cover
Contact Name
Syahruddin
Contact Email
syahruddin@poltekba.ac.id
Phone
+6285247809597
Journal Mail Official
jab@poltekba.ac.id
Editorial Address
Politeknik Negeri Balikpapan Jl. Soekarno Hatta KM 8, Balikpapan 76129
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Alat Berat
ISSN : -     EISSN : 30322790     DOI : https://doi.org/10.32487/jab.
Jurnal Alat Berat (JAB) e-ISSN 3032-2790 merupakan jurnal ilmiah daring yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Balikpapan. Cakupan tulisan dalam jurnal ini meliputi bidang Teknologi Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, Energi, Material Maju, Manufaktur dan Teknologi Industri, Sistem Kontrol dan Mekatronika dari hasil penelitian terapan ataupun pengembangan keilmuan. Jurnal daring JAB adalah sebuah jurnal blind peer-review sebagai wadah untuk mengkomunikasikan hasil penelitian di bidang Teknologi Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, Energi, Material Maju, Manufaktur dan Teknologi Industri, Sistem Kontrol dan Mekatronika bagi akademisi dan praktisi. JAB diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2024): Januari 2024" : 5 Documents clear
Rancang Bangun Special Service Tool Remove dan Install Valve Spring Engine Dxi11 pada Unit Renault Trucks Syaeful Akbar; Syahruddin Syahruddin; Irfak Juwono Kartiko; Otto Purnawarman
JURNAL ALAT BERAT Vol 1 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Politeknik Negeri Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jab.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan special service tool yang mampu menekan keempat valve spring secara bersamaan, sehingga proses remove dan install valve spring dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan special tool sebelumnya. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, special tool sebelumnya hanya dapat melakukan remove dan install dua buah valve spring. Selain itu metode pengoperasiannya menggunakan mekanisme tenaga mekanik sebagai penekannya, sehingga mengakibatkan keausan dan kerusakan thread pada stud bar. Metode ini juga tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pada General Book DXi 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rancang bangun special service tool yang baru telah dilakukan analisa uji kekuatan dengan menggunakan software solidworks simulation. Hasilnya menunjukan bahwa masing-masing komponen aman menahan beban kerja dengan safety factor minimum 7,6. Hasil metode penekanannya yang menggunakan hydraulic system (sistem hidrolik) juga sesuai dengan prosedur yang tertera dalam General Book DXi 11. Oleh sebab itu memiliki kemampuan me-remove dan install 4 (empat) valve spring per-cylinder sekaligus dengan waktu yang lebih cepat.
Karakterisasi Valve Stem Genuine dan Non-Genuine Engine SAA6D170E-5 Akibat Kesalahan Proses Pemasangan Wahyu Anhar; Fajar Mardika; Hadi Hermansyah; Joko Setia Pribadi
JURNAL ALAT BERAT Vol 1 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Politeknik Negeri Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jab.v1i1.9

Abstract

Komponen valve stem pada engine SAA6D170E-5 mengalami kerusakan berupa goresan setelah dilakukan overhaul engine. Kerusakan yang terjadi berupa goresan pada bagian valve stem. Adapun komponen valve stem yang digunakan merupakan komponen genuine (G) maupun non-genuine (NG). Goresan disebabkan penggunaan alat cotter ring yang sudah tidak sesuai standar penggunaan. Karakterisasi valve stem menggunakan pengamatan visual, pengujian kekerasan metoda Rockwell superficial dan pengamatan struktur mikro. Hasil pengamatan visual menunjukkan bahwa tingkat kedalaman goresan pada valve stem intake G lebih rendah daripada valve stem intake NG. Selain itu, tingkat kedalaman goresan pada valve stem exhaust G juga lebih rendah dibandingkan valve stem exhaust NG. Rendahnya tingkat kedalaman goresan pada valve stem intake G disebabkan angka kekerasan permukaan valve stem intake G lebih tinggi daripada valve stem intake NG. Demikian juga pada valve stem exhaust G yang memiliki angka kekerasan lebih tinggi dibandingkan valve stem exhaust NG. Valve stem intake G memiliki kekerasan lebih tinggi dikarenakan fasa yang terbentuk adalah fasa bainit, sedangkan pada valve stem intake NG adalah fasa perlit. Adapun valve stem exhaust G memiliki kekerasan lebih tinggi dibandingkan valve stem exhaust NG karena fasa perlit yang terbentuk pada valve stem exhaust G lebih rapat.
Analisis Penyebab Trouble Sistem Bahan Bakar pada Unit PC300-8 di PT. Runggu Prima Jaya Syahruddin Syahruddin; Dedi Kurniawan; Basri Basri; Azmal Azmal
JURNAL ALAT BERAT Vol 1 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Politeknik Negeri Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jab.v1i1.10

Abstract

Sistem bahan bakar berfungsi sebagai penyedia kebutuhan bakar bakar untuk proses pembakaran pada engine di unit alat berat. Ketika sistem bahan bakar pada excavator mengalami permasalahan, maka engine tidak dapat beroperasi secara maksimal. Hal ini dapat mengakibatkan engine sulit untuk start atau bahkan tidak dapat running. Penelitian ini menggunakan metode diagram fishbone untuk menganalisis akar penyebab masalah dari persoalan yang ada. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan adanya komponen sistem bahan bakar mengalami kebocoran pada air bleed plug dan kerusakan injektor. Injektor berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar dengan tekanan yang tinggi, waktu yang tepat, dan jumlah yang sesuai. Ditemukan jumlah aliran balik dari injektor menuju tangki lebih besar dibandingkan dengan yang diinjeksikan. Kondisi ini mengakibatkan gangguan pada proses pembakaran di engine, akibatnya sulit dihidupkan.
Analisis Perbandingan Penggunaan Baut Cylinder Head New dan Reuse Unit Ford Ranger 2.5L Terhadap Pengujian Tarik Yudi Kurniawan; Nurul Huda; Fajar Paundara
JURNAL ALAT BERAT Vol 1 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Politeknik Negeri Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jab.v1i1.12

Abstract

Setiap perusahaan memiliki sejumlah armada kendaraan ringan yang diperuntukan untuk mendukung sarana transportasi, salah satu unit tersebut adalah mobil Ford Ranger 2.5L. Permasalahan yang sering terjadi ialah kondisi unit breakdown pada ±80.000 km akibat terjadi low power dan abnormal noise pada engine yang disebabkan kebocoran kompresi serta kebocoran saluran lubrication dan water coolant pada sisi top engine. Setelah dilakukan investigasi didapatkan baut cylinder head yang patah dan mulur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan baut cylinder head new dan reuse pada 80.000 km terhadap pengujian tarik. 4 spesimen baut yaitu baut new dan baut reuse dibentuk sesuai dengan standart ASTM E8 untuk memudahkan proses pengujian dan perhitungan. Hasil yang didapat dari pengujian dan perhitungan yaitu hasil tensile strength rata-rata baut reuse mengalami penurunan kekuatan tarik dibandingkan material baut new sekitar 20,4 Mpa. Kemudian untuk yield strength pada baut reuse mengalami penurunan sekitar 9,2 Mpa. Untuk modulus elastis material baut juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni pada mencapai 1,115 Gpa. Seluruh penurunan kekuatan material baut reuse dikarenakan baut reuse yang telah digunakan selama ±80.000 km telah mengalami deformasi dan fatique yang diakibatkan selalu berhubungan dangan getaran dan  temperatur yang tinggi saat engine beroperasi.
Rancang Bangun Alat Bantu Melepas dan Memasang Steering Cylinder HD 465-7R Ali Abrar; Muhammad Izzat; Yasmin Zulfati Yusrina; Puji Saksono
JURNAL ALAT BERAT Vol 1 No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Politeknik Negeri Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jab.v1i1.13

Abstract

Pekerjaan melepas dan memasang steering cylinder biasa dilakukan Ketika midlife maintenance alat berat atau ketika ditemukan masalah seperti kebocoran pada seal. Terdapat beberapa masalah yang ditemukan pada pekerjaan melepas dan memasang steering cylinder Komatsu HD 465-7R yaitu pengangkatan yang masih mengandalkan tenaga manusia dan dibutuhkannya hingga 3 orang mekanik untuk melakukan pekerjaan, selain waktu pekerjaan yang cukup panjang. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya alat bantu dan beban yang terlalu berat. Berdasarkan temuan tersebut, dibuatlah alat bantu melepas dan memasang steering cylinder dump truck Komatsu HD 465-7R yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan dari segi waktu, manpower, dan keamanan. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan melakukan observasi langsung, membuat sketsa, menentukan bahan, perhitungan beban, pembuatan alat, pengujian alat, hingga melakukan analisis hasil pengujian alat. Dari segi waktu pekerjaan, penggunaan alat bantu dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan sampai 10 menit. Dari hasil analisis jumlah manpower, dengan alat bantu ini hanya dibutuhkan 1 orang, lebih sedikit dibandingkan tanpa alat bantu. Analisis dari segi keamanan juga menunjukkan hasil yang baik, yaitu dengan mengeliminasi 11 potensi bahaya dibandingkan tanpa alat bantu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5