cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DENGAN HASIL BELAJAR DI KELAS X SMAN 2 PANDEGLANG Risnu Munandar; Sholeh Hidayat; Fadlullah Fadlullah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13131

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang mengenai pembelajaran PAI di kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang terdapat penurunan hasil belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya faktor kecerdasan spiritual yang berhubungan dengan hasil belajar karena tingkat kesadaran akan ketuhanan akan mempengaruhi kesadaran terhadap peningkatan hasil belajar PAI. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar PAI siswa kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif. Jumlah sampel 68 responden dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal. Analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah: tedapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar PAI siswa kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang , rhitung =- 0,712 > 0,201 artinya signifikan. dengan demikian terdapat hubungan positif kecerdasaan spriritual secara bersamasama dengan hasil belajar pendidikan agama islam pada Kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan tenaga pendidik di lingkungan SMAN 2 Pandeglang untuk berusaha dan berupaya meningkatkan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran sebagai bagian upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang. Kecerdasan spiritual siswa sebagai upaya untuk mengembangkan diri peserta didik dalam mencapai apa yang diinginkan dengan cara apa yang Tahun 8 Nomor 2 November 2021 251 bisa dilakukan tentunya perlu menjadi perhatian lebih oleh tenaga pendidik atau guru agar siswa memiliki kecerdasan spiritual dalam proses pembelajaran.Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI)
PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN TAKTAKAN I Endang Susilowati; Sholeh Hidayat; Sholih Sholih
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13127

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mendeskripsikan Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SDN Taktakan 1 Kota Serang. Adapun sampel penelitian berjumlah 80 siswa merupakan peserta didik kelas 4A dan kelas 4B. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pre experimental IntactGroup Comparison Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4. Kelompok siswa dengan keaktifan belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelompok siswa dengan keaktifan belajar rendah. Dilihat dari Nilai Sig 2- tailed 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai thitung 3,851 > t tabel 1,990 menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Analisis data menunjukkan adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang keaktifan belajarnya tinggi dan kelompok siswa yang keaktifan belajarnya rendah yang dapat dilihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05, berarti keaktifan belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa . Besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai R Square 0,551, dapat diartikan bahwa besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa 55,1%.Kata Kunci : keaktifan belajar siswa, hasil belajar, mata pelajaran IPS
PENGGUNAAN GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENSTIMULASI KECAKAPAN HIDUP ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-MUHTADIIN KOTA TANGERANG Mala Hayatie; Cucu Atikah; Fadlullah Fadlullah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13132

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu menganalisis dan mendeskripsikan 1) secara komprehensif penggunaan game edukasi pada pembelajaran aktif untuk menunjang kecakapan hidup anak usia dini 5-6 tahun, 2) karakteristik anak yang terstimulasi kecakapan hidupnya dengan menggunakan game edukasi pada pembelajaran aktif di TK Islam Al-Muhtadiin Kota Tangerang dan 3) faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan game edukasi pada pembelajaran aktif untuk menunjang kecakapan hidup anak usia dini 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) Penggunaan game edukasi pada pembelajaran aktif untuk menunjang kecakapan hidup anak usia dini usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Muhtadiin Kota Tangerang dilakukan dengan cukup baik dan mampu meningkatkan semangat anak dalam belajar. Melalui game edukasi, anak lebih kreatif untuk dapat memecahkan masalah yang ada, tanpa perlu bantuan dari orang lain, sehingga imendukung kemandiriannya; 2) Karakteristik anak yang terstimulasi kecakapan hidupnya dengan menggunakan game edukasi Tahun 8 Nomor 2 November 2021 265 pada pembelajaran aktif di TK Islam Al-Muhtadiin Kota Tangerang terlihat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk menyelesaikan tugas permainannya hingga selesai, 3) Penggunaan game edukasi pada pembelajaran aktif untuk menunjang kecakapan hidup anak usia dini usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Muhtadiin Kota Tangerang memiliki beberapa faktor pendukung diantaranya penguasaan guru dalam teknologi menggunakan game edukasi dan antusiasme anak melakukan pembelajaran menggunakan game edukasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketidaktertiban dalam pembelajaran karena masih ada anak yang mengganggu temannya dan kondisi sarana prasarana lingkungan sekolah yang terbatas.Kata kunci: Game Edukasi, Pembelajaran Aktif, Pendidikan Kecakapan Hidup, Anak Usia Dini 5-6 Tahun
HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PELAYANAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI KECAMATAN CIMARGA KABUPATEN LEBAK Atin Anita Prihatini; Cucu Atikah; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13128

