgensi Kebutuhan Komik: Desain Pengembangan Media Matematika Berwawasan Kearifan Lokal di Medan M. Ruskhan Fauza; Baiduri Baiduri; Siti Inganah; Rahmad Sugianto; Rani Darmayanti
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.41

Abstract

Kurikulum sekolah menengah dalam pembelajaran matematika Indonesia saat ini lebih menitikberatkan pada aspek emosional sebagai hasil pembelajaran siswa terhadap keberlanjutan pembangunan nasional. Fakta ini memberikan tanggung jawab guru untuk menciptakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif untuk mempromosikan toleransi dan nasionalisme, komunikatif dan baik hati, cinta damai dan mempraktekkan kepedulian sosial. Tujuan penelitian adalah menganalisis kebutuhan siswa sekolah menengah terkait pengembangan pembelajaran kartun yang mengedepankan pembentukan karakter. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pesertanya adalah 110 siswa kelas tujuh. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis dengan model interaktif. Hasil analisis tersebut menunjukkan hasil ketertarikan siswa dengan media komik sebagai sarana pendidikan yang memiliki nilai kearifan lokal Medan untuk pendidikan karakter. Dari segi komposisi, Anda membutuhkan komik yang sesuai dengan jangkauan dan ukuran komik yang ideal. Dari segi konten, kita diminta tidak hanya mengungkapkan cerita dengan ilustrasi nasionalisme dan kesadaran sosial, tetapi juga memiliki materi manga yang memasukkan kearifan lokal berlatar budaya Medan. Dari segi desain dan tampilan, diperlukan karakterisasi kartun yang mencakup berbagai warna dan ukuran font yang proporsional. Secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini bahwa perlu untuk mengembangkan komik sebagai media pembelajaran yang memadukan kearifan lokal Medan untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan merencanakan pengembangan karakter
Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Penyelesaian Soal Cerita Puji Astuti; M. Saidun Anwar; Choirudin Choirudin; Anindya Eka Juarlan
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.43

Abstract

Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami konsep dari rangkaian cerita, mengaitkan antara konsep matematika yang satu dengan yang lain, serta belum mampu merumuskannya dengan pemikiran yang logis, sistematis dan kritis. Sehingga dikatakan kemampuan matematika siswa masih tergolong rendah. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan matematis siswa adalah kecerdasan Logis Matematis Siswa yang belum digunakan dalam memecahkan masalah matematis seperti soal bentuk cerita. Tujuan penelitian ini adalah, Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas VIII MTs Wali Songo Sukajadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Wali Songo Sukajadi yang berjumlah 25 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa yang diambil dari jumlah populasi dengan metode random. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis diatas menunjukkan bahwa diperoleh persamaan regresi yaitu Y = -8,728 + 0,958X. Berdasarkan pengujian hipotesis statistic diperoleh Fhitung = 50,200 dan Ftabel = 4,22. Sehingga diambil keputusan bahwa H0 ditolak karena Fhitung > Ftabel dan besarnya signifikansi 0,000 > 0,05. Artinya ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV. Kemudian besar kontribusi kecerdasan logis matematis mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah, dapat dilihat pada nilai R2 sebesar 0,686. Kemudian setelah dihitung menggunakan rumus determinan diperoleh 68,6%, yang artinya kecerdasan logis memberikan kontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 68,6%, sedangkan sisanya 31,4% dipengaruhi variable lainnya.
Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa Devitri Setiawati; Agus Setiawan; Choirudin Choirudin; Muniri Muniri
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.67

