cover
Contact Name
Shany
Contact Email
jpu@ubl.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpu@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.26, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pengabdian UMKM
ISSN : -     EISSN : 28278631     DOI : https://doi.org/10.36448/jpu.v1i1
JPU : Jurnal Pengabdian UMKM, diterbitkan oleh Pusat Studi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah- Universitas Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian UMKM terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan bulan Juli yang membahas praktik dan proses Pengabdian kepada Masyarakat khususnya bagi pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian UMKM menyediakan forum bagi seluruh akademisi seluruh bidang ilmu seperti hukum, ekonomi, administrasi bisnis, administrasi publik teknologi, teknik, maupun praktisi untuk mengeksplorasi masalah serta merefleksikan praktik yang berkaitan dengan layanan pengabdian masyarakat. Misi dari jurnal pengabdian UMKM adalah menjadi jurnal interdisipliner peer review terkemuka untuk memajukan teori serta praktik yang terkait dengan segala upaya pengembangan serta peningkatan kapasitas usaha bagi UMKM. Termasuk didalamnya mengenai penyuluhan, penelitian berbasis pengabdian kepada masyarakat, penelitian tindakan dan pengabdian kepada masyarakat.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Januari" : 10 Documents clear
PEMBERDAYAAN KAUM DIFABEL DALAM MEMBANGUN INDUSTRI KREATIF DI YOGYAKARTA Megawati Syahril; Appin Purisky redaputri
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.23

Abstract

Program pemberdayaan ini merupakan salah satu program yang juga turut meramaikan UMKM yang fokus pada industri kreatif di Yogyakarta. Seperti kita tahu, UMKM menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. Apalagi UMKM yang fokus pada sosial seperti ini atau disebu sebagai Sociopreneur. Dimana pendiri usaha tidak hanya berorientasi profit, tetpai juga memberdayakan kaum difabel sebagai tujuan sosialnya. Pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini dilakukan dengan memberdayakan pengrajin industri kreatif yaitu kaum difabel yang diberikan pelatihan dan workshop produksi berbagai produk kreatif dengan berbahan dasar kulit dan non kulit. Bersama dengan brand Sagata, produk kreatif hasil para pengrajin khususnya kaum difabel bisa diakui dan merambah pada pasar nasional bahkan Internasional. Sehingga akan meningkatkan pendapatan dan taraf hidup dari para pengrajin difabel.
PENDAMPINGAN BRAND POSITIONING UMKM CIRENG BU SUKARNI DESA PASIR LOR KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS Kharin Anggraheni Putri; Ratih Wijayanti; Yunita Tri Hardini; Refius Pradipta
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.24

Abstract

Usaha untuk mengembangkan UMKM di Indonesia merupakan salah satu aspek yang menjadi perhatian pemerintah dalam pembangunan ekonomi Pendampingan UMKM oleh mahasiswa meupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat. Dari survei yang sudah dilakukan, ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi masyarakat di Desa Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas seperti belum dapat menerapkan strategi branding dalam proses penjualan produk dan belum mampu mengikuti tren digital branding. Hal ini menunjukkan pengelolaan usaha konvensional oleh Pelaku usaha UMKM perlu dibekali ilmu dan sosialisasi mengenai manajemen yang baik dalam mengelola usaha. Terdapatnya beberapa kelemahan dalam pengelolaan oleh pelaku usaha UMKM di desa Pasir Lor dikarenakan kurangnya edukasi dalam pembekalan ilmu serta produk. Pendampingan UMKM ini dilakukan agar pelaku usaha memahami bagaimana menghasilkan produk berkualitas dan dapat dipastikan hygienis serta pemilik UMKM memiliki sistem manajemen yang baik dalam mengelola bisnisnya.
PENGEMBANGAN WIRAUSAHA PASCA KERJA LUAR NEGERI VIA E-INFORMATION BERSAMA UPT BP2MI LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN JEMPUT BOLA Tia Tanjung; Muhammad Ardiansyah; Erlangga Erlangga; Ari Kurniawan Saputra; Wiwin Susanty; Taqwan Thamrin
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.25