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kompetensi professional guru dengan pelayanan PAUD Holistik Integratif di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, hubungan motivasi kerja dengan pelayanan PAUD Holistik Integraif di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, dan hubungan kompetensi profesional guru PAUD dan motivasi kerja secara bersamasama dengan pelayanan PAUD Holistik Integrasi di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 73 Tahun 8 Nomor 2 November 2021 215 guru PAUD dengan jumlah sampel adalah seluruh jumlah populasi. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Cimarga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan antara variabel Kompetensi Profesional Guru (X1) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y) pada Kecamatan Cimarga dibuktikan dengan hasil perhitungan rx1y = 0,492 dan koefisien determinasi pada tabel koefisien korelasi, terdapat R square adalah 0,242 (adalah pengkuadratan dari koefisien korelasi 0,492 atau 0,4922 ) berarti 24,2% kontribusi variabel Kompetensi Profesional Guru PAUD (X1) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y). (2) Terdapat Hubungan variabel Motivasi Kerja (X2) dengan variabel Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y) dibuktikan dari hasil perhitungan rx2y = 0,085 dan koefisien determinasi pada tabel koefisien korelasi terdapat R square adalah 0,007 berarti 7% kontribusi variabel Motivasi Kerja (X2) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y). (3) Terdapat hubungan positif dalam tingkatan sedang antara Kompetensi Profesional Guru PAUD dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Pelayanan PAUD Holistik Integratif pada Kecamatan Cimarga. Dibuktikan dari hasil koefisien determinasi diperoleh hasil rx12y 2 = 0,289 (adalah pengkuadratan dari koefisien regresi 0,538 atau 0,5382 ) berarti 28,9% kontribusi variabel Kompetensi Profesional Guru PAUD (X1) dan Motivasi Kerja (X2) secara bersamasama Terhadap Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y).Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja dan Pelayanan PAUD Holistik Integritas
EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN PILIHAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG SELATAN Wildatun Mukaromah; Sudadio Sudadio; Sholih Sholih
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13134

Abstract

Tugas perkembangan karir siswa SMK yang berada pada rentang 15-18 tahun termasuk dalam tahap eksploratory. Menurut Super tahap eksploratoy adalah dimana individu memikirkan berbagai alternatif pilihan karir. Oleh karenanya, siswa perlu memperoleh informasi terkait dunia kerja serta memanfaatkan kesempatan dan sumber informasi yang potensial agar dapat memiliki alternatif karir berdasarkan pilihan keahlian. Aspek eksplorasi karir tentu berkaitan dengan banyaknya informasi karir yang diperoleh individu dari berbagi sumber serta memanfaatkan informasi karir tersebut. Adanya pandemi covid 19 yang saat ini sedang terjadi hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia membuat kegiatan pembelajaran, termasuk pemberian layanan bimbingan dan konseling, menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salah satu media yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun untuk menyampaikan informasi karir, yaitu media video interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis serta mendeskripsikan efektivitas Tahun 8 Nomor 2 November 2021 281 media video interaktif pada layanan informasi karir. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian Pretest- Posttest. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Adapun kelas yang terpilih menjadi sampel adalah kelas XI Akuntansi 3 dengan jumlah 32 siswa. Analisis data menggunakan uji gain score Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara tertutup, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan kematangan pilihan karir siswa kelas XI Di SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan.Kata Kunci: Media Video Interaktif, Informasi Karir
EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KARUNDANG 2 Tri Astuti; Sholeh Hidayat; Isti Rusdiyani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13124

Abstract

Kurangnya pengembangan media belajar disekolah yang memotivasi minat membaca peserta didik berakibat pada rendahnya minat dalam membaca buku sehingga terjadinya penurunan pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik di Sekolah Dasar kelas III. Penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan memberikan instrumen berupa wawancara, angket dan tes. Sampel penelitian yaitu kelas III Sekolah Dasar yang berjumlah 22 orang di SDN Karundang 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Efektivitas penggunaan media komik terhadap hasil belajar peserta didik dari hasil rekapitulasi nilai pretest dan posttest memperoleh nilai 0,72 atau dipersentasekan dengan nilai 72% yang masuk pada kategori cukup efektif.Kata kunci: media komik berbasis pembelajaran kontekstual, efektivitas, hasil belajar
EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO PODCAST SEBAGAI GAYA BELAJAR AUDIOTORIK DI SD ISLAM KREATIF Mifa Maulida; Syadeli Hanafi; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13129

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media audio berbasis podcast sebagai gaya belajar audiotorik pada pembelajaran tematik kelas 4 di SD Islam Kreatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD Islam Kreatif berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengukur efektivitas media podcast. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio berbasis podcast dengan perolehan presentase 76,4% kategori efektif. Penggunaan media audio berbasis podcast ini mempermudah peserta didik dalam mengerjakan tugas, terampil dalam menggunakan sarana teknologi dan informasi.Kata kunci: Efektivitas, Podcast, Gaya belajar audio
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN KEDALEMAN IV Nurdiana Siti Alifa; Syadeli Hanafi; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13125

Abstract

Penelitian ini berfokus pada media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pada materi gaya dan gerak benda pada kelas IV SD. Prosedur pengembangan media video pembelajaran menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil keseluruhan 87% dengan kriteria media sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil keseluruhan 94,3% kriteria media valid dan sesuai dengan materi serta sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba berdasarkan respon pada siswa kelas IV di SDN Kedaleman IV memperoleh 97%. Hasil observasi peneliti pada pembelajaran sebelumnya yang diperoleh berdasarkan penelelitian dari berbagai sekolah memperoleh nilai rata-rata 71,5% dengan kriteria cukup baik hal ini dikarenakan pembelajaran secara daring dilakukan oleh guru tanpa menggunakan media hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga minat belajar siswa terlihat menurun selama pembelajaran. Hasil perolehan nilai post test setelah menggunakan media diperoleh sebesar 90,6% kriteria dari capaian siswa setelah menggunakan media tergolong tinggi. Kata Kunci : Video Pembelajaran Animasi, Kinemaster, dan Pemahaman IPA
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG BERBASIS VIDEO PADA MATERI KANKOUCHI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 6 SMA NEGERI 2 KOTA SERANG Vera Rahmawati; Suherman Suherman; Isti Rusdiyani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13130

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap hasil belajar peserta didik, 2) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap motivasi belajar peserta didik, dan 3) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest, yaitu membandingkan hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 6 sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring berbasis video pada materi kankouchi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji paired-t test. Hasil penelitian terhadap 30 peserta didik untuk hasil belajar diperoleh data thitung > ttabel pada taraf Tahun 8 Nomor 2 November 2021 241 signifikansi 5% yaitu 24.692 > 2.045 dan diperoleh nilai probabilitas atau signifikansi sebesar 0.000 artinya nilai P< 0.05. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran daring berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan hasil belajar terbukti. Untuk motivasi diperoleh data pada taraf signifikansi 5%, nilai thitung > ttabel yaitu 25.292>2.045 dan nilai probabilitas sebesar 0.000 artinya nilai P<0.05. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan motivasi belajar terbukti. Berdasarkan hasil uji hipotesis satu dan dua maka pembelajaran daring bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 6 SMA Negeri 2 Kota Serang juga terbukti. Kesimpulannya adalah pembelajaran daring dengan media video dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik. Selain itu video pembelajaran yang dibuat oleh guru langsung dapat lebih menarik minat peserta didik karena seolah-olah belajar langsung bersama di dalam kelas.Kata kunci : video, hasil belajar, motivasi belajar
HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN PROFESIONALITAS GURU DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH CIPONDOH TANGERANG Suhelmi Suhelmi; Suherman Suherman; Syadeli Hanafi
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i2.13126

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the relationship between pedagogic competence and principals' leadership with teacher professionalism. This type of research is a quantitative field research with a correlational approach. This research was conducted at the Cipondoh Muhammadiyah College, Tangerang. The population in this study were teachers at the Muhammadiyah College Cipondoh Tangerang with a total sample of 85 teachers. The results sH0wed that: 1) Based on the results of the analysis, it was concluded that there was a relationship between pedagogical competence and teacher professionalism at the Muhammadiyah College of Cipondoh Tangerang City, with rcount > rtable (0.284 > 0.213) and Sig value < value (0.000 < 0.05); 2) There is a relationship between the principal's leadership and teacher professionalism at the Cipondoh Muhammadiyah College, Tangerang City, with rcount > rtable (0.240 > 0.213) and Sig value < value (0.000 < 0.05); 3) There is a relationship between Pedagogic Competence and Principal Leadership together with teacher professionalism at the Cipondoh Muhammadiyah College, Tangerang City with an rcount > rtabel (0.329 > 0.213) and together the pedagogical competence and leadership of the principal contributed 10, 8% of the professionalism of teachers at the Cipondoh Muhammadiyah College, Tangerang City.Keywords: Pedagogic Competence, Principal Leadership, Teacher Professionalism

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue