cover
Contact Name
Erna Sofriana Imaningsih
Contact Email
erna.imaningsih@mercubuana.ac.id
Phone
+6282110107619
Journal Mail Official
jfm@mercubuana.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Fundamental Management (JFM)
ISSN : 27754480     EISSN : 27756300     DOI : 10.22441/jfm
ournal of Fundamental Management is an academic journal published by the Mercubuana University S1 Management Study Program. The aim of JFM is to promote innovative thinking in the field of management and other related fields. This journal focuses primarily on promoting research results related to the business environment in Indonesia. The journal focuses on the following topics: General Management, MSME Management, Global Business Management, Competitive Strategies, Human Resource Management, Marketing Management, Operations and Logistics, Supply Chain Management, Entrepreneurship, Innovation, and Organizational Behavior.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021" : 10 Documents clear
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Anik Herminingsih
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasional dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah hubungan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Agusta Bono Internasional, sebanyak 41 orang dimana sampel diambil dengan metode sampling jenuh yakni keseuruhan sebanyak 41 orang sebagai responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan SPSS sedangkan analisis inferensial dengan mode SEM dan analisis data menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS) dengan program Smart-PLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Canva Pada Mahasiswa Di Jakarta Anisa Nur Afnisari; Sonny Indrajaya
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17478

Abstract

The purpose of this study is to discuss the factors that influence the decision to purchase Paid Features on the Canva Application. The independent variables obtained from the results of the preliminary survey are Perceptions of Price, Promotion, and Security. While the dependent variable to be obtained is the Purchase Decision. Methods of data analysis using Variance Based Structural Equation Modeling Partial Least Square (PLS) and Statistical Product andService Solutions (SPSS). The sample that will be used in this study are students who live in the DKI Jakarta area as many as 200 respondents. The sampling technique used is the Stuctural Equation Model (SEM). By using a quantitative descriptive approach. The results of this study indicate that Price Perception has a significant positive effect on purchasing decisions, Promotion has a significant positive effect on purchasing decisions and Security has a significant positive effect on purchasing decisions. 
PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BEDAK MAKE OVER (Studi kasus pembelian kosmetik Make over di wilayah Jakarta Barat) Nuraini Fadillah
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17220

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pembelian Kosmetik Make over di wilayah Jakarta barat). Subjek pada penelitian ini adalah pembeli yang ingin membeli produk Make over. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Citra Merek berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Harga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Kualitas Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN RELIGIOUS VALUES, TERHADAP PEMILIHAN PAKET UMROH PT ROYAL TOUR INTERNASIONAL DENGAN MINAT JAMAAH SEBAGAI INTERVENING Shella Nuraini Ekasari
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17637

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi melalui Media Sosial dan Religious Value terhadap Pemilihan Paket Umroh PT. Royal Tour International dengan Minat Jamaah sebagai Intervening. Populasi pada penelitian ini adalah jamaah PT Royal Tour Internasional sebanyak 1365 jamaah di akhir Tahun 2021. Kemudian, berdasarkan perhitungan sampel didapatkan responden sebanyak 240 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Adapun metode analisis yang digunakan adalah structural equation modelling melalui partial least sqaure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap pemilihan paket umroh, promosi melalui media sosial berpengaruh signifikan terhadap pemilihan paket umroh, religious values berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan paket umroh,1 minat jamaah berpengaruh positif dan signifikanterhadap pemilihan paket umroh, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat jamaah, promosi melalui media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat jamaah, religious values berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat jamaah, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan paket umroh melalui minat jamaah sebagai intervening, promosi melalui media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan paket umroh melalui minat jamaah sebagai intervening, dan religious values berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan paket umroh melalui minat jamaah sebagai intervening.
PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Paket IndiHome Jakarta Timur) amelia putri
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17629

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian”. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi dari penelitian ini yaitu pengguna indihome Jakarta Timur. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 165 responden yaitu pengguna indihome Jakarta Timur sebagai sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling atau convenience sampling. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan alat analisis SPSS 26 dan Smart Pls 3.3.9. Teknik yang digunakan dalam pengujian data adalah uji instrumen dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwaharga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,416). Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,234). Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,002) .Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Citra Merek , Keputusan Pembelian
ANALISIS KUALITAS LAYANAN, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAKANAN CEPAT SAJI PADA RESTORAN MCDONALD’S SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada McDonald’s Duta Garden di Kota Tangerang) Desty Damayanti; Agung Hudaya
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan, citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan makanan cepat saji pada restoran McDonald’s selama pandemi Covid-19. Objek penelitian ini adalah pelanggan McDonald’s di Duta Garden. Penelitian ini dilakukan terhadap 200 responden dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan ukuran sampel menggunakan teknik Non-Probability. Metode pengumpulan data menggunakan data primer, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan alat analisis Smart-PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa kualitas layanan, citra merek dan kualitas produk memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan.
Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada PT BCA Multifinance Cabang Cideng Muhammad Amin
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan melalui minat beli ulang dengan menggunakan kualitas layanan, promosi penjualan dan kepercayaan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat DKI Jakarta yang telah menggunakan jasa pelayanan pada PT BCA Multifinance Cabang Cideng dengan jumlah sample sebanyak 135 responden yang ditentukan menggunakan metode puposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan olah data dilakukan dengan teknik analisis SEMPLS menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian ini mendapati bahwa kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang, promosi penjualan positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, dan kepercayaan positif dan signifikan terhadap minat beli ulangKata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Layanan, Minat Beli Ulang, Promosi Penjualan , SEM-PLS
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN SDI (SURVEY DRAWING INVENTORY) PT.TELKOM AKSES BEKASI Firqi Ikhsanul Amal; Abdul Gani
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.9916

Abstract

This study aims to analyze the influence of the Work Environment, Motivation, on Employee Performance. The population in this study were employees of the SDI (Survey Drawing Inventory) of PT. Telkom Access Bekasi. The sample used was 55 respondents. The sampling method uses saturated samples. Data collection methods using survey methods, with the research instrument is a questionnaire. Data analysis method uses Partial Least Square. This research proves that the Work Environment has a positive and significant effect on employee performance. Motivation has a positive and significant effect on employee performance.
PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KUALITAS LABA (Pada Perusahaan Sub Sektor Keramik, Porselen dan Kaca yang Tercatat Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020) Sri Novitasari; Riska Rosdiana
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.17580

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Struktur Modal, Likuiditas dan Investment Opportnity Set Terhadap Kualitas Laba (Pada Perusahaan Sub sektor Keramik, Porselen dan Kaca Periode 2016-2020). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sub sektor keramik, porselen dan kaca yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2020. Sampel dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel yang diambil dengan persyaratan atau kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh sebanyak 6 perusahaan dari 8 perusahaan sub sektor keramik, porselen dan kaca yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang sudah diolah, dan diperoleh berdasarkan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit dan dipublikasikan oleh setiap perusahaan tahun 2016-2020. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan menggunakan program EViews versi 11. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara persial Debt to Equity Ratio, Current Ratio dan Market to Book Value of Assets berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laba pada perusahaan sub sektor keramik, porselen dan kaca yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020.
Pengaruh Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin dan Earning Per Share Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019 Arisia Dewi Churatulaini; Riska Rosdiana
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 1, No 3 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v1i3.13477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin dan Earning Per Share terhadap Return Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah 64 perusahaan sektor Consumer Good. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 39 perusahaan. Metode penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi data panel dengan metode yang terpilih model fixed effect. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return Saham perusahaan sektor Consumer Goods; (2) Current Ratio (CR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return Saham perusahaan sektor Consumer Goods; (3) Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap Return Saham perusahaan sektor Consumer Goods; (4) Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh terhadap Return Saham perusahaan sektor Consumer Goods.Kata kunci : Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin, Earng Per Share, Return Saham

Page 1 of 1 | Total Record : 10