cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran" : 12 Documents clear
Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Novi Nindriyani; Tri Sayekti; Kristiana Mayani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28393

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pola asuh ibubekerja terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di biMBA AIUEO Unit Talaga BestariKecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di biMBAAIUEO Unit Talaga Bestari, Kabupaten Tangerang. Teknik sampel yang digunakan dalampenelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 40 responden ibubekerja dan anak usia 5-6 tahun di biMBA AIUEO Unit Talaga Bestari. Instrumen penelitian inimenggunakan kuesioner dan teknik analisis uji korelasi Pearson Product Moment menggunakanSPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan pola asuh yang diterapkan oleh ibu bekerja dibiMBA AIUEO Unit Talaga Bestari adalah pola asuh demokratis. Berdasarkan hasil uji korelasidiperoleh signifikansi 0,029 < 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakanhubungan pola asuh ibu bekerja dengan kepercayaan diri anak di biMBA AIUEO Talaga Bestari,Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang bernilai positif.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital (E-LKPD) Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Nirmana Kelas XI di SMKN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Gaman Mustaqim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28079

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam penggunaan bahan ajar belum sepenuhnya optimal pada proses pembelajaran. Terbatasnya sarana penyediaan dan penggunaan media pembelajaran interaktif sebagai visualisasi materi pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran menyebabkan pembelajaran masih terkesan monoton. Pendidik masih belum menggunakan bahan ajar yang konkret dan inovatif serta belum banyak mengenal berbagai software media pembelajaran yang dapat membantu mempermudah proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik digital (E-LKPD) berbasis aplikasi liveworksheets pada materi Nirmana kelas XI di SMKN 1 CIKULUR Kabupaten Lebak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang berorientasi untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk serta untuk memvalidasi tingkat efektivitas produk tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini dengan melaksanakan observasi, wawancara, uji validasi ahli materi dan media, angket serta instrumen pretest dan posttest. Data yang telah diperoleh sesuai saran dan masukan validator ahli media dan materi kemudian diuji cobakan saat proses pembelajaran serta dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 93% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil uji validasi ahli media juga memperoleh skor 93% dengan kategori sangat valid/sangat layak, sedangkan pada uji efektivitas berdasarkan rekapitulasi nilai pretest dan posttest menggunakan skor N-Gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,76 dengan kriteria tinggi/efektif yang berarti penggunaan E-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets menunjukkan dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, memudahkan peserta didik dalam mengingat dan memahami materi serta memberikan semangat saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun pada respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets memperoleh skor 93%. Menurut respon peserta didik bahwa E-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets sangat baik untuk digunakan pada proses pembelajaran. Selain itu, E-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets ini menarik dan mendukung untuk digunakan sebagai media dan bahan ajar pada pembelajaran di kelas.
Retraction Notice - -
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28380

Abstract

-
Penguasaan Ritme dan Tempo Dalam Memainkan Alat Musik Hadrah pada Peserta Didik : Metode Demonstrasi Audiovisual Cucu Atikah; Muhammad Yusuf
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28080

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah penggunaan metode demonstrasi dan media audio visual dalam memainkan rebana hadrah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Serang, yang dilaksanakan melalui pra siklus dan Siklus. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian trindakan kelas (PTK) yang disusun berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan (planning) yang meliputi kegiatan analisis faktor penyebab dan penetapan aksi (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengumpulan data (observing) dan (4) refleksi yang berupa analisis efektivitas tindakan. Serangkaian kegiatan ini merupakan satu siklus. Pada pra-siklus hanya beberapa orang siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian didapat keterampilan bermain hadrah siswa menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual pada pra siklus sebesar 38,8% yang telah mencapai KKM dan pada siklus 1 sebesar 88,2% dari seluruh siswa di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian selama pra siklus dan I dapat disimpulkan bahwa keterampilan memainkan alat musik rebana Hadrah meningkat setelah siswa mengikuti pembelajaran seni musik dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Audio Visual
Teori Perkembangan Manusia Menurut Jean Piaget Dan Albert Bandura Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Yanti Puspita
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas teori perkembangan manusia dari sudut pandang kognitivisme dan teori belajar sosial serta implikasinya dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup ulasan tentang teori kognitivisme oleh Jean Piaget, teori belajar sosial oleh Albert Bandura serta implikasinya dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini ialah pendidik bertanggung jawab menghadirkan pembelajaran yang berkualitas, yaitu pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik sehingga stimulus yang diberikan melalui pendidikan menjadi lebih bermakna  bagi masing-masing individu.  Dengan adanya teori perkembangan manusia yang dikemukakan oleh ahli, pendidik memiliki acuan agar dapat menyajikan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas bagi peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya
Pengembangan Buku Panduan untuk Kader Posyandu dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Parumasan Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Tahun 2024 Pitria Mayasari
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28081

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan sebagai bahan ajar bagi kader Posyandu dalam upaya pencegahan stunting di Desa Parumasan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Stunting merupakan masalah serius di Indonesia, termasuk di Kabupaten Pandeglang, dengan banyaknya anak yang terkena stunting. Penelitian ini menggunakan pendekatan Metode Penelitian Pengembangan Rekayasa dan Pengembangan (RND) dengan Model ADDIE untuk mengembangkan buku panduan tersebut. Penelitian dilaksanakan dari Januari hingga Juni 2024, melibatkan bidan desa dan 25 kader Posyandu dalam pengujian buku panduan. Hasil penelitian menunjukkan respon sangat positif dari bidan desa dan kader Posyandu terhadap buku panduan ini, dengan rata-rata persentase bidan desa 100 % dan kader Posyandu 87,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan ini efektif sebagai alat pendidikan untuk meningkatkan pemahaman tentang stunting dan cara pencegahannya. Implikasi dari penelitian ini adalah buku panduan dapat digunakan secara luas oleh kader Posyandu untuk meningkatkan edukasi masyarakat dalam kegiatan Posyandu, khususnya dalam mencegah stunting
Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Yanti Febrianti
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28390

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang pesat menawarkan peluang besar untuk inovasi dalam pendidikan, terutama dalam pembelajaran informatika. Namun, guru belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi ini secara optimal, sehingga media pembelajaran yang digunakan cenderung monoton dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi respons siswa terhadap aplikasi Google Sites sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat mengatasi monotonitas dan meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa dalam pembelajaran informatika. Menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMPN 1 Karangtanjung, di mana data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur respons siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Sites dalam pembelajaran informatika mendapatkan respons positif dengan total presentase 82%, yang dikategorikan "sangat baik." Ini menunjukkan bahwa Google Sites adalah platform yang praktis dan efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merekomendasikan agar pengembang media pembelajaran terus meningkatkan fitur-fitur yang mudah dipahami dan relevan dengan materi, serta menambahkan elemen interaktif yang lebih menarik untuk meningkatkan perhatian siswa
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TINGKAT SMPN Nur’aeni Aprillia Alfajri
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh di wilayah kabupaten Lebak. Jenis penellitian ini ialah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini yaitu  siswa kelas 8 di SMPN 1 Bayah, SMPN 1 Cihara, SMPN 1 Malingping, dan SMPN 1 Panggarangan. Masing-masing sekolah  digunakan 1 kelas sebagai sampel, dengan total sebanyak 113 siswa.  Hasil keterampilan proses sains siswa diperoleh melalui instrumen utama yaitu tes esai sebanayak 10 soal, yang terdiri dari 5 aspek keterampilan proses sains yaitu mengamati, menanya, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan mengkomunikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa berada pada kategori cukup. Dengan persentase pada aspek mengamati sebesar 70% termasuk kategori baik, aspek menanya 63% termasuk kategori cukup, aspek mengklasifikasi 62% termasuk kategori cukup, aspek menginterpretasi 51% termasuk kategori kurang, dan aspek mengkomunikasi 67% termasuk kategori cukup. Hasil yang kurang optimal ini dikarenakan berbagai faktor seperti kondisi sinyal, kurangnya motivasi, dan lingkungan belajar yang kurang mendukung
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Dinda Berliana
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28085

Abstract

Anak usia 5-6 tahun berada pada periode emas dalam perkembangan anak, sehingga dibutuhkan pemberian stimulasi yang tepat untuk mencapai perkembangan anak yang optimal. Dalam konteks ini, diperlukan sarana pembelajaran yang sesuai dengan tingkat usia anak, terutama untuk meningkatkan minat belajar anak. Salah satu bentuk media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini adalah multimedia pembelajaran interaktif yang dapat menstimulasi perkembangan motorik kasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan dan respon pengguna terhadap multimedia pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model acuan ADDIE. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, angket, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk ahli media, ahli materi, guru, dan peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi kelayakan oleh ahli media sebesar 90,7% dan oleh ahli materi sebesar 85,4%, dengan kategori sangat layak. Respon dari guru mencapai 85,8%, sementara respon peserta didik mencapai 89,1%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif sangat layak digunakan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.
Implementasi Konsep Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Gerak Peserta Didik Budi Handayani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v11i1.28391

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi konsep Merdeka Belajar dalam pengembangan kemampuan gerak peserta didik. Kebijakan Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengembangkan kemampuan kritis serta fleksibilitas bagi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Studi ini menyoroti pentingnya pendidikan jasmani sebagai medium untuk mengembangkan kemampuan fisik dan karakter melalui aktivitas gerak yang disesuaikan dengan minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Merdeka Belajar dalam pendidikan jasmani memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran, meningkatkan motivasi, dan hasil belajar yang lebih baik. Dengan memberikan keleluasaan dalam memilih aktivitas fisik, program ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih humanis dan efektif, serta relevan dengan minat peserta didik

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue