cover
Contact Name
Fathul Zannah
Contact Email
fath.zannah@gmail.com
Phone
+6285248499199
Journal Mail Official
kbjpm.aisha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Anggrek Komplek Perumahan UMP Blok 5 No 70 Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by CV Aisha Edutama
ISSN : -     EISSN : 30471869     DOI : -
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat is an National Journal managed and published by Aisha Edutama three times a year every February (Issue 1), June (Issue 2) and October (Issue 3), contains scientific articles of community service in the fields of social and political, administration and public policy, communication and informatics, education and economics, counseling and society, agriculture and forestry, religious science of Islam, law, engineering, and health science topics.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Meningkatkan Layanan Pendidikan Dengan Program Bimbingan Belajar Tambahan Bagi Anak-anak Desa Pulantan Amalia Putri; Hana Aulia; Juli Nur Jannah; Muhammad Husein; Nor Hayati; Nor Maliah; Ita
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is something important and must be owned by everyone. Everyone has the right to get a decent education. Students have an important role in society. Through this Real Work Lecture (KKN) program, students can practice and apply their knowledge to village communities, especially in the field or education. This article refers to "Improving Education Services with Additional Tutoring Programs for Children in Pulantan Village". This research aims to accompany and help children who have difficulty learning independently. This research was carried out by KKN students at UIN Antasari Banjarmasin in Pulantan Village, Aluh District, Banjar Regency for 1 month, namely 13 October-13 November 2023. The method used in this research was PAR (Participatory Action Research), which is a method that involves all parties. This type of research is included in the type of qualitative research. The results obtained during this implementation are the enthusiasm and enthusiasm of children in learning, direct assistance and guidance of children, so that learning objectives can be achieved effectively.
Meningkatkan Layanan Pendidikan Dengan Program Bimbingan Belajar Tambahan Bagi Anak-anak Desa Pulantan Putri, Amalia; Aulia, Hana; Jannah, Juli Nur; Husein, Muhammad; Hayati, Nor; Maliah, Nur; Ita, Ita
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Mahasiswa mempunyai peranan penting dalam masyarakat. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini mahasiswa dapat mengamalkan dan mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat desa khususnya di bidang atau pendidikan. Artikel ini mengacu pada “Meningkatkan Pelayanan Pendidikan dengan Program Bimbingan Belajar Tambahan Bagi Anak di Desa Pulantan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi dan membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar mandiri. Penelitian ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin di Desa Pulantan Kecamatan Aluh Kabupaten Banjar selama 1 bulan yaitu tanggal 13 Oktober-13 November 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAR (Participatory Action Research), yaitu metode yang melibatkan semua pihak. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan ini adalah semangat dan semangat anak-anak dalam belajar, pendampingan dan bimbingan anak secara langsung, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.
Pelatihan Pembuatan Softener Pakaian untuk Meningkatkan Life Skill Siswa di MAN Kota Palangka Raya Rohmadi, Mukhlis; Septiana, Nurul; Nur’Ain, Latifah
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses belajar akan sangat menarik jika terkait dengan suatu hal yang dikenal oleh siswa, misalnya produk kimia rumah tangga. Produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari bahan kimia dan tidak semua bahan kimia berbahaya. Konsep belajar yang mengaitkan materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata siswa memiliki kelebihan dapat meningkatkan motivasi dan jiwa lifeskill siswa. Produk kimia rumah tangga tidak hanya bisa diproduksi oleh pabrik dalam skala besar, melainkan dalam skala kecil atau rumah tangga juga bisa dilakukan produksi. Tim pengabdian melakukan kegiatan pelatihan pembuatan produk kimia rumah tangga kepada siswa MAN Kota Palangkaraya salah satunya adalah pembuatan softener pakaian. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman bahwa kimia itu menyenangkan, memberikan keterampilan membuat produk kimia yang biasa dipakai sehari-hari, dan meningkatkan motivasi belajar siswa, dan juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survei/wawancara, persiapan, dan pelaksanaan dengan praktik bersama membuat softener pakaian.
Pendampingan Peningkatan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran MIPA MAN Kota Palangka Raya Melalui Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas Lestariningsih, Nanik; Mulyono, Yatin
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam profesionalismenya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Bimbingan penulisan PTK dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru mata pelajaran MIPA MAN Kota Palangka Raya tentang PTK dan meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan laporan PTK. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian yaitu ceramah, demonstrasi, dan bimbingan intensif dalam menyusun PTK. Metode ceramah untuk menyampaikan prinsip-prinsip PTK, prosedur PTK, implementasi PTK, dan prosedur penulisan laporan PTK. Metode pembimbingan untuk memberikan bimbingan dan pendampingan kepada peserta mempraktekkan mulai dari penyusunan masalah dalam proses pembelajaran yang dapat dipecahkan melalui PTK, rancangan proposal PTK, hingga penulisan laporan PTK. Metode yang digunakan untuk mengurangi kendala yang selama ini menjadi permasalahan Guru dalam membuat PTK.
Manajemen Sampah Daun:Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Praktik Penimbunan Yang Berkelanjutan Nuraina Rahmah; Febrianawati Yusup
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pola hidup teman terkait penanganan sampah organik, khususnya sampah daun, masih minim dengan banyaknya praktik membakar tanpa mempertimbangkan dampaknya. Dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan, diberikan edukasi mengenai cara yang benar untuk mengelola sampah tersebut, yakni dengan penimbunan sampah ke dalam galian tanah atau biopori. Penerapan biopori secara sederhana diharapkan menghasilkan humus atau pupuk kompos yang aman bagi lingkungan. Hasil dan dampak setelah pemberian edukasi mencakup pemahaman teman terhadap cara yang benar, kemampuan melaksanakannya secara mandiri, perubahan perilaku dengan pengurangan praktik pembakaran, serta peningkatan kesadaran akan lingkungan. Kesimpulannya, pemberian edukasi ini berhasil mengubah pola hidup teman dalam mengelola sampah organik menuju praktik yang lebih berkelanjutan.
Pelatihan Media Pembelajaran berbasis IT bagi Tutor PKBM di Kota Palangkaraya Rahmatullah; Fathul Zannah
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The rapid development of technology requires improvements in its implementation in learning activities, one of which is to use it as a learning medium. This activity aims to provide training in the use of information technology-based learning media in the form of plickers, one of which is to tutors at PKBM in Palangkaraya City, namely PKBM Luthfillah and PKBM Cahaya Bangsa. The training activity used lecture methods and direct practice which was carried out at the Matan Andau Resort on February 10 2024. This learning media training in the form of plickers is expected to be able to equip the tutors at PKBM to increase competency in helping to improve the quality of education.
Pelatihan Pengelolaan dan Budidaya Lele untuk Meningkatkan Produktivitas Rumah Tangga di Peternakan "Raja Lele Rawa Gambut" Palangka Raya Noor Hujjatusnaini; Annisa Maharani Awaluddin; Mita Sari; Gunawan; Pratisa Delfiera Ajiza; Utin Tria Marshanda
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Budidaya ikan lele memiliki potensi besar untuk berkembang. Banyak rumah tangga di pedesaan dan perkotaan menyukai ikan lele karena mudah dipelihara, cepat berkembang biak, dan sangat adaptif. Namun, masih banyak peternak yang menghadapi berbagai masalah, seperti tidak tahu cara budidaya yang baik, mengelola pakan dengan cara terbaik, dan menangani penyakit ikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pelatihan tentang cara mengoptimalkan budidaya dan pengelolaan lele dengan cara yang ramah lingkungan dan keberlanjutan. Pelatihan ini dilakukan secara partisipatif, dengan partisipasi masyarakat setempat, dan dengan pendampingan yang berkelanjutan. Kegiatan pelatihan pengolahan ikan lele dan kolam ikan lele kain tebal. Di peternakan raja lele, masyarakat diberi instruksi.Hasil dari pelatihan ini adalah bahwa budidaya ikan lele adalah metode yang sangat baik untuk mendampingi dan mengajarkan cara menghasilkan ikan lele yang kaya akan vitamin dan meningkatkan produktivitas protein yang dapat dikonsumsi masyarakat. Konsep triple helix—kolaborasi antara universitas, pemerintah, dan masyarakat akan terbentuk melalui penjualan produk offline dan online. Ini akan meningkatkan produktivitas rumah tangga dalam budidaya dan pengolahan ikan lele.
Edukasi Gizi Seimbang pada Anak Sekolah dasar di SDN 3 Kasongan Lama Fathul zannah; Denni Suhendie; Erliantie; Tanrisa Norliana; Siti Nur Aisyah
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemenuhan gizi merupakan salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian oleh berbagai pihak, salah satunya pemenuhan gizi pada siswa di SDN 3 Kasongan Lama. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kegiatan edukasi kepada para siswa di SDN 3 Kasongan Lama khususnya mengenai pemenuhan gizi. Metode yang dilaksanakan pada kegiatan ini berupa kegiatan sosialisasi yang diterapkan kepada 21 orang siswa kelas IV di SDN 3 Kasongan Lama. Kegiatan dilaksanakan pada bulan April-Mei 2024 yang dilaksanakan secara offline. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah mengenai gizi seimbang yang diselingi dengan kegiatan permainan supaya peserta kegiatan tetap semangat mengikuti kegiatan secara keseluruhan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para siswa mulai memahami mengenai pemenuhan gizi harian dan kegiatan serupa perlu untuk terus dilaksanakan baik pada siswa lain di SDN 3 Kasongan Lama maupun di sekolah lain.
Sosialisasi Peran Sarapan bagi Kesehatan kepada Siswa SDN 1 Rantau Tampang Janisa
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak-anak memerlukan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas. Makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sarapan akan mengahasilkan energi yang dapat digunakan dalam beraktivitas. Berbagai alasan dapat menyebabkan anak tidak sempat sarapan pagi antara lain karena kurangnya kesadaran anak, terlambat sekolah, dan kurangnya peran orang tua terhadap sarapan pagi anak. SDN 1 Rantau Tampang,desa Rantau Tampang, Kec. Telaga Antang Kab kota Waringin Timur. Sebagian besar pekerjaan orang tua siswa SD adalah bertani dan berdagang sehingga waktu mendampingi anak sarapan lebih sedikit. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di SDN 1 Rantau Tampang, desa Rantau Tampang, kec. Telaga Antang kab kota Waringin Timur pada tanggal 07 Mei 2024. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa SD tentang pentingnya sarapan. Saya melakukan sosialisasi berupa penyampaian materi mengenai zat gizi apa saja yang dibutuhkan Ketika sarapan dan diskusi. Dengan meningkatnya pengetahuan siswa SD mengenai pentingnya sarapan, maka diharapkan siswa SD dapat sarapan setiap pagi sehingga dapat menjadi anak yang sehat dan lebih semangat dalam beraktivitas di sekolah.
Literasi Pendidikan Inklusif bagi Pendidik di SDN 5 Panarung Palangka Raya Isnaeni Marhani; Daniel Tjindera; Fifit Aldawiyah; Khoiroh Ghoniyah
Kayuh Baimbai : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Aisha Edutama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan layanan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik dengan kondisi kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan/atau sosial serta yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan bersama peserta didik pada umumnya.. Edukasi dengan tema literasi pendidikan inklusif bagi pendidik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pendidik di SDN 5 Panarung terkait gambaran umum serta penerapan pendidikan inklusif bagi peserta didik di sekolah. Metode ceramah dan diskusi digunakan dalam kegiatan ini agar pendidik dapat mengeksplor lebih jauh mengenai implementasi pendidikan inklusif terutama di jenjang sekolah dasar. Kegiatan ini ditutup dengan bedah kasus agar pendidik mendapatkan perspektif implementasi yang tepat pada kasus peserta didik dengan kondisi khusus yang seringkali ditemui di sekolah. Seluruh peserta merupakan pendidik di SDN 5 Panarung mengingat sekolah ini merupakan salah satu sekolah di kota Palangka Raya yang ditunjuk membuka layanan pendidikan khusus. Di samping itu, sekolah ini merupakan salah satu sekolah penugasan Kampus Mengajar Angkatan 7 yang menjadi target peningkatan literasi dan numerasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12