cover
Contact Name
Ali Sadikin
Contact Email
alisadikin@unja.ac.id
Phone
+6281256137743
Journal Mail Official
biodik@unja.ac.id
Editorial Address
https://online-journal.unja.ac.id/biodik/issue/archive
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 25800922     DOI : https://doi.org/10.22437/
Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and opinion, in addition to critical examinations of biology research and teaching. Through the coverage of policy and curriculum developments, the latest results of research into the teaching, learning and assessment of biology are brought to the fore. Special emphasize are as follow: 1. Research on Learning Biology/Science (Biology learning materials at all education levels, learning planning, learning models, biology teaching skills).). 2. Pure Research of Biology developed or studied to the sources, materials, or instructional media Biology/Science(Biology learning materials at all education levels and application in society, learning media, application of information technology for biology learning). 3. Curriculum of Biology Education at all education levels (learning design, competency analysis, syllabus and learning planning) 4. Class Action Research (CAR) and Lesson Study (material analysis, methods, student needs, student personality, student problems) 5. Other Qualitative Research, Quantitative, Research & Development and Mixedof Biology Education. 6. The school management and Biology/science laboratory management. 7. Biology/Science Learning Evaluation 8. Teacher Professional Issues/Trends in Biology Education. 9. Another study for the scope of Biology Education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017" : 6 Documents clear
Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Try Susanti; Novita sari; Hidayat Hidayat
BIODIK Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v3i2.5497

Abstract

Pemberian tugas dan pekerjaan rumah kepada siswa adalah salah satu metode guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Tugas dan pekerjaan rumah tersebut diberikan agar siswa belajar secara mandiri. Tetapi tugas yang diberikan hanya sekedar tugas, tidak ada tuntutan dari guru agar siswa dapat mempertanggung jawabkan tugas yang dikerjakannya. Hal ini menyebabkan siswa tidak termotivasi untuk memahami materi yang terkandung dalam tugas tersebut sehingga mempengaruhi hasil belajar. Untuk itu perlu adanya suatu metode pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksperimen semu dengan desain Postest Only Control Design. Dengan teknik pengambilan sampel secara undian, dan didapat kelas XI IPA 2 (eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kontrol). Dari analisis data uji tes “t” didapat hasil taraf signifikansi ttabel 5% = 1,996, t0 =3,05 didapat hasil thitung ≥ ttabel yang berarti bahwa adanya selisih signifikansi mean. Pada uji Effect Size untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar didapat hasil dengan persentasi 76% dalam kategori berpengaruh sedang. Dan hasil dari perhitungan korelasi phi dengan taraf signifikansi 5% = 0,223 didapat hasil rhitung ≥ rtabel 0,265 ≥ 0,223 artinya Ha diterima. Dari analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terbukti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar biologi.
Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa Pada Materi Substansi Genetik Menggunakan Model Picture and Picture dan Media Audiovisual Serta Papan Tempel di Kelas XII SMA Negeri 11 Muaro Jambi Mia Aina
BIODIK Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v3i2.5498

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa pada materi substansi genetik dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, media papan tempel dan media audiovisual. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas XII SMA N 11 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, media papan tempel dan video pada materi substansi genetik dapat meningkatkan kognitif dan afektif siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada kelulusan klasikal kognitif siswa setiap siklusnya secara berturut-turut yaitu 17.3%, 39.1%, dan 43.4%. sedangkan untuk afektif yaitu 0%, 21.7%, dan 43.4%. Dari setiap perlakuan yang dihasilkan pada setiap siklusnya, dapat dikatakan bahwa penerapan model picture and picture, media papan tempel dan video cocok digunakan untuk mengajarkan materi substansi genetik di kelas XII IPA SMA N 11 Muaro Jambi, hal ini dapat terlihat dari terjadinya peningkatan baik ranah kognitif ataupun ranah afektif dari setiap siklusnya, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model picture and picture, media papan tempel dan video dapat meningkatkan kognitif dan afektif siswa pada materi substansi genetik di kelas XII SMA N 11 Muaro Jambi.
Pengembangan E- Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment) Evita Anggereini
BIODIK Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v3i2.5499

