cover
Contact Name
Zahra Khusnul Lathifah
Contact Email
zahra.khusnul.lathifah@unida.ac.id
Phone
+628997663302
Journal Mail Official
repository.jurnal@unida.ac.id
Editorial Address
Gedung G Lantai 3 Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Djuanda Bogor, Jl. Tol Ciawi No 1 Po Box 35 Bogor 16720, Jawa Barat, Indonesia.
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
ISSN : -     EISSN : 29867231     DOI : doi.org/10.30997/alkaff.v2i3
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted manuscripts will go through double-blind peer review and editorial review before being granted acceptance for publication. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA has a mission to disseminate various results of student scientific research as a means of information and knowledge media, especially for students of the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education, Djuanda University in the fields of Education, Management of Islamic Education, Language Education Arabic, Islamic economics and finance. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Studies publishes research articles in Teaching and Learning, Curriculum, Evaluation, Inclusive Learning Innovation, Management of Islamic education, Guidance on educational and institutional management, Arabic Language, Islamic Economics, and finance.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora" : 10 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU KELAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI LEUWIBATU 06 Pajriani Dewi; Amir Mahrudin; Syukri Indra
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan guru kelas terhadap peserta didik di SD NegeriLeuwibatu 06. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Leuwibatu 06, Desa Leuwibatu, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan IV yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi peserta didik dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan IV SDN Leuwibatu 06 yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampel jenuh yang semua populasinya dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Penelitian ini menggunakan instrumen skala kepemimpinan guru kelas dan skala perilaku belajar peserta didik. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan teknik analisis yang dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 3,861 dan t tabel sebesar 2,021, dengan nilai signifikansi 0,000 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara variabel kepemimpinan guru kelas terhadap perilaku belajar peserta didik di SD Negeri Leuwibatu 06.
ANALISIS KEMAMPUAN CARA BERPIKIR MATEMATIS SISWA TUNARUNGU DALAM MENUNTASKAN MASALAH OPERASI HITUNG Dewi Kania; La Ode Amril; Helmia Tasti Adri
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan cara berpikir matematis ialah kemampuan mengeksplorasi, menetapkan praduga serta menetapkan alasan logis agar dapat menuntaskan masalah yang berkaitan dengan matematika. Penyelesaikan masalah dalam konteks nyata selalu berkaitan dengan menghitung bilangan serta sering dialami oleh berbagai pihak, begitupun juga dialami oleh siswa tunarungu. Sehingga, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menuntaskan masalah pada operasi menghitung bilangan harus dikuasai. Tujuan pada analisis ini yaitu untuk mengetahui kecakapan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menuntaskan permasalahan pada operasi meghitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar. Analisis ini dilakukan menggunakan prinsip kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, hasil tes, dan observasi. Validasi yang dilakukan yaitu uji kredibilitas melalui triangulasi teknik. Perolehan hasil analisis yaitu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menuntaskan masalah menghitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar, yaitu para siswa tunarungu memiliki kecapan dalam menuntaskan masalah menghitung bilangan secara sederhana. Pendekatan dalam menuntaskan masalah selalu mengasosiasikan permasalahan dengan kehidupan nyata para siswa tunarungu. Kepercayaan para siswa tunarungu terhadap matematika dipengaruhi oleh pemahaman konsep menghitung bilangan pada masing-masing siswa. Kemampuan para siswa tunarungu dalam meyakinkan jawaban penyelesaian masalah menghitung bilangan, yaitu  memiliki keyakinan yang tinggi pada menghitung bilangan penjumlahan serta pengurangan, sedangkan keyakinan yang rendah pada menghitung bilangan perkalian serta pembagian.
PENERAPAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT MENENGAH PERTAMA Iis Naenia; Radif Khotamir Rusli; Zahra Fitrah Raja Guk Guk
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa dibawah pengawasan guru. Pemilihan sekolah merupakan salah satu hal yang sangat penting dikarenakan dapat mempengaruhi pendidikan di masa depan. Persoalan muncul disaat banyaknya pilihan sekolah yang memberikan beragam tawaran dan pilihan kepada calon siswanya. ANP adalah metode yang digunakan untuk menentukan suatu kepastian dari banyaknya kriteria yang saling berhubungan serta memberikan timbal balik secara sistematis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran dari perhitungan ANP dengan teknik pengumpulan data yang berbentuk observasi, wawancara, dan kuisioner serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh mengunakan metode ANP, yang menjadi perioritas dalam strategi memilih sekolah lanjutan tingkat menengah pertama adalah biaya dengan nilai geomean sebesar 0,67 (67 %), disusul oleh staff pengajar dengan rata-rata 0,46 (46 %), alumni 0,39 (39 %), akreditasi 0,20 (20 %), fasilitas 0,14 (14 %) dan terakhir adalah lokasi dengan nilai 0,12 (12 %). Sedangkan pemilihan sekolah yang disarankan dengan mempertimbangan kualifikasi yang ada adalah SMP 16 Depok menjadi urutan pertama sebagi rekomendasi sekolah lanjutan tingkat pertama dengan nlai geomean 0,26 (26 %).
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DALAM PENGEMBANGAN RPP OLEH PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR Afrida Sesrita
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ialah kegiatan yang merencanakan pembelajaran secara langsung untuk setiap satu pertemuan atau lebih di dalam kelas. Pengembangan RPP berdasarkan silabus untuk memberikan arahan terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik dikelas dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Namun beberapa pendidik mengalami kendala dalam pengembangan RPP maka dari itu tujuan dari mengidentifikasi permasalahan dalam proses pengembangan RPP. Adapun untuk metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pendidik di SD Negeri Cimande 1 dengan model Miles & Huberman dan Dari hasil kegiatan dalam penelitian kesimpulan yang bisa ditarik yaitu permasalahan dalam proses pengembangan RPP adalah kurangnya pengetahuan tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam RPP kemudian kendala waktu yang tidak cukup banyak dalam proses pengembangan RPP dikarenakan kesibukan yang lain di sekolah maupun diluar sekolah, dan sarana dan prasaran yang kurang memadai untuk mewujudkan target yang dibuat di dalam RPP juga menjadi kendala bagi pendidik di SD Negeri Cimande 1. Adapun hal tersebut tidak mengurangi proses pembuatan RPP karena para pendidik selalu berpatokan pada Langkah-langkah dan tujuan dalam pembuatan RPP.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KESISWAAN: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW Hamurdani; Abdul Kholik
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengulas dan menganalisis hasil penelitian terkini yang telah dilakukan terkait sistem informasi manajemen kesiswaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review melalui tiga tahap, yaitu planning, conducting, dan reporting. Pengumpulan data dilakukan dengan proses dan strategi pencarian melalui portal Garuda – Garba Rujukan Digital dengan filter pada tahun 2019 – 2023, ditetapkan sebanyak 15 paper yang sesuai kriteria dan telah melalui tahap penyaringan dan seleksi. Kemudian sintesis dan analisis data dilakukan untuk menjawab research questions yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen bekerja untuk membantu meningkatkan pengolahan data siswa dianataranya yaitu: 1) pengumpulan dan penyimpanan data yang efisien. 2) Aksesibilitas dan ketersediaan data yang lebih baik 3) Analisis dan pelaporan yang lebih baik. 4) Integrasi dengan sistem lainnya, dan 5) Komunikasi yang lebih efektif. Pengelolaan data terkait sistem informasi manajemen kesiswaan paling banyak dilakukan dalam  penilaian dan pengelolaan nilai  siswa sebanyak 46%. Beberapa teknologi dan platform yang paling banyak digunakan dalam penerapan SIM kesiswaan yaitu aplikasi web, aplikasi mobile, dan basis data. Term yang memiliki hubungan terkait management information system terdapat 17 term berdasarkan visualisasi jaringan.
KONSEP PENDIDIKAN ANAK BERDASARKAN HADIST NABI: PEDOMAN UNTUK MEMBIMBING GENERASI BERTAKWA Muhammad Najmi Haqqoni; Nisa Fariha Amalia putri; Muhammad Rendi Ramdhani
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan anak merupakan aspek penting dalam membentuk karakter dan masa depan mereka. Adapun penelitian ini bertujuan untuk dapat dijadikan pedoman bagi seorang muslim dalam hal mendidik anak agar dapat menjadi generasi bertakwa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode studi literatur atau disebut juga studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah dikemukakannya hadis-hadis tentang pendidikan bagi anak yang dapat dijadikan pedoman bagi orang tua dalam mendidik anak mulai dari memberikan nama kepada anak, memberikan pendidikan terbaik pada anak, hingga mewajibkan anak untuk beribadah kepada Allah SWT. Dapat diartikan bahwasannya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dan pendidikan anak. Besar harapan kami penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi orang tua dalam hal pendidikan anak. Kata kunci: Pendidikan anak, hadist- hadist, islam, pengajaran yang tepat, generasi bertakwa
PROGRAM BENGKEL QUR’AN DALAM MENGANTISIPASI LEARNING LOSS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS FATHAN MUBINA Siti Rodiah; Hasan Bisri; Muhammad Rendi Ramdhani
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada masa pandemi Covid-19, yaitu kurang efektifnya pembelajaran jarak jauh terutama pada kegiatan intrakurikuler Al-Qur’an. Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama maka akan berdampak pada learning loss. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjabarkan pelaksanaan Program Bengkel Qur’an dalam mengantisipasi learning loss pada masa pandemi Covid-19 di MTs Fathan Mubina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Bengkel Qur’an dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu, Baca Tulis Qur’an (BTQ), Tadarus Al-Qur’an, dan Tahfidz Al-Qur’an. Bagi peserta didik yang belum mahir membaca atau menulis huruf Arab diwajibkan mengikuti kegiatan BTQ. Bagi peserta didik yang sudah mahir Baca Tulis Qur’an diwajibkan mengikuti kegiatan Tadarus Al-Qur’an serta bagi peserta didik yang sudah mahir Baca Tulis Qur’an dan ingin melanjutkan pada hafalan diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan Tahfidz Al-Qur’an. Namun, bagi seluruh peserta didik kelas IX wajib mengikuti kegiatan Tahfidz karena persyaratan pengambilan ijazah di MTs Fathan Mubina harus memiliki hafalan Al-Qur’an, yakni juz ke-30. Upaya dalam mengantisipasi learning loss tergambar dari pelaksanaan setiap kegiatan Program Bengkel Qur’an yang dilakukan dengan menerapkan sistem pembelajaran tatap muka terbatas serta dilihat melalui hasil capaian peserta didik atau aspek kognitif dan aspek afektif peserta didik.
PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Yuniar Riness; Radif Khotamir Rusli; Irwan Efendi
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang bertujuan agar dapat mengetahui gambaran penggunaan pembelajaran pada Metode Problem Solving dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SD, melihat hasil belajar pada pembelajaran Matematika siswa kelas V SD dan mengetahui bagaimana hasil dari diterapkannya metode problem solving tentang hasil belajar Matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebasnya ialah metode problem solving dan variabel terikatnya ialah hasil belajar. Populasi dalam penelitian inii adallah seluruh siswa kelas V.SDN Kedung Badak 1 Bogor yang berjumlah 63 siswa. Dalaam penelitiian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 32 siswa menggunakann metode problem solving dan VB sebanyak 31 siswa menggunakan pembelajaran konvensional.Teknik analisis data yang dipakai oleh dalam penelitian ini adalaah analisis deskriptif statistik. Pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Kedung badak 1 Bogor termasuk pada kategori baik, hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen pada umumnya termasuk pada kategori tinggi sedang pada kelas control termasuk pada kategori sedang. Dengan digunakannya metode tersebut maka terdapat pengaruh positif pada hasil belajar dalam pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Kedung Badak 1 Bogor. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji t, pada kelaseksperimen dan kelaskontrol diketahui nilai thitung  4,045 > nilai ttabel 1,99962 value. Maka, hasilakhir uji independent sample t-test menunjukkan kalau ada pengaruh pada hasil belajar siswa yang memakai metode problem solving dengan siswa yang memakai pebelajaran secara konvensional. Dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika.
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH RELIGIUS DI SD ISLAM AL MUSTARIH Syahrul Sentosa; Hasan Bisri; Irman Suherman
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abad ke-21 memberikan suatu tantangan yang sangat signifikan di berbagai dimensi kehidupan bangsa.Semakin hari, moral generasi Bangsa mengalami kemerosotan, maka dari itu perlu adanya suatu pengembangan budaya religius di dalam dunia pendidikan khususnya di Sekolah Dasar bahwa kepala sekolah harus dengan tanggap menjalankan strategi dalam mengembangkan budaya religius. Jenis penelitian yang digunakan yaitukualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara (kepala sekolah, guruPAI dan Koordinator BTQ), observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini denganmenggunakan analisis miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi kepala sekolah dalammengembangkan budaya religius di SD Islam Al Mustarih berjalan dengan baik bahkan pada saat pandemi covid-19 pun masih bisa dijalankan meskipun tidak 100 % dilakukan secara offline. Budaya religius erat kaitannya dengan pendidikan karakter. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam mengembangkan budaya religius diantaranya seperti shalat Dhuha Berjamaah, TAADAFI (tauhid, akhlaq, aqidah, tajwid, doa harian dan fiqih), PHBI, kultum, Tarhib Ramadahan, pengajian rutin guru, santunan kaum Dhuafa, Tahfidz Quran, Festival, galang dana palestina, dll. Selain itu dalam kegiatan PBM (Proses Belajar Mengajar) juga selalu dihubungkan dengan hal-hal yang bersifat religius agar terdapat sinkronisasi antara ilmu pengetahuan dengan agama.
STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BOGOR Muhammad Zahfal Abdi Satria; Maya Apriyana
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada sekolah menengah atas di kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah suber data lapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan yakni dengan cara menentukan perumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang dilaksanakan melalui peningkatan mutu program pendidikan, kegiatan lingkungan internal dan eksternal sekolah, budaya sekolah, penanaman norma dan pembiasaan. Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan melalui sejumlah pertemuan dinas melibatkan manajemen puncak dan semua personil sekolah dan masyarakat baik jangka pendek, menengah dan panjang untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10