cover
Contact Name
RUSDYI HABSYI
Contact Email
jimatjurnal@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
rusdy.habsy@gmail.com
Editorial Address
Jln. Batu Agus Kelurahan Tabam Rt 06 Rw 02 Kec. Ternate Utara.
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika. Dengan menggunakan Open Journal System (OJS), JIMAT dapat diakses secara luas dan para peneliti dapat men-submit hasil-hasil penelitian yang dikemas dalam bentuk artikel dengan mengikuti panduan-panduan yang telah disediakan oleh JIMAT. Jurnal ini semulanya berada dalam websait STKIP Kie Raha, Namun pada tahun 2023 url junal ini di mengalami perubahan, hal ini disebabkan karena perubahan institusi
Articles 47 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematka Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Swasta Gane Raya Ferliska Coko; Rusdyi Habsyi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4435613

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII SMP Swasta Gane Raya. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Recearch). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 19 orang. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, dan lembar observasi, untuk guru dan siswa. Setiap data yang dianalisis merupakan ssandingan antra data observasi aktivitas guru, maupun aktivitas siswa dengan hasil belajar disetiap siklus. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik tes, sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh dengan teknik non tes, Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat persentase ketuntasan belajar, sikulus I siswa yang tuntas hanya 5 siswa dari19 siswa dengan presentase 26,32% rata-rata nilai 62,74, sedangkan pada siklus II, sebanyak 17 siswa yang tuntas dari 19 siswa dengan presentase 89,47% rata-rata nilai 78,79. Dari data tersebut didukung juga dengan aktivitas guru dalam menerapkan Pembelajaran Problem Solving dan aktivitas siswa.
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan Marjan Aswad; Isman M Nur
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4435619

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan dan faktor apa saja untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma serta untuk mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma.Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara, tes uraian yang terdiri dari 4 soal. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 13 siswa. Berdasarkan analisis terhadap jawaban tes tertulis dan analisisterhadap hasil wawancara dengan siswa mengenai kesulitan mereka dalammenyelesaikan soal-soal bentuk logaritma yang telah dijelaskan sebelumnya, makadapat diuraikan sebagai berikut: 1. Kesulitan pada subjek yang pertama (S1)Subjek 1 cenderung kurang memahami kurang telitidalam mengubah bilagan senilaisehinga terdapat kesalahan prosedur dan juga kurang paham operasi pembagian itu sendiri. Padahal untuk langkah mengerjakan matematika hal yang paling utamaadalah memahami konsep operasi, 2. Kesulitan pada subjek yang kedua (S2)Subjek 2 masih banyak kebingungan pada penerapan sifat-sifat logaritma yang adakarena alasan banyaknya sifat-sifat logaritma tersebut, 3.Kesulitan pada subjek yang ketiga (S3) Subjek 3 mengalami kesulitan dalam memahami konsep, dan operasi. Padahal kesalahan konsep, operasi merupakan kesalahan mendasar yang sangatfatal dikarenakan kesalahan ini dapat menimbulkan kesalahan lainnya.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Stenli Ondokoi; Isnain Wali
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4437753

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Ternate dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (Think Pair Share). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa setelah pembelajaran pada siklus 1 terdiri atas 3 soal dengan jumlah skor 100, pada siklus 2 terdiri dari 3 soal dengan jumlah skor 100. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan data yang telah di kumpulkan akan di analisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat presentase ketuntasan belajar secara klasikal, setelah data di kumpulkan dengan menganalisis sehingga diperoleh hasil belajar pada tes awal siklus I sebesar 5,55% , 33,33% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Atematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Materi Segitiga Dan Segiempat Nusli Gogasa; Jufri Ade
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4437756

Abstract

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat,Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar matematika Dengan Strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes yang sesuai dengan instrumen penelitian yaitu terdiri dari tes awal, tes akhir dan lembar observasi analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung Tingkat Penguasaan (TP) kemudian dikonversikan kedalam Pedoman Acuhan Patokan (PAP) Skala 5, menghitung nilai rata-rata siswa dengan rumus rata-rata, menghitung peningkatan hasil belajar menggunakan uji Indeks Gain kemudian dikonversikan kedalam Interprestasi Nilai Gain (g) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 74,95 dan presentasinya 7495%.
Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Konsep Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan Zasmi Darto; Yani Awal
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4437761

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Konsep Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dan Subjek pelaku dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa yang pre tes dan post tes tentang hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar dengan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan dua siklus, pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar model kontekstual sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembelajaran kontekstual. Hasil belajar siswa pada pre tes hanya diperoleh 2 siswa atau 6,67 yang mendapat kualifikasi kurang dan 18 siswa atau 93,33 mendapat kualifikasi gagal serta tidak ada satupun siswa atau 0,0% mendapat kualifikasi memuaskan, baik atau cukup. Sedangkan pada post tes diperoleh 9 siswa atau 36,67% memperoleh kualifikasi memuaskan, 1 siswa atau 23,33% memperoleh kualifikasi baik, 7 siswa atau 30% yang memperoleh kualifikasi cukup, 3 siswa atau 10% memperoleh kualifikasi kurang dan tidak ada satupun yang mendapat kualifikasi gagal.
Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sifat Operasi Hitung Bilangan Isman M Nur; Diah Prawitha Sari
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 1 (2021): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4870099

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk menelusuri proses pemecahan masalah matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 1 siswa. Subjek penelitian tidak dipilih secara acak, tetapi dipilih berdasar pertimbangan potensi siswa dalam menyelesaikan masalah matematis, dan pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri yang dipandu dengan lembar tugas dan instrumen bantu berupa pedoman wawancara. Pengumpulan data dimulai dengan pemberian tes pemecahan masalah, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa mampu memecahkan masalah pada materi operasi hitung pada bilangan dengan menggunakan tahap pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya.
Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsepsistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Ternate Yani Awal; Titi Sandra Ajam
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 1 (2021): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4870289

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan strategi model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Ternate.Melalui metode ceramah, Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiridari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi.Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di SMP Negeri 13 Kota Ternate pada bulan Agustussampai bulan September 2020.Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes. Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa perbandingan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis siswa sesudah diadakan tindakan mengalami peningkatan yaitu dari tindakan siklus I sebesar 48,43% sampai 62,30 % Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dariperbandingan pada prasiklus kesiklus I (tingkat kualifikasi baik) dan dari siklus I kesiklus II (tingkat kualifikasi sangat baik). Oleh karenaitu, penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaranSPLDV menggunakan metode Inkuiripada siswa Kelas SMP Negeri 13 Kota Ternate dilakukan dengan efektif, lancar dan tuntas yang terlihatdari keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Halmahera Selatan Nurlaila H Tasanif; Asmira Sudiman
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 1 (2021): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4870610

Abstract

Model yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa yang pre tes dan post tes tentang hasil belajar siswa dalam meningkatkanhasil belajar pada pelajaran matematika dengan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan dua siklus, pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar model kontekstual sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembelajaran kontekstual. Proses pembelajaran pada siklus kedua peneliti lebih intensif membimbing kelompok serta memberikan motivasi kepada kelompok agar lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran. Sehingga pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model kontekstual telah berjalan sesuai yang diharapkan karena aktifitas siswa dalam pembelajaran sudah mengarah kepembelajaran model kontekstual secara lebih baik dan semua kelompok telah memahami langkah-langkah pembelajaran kontekstual sehingga pelaksanaan proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Berdasarkan hasil pre tes dan post tes dapat menunjukkan model pembelajaran kontekstual terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan. Hasil belajar siswa pada pre tes hanya diperoleh 2 siswa atau 6,67 yang mendapat kualifikasi kurang dan 18 siswa atau 93,33 mendapat kualifikasi gagal serta tidak ada satupun siswa atau 0,0% mendapat kualifikasi memuaskan, baik atau cukup. Sedangkan pada post tes diperoleh 9 siswa atau 36,67% memperoleh kualifikasi memuaskan, 1 siswa atau 23,33% memperoleh kualifikasi baik, 7 siswa atau 30% yang memperoleh kualifikasi cukup, 3 siswa atau 10% memperoleh kualifikasi kurang dan tidak ada satupun yang mendapat kualifikasi gagal.
Penerapan Model Pembelajaran Means End’s Analisys (MEA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Rusdyi Habsyi; Saribanun Bahalle
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 1 (2021): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4870940

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil Belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada materi pecahan bentuk aljabar di Kelas VII SMP Nurul Ilmi Posi-Posi Kayoa Selatan. (2) Aktivitas guru dan siswa saat di terapkan model pembelajaran Means Ends Analysis pada materi pecahan bentuk aljabar di kelas VII SMP Nurul Ilmi Posi-Posi Kayoa Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Nurul Ilmi Posi-Posi Kayoa Selatan. Hasil Temuan Penelitian ini menunjukan: (1) pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa yang dapat dideskripsikan diantaranya 7 siswa (23,33%) dengan kategori cukup, 12 siswa (40%) dengan kategori kurang dan 11 siswa (36,67%) dengan kategori gagal dengan nilai rata-rata 43,12 yang berkategori kurang. (2) pada siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 15 siswa (50%) dengan kategori memuaskan, 8 siswa (26.67%) dengan kategori baik dan 4 siswa (13,33%) dengan kategori cukup dan 3 siswa (10%) dengan kategori kurang, maka nilai rata-rata dari tes akhir pada siklus II yaitu 79,38 yang berkategori Baik. Selain dari paparan nilai diatas dapat dibuktikan juga dengan aktivitas guru dan siswa, dimana pada sisklu II aktivitas siswa sangat mencerminakan Penelitian ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Means Ends Analysis.
Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika soleman Talib
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 2 No 1 (2021): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4870788

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 12 Tidore Kepulauan pada semester ganjil tahun 2020/2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik random sampling. Sampel yang terpilih dikelompokkan dalam dua jenis yakni penggunaan strategi pembelajaran PQ4R dan strategi pembelajaran konvensional.Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika materi bilangan bulat. Untuk pengukuran minat belajar digunakan instrumen dalam bentuk pernyataan yang mengacu pada skala Likert.Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dan uji Tuckey sebagai Uji lanjut karena masing-masing kelompok data memiliki jumlah sampel yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari menggunakan strategi pembelajaran konvensional.(2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PQ4R dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) dengan uji Tuckey diperoleh hasil bahwa siswa yang mempunyai minat tinggi, hasil belajar matematika pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.(4) swa yang mempunyai minat rendah, hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.