Abstract

Berbicara tentang sains, sudah jelas bahwa matematika termasuk dalam sains yang telah diceritakan diatas termasuk bagian dari Al-Qur’an, sehingga matematika bersumber dalam Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat bahwa al-qur’an terdiri atas bahasa verbal (tulisan) dan juga bahasa numerik (angka) yang keduanya merupakan bahasa simbol, dimana huruf mewakili bahasa bunyi dan angka mewakili bahasa bilangan, apa yang dilakukan anak-anak atau orang dewasa pada saat belajar membaca, mempelajari, dan memahami Al-Qur’an mereka diberi pemahaman tentang adanya angka atau bilangan, salah satunya dengan penekanan atau pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan populasi quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP TMI Raudlatul Qur’an Metro, yaitu kelas VII A kelas VII B .penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak, kelas A berjumlah 26 sebagai kelas eksperimen dan kelas B berjumlah 26 sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan adalah uji Anava satu jalur, dengan uji prasyarat berupa uji normalitas diperoleh hasil berdistribusi normal dan uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel bersifat homogen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar matematika siswa kelas VII TMI Raudlatul Qur’an Metro yang diajar dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya Terdapat pengaruh signifikan pada pendekatan interkoneksi matematika Al – Qur’an terhadap hasil siswa pada materi himpunan di kelas VII TMI Raudlatul Qur’an Metro.
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Ayu Fatma Wati; Agus Setiawan; M. Saidun Anwar
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa MTs. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes gaya kognitif (GEFT) yaitu 2 siswa dengan Field Dependent, dan 2 siswa dengan Field Independent kelas VII di Mts Barokatul Qodiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes gaya kognitif (GEFT), tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil yang diperoleh menunjukkan siswa dengan gaya kognitif field dependent tidak mampu menerapkan prosedur yang sesuai dengan benar dan cenderung memiliki kesulitan dalam memahami masalah, mengalami kesulitan dalam menerjemahkan masalah, mengalami kesulitan dalam menentukan strategi. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menerapkan prosedur yang sesuai dengan benar dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami masalah, menerjemahkan masalah, dan menentukan strategi.
Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Segi Gender Angga Adi Pratama; Choirudin Choirudin; Wawan Wawan; Muhammad Rafli Faishal Wardana; Ahmad Alwi Fanani
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.87

Abstract

Beberapa siswa tidak dapat memenuhi indikator berpikir kreatif berdasarkan jenis kelamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran gender dalam proses pemecahan masalah kreatif siswa, dengan fokus pada pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. untuk penelitian ini berdasarkan peringkat mereka dalam tiga kategori yang mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis mereka: tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan observasi, instrumen, dan wawancara untuk mengumpulkan datanya. Analisis data berdasarkan nilai tes siswa, percakapan, dan kertas kerja yang dinilai dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi juga memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tinggi, siswa dengan kemampuan matematika tinggi yang juga pemikir kreatif, dan siswa dengan kemampuan matematika rata-rata yang juga pemikir kreatif semuanya memiliki kemampuan berpikir kreatif di atas rata-rata. Ketika membandingkan siswa berdasarkan jenis kelamin, skor berpikir kreatif matematis siswa perempuan lebih tinggi (47,62%) daripada siswa laki-laki (37,50%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan di SMP Mathla'un Nur memiliki kemampuan berpikir kreatif matematika yang lebih unggul dibandingkan dengan siswa laki-laki
Kajian Literatur : Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Bhaskoro Prasetyo Adi Maryanto; lelly Nur Rachmawati; Ilham Muhammad; Rahmad Sugianto
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.94

Abstract

Problematika yang terjadi pada pembelajaran matematika merupakan suatu hal penting untuk diperhatikan. Problematika dalam pembelajaran matematika merupakan suatu permasalahan yang harus diselesaikan dengan solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan problematika pembelajaran matematika di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kajian literatur. Sampel yang digunakan yaitu hasil penelitian terkait problematika pembelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama,  sekolah menengah dan perguruan tinggi dari faktor siswa dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan semua artikel publikasi tahun terbaru sesuai dengan jenjang pendidikan. Kemudian dilakukan analisis dan penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang ditemukan pada masing-masing jejang adalah berbeda-beda. Sehingga solusi yang digunakan harus sesuai dengan problematika yang dihadapi.
Pengaruh Penggunaan Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Wakhidatul fitriah; Agus Setiawan; Saidun Anwar; Fitroh Ariansyah
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode pembelajaran team quiz guna untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa Mts Tri Bakti Al-Ikhlas Seputih Agung. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sample pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts Tri Bakti Al-Ikhlas Seputih Agung, yang diambil sampel untuk penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kelas eksperimen adalah 20 siswa dan untuk jumlah kelas kontrol adalah 20 siswa. tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes (pre-test dan post-test) yang berupa pilihan ganda yang diberikan pada siswa. pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa Post-test kelas eksperimen>Post-test kelas kontrol (0,539>0,149), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran team quiz efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika kelas VII Mts Tri Bakti Al-Ikhlas Bumi Mas Seputih Agung
Functional Inverse Material Description Test: Development of Islamic Integrated Communication Ability Instruments Alfi Rachma Nisfi Laila; Yus Mochamad Cholily; Mohammad Syaifuddin; Wiwit Kurniawati
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.120

Abstract

One of the important components in the education system to measure success, and the performance of the learning process is assessment activities. The importance of assessment in the learning process can be used as a benchmark for improving the quality of education where teachers are able to integrate Islamic values into it. The purpose of this research is to explain how to develop a mathematical communication ability test instrument that is integrated with religious values. This research method is the ADDIE model development research method. The research was tested at one of the Madrasah Aliyah in Tulungagung. The data collection technique uses a description test to solve ten math questions about the inverse function material. Data analysis uses validity, reliability, strength, and difficulty. The results of this study indicate that the social essay test instrument measures mathematical communication skills integrated with Islamic values of high school students with the results of 7 items being valid and reliable and 3 items being deleted (invalid). Based on the results of this study, it can be concluded that the Islamic integrated mathematical communication ability test that has been developed is stated to be valid, reliable, has good discriminating power, and a moderate level of item difficulty
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Ida Lukmana Sari; M. Saidun Anwar; Choirudin Choirudin; Wasiattul Maghfiroh
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.194

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan kesulitan yang terjadi pada siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi teorema phytagoras., ditinjau dari lingkungan belajar yaitu sekolah berbasis pondok pesantren. Adapun penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan penelitian 3 orang dari 35 siswa di kelas VIII SMP Ma’arif Ansoru Al-Hasaniyah, dimana 3 subjek terpilih, menjadi sampel dari proses pengumpulan data-data terkait dengan penelitian yang terkait, dengan melalui wawancara, tes soal, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan kesulitan belajar matematika pada materi teorema phytagoras di sekolah berbasis pondok pesantren adalah kurangnya minat belajar siswa dan cendereng lebih bersifat acuh, tidak bersemangat dan tidak fokus, sehingga masih ada siswa yang belum faham dan bisa mengerjakan soal yang terkait teorema phytagoras.
My HAIR SALON: Collaboration of Right Brain and Left Brain Students in the Mind Mapping Model for Statistical Material Rani Darmayanti; Viky Risnanda Arif; Usmiyatun Usmiyatun
Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : CV. Bimbimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/dpjpm.v1i2.202

Abstract

People who are good at math are the same as people who are mainly left-brained, or conversely, people who like art like drawing, music, dancing, etc., are the same as right-brained people. This is why the analysis tool "HAIR SALON" was born, used in the Mind Map model related to the brain's two hemispheres, the left brain and the right brain. "HAIR SALON" media is used to make the learning process interesting. Mind maps are the most effective and efficient way to collect, store, and generate data from students' brains to describe how learning outcomes are affected and the effects of brain usage. Right and left brain dominant. This study aims to improve students' learning outcomes in Mathematics by using the mind map model to improve learning outcomes. Middle school students study statistical materials. The method that will be used in this study is the descriptive method. This form of research is classroom action research (PTK). How to collect data, analyze techniques, and describe the interpretations and conclusions of the classroom audience will be discussed

Page 1 of 2 | Total Record : 11