cover
Contact Name
Ida Bagus Komang Sindu Putra
Contact Email
sinduputra85@gmail.com
Phone
+6287762805679
Journal Mail Official
sinduputra85@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ratna No.51, Tonja, Kec. Denpasar Utara Kota Denpasar, Bali 80237
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 25284037     EISSN : 26158396     DOI : https://doi.org/10.25078
Core Subject : Education,
Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PW) merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini pada Fakultas Dharma Acarya dan diterbitkan oleh Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Jurnal Pratama Widya juga bekerjasama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PJJPAUD) dan Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (APG PAUD)
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023" : 10 Documents clear
PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO: PENANAMAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUMBAWA DI TK PGRI ONGKO Muammar Qadafi; Nani Husnaini; Leni Sasriani
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2208

Abstract

Permainan tradisional di Indonesia belakangan ini sudah mulai digeser oleh permainanberbasis teknologi, padahal permainan tradisional syarat akan nilai-nilai karakter. Risetini bertujuan untuk mengetahui jenis serta penerapan permainan tradisional Sumbawa dannilai-nilai karakter yang terdapat dalam permainan tradisional Sumbawa di TK PGRIOngko. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis fenomenologis,sedangkan teknik dalam pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dandokumentasi. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa terdapat dua jenispermainan tradisional Sumbawa yang dimainkan, yaitu kolodood dan tampek ada bulandan dimainkan secara terjadwal sekali seminggu dan kadang-kadang dimainkan anakanakdi luar jadwal yang ditetapkan oleh sekolah pada saat jam istirahat. Beberapa nilaikarakter yang terdapat dalam permainan tradisional ini antara lain disiplin, kerja sama,jujur, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, peduli sosial, cinta tanah air, mandiri, dantoleransi.
PENANGANAN ANAK TUNAWICARA : STUDI KASUS: PENANGANAN ANAK TUNAWICARA : STUDI KASUS Veryawan; Juliati; Dwi Septi Anjas Wulan
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2329

Abstract

Pendidikan inklusif seharusnya menempatkan anak berkebutuhan khusus sejajar dengananak normal lainnya. Tunawicara adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak mampumengungkapkan gagasannya kepada orang lain dengan menggunakan alat bicaranya.Jenis penelitian ini ialah studi kasus sehingga menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasipenelitian ini dilakukan di RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Subjek penelitian ini adalahanak tunawicara sekaligus guru RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Dalam pengumpulan datapada penelitian ini mengunakan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalampenelitian ini, penulis tertarik untuk mengkaji penanganan anak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Urutan masalah yang akan dikaji adalah: (1) Bagaimana ciri-cirianak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa? (2) Bagaimana penanganan anaktunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa? dan (3) Hambatan apa yang dihadapi gurudalam menangani anak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa?
per PERMAINAN MEMANCING IKAN KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B1 TK DHARMA KUMARA IV BUDUK: EFEKTIVITAS PERMAINAN PAPER FISH FISHING TERHADAP PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI Ni KomangTheda Febrina Subagia; Christiani Endah Poerwati; Lusiana Christania; Nona Mulia Pasaribu; Aplia Putni Malo
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2360

Abstract

Kemampuan mengenal angka pada anak usia dini harus terus diasah melalui cara yangmenarik dan menyenangkan yakni melalui permainan paper fish fishing. Dilakukannyapenelitian ini untuk melihat efektivitas dari permainan paper fish fishing sebagai upayameningkatkan kemampuan pengenalan angka pada anak di kelas B1 TK Dharma KumaraIV Buduk. Penelitian Tindakan Kelas ini terbagi dalam dua siklus, disetiap siklus terdapatempat tahapan prosedur: tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahappengamatan tindakan dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasiberpanduan pada rubrik yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Melalui hasilobservasi awal ketuntasan anak dalam pengenalan angka sebesar 38,10%. Setelahpelaksanaan Siklus I terjadi peningkatan menjadi 57,14% dan diakhir Siklus II menjadi90,48%. Dapat ditarik kesimpulan peningkatan kemampuan pengenalan angka pada anakdapat diraih melalui bermain permainan paper fish fishing. Implikasi dari pelaksanaanpermainan ini yakni: anak dapat menyebutkan angka, mengurutkan angka, memasangkanangka berdasarkan jumlah benda serta menghubungkan jumlah benda sesuai denganangka. Sehingga diharapkan tenaga pendidik dapat menerapkan permainan ini dalamkegiatan pembelajaran bersama dengan anak demi terwujudnya sebuah prosespembelajaran yang bersifat aktif serta menyenangkan bagi anak secara khusus saat belajarpengenalan angka.
LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIR: LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK SPICC UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI Sri Sofiana Amni; Ni Wayan Ria Lestari
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2404

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan bimbingan konseling pada seluruhsatuan tingkat pendidikan utamanya pada anak usia dini. Karena pembelajaran sertapengalaman belajar yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini dapat mempengaruhiperilaku anak pada jenjang pendidikan selanjutnya baik di tingkat sekolah dasar,menengah, bahkan sampai jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, model layananbimbingan konseling anak usia dini yang dilengkapi dengan teknologi SPICC(Sequentially Planned Integrative Counselling for Children) diperlukan untukmeningkatkan kepercayaan berdasarkan hasil penelitian awal yang diperoleh dandidukung oleh pendapat ahli. Penelitian dikembangkan menggunakan prinsip sertatahapan Borg dan Gall. Hasil yang diperoleh berdasarkan pengamatan yang penelitilakukan yaitu: (a) tingkat rasa percaya diri anak usia dini di Kelompok Bermain (KB)Gemilang secara keseluruhan sebelum diberikan perlakuan memiliki kategori sedang,namun ketika telah diberi perlakuan tingkat rasa percaya diri anak meningkat di leveltinggi. (b) teknik SPICC (Sequentially Planned Integrative Counselling for Children)menghasilkan layanan bimbingan konseling anak usia dini yang mengakibatkan rasapercaya dini anak menjadi meningkat. Teknik ini sendiri tersusun dalam 7 lapisan bagiandiantaranya: bersifat rasional, adanya visi dan misi, memiliki tujuan, isi layananbimbingan konseling AUD menggunakan teknik SPICC (Sequentially PlannedIntegrative Counselling for Children), terdapat dukungan sistem, prosedur layananbimbingan konseling AUD dengan teknik SPICC (Sequentially Planned IntegrativeCounselling for Children), adanya evaluasi dan monitoring. (c) model layanan bimbingankonseling AUD menggunakan teknik SPICC (Sequentially Planned IntegrativeCounselling for Children) sangat cocok diterapkan sehingga rasa percaya diri anak diKelompok Bermain Gemilang meningkat.
KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SE-KECAMATAN KALIORANG: KENDALA GURU PAUD MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 Budi Rahardjo; Yunita Rusdiana; Evie Palenewen; Fachrul Rozie
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2409

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak pandemi COVID-19 ditinjau dari prosespembelajaran yang dirasakan oleh pendidik PAUD. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kendala internal dan eksternal serta strategi guru PAUD mengajar pada masapandemi. Desain penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara tidak terstruktur, dan studidokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitianmenunjukkan: bahwa, (1) Guru tidak siap dalam mengajar pada masa pandemi karenaguru tidak mampu menyediakan seluruh perangkat pembelajaran secara lengkap,(2)Kendala eksternal yang guru rasakan selama mengajar daring, diantaranya kurangpartisipasi orang tua dalam mendampingi anak, keterbatasan fasilitas sarana danprasarana di rumah, dan ketidakstabilan jaringan internet, (3) Strategi yang guru lakukandalam mengatasi orang tua yang kurang berpartisipasi dalam mendampingi anak belajardi rumah dengan menelepon orang tua, minimnya sarana belajar di rumah, ditanganidengan strategi home-visit mengantarkan tugas mingguan untuk anak, serta keterbatasanjaringan internet dengan mencari tempat yang memiliki internet yang stabil. Dengandemikian, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian tentang gambarankendala dan strategi guru dalam mengajar di masa pandemi COVID-19.
PERILAKU GASLIGHTING PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK USIA DINI: POLA ASUH ORANGTUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI: ANALISIS DAMPAK PERILAKU GASLIGHTING PARENTING I Putu Adi Saskara; Ulio; I Gusti Arya Anggriawan
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2415

Abstract

Gaslighting adalah bentuk manipulasi komunikasi dan psikologis dimana seseorangberusaha menabur benih keraguan pada orang lain, membuat mereka mempertanyakaningatan, persepsi, atau kewarasan mereka sendiri. Dalam hal mengasuh anak, gaslightingbisa menjadi taktik destruktif dan merusak yang digunakan oleh orang tua untukmengontrol dan memanipulasi anak-anak mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenganalisis dampak perilaku gaslighting terhadap perkembangan psikologis dankomunikasi dari anak usia dini. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif deskriptif dan wawancara. Sumber datanya adalah dari studi observasi,wawancara korban yang pernah mengalami perilaku gaslighting. Serta beberapapemahaman dari literatur maupun orang yang ahli di dalam psikologi anak seperti dokter,psikolog dan yang lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa sebanyak 67% seoranganak sering mendapatkan perlakuan gaslighting parenting dari orangtua mereka di daerahMengwi. Oleh karena itu perilaku gaslighting ini sendiri sebaiknya lebih diperhatikanoleh orang tua, baik itu dilakukan secara sadar maupun secara tidak sadar karena dapatmemberikan pengaruh yang sangat signifikan pada anak. Penerapan gaslighting di dalammendidik anak sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan untuk menghindarikemungkinan-kemungkinan buruk yang tidak diharapkan dalam sebuah keluarga.Pentingnya meluangkan waktu bersama, serta komunikasi antara orangtua dan anak dapatmengurangi kemungkinan anak menerima stress yang berlebihan untuk kesehatanmentalnya di kemudian hari. Hal ini juga bertujuan agar anak dapat tumbuh dengankondisi mental yang stabil dan lebih dewasa dalam menghadapi masalah yang ada di masadepan
PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI: PENDIDIKAN KARAKTER BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN SARASWATI I Gede Arya Wiradnyana; I Putu Yoga Purandina; Komang Agus Budhi Arya Pramana
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan metode-metode pendidikan karakterbermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, (2)mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha diPratama Widya Pasraman Saraswati, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala yangdihadapi guru di Pratama Widya Pasraman Saraswati dalam mengembangkan nilai-nilaipendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha. Pendekatan penelitian ini adalahkualitatif dengan subjek guru, siswa, dan kepala sekolah di Pratama Widya PasramanSaraswati. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara dan studi dokumen.Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan,ditemukan beberapa temuan sebagai berikut: (1) metode-metode pendidikan karakterbermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati terfokus padametode keteladanan dan metode pembiasaan , (2) nilai-nilai pendidikan karakterbermuatan Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Saraswati, yaitu: berpikirpositif, religius, meyakini hukum sebab akibat, berkata sopan, berkata jujur, kasih sayang,berbuat jujur, peduli sesama dan lingkungan, dan disiplin, (3) kendala-kendala penerapanpendidikan karakter bermuatan Tri Kaya Parisudha terbagi atas kendala internal yangbersumber dari kemampuan anak dalam mencerna nilai-nilai karakter bermuatan TriKaya Parisudha dan kendala eksternal yang bersumber dari keterlibatan orang tua.
STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK: STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK Putu Aditya Antara; Ni Putu Sinta Dewi; Ni Nyoman Chintya Ari Putri
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2422

Abstract

Kurangnya stimulasi kemampuan sosial anak usia dini disekolah menyebabkan belumoptimalnya perkembangan social anak. Gerak tari kreatif (creative movement)mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan sosoal anak usia dini. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data tentang upaya gurumenerapkan gerak tari kreatif untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melaluikegiatan gerak kreatif di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Lab School, Singaraja, Bali,dengan jumlah anak sebanyak 24 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, catatan lapangan, instrumen pemantau tindakan dan dokumentasi. Analisisdata disajikan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil data secara kuantitatif menunjukanbahwa keterampilan sosial anak dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui tarikreatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rerata kelaspada pra tindakan sebesar 49,30%. Setelah dilakukan tindakan dalam siklus I meningkatrerata kelas menjadi 71,18% dan siklus II meningkat menjadi 84,42%. Dari hasilpenelitian ini maka dapat disimpulkan gerak kreratif dapat meningkatkan danberpengaruh positif terhadap kemampuan sosial anak.
KARAKTER EXTRAKULIKULER DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER TK KUMARA BHUANA: EXTRAKULIKULER DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER TK KUMARA BHUANA Gusti Ayu Agung Riesa Mahendradhani
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2432

Abstract

Pendidikan Usia Dini merupakan jenjang pendidikan yang berlangsung dari usia 1-6tahun dimana pada rentang usia ini anak memiliki kemampuan penyerapan danpenanaman konsep yang tinggi. Pada jenjang ini pendidikan formal dibentuk agar mampumengembangkan kecerdasan kognitif maupun kecerdasan emosional peserta didik.Pemerintah secara berkelanjutan mengembangkan sistem pendidikan yang mendukunghal tersebut utamanya kecerdasan emosional sebagai basis pengembangan karakter.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program ekstrakurikuler denganpembentukan karakter anak usia dini dalam lingkungan formal pendidikan. Adapunrumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ekstrakurikuler terhadappengembangan karakter di TK Kumara Bhuana. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjekpenelitian ini kelas B1 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan guru wali sebanyak1 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu datacollection, data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa kegiatan ekstrakurikuler mampu mengembangkan empati, disiplin dan mandiri.Melalui ekstrakurikuler tari peserta didik menunjukkan sikap mandiri dalam bentukkemauan penguasaan gerak sesuai dengan irama gamelan, sikap disiplin ditunjukkandengan ditunjukkan dengan merapikan alat belajar serta menyelesaikan tugas-tugas yangdiberikan guru seperti melipat kertas sesuai bentuk yang diinstruksikan. Empatiterbangun di dalam kelompok-kelompok kecil terlihat dari kemauan membantumengurangi kecepatan gerakan tari agar dapat dilakukan secara continue bersama-sama.Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di TK Kumara Bhuana anak mampumengembangkan karakter disiplin, empati, dan mandiri. Karakter ini menjadi pondasipenting dalam mengembangkan soft skill yang nantinya akan menjadi dasar SDM yangbermutu yaitu cerdas dan berkarakter.
Chai’s Play, Aplikasi Parenting dan Permainan Milenial untuk Aktivitas Tumbuh Kembang Anak Usia Dini: CHAI’S PLAY, APLIKASI PARENTING DAN PERMAINAN MILENIAL UNTUK AKTIVITAS TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI Kadek Bayu Indrayasa; Putu Emy Suryanti
PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8 No 1 (2023): Pratama Widya April 2023
Publisher : UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25078/pw.v8i1.2438

Abstract

Ibu dengan rentang usia kurang dari 35 tahun aktif mengakses media digital karenasedang dalam proses menjadi orang tua baru. Menjadi bagian dari generasi milenialmenuntut mereka untuk menjadi generasi baru yang mengacu pada generasi sosial denganrentang usia yang kurang lebih sama untuk berbagi informasi tentang kehidupan keluargadan dinamika di dalamnya. Informasi di berbagai laman digital merupakan jawaban ataskebutuhan yang dilalui seseorang dalam menghadapi fase kehidupan baru. Pergeseranperolehan informasi didukung oleh perkembangan media dengan berbagai jenis dan fituryang ditawarkan. Akses informasi yang semula dilakukan secara langsung melaluiteguran orang tua atau lanjut usia, kini dengan mudah mencari di internet segala informasiyang dibutuhkan dalam mengasuh anak. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkajitentang aplikasi Chai’s Play sebagai aplikasi parenting yang sangat penting bagi orangtua milenial karena saat ini masih banyak belum paham pola asuh dan keunggulanperkembangan pada anak mereka. Objek penelitian ini adalah aplikasi chai’s play sebagaiaplikasi parenting dan permainan milenial untuk aktivitas tumbuh kembang anak usiadini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif denganmetode kajian kepustakaan (library research) dengan menelaah literatur yang relevandengan topik kajian ini. Tahapan penelitian yang dilaksanakan dimulai denganmenghimpun sumber kepustakaan, baik primer maupun sekunder. Pada tahap lanjutpeneliti mengolah daya dan mengutip referensi untuk ditampilkan sebagai temuanpenelitian, diabstrakkan dan diiterpretasikan. Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah analisis data (content analysis) dengan teknik pengumpulan datayang digunakan adalah dokumentasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10