cover
Contact Name
Antuni Wiyarsi
Contact Email
jrpk@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpk@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
ISSN : -     EISSN : 30326885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi hasil penelitian pembelajaran kimia dalam bidang kurikulum kimia sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), strategi pembelajaran kimia, integrasi teknologi dalam pembelajaran kimia, penilaian pembelajaran kimia, media dan sumber pembelajaran kimia, serta pembelajaran kimia untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016" : 6 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA SE-KABUPATEN BANJARNEGARA Uswatun Khasanah; Karim Theresih
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i6.4614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia.Populasi terdiri dari peserta didik kelas X SMA/MA se-Kabupaten Banjarnegara. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 362 peserta didik, diambil secara acak dengan teknik proportionate stratified random sampling dan simple random sampling yang berasal dari 10 sekolah. Instrumen persepsi diuji reliabilitasnya dengan koefisien Alfa Cronbach sebesar 0.932. Data prestasi belajar kimia peserta didik berasal dari nilai Ulangan Akhir Semester satu. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, homogenitas dan linearitas. Selanjutnya dianalisis menggunakan regresi sederhana, ganda dan dummy. Analisis korelasi dilakukan untuk mengetahui kekuatan hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil analisis regresi variabel dummy diperoleh harga R = 0,208. Harga sumbangan relatif dari prediktor X1 (tingkat pendidikan orang tua) adalah 8.86% dan X2 (persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru) ialah 91.14%. Harga sumbangan efektif dari prediktor X1 (tingkat pendidikan orang tua) = 0,381% dan X2 (persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru) = 3.919%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan dengan prestasi belajar kimia, akan tetapi pengaruhnya kecil terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia. Penelitian juga menemukan adanya hubungan yang lemah antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia.
PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS SCIENCE. TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STREAM) PADA MATERI POLIMER UNTUK SMK Yulia Safitri; Erfan Priyambodo
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i6.4616

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis kualitas SSP berbasis STREAM pada pembelajaran kimia di SMK materi pokok polimer berdasarkan penilaian reviewer, dan untuk menganalisis hasil uji coba terbatas SSP berbasis STREAM pada pembelajaran kimia di SMK. Pengembangan SSP berbasis STREAM mengadaptasi model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Produk SSP berbasis STREAM yang dikembangkan terdiri atas 5 komponen, yaitu silabus, RPP, handout, LKPD, dan media power point. Produk awal SSP berbasis STREAM ditinjau oleh peer reviewer dan expert judgment. Kualitas SSP berbasis STREAM diperoleh berdasarkan penilaian dan peninjauan lebih lanjut oleh reviewer. Uji coba terbatas SSP berbasis STREAM dilaksanakan di SMKN 2 Yogyakarta yang dinilai oleh observer dan peserta didik kelas TKR-1. Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kualitas SSP berbasis STREAM pada pembelajaran kimia di SMK materi pokok polimer berdasarkan hasil penilaian reviewer memperoleh kualitas baik (B) dengan persentase keidealan 80,23%. Adapun hasil uji coba terbatas SSP berbasis STREAM pada pembelajaran kimia di SMK berdasarkan penilaian dari observer memiliki kualitas sangat baik (SB). Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan SSP berbasis STREAM memperoleh kualitas baik dengan persentase keidealan 83,00%.
PENGEMBANGAN SSP (SUBJECT SPECIFICT PEDAGOGY) BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK SMK PADA MATERI POKOK SEL VOLTA Indah Familiasari; Erfan Priyambodo
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i6.4596

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan SSP (Subject Specific Pedagogy) berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics) pada mata pelajaran kimia di SMK kelas X semester 2 materi pokok sel volta dan untuk menentukan kualitas berdasarkan penilaian lima reviewer. Produk SSP berbasis STREAM yang dikembangkan terdiri atas 6 komponen, yaitu silabus, RPP, handout, LKPD, dan media pembelajaran (power point), dan lembar penilaian Produk awal SSP berbasis STREAM ini ditinjau oleh peer reviewer dan expert judgement. Kualitas SSP berbasis STREAM diperoleh dari penilaian dan peninjauan lebih lanjut olah 5 guru kimia SMK sebagai reviewer. Hasil penelitian ini berupa SSP berbasis STREAM) dengan materi pokok sel volta untuk SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa kelas X semester 2 dengan kualitas secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 90,80%.
ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN KIMIA AKHIR SEMESTER GASAL KELAS XII SMA SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Jane Maureen; Das Salirawati
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i6.4599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian kimia akhir semester gasal kelas XII SMA ditinjau dari perbandingan tingkat kognitif, kesesuaian materi dengan Kurikulum 2013, kesalahan pada pengetahuan faktual, salah konsep, dan salah kontruksi.Desain penelitian ini adalah rancangan satu sampel yang dikenakan pada soal ujian kimia akhir semester gasal kelas XII SMA se-DIY tahun pelajaran 2015/2016 yang menerapkan Kurikulum 2013 dan membuat soal ujian akhir semester secara mandiri. Sebanyak 466 butir soal berasal dari tiga belas SMA dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Butir soal dianalisis menggunakan lembar pengumpulan data berupa tabel yang meliputi perbandingan tingkat kognitif, kesesuaian materi dengan Kurikulum 2013, kesalahan pada pengetahuan faktual, salah konsep, dan salah konstruksi.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perbandingan tingkat kognitif untuk C1, C2, C3, dan C4,5,6 berturut-turut sebesar 20,29% : 20,58% : 43,17% : 15,96%. Ada beberapa materi yang dicantumkan dalam soal yang tidak sesuai dengan Kurikulum 2013, yaitu materi Kimia Radioaktif dan Stoikiometri. Butir soal yang mengalami kesalahan pengetahuan faktual sebanyak 29,89%. Kesalahan yang paling sering ditemukan adalah kesalahan pada pengetahuan tentang terminologi, yaitu 99,49% dari seluruh kesalahan. Rata-rata persentase butir soal yang mengalami salah konsep sebesar 1,38%. Rata-rata persentase butir soal yang mengalami salah kontruksi untuk masing-masing bentuk soal pilihan ganda, isian, dan uraian berturut-turut sebesar 47,38% 40%, dan 69,83%. Salah konstruksi yang paling banyak ditemukan adalah penggunaan tata tulis yang tidak tepat.
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA Nining Istiqomah; Eli Rohaeti
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i6.4602

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan prestasi belajar kimia antara siswa yang tidak dan yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan teknik tutor sebaya apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.Penelitian eksperimen ini dilakukan di kelas X SMA XXX Yogyakarta dengan sampel 64 siswa yang diambil secara teknik purposive. Data keaktifan belajar siswa diperoleh melalui teknik angket dan diamati menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar kimia diperoleh melalui posttest. Teknik analisis keaktifan belajar siswa diperoleh dengan uji-t beda subjek. Analisis data terhadap prestasi belajar menggunakan analisis kovariat satu jalur dengan pengetahuan awal sebagai kovariat.Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada keaktifan belajar, namun terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia siswa yang tidak dan yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan teknik tutor sebaya, apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
Korelasi antara Kelengkapan Alat dan Bahan Laboratorium dengan Keterampilan Praktikum Kimia dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 Di SMA Negeri 1 Sleman Shofiatun Zurida; Suyanta Suyanta
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i6.4604

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Kelengkapan alat dan bahan laboratorium kimia di SMA Negeri 1 Sleman, 2) Keterampilan praktikum kimia, 3) Prestasi belajar peserta didik, 4) Korelasi kelengkapan alat dan bahan laboratorium kimia dengan keterampilan praktikum, 5) Korelasi kelengkapan alat dan bahan laboratorium kimia dengan prestasi belajar, 6) Korelasi keterampilan praktikum dengan prestasi peserta didik kela XI MIA materi pembelajaran titrasi asam basa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sleman dan sampel penelitian ini adalah peserta didik yang diambil dari keseluruhan peserta didik kelas XI tersebut dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah daftar cek, lembar observasi, dan angket penilaian diri. Prestasi belajar diperoleh dari nilai ulangan harian peserta didik. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan alat dan bahan laboratorium termasuk dalam kriteria Lengkap, keterampilan berkriteria Terampil, dan prestasi belajar berkriteria Baik. Kelengkapan alat dan bahan laboratorium juga berkaitan dengan keterampilan dan prestasi belajarpeserta didik. Uji korelasi menggunakan korelasi product moment untuk hubungan antara keterampilan dengan prestasi belajar, menunjukkan bahwa keduanya tidak memiliki hubungan (tidak berkaitan) karena nilai r hitung (rxy = 0,217) lebih kecil dari r tabel (r tabel = 0,2732).

Page 1 of 1 | Total Record : 6