cover
Contact Name
Ari Putra
Contact Email
ariputra@unib.ac.id
Phone
+6282182851918
Journal Mail Official
jacom@unib.ac.id
Editorial Address
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Kec. Muara Bangka Hulu, Sumatera, Bengkulu 38371
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Journal of Community Empowerment
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 29866634     DOI : 10.33369/jacom.v1i1.26780
Journal of Community Empowerment (JCOM) is a community service journal managed by the Bachelor of Non-Formal Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Bengkulu, which contains scientific articles from various disciplines, adopted in various community service activities. Articles published in JCOM include original scientific research results, new scientific review articles, or comments and criticisms of writings or in other scientific periodicals. JCOM accepts manuscripts or articles of community service results, covering relevant scientific fields. Such fields: SCIENCE, Technology, Social Humanities. JCOM can be accessed and downloaded for academic purposes and scientific practice as the implementation of the Tri Dharma of Higher Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
PENCEGAHAN RESISTENSI MELALUI SOSIALISASI BIJAK MENGGUNAKAN ANTIBIOTIK PADA MASYARAKAT DI KAWASAN WISATA PANTAI PANJANG Septi Wulandari; Delia Komala Sari; Dian Handayani; Reza Pertiwi; Reza Rahmawati; Yona Harianti Putri
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 1 (2023): JACOM Vol. 1, No. 1, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i1.26780

Abstract

Antibiotik merupakan obat golongan antimikroba yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Prevalensi penyakit infeksi yang tinggi, meningkatkan penggunaan antibiotik di masyarakat. Faktor penting yang menyebabkan tingginya angka resistensi antibiotik ialah penggunaan yang tidak rasional. Pengetahuan masyarakat tentang antibiotik yang minim, dapat memengaruhi sikap dan perilaku kesehatan, termasuk dalam penggunaan antibiotik yang tidak rasional. Pengetahuan memiliki peran penting dalam membentuk kepercayaan dan sikap mengenai perilaku tertentu, termasuk perilaku dalam penggunaan antibiotik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai informasi penggunaan antibiotik kepada masyarakat umum dan mahasiswa/I S1 Farmasi. Metode yang digunakan pada kegiatan bakti sosial ini berupa webinar edukasi, diskusi dan tanya jawab dengan materi mengenai pemberian informasi penggunaan antibiotik. Peserta yang mengikuti kegiatan ini melakukan pengisian registrasi atau absensi terlebih dahulu, dilanjutkan acara inti yaitu penyampaian materi penyuluhan kepada masyarakat dan games. Diakhir acara juga ada pembagiaan hadiah yang diberikan kepada pemenang games.
PELATIHAN SOFTWARE R UNTUK ANALISIS DESKRIPTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM OLAH DATA Melda Juliza; Puce Angreni
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 1 (2023): JACOM Vol. 1, No. 1, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i1.26781

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan upaya untuk memperbaharui pengetahuan dan wawasan para guru dalam meningkatkan kemampuan teknologi dimasa sekarang. Terutama dalam hal aplikasi selain Microsoft Office Excel pendukung pembelajaran dan tugas guru, khususnya dalam penyajian data. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan pengabdian masyarakat ini difokuskan untuk meningkatkan kemampuan guru memahami konsep statistika deskriptif secara tepat, khususnya dalam penyajian data menggunakan software R. Tujuan diadakan pelatihan ini supaya dewan guru SMK 5 Kaur memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi R dalam analisis deskriptif. Adapun manfaat pelatihan analisis data statistika menggunakan aplikasi R bagi dewan guru diantaranya adalah mengetahui cara menjalankan aplikasi R, memanggil data dari excel pada aplikasi R, dan melakukan analisis deskriptif menggunakan aplikasi R. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan ceramah dan praktek. Kegiatan pelatihan meliputi pemaparan materi dilanjutkan dengan praktek. Harapannya, Hasil kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi dewan guru SMK 5 Kaur, sehingga lebih aktif dan produktif dalam menunjang tugas pokok dan fungsinya.
PENDAMPINGAN GURU RAUDHATUL ATHFAL DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI IGRA KAB. REJANG LEBONG H.M.Taufik Amrillah,; Muksal Mina Putra; Amanah Rahma Ningtyas; Meri Hartati; Rizki Yunita Putri1
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 1 (2023): JACOM Vol. 1, No. 1, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i1.26782