Abstract

sebagian besar masalah lingkungan yang disebabkan karena perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan. Oleh Karena itu untuk memecahkan masalah lingkungan juga harus ditangani oleh tindakan. Transformasi perilaku yang berkaitan dengan hal ini yaitu bertanggung jawab, peduli dan melestarikan lingkungan. Perilaku ini disebut perilaku pro-lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pembelajaran lingkungan yang mengintegrasikan nilai-nilai perilaku pro lingkungan sebagai tatanan untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Model pengembangan didasarkan pada model ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Validasi terdiri dari validasi media, materi validasi. Tanggapan siswa diambil menggunakan kuesioner. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil validasi media memperoleh skor 71,59% (baik), validasi II memperoleh skor 93,18% (sangat baik). sedangkan hasil validasi materi memperoleh 70,59% (baik), validasi II, 87,50%. Respon siswa terhadap buku sebesar 76% (bagus) dan untuk desain buku sebesar 72,21% (bagus). Oleh karena itu, kesimpulan penelitian ini yaitu baik dan valid untuk digunakan pada siswa SMP dan SMA kota Jambi.
Integrasi Sikap Ilmiah pada Media Komik Digital untuk Pembelajaran Biologi di SMP Supriyadi Supriyadi; Nisda Yunia
BIODIK Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v3i2.5500

Abstract

Beralas pada hakikat pembelajaran sains, belajar biologi di SMP/MTs diarahkan, salah satunya, untuk memupuk sikap ilmiah. Karena itu, setiap aktivitas belajar, media pembelajaran, serta asesmen pembelajaran sudah sepatutnya bernuansa pengembangan sikap ilmiah. Penelitian ini bermaksud mengembangkan media komik digital biologi yang terintegrasi sikap ilmiah peserta didik pada konsep sistem pencernaan makanan untuk kelas VIII SMP/MTs. Komik diciptakan berdasar pada gagasan PAIKEM. Komik dikemas berbentuk media digital agar mudah, efisien, dan praktis. Desain penelitian yang digunakan yaitu reasearch and development (R & D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pasca melewati tahap validasi ahli, uji coba produk pada 50 responden peserta didikkelas VIII. Produk hasil pengembangan dikategorikan layak dengan rata-rata skor 3,88 oleh ahli media, 3,90 oleh ahli materi, 3,84 oleh ahli bahasa dan kategori sangat layak sebesar 3,93 oleh guru. Media komik digital biologi terintegrasi sikap ilmiah dapat meningkatkan penguatan karakter ilmiah siswa. Hasil analisis angket memperliahatkan peningkatan peningakatan persentase sikap curiosity (70%), sikap religius (82%), sikap tanggung jawab (49 %), sikap objektif (86,5 %).
Pengembangan Bahan Ajar Praktikum dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Mikologi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi Harlis Harlis; Retni S Budiarti
BIODIK Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v3i2.5501

Abstract

Upaya meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran Mikologi, maka dilakukan praktikum sebagai penunjang dalam pengembangan Keterampilan Proses Sains peserta didik. Penerapan Keterampilan Proses Sains sekaligus pengembangan sikap ilmiah yang mendukung proses pengetahuan dalam diri peserta didik dalam hal ini mahasiswa sangat dimungkinkan dalam kegiatan praktikum. Tujuan pengembangah ini adalah untuk menghasilkan Bahan Ajar Praktikum dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Mikologi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi yang valid, praktis dan efisien. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini didapat uji validitas bahan ajar praktikum rata-rata validitas 3,15 (kategori valid), validitas instrumen diperoleh rata-rata nilai dari validator 3,12 (kategori valid). Uji praktikalitas dari keterlaksanaan praktikum menunjukkan rata-rata 3,56 (kategori praktis), dan dari angket respon mahasiswa dengan rata-rata 3,51 (kategori praktis). Hasil uji efektivitas diperoleh rata-rata aktivitas siswa dengan rata-rata nilai 81,65 (kategori sangat tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahan ajar praktikum dan instrumen penilaian berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan berada pada kategori valid, praktis dan sangat efektif.
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi Ali Sadikin
BIODIK Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v3i2.5502

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran biologi adalah strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). Strategi ini merupakan rencana kegiatan pembelajaran untuk mengaktifkan mahasiswa. Strategi ini merupakan cara peserta didik untuk mendiskusikan permasalahan dengan beranggotakan tiga orang. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-dasar dan proses pembelajaran biologi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian True Experimental Design. Peneliti ini telah dilakukan pada semester Ganjil 2017/2018. Sedangkan sampel yang digunakan kelas Reguler A Semester 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas reguler B Semester 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek kogitif adalah thitung =2,395 dan ttabel = 1,674. Aspek afektif adalah thitung = 2,733 dan ttabel = 1,674. Pada aspek Psikomotor thitung = 2,520 dan ttabel = 1,674. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek kognitif penggunaan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Pada aspek afektif perlakuan yang berbeda pada waktu proses pembelajaran sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang berbeda pula. Sedangkan pada aspek psikomotor terdapat keaktifan serta keterampilan mahasiswa dikelas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah DPPB. Diharapkan strategi pembelajaran RTE dapat digunakan dalam Pembelajaran mata kuliah lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 6