cover
Contact Name
Muhammad Nasri Katman
Contact Email
attawazun@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6281333324689
Journal Mail Official
Muh.nasri@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92113
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : -     EISSN : 27757919     DOI : https://doi.org/10.24252/attawazun.v3i2
Core Subject : Religion, Economy,
At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah pemikiran ekonomi Islam yang uptudate atau kekinian.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): Agustus" : 8 Documents clear
The Effect of Macroeconomics and World Oil Prices on the Indonesian Sharia Stock Index for 2018 – 2022
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.37769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable makroekonomi dan harga minyak dunia terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada tahun 2018-2022. Pergerakan harga saham yang ada di Indeks Saham Syariah Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor makroekonomi. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis data sekunder, dengan sampel yang digunakan 60 bulan yaitu dari periode Januari 2018-Desember 2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat software SPSS 21. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial menunjukkan variabel Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia, namun pada variabel Harga Minyak Dunia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) variabel Inflasi, Harga Minyak Dunia, Pertumbuhan Ekonomi dan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia.
Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Cita Rasa Terhadap Minat Reorder Pada Produk Natos Di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.40932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan mengetahui pengaruh labelisasi halal, harga dan cita rasa terhadap minat pemesanan ulangpada produk Natos di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuisioner berisikan pertanyaan tertulis yang disebarkan kepada 150 konsumen Muslim Natos yang sudah pernah melakukan pembelian atau berada di lokasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei.Teknik pengumpulan data yang bersifat primer dan sekunder meliputi berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan skripsi serta dalam bentuk kata-kata yang diucapkan secara lisan oleh subjek yang dapat dipercaya. Untuk mendukung hasil penelitian maka peneliti menggunakan aplikasi SPSS yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan labelisasi halal dan cita rasa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat pemesanan ulangpada produk Natos di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, sementara harga berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap minat pemesanan ulang pada produk Natos di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros
Pengaruh Word Of Mouth, Islamic Branding dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim pada Toko RJA (Rumah Jahit Akhwat) di Kota Makassar
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.40942

Abstract

Munculnya berbagai trend fesyen dalam berpakaian muslim tentu saja banyak disukai oleh semua generasi baik generai tua, generai muda bahkan sampai anak-anak kecil sekalipun. Sehingga tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh word of mouth, islamic branding dan brand image terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko RJA (Rumah Jahit Akhwat) di kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung pada saat penyebaran kuisioner dilokasi penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang telah membeli produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat, serta teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik non probality sampling dengan metode purpusive sampling. Analisis data menggunakan aplikasi IMB SPSS Statistik 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hipotesis pertama diterima, dimana word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di kota Makassar. Hipotesis kedua diterima, dimana islamic branding berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di kota Makassar. Hipotesis ketiga diterima, dimana brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di kota Makassar. serta adanya pengaruh secara bersama-sama yaitu word of mouth, islamic branding dan brand image berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di Kota Makassar.
Analisis Resiko Gadai Syariah (Rahn) Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) As'adiyah Sengkang
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.40946

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana analisis resiko yang diterapkan pada BMT As’adiyah Sengkang sebelum memberikan fasilitas pembiayaan gadai Syariah (Rahn) pada nasabah. Sub masalah dibagi atas dua bagian, yaitu bagaimana bentuk analisis resiko yang diterapkan di BMT As’adiyah Sengkang dalam produk pembiayaan gadai Syariah dan apakah prosedur analisis resiko yang dterapkan pada BMT As’adiyah Sengkang sesuai dengan nalisis resiko prinsip 5C pada manajemen resiko yang diterapkan oleh Lembaga keuangan pada umumnya sebelum memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah. Jenis penilitan yang digunakan pada penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Dimana data yang digunakan adalah dat primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneitian menunjukkan bahwa analisis resiko yang diterapkan pada BMT As’adiyah sebelum memberikan fasilitas pembiayaan gadai Syariah (Rahn) pada nasabah yaitu dengan mengunakan prinsip 5C + 1S dalam manajemen resikonya. Adapun manajemen resiko gadai Syariah (Rahn) yang diterapkan di BMT As’adiyah pada konsep penilaian Character, capacity, capital, collateral and condition of economy, namun ada poin tambahan yang diterapkan di BMT As’adiyah untuk melengkapi analisisnya yaitu analisis prospek Syariah.
Dampak Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Indonesia
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.40957

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan Untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah dan murabahah terhadap profitabilitas pada bank Syariah Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggaran tahunan Bank Syariah Indonesia tahun 2019–2021. Analisis uji F menunjukkan bahwa tingkat signifikansi variabel mudharabah dan murabahah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Pengaruh dari mudharabah dan murabahah terhadap ROA pada keadaan tertentu lebih relevan dalam konteks ekonomi dan jangka waktu tertentu. Jika kondisi ekonomi atau industri sedang berubah, maka pengaruh variabel-variabel tertentu juga dapat berubah. Ada faktor eksternal yang tidak diukur dalam analisis yang mempengaruhi ROA, sehingga memiliki dampak signifikan terhadap profitabilitas.
Determinan Minat Masyarakat Membayar Zakat dan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.40959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh transparansi terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kab. Sidrap dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim kecamatan Tellu Limpoe sebesar 16.008 jiwa sehingga diperoleh sampel sebesar 375 jiwa. Adapun rumus yang digunakan dalam menentukan sampel adalah Krijchie Morgan. Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan kriteria-kriteria sebagai berikut: (1) Masyarakat Kecamatan Tellu Limpoe, (2) Islam, (3) Memiliki Penghasilan Sendiri, dan (4) Bersedia menjadi informan. Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada responden dan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEMPLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kab. Sidrap, religiusitas tidak memoderasi transparansi terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kab. Sidrap.
Persepsi Muzakki Terhadap Pengelolaan Zakat Baznas Kabupaten Muna
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.41009

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Muna beroperasi sejak tahun 2004, akan tetapi belum mampu memaksimalkan penghimpunan dana zakat dari para muzakki. Penelitian ini bertujuan menganalisa persepsi muzakki tentang pengelolaan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Muna dan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi muzakki tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis logit binary. Dimana variabel terikat persepsi muzakki terhadap pengelolaan zakat melalui BAZNAS Kabupaten Muna dihubungkan dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Variabel-variabel tersebut adalah pemahaman muzakki tentang zakat, kepercayaan muzakki terhadap pengurus BAZNAS Kabupaten Muna, tingkat pendidikan muzakki, dlsb. Hasil analisis menunjukkan bahwa 53% muzakki potensial berpersepsi setuju menyalurkan zakat hartanya melalui BAZNAS Kabupaten Muna dan sisanya (47%) berpersepsi ragu-ragu atau tidak setuju menyalurkan dana zakat hartanya melalui lembaga tersebut. Perlu upaya meningkatkan pemahaman muzakki tentang zakat dan program-program pemberdayaan zakat yang langsung dirasakan oleh publik seperti bantuan beasiswa dan dana kesehatan untuk masyarakat miskin.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Syariah Pada Generasi Z Di Kota Makassar
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v3i2.41011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berttransaksi menggunakan fintech syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Krejcie dan Morgan, jumlah responden dalam penelitian ini adalah 383 responden. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner. Metode analisis data yang digunakan ialah dengan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, dan uji statistik didukung oleh aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech syariah, (2) variabel efektivitas berpengaruh signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech syariah, (3) variabel risiko berpengaruh signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech syariah, dan (3) variabel persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas, dan risiko secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech syariah. Nilai adj R2 sebesar 0.849 atau 84,9% dapat dikatakan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas da nrisiko dapat mempengaruhi minat bertransaksi menggunakan fintech syariah sebesar 84,9%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8