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pendampingan pada Guru Raudhatul athfal (RA) dalam hal peningkatan kompetensi guru Raudhatul Athfal. Untuk mencapai hal tersebut dilakukan kegiatan pelatihan penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di RA Tunas Literasi Qur’ an di desa Tasik Dusun Curup. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perangkat perencanaan pembelajaran yang terdiri dari, prigram tahunan, program semester, rencana perencanaan pembelajaran mingguan, rencana perencanaan pembelajaran harian dan evaluasi pembelajaran.
Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah Elwan Stiadi; Ari Putra
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 1 (2023): JACOM Vol. 1, No. 1, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i1.26784

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru profesional dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pelatihan penulisan PTK dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman guru-guru SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah tentang PTK, dan (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan laporan PTK. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah untuk menyampaikan prinsip-prinsip PTK, prosedur PTK, implementasi PTK, dan prosedur penulisan laporan PTK, sedangkan metode demonstrasi untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta mempraktekkan mulai dari penyusunan masalah dalam proses pembelajaran yang dapat dipecahkan melalui PTK, rancangan proposal PTK, hingga penulisan laporan PTK. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai cukup baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta pelatihan dinilai cukup baik (73,33%), ketercapaian tujuan pelatihan dinilai kurang baik (40,9%), ketercapaian target materi yang telah direncanakan dinilai baik (80%), dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik (80%).
PELATIHAN PENGENALAN APLIKASI SPSS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Puce Angreni; Melda Juliza
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 1 (2023): JACOM Vol. 1, No. 1, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i1.26806

Abstract

Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan interaktif yang memberi kesempatan kepada pendidik untuk belajar dan bekerja bersama dengan masyarakat. Tugas pendampingan terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam menghadapi problem sosial yang ada di tengah-tengah mereka. Selama ini, kegiatan pengabadian masyarakat diprogramkan sebagai proses pembelajaran hidup bermasyarakat. Pada kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan mengimplementasikan kompetensi keilmuan yang dimiliki agar memberikan manfaat bagi masyarakat, dimana kegiatan ini dilakukkan dalam bentuk pelatihan dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para guru dan siswa SMPIT Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan praktik. Kegiatan ini bertujuan, melakukan pelatihan penyajian data menggunakan program SPSS. Hasil Pelatihan dengan melakukan kegiatan yang telah direncanakan dengan pemaparan materi dan praktik langsung terkait dengan penyajian data. Setelah mengadakan kegiatan pengabdian ini maka dapat disimpulkan menambahnya pengetahuan dan skill siswa/i dan guru SMPIT Kota Bengkulu terkait pengolahan data dan penyajian data menggunakan program SPSS pada pembelajaran matematika. Dimana pembelajaran matematika ini memiliki hitungan yang rumit dengan grafik serta gambar yang berdimensi tiga yang memerlukan media visual dalam menyelesaikan persoalan perhitungan matematika dan sebagian siswa di sekolah tersebut beranggapan bahwa materi statistika sangat rumit terutama pada proses analisis data yang memerlukan ketelitian serta kecermatan dalam perhitungannya.
Pelatihan Menulis Karya Tulis Ilmiah Berbasis Open Journal System Untuk Guru Sekolah Dasar Dinno Mulyono Mulyono; Galih Dani Septiyan Rahayu Rahayu
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 2 (2023): JACOM Vol. 1, No. 2, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i2.28001

Abstract

Keterampilan mengajar guru perlu diimbangi dengan adanya keterampilan untuk menulis sebagai salah satu upaya untuk memperluas hasil inovasi pembelajaran yang telah dilakukan. Kendala utama dalam memperluas hasil inovasi pembelajaran bagi guru adalah publikasi ilmiah, terutama melalui open journal system (OJS) yang menjadi salah satu aplikasi utama dalam publikasi ilmiah. Sehingga pelatihan terkait dengan publikasi ilmiah bagi guru di sekolah dasar menjadi penting adanya. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah webinar yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting, mengingat kondisi pandemi yang ada pada saat pelatihan ini dilaksanakan. Sasaran utama dari kegiatan pengabdian ini adalah guru sekolah dasar yang ada di Kota Cimahi. Diharapkan dengan adanya pengabdian ini para guru dapat melaksanakan publikasi ilmiah pada aplikasi OJS, sehingga berbagai hasil penelitian tindakan kelas maupun pengalaman mengajar dapat disebar luaskan secara ilmiah dan menjadi rujukan bagi para pendidik di kabupaten/ kota lainnya.
Workshop Penerapan Model Team Games Tournament Berbantuan Aplikasi Kahoot bagi Guru MGMP SMA Bengkulu Elwan Stiadi; Ratnah Lestary
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 2 (2023): JACOM Vol. 1, No. 2, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i2.30089

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan penguatan. Workshop penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru MGMP SMA Bengkulu tentang penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah untuk menyampaikan model TGT, sedangkan metode demonstrasi untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta mempraktekkan mulai dari penyusunan RPP hingga pembuatan soal tournament berbantuan aplikasi Kahoot. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta workshop dinilai baik (80%), ketercapaian tujuan workshop dinilai baik (75%), ketercapaian target materi yang telah direncanakan dinilai baik (80%), dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik (80%).
Perspektif Saintifik, Estetik, dan Komersial Awetan Tumbuhan Untuk Pengayaan Koleksi Sekolah dan Peserta Didik di SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu Evelyne Riandini; Rochmah Supriati; R. R. Sri Astuti
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 2 (2023): JACOM Vol. 1, No. 2, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i2.30151

Abstract

Perspektif saintifik, yaitu pendekatan menggunakan langkah-langkan serta kaidah ilmiah dalam proses pembelajaran. Sumber ilmu dan informasi bisa ditemukan dimana saja terutama di alam, berbagai sumber ilmu dan kreativitas pada tumbuhan dapat dijadikan prepektif saintifik bagi siswa. Tumbuhan memiliki teknik pengelolaan awetan sebgai sumber belajar serta kreativitas bagi siswa. Banyaknya tumbuhan berbunga di sekitar perkarangan menjadi potensi dalam membuat pemanfaatan produk kreatif dengan menggunakan awetan tumbuhan. Diharapkan dengan adanya pelatihan pemanfaatan tanaman perkarangan, hias dan budidaya menjadi produk kreatif bernilai seni dan ekonomis dapat meningkatkan keterampilan siswa dan peserta didik sebagai upaya alternatif peningkatan pendapatan. Tujuan pengabdian kegiatan pemanfaatan tumbuhan sekitar sekolah dalam pembuatan awetan tumbuhan untuk media kreativitas tumbuhan (botani). Kegiatan ini dapat diaplikasikan sebagai media pada materi keanekaragaman tumbuhan dan dimanfaatkan sebagai kegiatan wirausaha berbasis biologi.
Pendampingan Analisis Rapot Pendidikan Pada SMP Negeri 21 Seluma Asti Putri Kartiwi; Manap Somantri; Sumarsih Sumarsih; Connie Connie; Rambat Nur Sasongko
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 2 (2023): JACOM Vol. 1, No. 2, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i2.30446

Abstract

Implementasi kebijakan pemerintah yang baru untuk menggunakan sistem berbasis digital menyisakan permasalahan baru. Rata-rata satuan pendidikan belum mampu menjadikan rapot pendidikan sebagai dasar dalam merancang program sekolah di tahun berikutnya. Pengabdian ini bertujuan untuk (1). Memberikan pemahaman terhadap analisis rapot pendidikan versi 2.0 kepada seluruh stakeholder sekolah khususnya di SMPN 21 Seluma ; (2) Memberikan pemahaman terhadap proses perencanaan berbasis data bedasarkan rapot pendidikan kepada seluruh stakeholder sekolah khususnya di SMPN 21 Seluma; (3) Memberikan pemahaman terhadap rancangan program sekolah jangka pendek dan jangka panjang berdasarkan perencanaan berbasis data kepada seluruh stakeholder sekolah khususnya di SMPN 21 Seluma. Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama 3 hari dengan cara daring. Guru dan kepala sekolah dituntut untuk mampu. Merancang program sekolah sesuai dengan analisis rapot pendidikan. Hasil evaluasi kegiatan pengabdian menunjukan 81% peserta setuju bahwa kegiatan ini menarik dan merupakan sesuai kebutuhan sekolah
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sekam Padi Sebagai Pupuk Bokashi di Desa Srikuncoro Kabupaten Bengkulu Tengah Citra Dwi Palenti; Dewi Jumiarni; Pani Aswin
Journal of Community Empowerment Vol. 1 No. 2 (2023): JACOM Vol. 1, No. 2, 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jacom.v1i2.30479

Abstract

Sekam padi merupakan produk sampingan produksi beras yang memiliki potensi besar untuk menjadi limbah di lingkungan, sehingga perlu upaya yang preventif dan penanggulangan yang dilakukan secara terprogram dan bersinergi. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengatahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan limbah sekam menjadi pupuk Bokashi. Kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 20 orang, yang berprofesi sebagai petani. Kegiatan terdiri dari tahapan persiapan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dengan N-gain 0,85 atau kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini efektif dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Srikuncoro.

Page 1 of 2 | Total Record : 14