cover
Contact Name
Dearly
Contact Email
merspy@mercubuana.ac.id
Phone
+6281234880285
Journal Mail Official
merspy@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Merpsy Journal
ISSN : 29853788     EISSN : 2964920x     DOI : 10.22441/merpsy
Core Subject : Humanities, Social,
Merpsy Journal is an open-access journal that publishes empirical research aimed at advancing our understanding of theoretical issues in the field of psychology with an approach model of biology, psychology, and social aspects that are interrelated and interact with each other to enable research renewal discussions that can generate new ideas in terms of theory and application.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2024)" : 6 Documents clear
Studi Komparasi Tingkat Atensi Berdasarkan Iringan Musik Lo-Fi Arneta Fitra Gaskin; Kazia Manuela Hutasoit; Irma Himmatul Aliyyah; Raden Ahmad Idham
Merpsy Journal Vol 16, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/merpsy.v16i1.24732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan tingkat atensi belajar antara siswa yang mendengarkan musik lo-fi dan yang tidak. Menggunakan metode eksperimental dengan desain post-test only, 20 siswa kelas sebelas dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendengarkan musik lo-fi dan kelompok kontrol non-musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik lo-fi memiliki tingkat atensi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini memberikan dukungan empiris terhadap manfaat musik lo-fi dalam meningkatkan fokus dan atensi belajar siswa. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya genre musik dalam mempengaruhi suasana hati dan kinerja kognitif. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini dan mengeksplorasi efek jangka panjang musik lo-fi dalam lingkungan pendidikan.
Kecerdasan Interpersonal dan Perilaku Altruistik pada Anggota Tim SAR Marlida Wulanningsih; Dinie Ratri Desiningrum
Merpsy Journal Vol 16, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/merpsy.v16i1.27346

Abstract

Tim SAR adalah salah satu organisasi milik negara yang bertanggung jawab atas terjadinya bencana di suatu wilayah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku altruistik pada anggota tim SAR BPBD Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota tim SAR BPBD Kota Semarang yang berjumlah 88 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Perilaku Altruistik (33 aitem valid, α = 0.936) dan Skala Kecerdasan Interpersonal (25 aitem valid, α = 0.836). Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi (rxy) = 0.584 dan F = 24,895 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku altruistik pada anggota tim SAR BPBD Kota Semarang dapat diterima. Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, artinya semakin tinggi kecerdasan interpersonal anggota tim SAR maka semakin tinggi perilaku altruistik. Kecerdasan interpersonal memberikan sumbangan efektif sebesar 34,2% pada perilaku altruistik. 
Penerapan Self Management dalam Meningkatkan Aktualisasi Diri Shela Oktapianingsih; Syifa Rafifah; Naeila Rifatil Muna
Merpsy Journal Vol 16, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/merpsy.v16i1.24452

Abstract

Salah satu kebutuhan tertinggi manusia adalah aktualisasi diri. Namun, kenyataannya masih banyak individu yang memiliki aktualisasi diri rendah, karena mereka tidak mengenali kelebihan yang dimiliki serta ragu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Padahal aktualisasi diri sangatlah penting agar manusia mencapai kepuasan dan kesejahteraan dalam hidupnya. Maka dari itu manusia harus berupaya untuk meningkatkan aktualisasi dirinya, salah satunya dengan melakukan self-management. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep tentang self-management, aktualisasi diri dan memaparkan bagaimana penerapan self management dapat meningkatkan aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta studi literatur. Berdasarkan  hasil penelitian diperoleh bahwasanya self-management dapat membantu meningkatkan aktualisasi diri pada individu. Melalui self management individu dapat mengelola diri sendiri, baik itu pengelolaan fisikal, mental, intelektual, spiritual, sosial, manajerial dan sebagainya, serta mengubah perilaku yang kurang baik menjadi lebih baik.
Penerapan Bimbingan dan Konseling dengan Teknik Psikodrama dalam Lingkup Pendidikan Siti Nuraida Amanah; Neng Silva; Naeila Rifatil Muna
Merpsy Journal Vol 16, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/merpsy.v16i1.24515

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan diiringi oleh beberapa faktor, seperti halnya permasalahan pembelajaran, rendahnya mutu pendidikan, dan rendahnya prestasi belajar siswa. Bimbingan konseling hadir sebagai salah satu sarana dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling adalah psikodrama. Tujuan penelitian ini yakni untuk memahami peranan penerapan psikodrama dalam lingkup pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Psikodrama merupakan suatu metode yang menggabungkan antara drama dan psikologi dalam membantu individu dalam mengembangkan potensi, serta memecahkan permasalahan sosial dan emosional. Psikodrama telah banyak diterapkan dalam dunia pendidikan. Adapun peranan psikodrama yakni meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik,  sarana peningkatan self disclosure (keterbukaan diri), membangun kemandirian belajar, membangun self concept (konsep diri), dan sebagai sarana pelatihan guru dalam meningkatkan pembelajaran yang kreatif.
The Influence of Job Stress on Counterproductive Work Behavior with Neuroticism Personality as a Moderator Variable in State Civil Apparatus in Pekanbaru Ifi Anjely; Hijriyati Cucuani
Merpsy Journal Vol 16, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/merpsy.v16i1.27092

Abstract

The suboptimal performance of employees results in more cases of CWB. In many studies, CWB is often associated with work stress. Personality was also tested as a determining factor in the relationship between the two. In the big five personalities, neurotic personality are relatively consistent in strengthening the influence of work stress on work CWB compared to the other four personality types. This study aims to determine whether work stress influences CWB and whether neuroticism can moderate work stress on CWB on the State Civil Apparatus in Pekanbaru. The sampling technique uses quota sampling with a sample size of 147 employees who have worked for at least one year. The data will be collected by using Spector's Counterproductive Work Behavior checklist, IPIP-BFM-50 and the work stress scale. Data were analyzed using the Process by Andrew F. Hayes v4 for the SPSS tool. The results show that work stress affects CWB and neuroticism cannot moderate the effect of work stress on CWB. This research is expected to contribute to scientific knowledge and assist management in preventing and minimizing counterproductive work behavior, especially in establishing a conducive work situation and determining the proper employee criteria for recruitment.
Online Relationship dengan Self disclosure di Instagram pada Remaja Vira Paranagari; Winy Nila Wisudawati
Merpsy Journal Vol 16, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/merpsy.v16i1.19751

Abstract

Dimasa sekarang ini banyak orang lebih memilih untuk berinteraksi melalui media sosial karena lebih efisien dan mudah, namun dibalik kemudahan nya terdapat bahaya dari media sosial yang mengintai pengguna nya. Karena jejak digital yang sulit untuk dihapuskan dapat menjadi boomerang tersendiri bagi pengguna nya terutama dalam hal pengungkapan diri karena berbagai informasi diri yang tersebar di internet akan dapat dengan mudah di salahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Meskipun begitu masih banyak pengguna yang tidak segan untuk mengungkapkan dirinya melalui media sosial meski telah mengetahui bahaya nya.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara  onlinerelationship dengan self disclosure di instagram pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah remaja usia 18-21 tahun, aktif dan memiliki akun Instagram pribadi. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 191 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara interaksi sosial online dengan self disclosure di media sosial instagram pada remaja. Harapan dari adanya penelitian ini yaitu dapat menambah pengetahuan baru mengenai interaksi sosial online dan self disclosure di media sosial serta lebih memahami dinamika aktivitas pengguna media sosial dari sudut pandang ilmu psikologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6