cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI PENILAIAN DIRI DAN PENDIDIKAN KARAKTER Suwandi Suwandi; Aceng Hasani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris, implementasi, penilaian diri, dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris di kelas VII pada taksonomi pemahaman meliputi kompetensi struktur bahasa, unsur bahasa, dan fungsi sosial bahasa Inggris. Implikasi pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris meliputi pengembangan tujuan pembelajaran, pengembangan karakteristik peserta didik, pengembangan materi pelajaran, pengembangan strategi pembelajaran dan pengembangan penilaian. Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Sebagian besar peserta didik memiliki sikap spiritual dan sikap sosial baik.Program pengembangan karakter disusun secara sistematis meliputi strategi, metode, dan kegiatan pengembangan karakter. Dasar pendidikan karakter adalah agama, biologis,  psikologis, sosial dan akhlak. Peserta didik memiliki karakter spiritual, tanggung jawab, jujur, disiplin, kerja sama dan peduli yang sangat baik. Kata Kunci : pengembangan model pembelajaran, penilaian diri, pendidikan karakter
PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Ratna Dewi; Helmi Yazid
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7860

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) mengetahui perbedan penggunaan  media pembelajaran dengan menggunakan Powerpoint  dan pembelajaran konvensional (2) mengetahui pengaruh perbedaan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam pembelajaran menggunakan powerpoint dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksprimen dengan menggunakan desain factorial 2x2 . Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang merupakan mahasiswa semester VI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, yang diambil secara acak Proportionate random sampling. Waktu penelitian dilakukan pada bulan februari sampai dengan juni  2014 analisa hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur yang diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan  hasil belajar akuntansi antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (Fhitung 97,257 > Ftabel 7,40; sig<0,01); (2) terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah (Fhitung 10,829 >Ftabel 7,40; sig <0,01); (3) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar akuntansi (Fhitung 12,712 >Ftabel 7,40; sig <0,01). Kata kunci: Metode Powerpoint, Motivasi, dan Hasil Belajar Akuntansi
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR MELALUI STIMULASI ORANGTUA DAN PERMAINAN DENGAN BOLA BERPASANGAN PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan motorik kasar melalui stimulasi orangtua dan permainan dengan bola berpasangan pada anak usia dini 4-5 tahun. Subjek penelitian ini adalah 12 anak dan orangtuanya di TK Pertiwi Kota Serang. Lokasi penelitian di jalan Alun-alun Selatan Kota Serang. Metodologi penelitian ini adalah pengembangan model Borg dan Gall, dari 10 langkah peneliti melakukan penelitian sampai langkah ke tujuh. Temuan-temuan hasil penelitian yaitu atas: (1)  73 permainan bola secara individu, berpasangan, berkelompok dipilih permainan bola secara berpasangan untuk lebih meningkatkan hubungan sosial emosi anak dan orangtua, (2) 33 permainan bola berpasangan dipilih 10 permainan dengan kompetensi motorik kasar melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola berpasangan antara orangtua dan anak, (3) kemampuan gerakan motorik yaitu gerakan manipulatif, (4) kemampuan optimal yang ditunjukkan yaitu melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola. Kesimpulan: (1) orangtua harus menjadi model dalam perkembangan motorik kasar anak usia dini, (2) permainan bola berpasangan yang dipilih adalah kemampuan melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola secara berpasangan antara orangtua dan anak. Aktivitas ini dilakukan di rumah, (3). motorik kasar adalah gerakan tubuh yang dilakukan di dengan cara berpindah (gerakan lokomotorik), gerakan tubuh di tempat (gerakan non lokomotorik), dan gerakan memprediksi (manipulatif), (4) anak usia dini 4-5 tahun berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan yang gerakan manipulatif yang harus distimulasi adalah melempar sesuatu secara terarah, menangkap seseatu secara tepat, melakukan gerakan antisipasi, dan menendang sesuatu secara terarah. Kata kunci: Motorik Kasar, Stimulasi Orangtua, Permainan Bola Berpasangan, Anak Usia Dini 4-5 Tahun
PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Anis Fuad; Rahman Abdullah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan Wondershare quiz creator dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dari penelitian ini siswa SMP Tunas Bangsa Cilegon kelas IX Tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 80 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random samplingdengan kelas IX.A dan IX.B yang dijadikan  sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMP Tunas Bangsa Cilegon, yang dilaksanakan pada bulan oktober sampai nopember tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan “Factorial Group Design” dengan 2 kategori. Dari hasil analisis data untuk Hipotsesis pertama menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 7,500 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,09 dan sig. a besarnya 0,010 lebih kecil dari pada a = 0,05. dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data Hipotesis kedua menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 7,500 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,09 dan sig. a besarnya 0,010 lebih kecil dari pada a = 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 0,000 lebih kecil dari Ftabel sebesar 4,09 dan sig.a besarnya 1,000 lebih besar dari pada a = 0,05 dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak. Hipotesis keempat sampai ketujuh menunjukan bahwa nilai Fhitung adalah 5,000 lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 2,80 dan nilai sig. a besarnya 0,005 lebih kecil dari pada a = 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima Kata kunci: Software Wondershare Quiz Creator, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika Kesebangunan
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Diana Sekar Anggraini; Chussaery Rusdy Syarif
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7852

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar PKn pendekatan saintifik dan pendekatan kontekstual; (2) perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah; (3) pengaruh interaksi antara pendekatan saintifik dan Kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PKn; (4) perbedaan hasil belajar PKn pendekatan saintifik, kecerdasan emosional tinggi dan pendekatan kontekstual, kecerdasan emosional tinggi; (5) perbedaan hasil belajar PKn pendekatan saintifik, kecerdasan emosional rendah dan pendekatan kontekstual, kecerdasan emosional rendah.Sampel penelitian adalah siswa kelas IV  tahun pelajaran 2014/2015, terdiri dari 2 kelas setiap kelas ada 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2014. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan analisis data menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar PKn pendekatan saintifik lebih tinggi dari hasil belajarPKn pendekatan kontekstual, (2) Hasil belajar PKn kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dari hasil belajar PKnkecerdasan emosional rendah, (3) Terdapat interaksi antara pendekatan saintifik dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PKn, (4) Hasil belajar PKn pendekatan saintifik,kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dari hasil belajar PKn pendekatan kontekstual, kecerdasan emosional tinggi, (5) Hasil belajar PKn pendekatan saintifik, kecerdasan emosional rendah lebih rendah dari hasil belajar PKn pendekatan kontekstual, kecerdasan emosional rendah. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik,Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar.
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Milda Apriyanto; Asnawi Syarbini
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7857

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Daar El Qolam Gintung Jayanti Tangerangdari bulan Agustus  2014 sampai dengan bulan November 2014.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang berada di kelas X MA Daar El Qolam yang berjumlah 112 orang. Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen dengan perlakuan terhadap kelompok siswa (treatment) menggunakan pembelajaran berbasis praktikum, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan metode demontrasi.Teknik pengumpulan data untuk memperoleh kelompok siswa yang berpikir kritis tinggi dan rendah dengan cara memberikan angket menggunakan skala likert, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar mengunakan tes akhir.  Teknik analisis data dilakukandengan analisisvarians (ANAVA)dua arah dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan F hitung = 27.57 > F tabel (0,05(1;24) = 4,26. Terdapat pengaruh, kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan hasil F hitung = 22.12 > F tabel (0,05(1;24) = 4,26.Terdapat interaksi antara  metode pembelajaran berbasis praktikumdan kemampuan berpikir kritisterhadap hasil belajar biologi, dinyatakan dengan F hitung = 5.01 > F tabel (0,05(1;24) = 4,26. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dengan kemampuan berpikir kritis tinggi terhadap hasil belajar biologi, hasil uji Tukey diperoleh Q hitung (Q3) = 10.589 > Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dan kemampuan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan uji Tukey diperoleh   Q hitung (Q8) = 4.262 > Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan pembelajaran berbasis praktikum dengan kemampuan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan uji tukey diperoleh Q hitung (Q5) = 9.815 > Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran demontrasi dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap hasil belajar biologi, dinyatakan dalam uji Tukey Q hitung (Q6) = 3.487 < Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Kata kunci: Praktikum, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Biologi, Penelitian Esperimen.
PENGARUH METODE MIND MAP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Wahyu Dwi Purnomo Ndhari; Sholeh Hidayat
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh metode mind map terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajarn dengan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen (penelitian kuantitatif). Penelitian dilaksanakan di SDIT Asy-Syukriyyah Kota Tangerang dengan sampel siswa kelas IV Tahun Pembelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mind map terhadap hasil belajar matematika, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika, tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi baik yang menggunakan metode mind map maupun yang menggunakan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan belajar menggunakan metode mind map dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan belajar menggunakan metode ceramah, tidak terdapat interaksi antara penggunaa metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind map terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika dan kemampuan berpikir kreatif juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : Mind Map, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Matematika Bilangan Romawi
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Syari Ibrahim; Yeyen Maryani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7858

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendapatkan solusi terhadap permasalahan hasil belajar biologi siswa yang masih rendah. Subjek penelitian adalah  kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pandeglang. Hasilbelajarbiologi siswa yang rendahmerupakan latar belakang dilakukannya penelitian ini. Metode PenelitianTindakanKelas (PTK)digunakan sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi. Tindakan dilakukan melalui tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.Pembelajaran menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams AchievementDivision dan mediaPower Point.Selama pelaksanaan penelitian berlangsung pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan instrumen hasil belajar siswa menggunakan perangkat tes pilihan ganda. Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD berhasil meningkatkan motivasi dan aktifitas belajar siswa melalui kegiatan diskusi kelompok dan presentasi. Penggunaan Power Point mendorong  perhatian siswa dan mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Kriteria keberhasilanadalah tercapainya ketuntasanbelajar siswa tidak kurang dari 85 % dengan nilai rata-rata tidak kurang dari  77. Setelah tiga siklus pelaksanaan tindakan ketuntasan belajar siswa 93,9 % dengan nilai rata-rata sebesar 84,8. Dengan demikianPenerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division dan Penggunaan Power Pointdapatmencapaitujuan yang diharapkan, yaitumeningkatkanhasil belajar biologi siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, power point, hasil belajar
EVALUASI KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR MUTIARA BUNDA CILEGON Euis Rohayah; Syadeli Hanafi
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang efektivitas kepemimpinan yang diambil kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan inklusif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Mutiara Bunda Cilegon. Teknik pengumpulan data utama adalah in depth interview kemudian dilengkapi dengan documentation study dan participant observation. Dari penelitian ini, diperoleh temuan-temuan tentang : 1). Kondisi faktual kebijakan kepala sekolah dalam melaksanakan pedidikan inklusif di Sekolah Dasar Mutiara Bunda Cilegon yaitu: a. penerimaan peserta didik melalui tahapan observasi dan tes IQ oleh psikolog b). merekrut guru yang berlatar belakang pendidikan luar biasa c). penyesuaian kurikulum bagi peserta didik berkebutuhan khusus d). Metode mengajar disesuaikan dengan karakteristik anak, e). Pendanaan sekolah inklusif berjalan secara mandiri e). sarana dan prasarana adalah mendirikan beberapa bangunan yang mudah dijangkau 2). Peran kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Mutiara Bunda Cilegon yaitu: a). sebagai educator, melakukan pembinaan kepada guru tentang pendidikan inklusif b) sebagai manajer adalah konsistensi manajemen kepala sekolah dalam pendidikan inklusif, c). sebagai administrator adalah secara mandiri dalam pendanaan pendidikan inklusif d). supervisor adalah menilai guru  dan pendamping anak berkebutuhan khusus e). sebagai leader adalah memimpin dan pengambil kebijakan dalam melaksanakan pendidikan inklusif f). sebagai inovator adalah memberikan keantusiasan peserta didik dan guru dalam menyukseskan pendidikan inklusif. Beberapa saran dalam penelitian ini adalah : (1) Diharapkan semua orang tua mendukung semua kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah, (2) Diupayakan guru-guru lebih memahami karakteristik peserta didik, (3) Direkomendasikan kepada dinas pendidikan kota/kabupaten dan provinsi agar memberikan perhatian dan mensosialisasikan hingga ke berbagai kota dan daerah terkait pendidikan inklusif dan mendukung program yang terkait dengan pendidikan inklusif. Kata kunci: Evaluasi kebijakan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidikan Inklusif.
PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Resmaleni Resmaleni; Nurmayulis Nurmayulis; Hepsi N indiasari
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v2i1.7859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah Kimia dengan menggunakan model Blended Learning. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.IPAMAN  2 Cilegon berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diagnostik model Kemmis dan McTaggar sebanyak 3 siklus. Instrumen menggunakan observasi, angket dan tes.Penelitian menggunakan mixed method analisis. Data diolah secara kualitatf dan kuantitatif.Temuan penelitian menunjukkan bahwa model Blended Learning efektif digunakan dalam pembelajaran Kimia di MAN 2 Cilegon. Terdapat peningkatan efektivitas Blenden Learning dari siklus 1 sebesar 62 %, siklus 2 sebesar 77 % dan siklus 3 sebesar 87,6 %. Model pembelajaran Blended Learning meningkatkan kemandirian belajar dari siklus 1 sebesar 63 %, siklus 2 sebesar 75 % dan siklus 3 sebesar 81 %. Model Blended Learning meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dari siklus 1 sebesar 64 %, siklus 2 sebesar 74,7 % dan siklus 3 sebesar 82 %. Kata kunci : blended learning, kemandirian belajar, pemecahan masalah

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue