cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 9 Documents clear
KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMANFAATAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN MINAT BELAJAR ANAK TK Susipah Susipah; Aceng Hasani; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Untuk memperoleh  informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif  tentang Kemampuan membaca permulaan di kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang dengan memanfaatkan Compact Disc (CD) Interaktif bagi anak TK kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang, (2)Untuk memperoleh  informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang Pemanfaaatan Compact Disc (CD) Interaktif pada pengembangan bahasa di kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang, (3)Untuk memperoleh  informasi dan hasil yang jelas dan mendalam tentang minat belajar anak TK kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang dengan menggunakan Compact Disc (CD) Interaktif bagi anak TK kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriftif dan natural yang menggunakan beberapa data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Subjek penelitian yang akan dilakukan yaitu di kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Serang.  Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan Compact Disk (CD) Interaktif terhadap anak Tk Kelompok B sangat tepat karena aplikasinya dapat menarik perhatian siswa sehingga anak lebih tertarik dan mudah dalam  menangkap materi pembelajaran, (2) Dalam pemanfaatannya Compact Disk (CD) Interaktif dapat memberi pilihan  baru dalam media pembelajaran sehingga anak-anak tidak merasa jenuh dan bosan dibandingkan dengan media kartu kata dan majalah, (1) Dengan belajar menggunakan multi media yang interaktif, peserta didik dapat belajar teknologi komputer meskipun hanya dasar tetapi dapat memberi pengalaman yang sangat berharga buat anak-anak terutama Anak Usia Dini. Dengan pengalaman ini diharapkan peserta didik lebih termotivasi lagi minat belajarnya sehingga teknologi bukan hanya digunakan  untuk bermain game saja tetapi harus menjadi media pembelajaran yang membantu mempermudah dalam belajar.  Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Compact Disc (CD) Interaktif dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak TK KElompok B TK Pertiwi Serang. Kata kunci : Compact Disc (CD) Interaktif, Minat Belajar,  Membaca Permulaan
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI IMPULS DAN MOMENTUM BERBASIS EDMODO DAN BERPIKIR KRITIS Marina Chandramidi; Chusaery Rusdi Syarif; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain model pembelajaran Fisika berbasis Edmodo dan berpikir kritis yang relevan dengan materi Impuls dan Momentum untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Kota Serang dengan subjek penelitian sebanyak 120 orang siswa kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Model pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran Fisika materi Impuls dan Momentum di SMAN 3 Kota Serang semula adalah pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media Powerpoint. Model pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah berbasis Edmodo dan berpikir kritis yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 3 Kota Serang. Kemampuan berpikir kritis pada saat menggunakan model pembelajaran berbasis Edmodo mengalami peningkatan, begitupun hasil pembelajarannya. Hal ini menjadi indikator bahwa model pembelajaran berbasis Edmodo dan berpikir kritis relevan untuk digunakan pada pembelajaran Fisika materi Impuls dan Momentum. Kata kunci: Pengembangan model, Edmodo, berpikir kritis, Fisika
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Dede Kurnia Adiputra; Asnawi Syarbini; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7706

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) hasil belajar antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan penggunaan metode ceramah di kelas VI pada mata pelajaran IPA, (2) hasil belajar IPA antara siswa keterampilan proses sains tinggi dengan siswa keterampilan proses sains rendah, (3) pengaruh interaksi menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA (4) hasil belajar IPAantara pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains tinggi dan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dengan keterampilan proses sains tinggi, (5) hasil belajar IPA antara siswa menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains rendah  dan siswa yang menggunakan metode ceramah dengan keterampilan proses sains rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa; terdapat perbedaan nilai hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan metode inkuiri terbimbinglebih tinggi dari nilai hasil belajar IPA pada pembelajaran menggunakan metode ceramah, Fhitung (9,107) > Ftabel (2,15). Ada perbedaan hasil belajar IPA pada siswa dengan keterampilan proses sains tinggi dan keterampilan proses sains rendah. Siswa dengan keterampilan proses sains tinggi memperoleh hasil belajar lebih tinggi dari hasil belajar IPA pada siswa dengan keterampilan proses sains rendah. Fhitung (4,391) > Ftabel (2,15).Terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA. Fhitung (5,072) > Ftabel (2,15). Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan tingkat keterampilan proses sains tinggi memperoleh nilai lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah dan tingkat keterampilan proses sains tinggi, Fhitung (4,695) > Ftabel (3,18). Terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan tingkat keterampilan proses sains rendah, lebih tinggi dari siswa dengan menggunakan metode ceramah dan tingkat keterampilan proses sains rendah, Fhitung (5,286) < Ftabel (3,18). Dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains terbukti mampu meningkatkan hasil belajar IPA dikelas VI SD Negeri Cipete 2 Curug Serang. Kata kunci: Metode Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR Dwi Pujianti; Chusaery Rusdi Syarif; Suroso Mukti Leksono
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD  dan kemampuan membuat peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x di SMK Muhammadiyah Cilegon.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas x jurusan keperawatan dengan sampel berjumlah 48.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015.  Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain by level dan menggunakan analisis Anova dua jalur.   Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvesional. Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan membuat peta konsep. Kata kunci: STAD, Peta Konsep, Hasil Belajar
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TREASURE HUNT DAN KREATIVITAS MEMBUAT CATATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Nunung Nurjanah; Sholeh Hidayat; Chusaery Rusdi Syarif
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7707

Abstract

Desain penelitian adalah penelitian eksperimen yaitu desain faktorial 2x2. Waktu penelitian Oktober-Desember 2013. Perhitungan data dilakukan uji ANAVA dua jalur dengan program Statistika Komputer SPSS 19 for Windows. Hasil perhitungan H1 diterima jika sig>0,05yaitu derajat kepercayaan 5%). Hasil analisis untuk perbedaan hasil belajar menggunakan metode permainan treasure hunt dan kerja kelompok, signifikansi 0,576 > 0,05. Sehingga H1 diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa dengan treasure hunt dan kerja kelompok. Hasil analisis untuk kreativitas, signifikansi 0,000 < 0,05  sehingga H1 ditolak, maka keputusanyang diambil adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan (sama) antara hasil belajar pada siswa yang memiliki kreativitas membuat catatan tingi dan rendah. Sedangkan pengujian ada tidaknya interaksi antara metode dan kreativitas,menunjukkan bahwa signifikansi 0,976 > 0,05. H1 diterima yaitu terdapat pengaruh interaksi antara metode dan kreativitas membuat catatan terhadap hasil belajar Dari hasil penelitian tergambar bahwa penggunaan metode permainan treasure hunt dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar. Kata kunci: Treasure hunt, kreativitas, Hasil Belajar
PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Estu Wijayaningsih; Sholeh Hidayat; Yeyen Maryani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7712

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium riil dan virtual terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Kota Serang di kelas XII IPA tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan desain faktorial 2x2. sampel dua jalur dan Uji Tuckey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar biologi siswa yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.90) lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 17.87), (2) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya  extrovert (nilai mean = 18.33) lebih rendah daripada yang mempunyai gaya belajar introvert (nilai mean = 18.43), (3) Terdapat  interaksi penggunaan laboratorium dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi, (4) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar extrovert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.93) lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 17.73), (5) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar introvert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.86) lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 18.00), (6) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar  extrovert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.93) lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar introvert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.86) , dan (7) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar  introvert yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 18.00) lebih rendah dibandingkan siswa dengan gaya belajar extrovert yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 17.73). Kata kunci : Laboratorium, Gaya Belajar, Hasil Belajar Biologi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Tatang Rohendi; Asnawi Syarbini; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimanggu,Pandeglang; (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA  pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimanggu,Pandeglang (3) pengaruh dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimanggu Pandeglang. (4) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan media power point pada motivasi belajar rendah dengan hasil uji Fhitung(48,82)>Ftabel(5,32) (5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara yang menggunakan media powerpoint dan motivasi belajar rendah dengan tanpa media powerpoint dan motivasi belajar rendah..metode penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif melalui metode penelitian eksperimen. Dengan populasi siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Cimanggu Kec. Cimanggu-Pandeglang sebanyak 40 siswa, dan sampel diambil secara purposive sampling dari populasi yang ada yaitu siswa kelas 8 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes tertulis. Angket untuk memperoleh data media powerpoint dan motivasi belajar siswa sedang tes tertulis untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian diperoleh (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan media dan media power point dengan hasil uji Fhitung(12.20)>Ftabel (4.49). (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi dan rendah dengan hasil uji Fhitung(52,88)>Ftabel(4.49) (3) terdapat pengaruh interaksi antara media powerpoint dengan motivasi belajar dengan nilai uji Fhitung(46.43)>Ftabel(4.49). (4) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan media power point pada motivasi belajar tinggi dengan hasil uji Fhitung(48,82)>Ftabel(5,32) (5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara yang menggunakan media powerpoint dan motivasi belajar rendah dengan tanpa media powerpoint Kata kunci : media pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar IPA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP Ilis Saodah; Suherman Suherman; Heni Pujiastuti
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7713

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi Aritmetika Sosial  untuk siswa kelas VII dan mengetahui kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap analysis meliputi (1) analisis kebutuhan siswa; (2) analisis kurikulum. Tahap design meliputi (1) penyusunan peta kebutuhan bahan ajar; (2) penetapan struktur bahan ajar; (3) pembuatan instrumen penelitian. Tahap development meliputi (1) penyusunan bahan ajar; (2) validasi bahan ajar. Tahap implementation meliputi (1) uji coba bahan ajar; (2) tes hasil belajar. Tahap evaluation meliputi (1) penilaian bahan ajar oleh guru dan siswa; (2) analisis hasil tes hasil belajar. Produk penelitian ini berupa bahan ajar pada materi Aritmetika Sosial berbasis PMR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,30 dan persentase 86% berdasarkan penilaian dosen ahli materi, ahli media dan guru matematika; (2) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan termasuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase 93,75% berdasarkan hasil respon siswa terhadap bahan ajar; dan (3) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek keefektifan menunjukkan bahwa bahan ajar efektif digunakan untuk pembelajaran. Keefektifan tersebut berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru matematika menunjukkan kualitas bahan ajar termasuk kategori sangat baik dengan skor rata-rata seluruh aspek 4,30 dan berdasarkan tes hasil belajar menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 84,38% dengan nilai rata-rata 82,40. Kata kunci :  Bahan Ajar, Pengembangan Model ADDIE, Pembelajaran  Matematika Realistik (PMR)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET DAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP Dion Sudiono; Asnawi Syarbini; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v3i1.7709

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) cara pengembangan model media pembelajaran kartu kuartet dan pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran PKn; (2) efektivitas kartu kuartet sebagai alternatif model media pembelajaran dan pengembangan pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran PKn; dan (3) hasil belajar dan pendidikan karakter peserta didik setelah menggunakan produk hasil pengembangan media kartu kuartet pada mata pelajaran PKn tentang nilai-nilai luhur Pancasila kelas VIII SMP. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMPN 9 Cilegon semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Hasil penilaian menunjukan bahwa (1) penilaian ahli materi pelajaran berada pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,85; (2) penilaian ahli media pembelajaran pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,80; (3) uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,83; dan (4) uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik dengan rerata skor 3,84. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan kartu kuartet PKn kegiatan pembelajaran PKn tentang nilai-nilai luhur Pancasila dapat berlangsung secara aktif, kreatif, dan menyenangkan, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 79,72, dan terbukti efektif dapat mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik. Model media pembelajaran kartu kuartet PKn telah memenuhi persyaratan diterimanya sebagai media pembelajaran PKn tentang nilai-nilai luhur Pancasila kelas VIII SMP. Kata kunci : Kartu Kuartet, Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Nilai-nilai Luhur Pancasila

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue