cover
Contact Name
Muhamad Nurul Hana
Contact Email
mnurulh@upi.edu
Phone
+628156222309
Journal Mail Official
jrppk@upi.edu
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
ISSN : 2301721X     EISSN : 25281178     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. Jurnal ini memuat artikel-artikel pada bidang berikut: - Pengajaran & Pembelajaran dalam pendidikan kimia - Pembelajaran Materi dalam pendidikan kimia - Media Pembelajaran Kimia - Evaluasi & Penilaian dalam pendidikan kimia - Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam pendidikan kimia - Pendidikan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) - Strategi Pembelajaran Kandungan Kimia dalam pendidikan kimia - Eksperimen Laboratorium Sekolah dalam pendidikan kimia
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021)" : 11 Documents clear
UJI KELAYAKAN LKS MODEL PjBL TERINTEGRASI STEAM UNTUK MEMBANGUN KREATIVITAS SISWA SMA PADA PEMBUATAN INDIKATOR ASAM BASA BERBAHAN BUNGA Nela Andani; Wawan Wahyu; Ali Kusrijadi
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKS model PjBL terintegrasi STEAM dalammembangun kreativitas siswa SMA Kelas XI pada pembuatan dan penentuan trayek pH indikatorasam basa berbahan bunga yang layak ditinjau dari kelayakan internal. Metode penelitian yangdigunakan adalah deskriptif evaluatif dengan desain penelitian Design-based Research. Partisipanpenelitian ini adalah 5 orang ahli kimia. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaiankonten LKS, lembar penilaian konstruk LKS, dan lembar penilaian teknis LKS. Hasil ujikelayakan internal menurut penilai 1 berkategori baik dari kesesuaian konten dan sangat baikdari kesesuaian konstruk dan teknis, sedangkan menurut penilai 2, 3, 4, dan 5 berkategori sangatbaik dari kesesuaian konten, konstruk, dan teknis. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, makadapat dikatakan bahwa LKS layak digunakan untuk membangun kreativitas siswa.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI KOLOID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL Hanum Lutfiyah Salsabila; Liliasari Liliasari; F.M Titin Supriyanti
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52249

Abstract

Penelitian tentang “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Materi KoloidMenggunakan Model Pembealajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning)” ini bertujuanuntuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran POGIL, meningkatkan keterampilanberpikir kreatif peserta didik SMA pada materi koloid menggunakan model pembelajaran POGIL,serta mengukur penguasaan konsep koloid peserta didik. Dalam penelitian ini, digunakan metodekuasi eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakanialah soal pilihan berganda beralasan menggunakan 17 butir soal dan lembar penilaian kerja pesertadidik. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas XI program MIPA pada salah satu SMANegeri di Ngamprah, yang sedang mempelajari materi koloid. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenggunaan model pembelajaran POGIL dapat menganalisis keterlaksanaan model pembelajaranPOGIL, meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peseta didik dan dapat mengukur penguasaankonsep mereka. Rerata keterlaksanan model pembelajaran POGIL pada seluruh tahapannya ialahsebagian besar (73,87%) kegiatan terlaksana. Dari 30 orang peserta didik, peningkatan rerata NGainhasil belajar dengan kriteria sedang (76,67%) dan kriteria tinggi (23,33). Rata-rata N-Gainpada peningkatan keterampilan berpikir kreatif ialah sebesar termasuk kategori sedang (0,38). RerataN-gain kemampuan berpikir kreatif yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah berpikirflexibility (0,52) dan yang paling rendah adalah berpikir originality (0,31). Rata-rata N-Gainpenguasaan konsep yang diperoleh masuk kategori sedang (0,42). Peningkatan konsep palingdikuasai adalah jenis koloid (rerata N-gain 0,46) dan yang kurang dikuasai adalah sifat koloid (rerataN-gain 0,38). Model pembelajaran POGIL dapat diterapkan pendidik untuk meningkatkanketerampilan berpikir kreatif peserta didik baik pada materi koloid atau mungkin pada materipelajaran lainnya. Model pembelajaran ini lebih baik dilakukan secara tatap muka, agarpembelajaran lebih efektif dan efisien serta menjadikan peserta didik bersifat lebih aktif.
STRATEGI PEMBELAJARAN INTERTEKSTUAL DENGAN POGIL YANG BERPOTENSI MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PENGARUH KONSENTRASI DAN SUHU TERHADAP LAJU REAKSI SERTA KPS SISWA Rizke Pratiwi Ismania Puteri; Sri Mulyani; Fitri Khoerunnisa; Wiji Wiji
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52263

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh strategi pembelajaran intertekstual dengan POGIL(Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada submateri pengaruh konsentrasi dan suhu terhadaplaju reaksi yang berpotensi meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sainssiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research Development (RD) yangdibatasi hingga tahap pengembangan produk awal. Instrumen yang digunakan berupa formatkesesuaian antara indikator penguasaan konsep dengan kompetensi dasar pengetahuan dandeskripsi konsep, kesesuaian indikator keterampilan proses sains dengan kompetensi dasarketerampilan dan deskripsi keterampilan proses sains serta kesesuaian kegiatan pembelajarandengan indikator penguasaan konsep dan indikator keterampilan proses sains. Dalam prosespengembangan strategi pembelajaran dilakukan validasi oleh empat orang ahli pedagogi kimia,dua orang ahli kimia, dan dua orang praktisi kimia. Berdasarkan hasil validasi, dua butirindikator penguasaan konsep dinyatakan valid, sembilan indikator keterampilan proses sainsdinyatakan valid dengan beberapa saran perbaikan. Strategi pembelajaran yang dikembangkanberupa kegiatan pembelajaran yang menggabungkan tiga level representasi kimia ke dalamlangkah pembelajaran POGIL. Secara umum, hasil validasi menyatakan bahwa strategi tersebutvalid dengan beberapa saran perbaikan.
ANALISIS POTENSI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA LKS PRAKTIKUM MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING Giant Iskandar Tanjung; Asep Suryatna; Gebi Dwiyanti
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis potensi LKS praktikum pada topikreaksi oksidasi-reduksi berbasis inkuiri terbimbing untuk mengembangkan keterampilan berpikirkritis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitianyaitu LKS praktikum berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan oleh Pia (2014).Penilai yang terlibat adalah lima orang ahli yaitu tiga orang dosen kimia FPMIPA UPI dan duaorang guru di salah satu SMA Negeri di kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakanberupa lembar penilaian kesesuaian tahapan inkuiri terbimbing dengan indikator keterampilanberpikir kritis, lembar kesesuaian indikator keterampilan berpikir kritis dengan isi LKS, danlembar penilaian potensi LKS. Hasil penilaian kesesuaian tahapan inkuiri terbimbing denganindikator keterampilan berpikir kritis, hasil penilaian kesesuaian indikator keterampilan berpikirkritis dengan isi LKS berturut-turut berkategori sangat baik, hasil penilaian potensi LKSmenunjukkan potensi keterampilan berpikir kritis yang terkembangkan melalui LKS yaitumemberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, dan menyimpulkan.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA SUB MATERI LIPID Ajeng Sukmafitri; Muhammad Nurul Hana; Gun Gun Gumilar; Ijang Rohman; Rahmat Setiadi
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52252

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan hampir seluruh kegiatan pembelajaran di SekolahMenengah Atas di Indonesia dilakukan secara daring. Namun, kurangnya persiapan danperangkat pembelajaran online menjadi kendala dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya padapembelajaran materi makromolekul yang dipelajari di kelas XII semester genap. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis smartphone pada submateri lipid. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Tahappengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembanganADDIE. Pada penelitian ini, media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan beberapaaplikasi, diantaranya yaitu android studio, java, dan emulator. Berdasarkan hasil penelitian, mediapembelajaran berbasis smartphone pada sub materi lipid berhasil dikembangkan dan layakdigunakan dalam pembelajaran dengan beberapa perbaikan yang disarankan oleh dosen ahlimateri dan dosen ahli media. Media pembelajaran ini dilengkapi dengan teks uraian mengenaimateri lipid, 42 gambar sebagai pelengkap teks, dan 10 video yang berisi konten mengenai materilipid. Berdasarkan hasil tanggapan pendidik dan peserta didik, media pembelajaran yangdikembangkan dinilai menarik, menambah rasa ingin tahu peserta didik dalam mempelajarimateri lipid, dan meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi lipid. Mediapembelajaran berbasis smartphone yang dihasilkan dapat digunakan untuk membantu pesertadidik dalam mempelajari sub materi lipid, baik belajar mandiri maupun dibimbing olehpendidik.Kata Kunci:
UJI KELAYAKAN MODUL ASAM-BASA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES DAN BERORIENTASI LITERASI SAINS Agita Nurul Agnia; Anna Permanasari; Hernani Hernani
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52246

Abstract

Modul asam-basa berbasis SSI dan berorientasi literasi sains telah dikembangkan sebagai sumberbelajar alternatif yang sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia pada masa pandemik. Kajianlebih lanjut telah dilakukan untuk memastikan keterujian dan kelayakan modul tersebut untukdigunakan, sebagai bagian dari penelitian Educational Design Research dengan modelpengembangan Plomp. Uji kelayakan modul dilakukan di salah satu SMA Negeri di KabupatenBandung dengan melibatkan 20 orang siswa sebagai partisipan dan 5 orang guru kimia serta 2orang dosen ahli sebagai validator. Penelitian dilaksanakan dengan tahapan: (1) penelitianpendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan produk; (3) uji kelayakan; serta (4) uji cobaterbatas untuk mengetahui tingkat keterbacaan. Modul yang dikembangkan memiliki beberapakarakteristik yaitu berbasis pembelajaran SSI, penyajian materi diawali oleh konteks, contoh danlatihan soal berkonteks serta dilengkapi dengan daftar bacaan tambahan. Hasil validasi danpenilaian terhadap modul menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki kriteriasangat baik sehingga layak dan memenuhi syarat untuk digunakan dalam proses pembelajarankimia di kelas XI. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa modul yang dikembangkanmemiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dengan kategori independen yang artinya siswa tidakmengalami kesulitan dalam memahami modul ini. Siswa memberikan tanggapan positif terhadapmodul yang dikembangkan baik dari segi tampilan, penyajian, kebahasaan, dan konteks yangdigunakan.Kata kunci: Socioscientific
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA SUB MATERI LIPID Ajeng Sukmafitri; Muhamad Nurul Hana; Gun Gun Gumilar; Ijang Rohman; Rahmat Setiadi
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan hampir seluruh kegiatan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas di Indonesia dilakukan secara daring. Namun, kurangnya persiapan dan perangkat pembelajaran online menjadi kendala dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya pada pembelajaran materi makromolekul yang dipelajari di kelas XII semester genap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis smartphone pada sub materi lipid. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Tahap pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini, media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan beberapa aplikasi, diantaranya yaitu android studio, java, dan emulator. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran berbasis smartphone pada sub materi lipid berhasil dikembangkan dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan beberapa perbaikan yang disarankan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Media pembelajaran ini dilengkapi dengan teks uraian mengenai materi lipid, 42 gambar sebagai pelengkap teks, dan 10 video yang berisi konten mengenai materi lipid. Berdasarkan hasil tanggapan pendidik dan peserta didik, media pembelajaran yang dikembangkan dinilai menarik, menambah rasa ingin tahu peserta didik dalam mempelajari materi lipid, dan meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi lipid. Media pembelajaran berbasis smartphone yang dihasilkan dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam mempelajari sub materi lipid, baik belajar mandiri maupun dibimbing oleh pendidik.
PEMBUATAN BAHAN AJAR KIMIA KONTEKSTUAL BERBASIS PEMBUATAN TAUCO Wilman Rahmat Nugraha; Omay Sumarna; Yaya Sonjaya
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kontekstual berbasis kebudayaanpembuatan tauco. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu DevelopmentResearch tipe pertama dengan model pengembangan bahan ajar 4D. Instrumen penelitian yangdigunakan berupa lembar parameter optimum konsentrasi larutan garam berdasarkan percobaanoptimasi pembuatan tauco, lembar penjelasan ilmiah yang terdapat pada pembuatan tauco,lembar keterkaitan konsep kimia pada prosedur pembuatan tauco dengan kompetensi dasar,karakteristik pembelajaran kontekstual, dan strategi REACT, lembar perumusan tujuanpembelajaran, lembar rancangan bahan ajar, dan lembar uji keterbacaan. Berdasarkan percobaanoptimasi, konsentrasi larutan garam yang optimum adalah 20%. Materi kimia yang terdapatdalam pembuatan tauco terdiri atas faktor yang mempengaruhi laju reaksi (kelas XI), termokimia(kelas XI), hasil kali kelarutan garam (kelas XI), sifat koligatif larutan (kelas XII), danmakromolekul (kelas XII). Hasil karakteristik keseluruhan digunakan dalam pembuatan bahanajar. Persentase uji keterbacaan bahan ajar yang diperoleh sebesar 62,5% termasuk kategori“sebagian besar” terbaca.Kata Kunci: Bahan ajar kontekstual,
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN SHARING AND JUMPING TASK PADA MATERI PEREAKSI PEMBATAS UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK Najdin Aqmarina; Asep Supriatna; Sumar Hendayana
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan kolaboratif peserta didik selamapembelajaran melalui implementasi rancangan desain pembelajaran sharing and jumping task padamateri pereaksi pembatas. Berdasarkan studi lapangan ditemukan hambatan belajar peserta didikditemukan pada materi pereaksi pembatas karena materi tersebut merupakan konsep konkrit danabstrak Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan desainDidactical Design Research (DDR). Sumber data diperoleh dari 30 orang peserta didik kelas X disalah satu SMA di kota Bandung. Pengumpulan dan analisis data dilakukan berdasarkan hasilobservasi pembelajaran, wawancara guru, studi dokumen dan dokumentasi video yang dianalisisdengan Transcript-based Lesson Analysis (TBLA). Diperoleh profil keterampilan kolaboratif yangtumbuh selama pembelajaran, sharing task 1 adalah indikator 2 dan indikator 4 sebesar 50%,sharing task 2 adalah indikator 2 sebesar 33,33%, dan jumping task adalah indikator 4 sebesar 60%.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA SISWA SMA PADA PRAKTIKUM IDENTIFIKASI JENIS PROTEIN DALAM BAHAN MAKANAN Fera Chintya; Wiwi Siswaningsih; Nahadi Nahadi; Triannisa Rahmawati
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v9i2.52255

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa SMA padaPraktikum Identifikasi Jenis Protein dalam Bahan Makanan” bertujuan untuk menghasilkaninstrumen penilaian kinerja yang valid dan reliabel yang dapat digunakan oleh guru dalammenilai kinerja siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan danvalidasi. Partisipan yang terlibat sebanyak 12 siswa kelas XII IPA pada salah satu SMA Negeri diKota Cimahi, yang dibagi kedalam tiga kelompok. Instrumen yang dikembangkan berupa taskdan rubrik, dengan tujuh indikator, 16 task yang terdapat empat rubrik penskoran pada setiaptask. Kualitas instrumen ditentukan dengan metode validitas isi berdasarkan para ahli dan ujireliabilitas inter-rater dilakukan secara daring yang diperoleh dengan cara menilai pengetahuansiswa tentang keterampilan praktikum menggunakan LKS yang berisi pertanyaan mengenai aspekkinerja dan pilihan jawaban yang berupa rubrik yang dikembangkan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan memenuhi kriteria validdengan nilai CVR=1 dan reliabel dengan nilai

Page 1 of 2 | Total Record : 11