Abstract

Wirausaha merupakan langkah satu komunitas atau perseorangan dalam menciptakan suatu usaha yang dimiliki guna meningkatkan perekonomian dalam periode harian, bulanan atau tahunan. Dalam hal ini, UPT BP2MI Lampung mengajak PMI Purna atau Pekerja Migran Indonesia yang sudah tidak bekerja di luar negeri untuk menciptakan peluang kerja dengan cara melakukan pemberdayaan atau pelatihan terhadap Pekerja Migran Purna tersebut, dengan menyesuaikan keahlian yang dimiliki. Kegiatan ini menerapkan teknologi berupa E-Information, untuk mengenalkan kepada Pekerja Migran Indonesia Purna dan masyarakat guna memperoleh informasi secara digital dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama yang ingin bekerja ke luar negeri dan yang sudah selesai bekerja. Tak lupa memberikan evaluasi bagi penyalur pekerja migran Indonesia untuk mensosialisasikan E-Information tersebut, secara berkala dengan sistem jemput bola atau mengunjungi langsung lokasi dan titik pekerja migran Indonesia yang telah purna.
UPGRADING PACKAGING UMKM PRODUSEN GULA SEMUT DI DESA SENDANG BARU LAMPUNG TENGAH Andala Rama Putra Barusman; Tina Miniawati Barusman; Appin Purisky Redaputri; Lukmanul Hakim; M. Denu Poyo
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM merupakan salah satu sumber penyerapan tenaga kerja terbesar di Indonesia. Salah satu sektor yang menjadi andalan UMKM adalah produksi gula semut, termasuk di desa Sumber Sari yang berada di kabupaten Lampung Tengah. Namun, kompetisi di pasar gula semut cukup ketat, sehingga UMKM harus mampu memperbaiki daya saing produknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas packaging produk. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai packaging yang sesuai dengan standar pasar dan dapat memberikan nilai jual yang lebih tinggi serta daya tarik bagi konsumen. Kegiatan ini menggunakan 2 sesi yakni dengan memberikan materi atau identifikasi kepada UMKM mengenai pentingnya packaging dan sesi yang kedua memberikan pelatihan bagi UMKM dalam pembuatan design packaging dan pemilihan bahan untuk packaging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi desain dan material packaging berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing produk gula semut pada UMKM. Oleh karena itu, UMKM perlu terus mengembangkan inovasi desain dan material packaging agar dapat meningkatkan daya saing produk gula semut di pasar.
PENDAMPINGAN PERIZINAN BERUSAHA BAGI KELOMPOK WANITA PESISIR CUNGKENG KOTA BANDAR LAMPUNG Lukmanul Hakim; Aprinisa Aprinisa; Anggalana Anggalana; Ansori Ansori
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.27

Abstract

Tujuan kegiatan Pendampingan perizinan berusaha ini adalah untuk memberitahukan kepada pelaku usaha terutama kepada kelompok wanita pesisir untuk dapat membuat usaha yang semakin maju dan berkembang ke secara nasional maupun global. Mitra yang menjadi sasaran dari usulan kegiatan ini adalah Kelompok Wanita Pesisir Cungkeng, dan solidaritas perempuan. Target khusus dari program ini adalah terciptanya peningkatan perizinan bagi pelaku usaha khususnya kelompok wanita tani pesisir cungkeng. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan standarisaasi dalam penjualandan secara efisien. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah metode partisipatif. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adalah Diskusi Kelompok Fokus (Focus Group Discussion – FGD), pelatihan, dan pendampingan.
PENGUATAN UMKM KOLEKTIF MELALUI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI KAMPUNG NELAYAN CUNGKENG TELUK BETUNG TIMUR BANDAR LAMPUNG MELAUI PEMBUATAN KERUPUK CUMI Yulia Hesti; Recca Ayu Hapsari; Okta Ainita; Indah Satria
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.28

Abstract

UMKM dapat dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat yaitu melalui Pemberdayaan perempuan yaitu merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh sekelompok perempuan dalam satu komunitas untuk melakukan perubahan dalam kemandirian ekonomi, peluang usaha dapat tercipta ketika para perempuan hebat dapat membaca kesempatan yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang demi kemajuan perekonomian keluarga. Kampung Nelayan Cungkeng, Jalan Teluk Bone, Kota Karang, Teluk Betung Timur Bandar Lampung merupakan salah satu tempat yang paling baik untuk pengembangan usaha perikanan salah satunya cumi yang diolah menjadi kerupuk cumi. Dimana laut didaerah tersebut sangat berpotensi dalam penghasil cumi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah Upaya Dalam Penguatan UMKM Kolektif Melalui Pemberdayaan Perempuan Di Kampung Nelayan Cungkeng Teluk Betung Timur Bandar Lampung Melaui Pembuatan Kerupuk Cumi dan Hambatan Dalam Pemasaran Hasil Pembuatan Kerupuk Cumi? Upaya Penguatan UMKM Kolektif Melalui Pemberdayaan Perempuan Di Kampung Nelayan Cungkeng Teluk Betung Timur Bandar Lampung Melaui Pembuatan Kerupuk Cumi adalah: Memberikan Motivasi guna mendorong dan menumbuhkan gairah dan semangat kerja dalam UMKM dan dapat meningkatkan produktivitas kerja tim UMKM, Pemberian pelatihan dilakukan guna terus memberikan pengetahuan dan keterampilan para tim UMKM agar pengetahuan dan keterampilannya dapat terus meningkat guna kemajuan produk dan pemasaran dari krupuk cumi tersebut. Hambatan dalam pemasaran hasil pembuatan kerupuk cumi yang dihasilkan oleh UMKM Kolektif Melalui Pemberdayaan Perempuan di Kampung Nelayan Cungkeng adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan UMKM tentang pentingnya tentang kemasan, merek, hasil produk dan target pasar. Saran yang diharapkan kepada pelaku UMKM agar dapat terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana cara mengolah cumi menjadi kerupuk yang menarik dan di gemari oleh konsumen, serta dapat dipasarkan secara luas tidak hanya konsumen local namun dapat dipasarkan dan dinikmati oleh masyarakat luar.
PENYULUHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INTERAKSI DAN PROMOSI PADA ANGKRINGAN JOGJA PADANGSAMBIAN Putu Setyarini; Ni Nyoman Muryatini; I Wayan Gede Lamopia; Lilis Yuningsih; Riza Wulandari; Nyoman Ayu Nila Dewi
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.29

Abstract

Melihat pengaruh dari media digital dan komunikasi global yang terjadi saat ini, penting untuk diadakan penyuluhan tentang inovasi strategi promosi dan media interaksi secara verbal dan visual yang tertuang pada media sosial. Angkringan yang terletak di Denpasar ini pada awalnya melakukan bentuk promosi bersifat konvensional dan mengandalkan pelanggan datang ke angkringan saja. Cukup tergolong khas, karena cita rasa yang disajikan masih seperti orang Jogja. Hingga akhirnya angkringan ini menjadi salah satu tempat peralihan rindu akan kampung halaman dengan tradisi ngopi. Pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan peluang dan kesempatan usaha tradisional Angkringan Jogja untuk terus eksis dan bertahan dengan memanfaatkan media sosial sebagai bentuk media promosi dan interaksi dengan pelaku digital. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman tentang media sosial serta prospek jangka panjang untuk Angkringan Jogja yang dapat melakukan interaksi yakni berkomunikasi dengan para pelanggan Angkringa Jogja terkait informasi menu jam operasional, kondisi pengunjung angkringan. Pada promosi dapat dilakukan mengunggah menu baru, kondisi pengunjung angkringan yang menjadikan daya tarik para pelaku digital.
EDUKASI PENCAPAIAN TARGET PENJUALAN PENGRAJIN NOKEN PAPUA BAGI MAMA-MAMA PAPUA Novalia Herlina Bleskadit; Yakomina Flora Hosio; Onace Tobai
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.30

Abstract

Pengabdian bertujuan mengedukasi mama – mama penjual noken dalam menentukan target penjualan, target keuntungan dan menghitung total target penjualan tiap bulan. Jenis data pengabdian ini adalah data primer. Metode pelasanaan kegiatan pengabdian berupa observasi, pendampingan edukasi pencapaian target penjualan yang optimal dan dokumentasi kegiatan pengabdian. Dalam proses pendampingan dilakukan juga wawancara dan pendampingan perhitungan total penerimaan, target penjualan dan target keuntungan usaha yang dihitung secara sederhana. Hasil pengabdian menunjukkan usaha pengrajin noken di Distrik Abepura Kota Jayapura mendapatkan keuntungan dan sangat layak untuk diusahakan sebagai pendapatan masyarakat setempat. Penerimaan pengrajin noken mama mama papua lebih besar dari biaya yang di keluarkan selama pembuatan. akan tetapi pendapatan terkadang rendah karena usaha noken ini bergantung dari banyaknya permintaan konsumen atau pembeli. Hasil wawancara ditemukan terdapat keluhan mama-mama papua pengrajin noken yaitu kurangnya pembeli karena adanya PSBB akibat adanya covid 19 sehingga penerimaannya tidak maksimal. Hasil ini menunjukkan usaha noken memiliki peranan penting dalam menentukkan kualitas penerimaan hasil noken. Kualitas noken yang baik dengan harga yang cukup tinggi berpengaruh terhadap pembuatan noken di Distrik Abepura Kota Jayapura
SARANA PUBLIKASI DAN MEDIA PROMOSI PRODUK KREATIFITAS SISWA MENGGUNAKAN E-COMMERCE PADA SMK GADING REJO KABUPATEN PESAWARAN Eka Travilta Oktaria; Yodhi Yuniarthe; Hairudin Hairudin; Tyas D Wengrum; Nisaul Khoiriah; Ira Adelita
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.34

Abstract

Sekolah merupakan suatu tempat pembelajaran siswa menuju dunia kerja khususnya bagi SMK Gading Rejo dimana saat ini dituntut untuk dapat siap di dunia kerja dengan berbagai kompetensi yang dimiliki. Dari kompentensi keahlian tesebut tentunya mampu menghasilkan suatu desain produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Saat ini semua bidang kehidupan sangat tergantung dengan penguasaan teknologi informasi disemua level pekerjaan. Kendala saat ini masih kurang optimalnya pengetahuan dan kemampuan siswa dalam pengembangan desain atau produk berbasis teknologi informasi salah satunya adalah peningkatan pengetahuan bidang e-commerce. Dari permasalahan tersebut maka tim pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Bisnisi Universitas Mitra Indonesia mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam membuat e-commerce berbasis website serta pemanfaatan e-commerce secara efektif sebagai sarana publikasi dan media. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan kemampuan, keahlian dan pengetahuan dalam pembuatan dan pemanfaatan e-commerce sebagai sarana publikasi dan media promosi.
PENYULUHAN TAAT PAJAK DAN SANKSI PIDANA BAGI PELAKU USAHA UMKM DI DISTRIK BIAK UTARA Farida Kaplele; Kadir Katjong; Budiyanto Budiyanto; Biloka Tanggahma; Dian Rahadian
Jurnal Pengabdian UMKM Vol. 2 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Pusat Studi UMKM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jpu.v2i1.35

Abstract

Tujuan kegiatan Penyuluhan Taat Pajak ini adalah memberikan edukasi bagi masyarakat maupun Pelaku usaha UMKM di Distrik Biak Utara untuk menmberikan pengetahuan akan kesadaran masyarakat untuk dapat mentaati pajak dan bagaimana sanksi yang berlaku. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian bagi masyarakat untuk dapat membuat kesadaran dalam taat pajak bagi masyarakat terkhusus para pelaku usaha di distrik biak utara, kabupaten biak, Provinsi Papua. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah metode partisipatif. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adalah Diskusi Kelompok Fokus (Focus Group Discussion – FGD), pelatihan, dan penyuluhan

Page 1 of 1 | Total Record : 10