cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+6285656227888
Journal Mail Official
fakhri@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, Kel. Parangtambung, Kec. Tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal MediaTIK
ISSN : 26561247     EISSN : 27155919     DOI : https://doi.org/10.59562/mediatik
Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer Engineering Education from students, lecturers, and practitioners from universities or research institutions. Jurnal MediaTIK already has a print version ISSN with the number 2656-1247 in 2019 and an online version ISSN with the number 2715-5919. MediaTIK Journal contains articles on informatics and computer engineering education in particular: Instructional Technology and Vocational Multimedia Learning, E-learning or blended learning, Information System, artificial intelligence dan robotics, embedded expert system, big data dan machine learning, software dan network engineering
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 43 Documents
Search results for , issue "Volume 7 Issue 2, Mei (2024)" : 43 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Pencari Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Kep. Sula Propinsi Maluku Utara Menggunakan Visual Basic.Net Irwansya; Sahrul Ramadhan; Teguh Ansyor Lorosae
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.1304

Abstract

Sistem yang digunakan Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Sula Propinsi Maluku Utara sekarang ini hanya mencetak kartu kuning Antar kerja 1 (AK I) sedangkan Pendataan pencari kerja saat ini masih menggunakan Microsoft Exel untuk pengisian biodata pencari kerja masih di catat di dalam pembukuan yang menggunakan sistem manual dan ini biasanya mengakibatkan kurang terkoordinirnya data pencari kerja sehingga mengalami keterlambatan dalam pembuatan laporan dan pelayanan kepada pencari kerja. Metode penelitia a). Penelitian ini menggunakan Object Oriented Analysis Desain (OOAD) dimana pendekatan yang dilakukan untuk mengembangkan suatu sistem yang baru dan responsif terhadap lingkungan yang sering berubah dan pemodelan Unified Modeling Languange (UML) merupakan salah satu alat bantu yang sangat handal di dunia analis dan perancangan sistem informasi yang berorientasi obyek (Object Oriented). b) Penelitian Lapangan yaitu penelitian dilakukan dengan melakukan survei langsung pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara. C) Observasi, yaitu mengadakan pengamatan langsung terhadap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang proses yang sedang berjalan. Hasil : Pada sistem yang lama proses pendataannya dengan dua metode, yang pertama dengan menggunakan software IPK Versi.1 dan yang ke dua menggunakan Microsft Exel. Dalam proses perancangan yang dilakukan dengan menggunakan sistem yang baru hanya sekali penginputan data pencari kerja, dimana sistem yang baru ini menggunakan Microsoft Visual Basic.Net yang menggabungkan dua metode penginputan data pada sistem yang lama menjadi satu kali penginputan data pencari kerja. Hasil penginputan data pencari kerja pada sistem yang lama dalam satu hari bisa mencapai sekitar 100 orang atau 10% dari 1000 orang. Sedangkan sistem yang baru penginputan data dalam satu hari bisa mencapai sekitar 200-300 orang atau 20%-30% dalam 1000 orang. Pengolahan data inforamasi pada system yang baru dan pembuatan laporannya dapat mengatasi kelemahan dan kekuarangan pada sistem yang lama sekitar 10%.
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa Nurfadilah Istiqamah; Udin Sidik Sidin; Irwansyah Suwahyu
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.1891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan jenis data ex-post facto dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitan ini adalah penggunaan gadget (X), sementara variabel terikat adalah prestasi belajar (Y), di ukur melalui nilai rapor semester genap tahun ajar 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Makassar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1, 2, 3, dan 4 yang diambil menggunakan probability sampling berjumlah 99 siswa. Teknik analisis yang digunakan yakni analsis deskriptif, uji normalitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X (penggunaan gadget) dengan variabel Y (prestasi belajar). Berdasarkan persamaan regresi dihasilkan nilai Y = 72,847 + 0,080X. Hal ini menggambarkan nilai  lebih besar dari  (2,524 > 1,160), sehingga  ditolak dan  diterima. Hal ini menandakan pemanfaatan gagdet mempunyai pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar siswa SMK Negeri 10 Makassar. Keterkaitan antara variabel penggunaan gadget (X) dan prestasi belajar (Y) diinterpretasikan dalam skor angka determinasi. Pada hasil perhitungan, diperoleh nilai koefisien determinasi 0,062. Ini berarti bahwa penggunaan gadget mempunyai pengaruh sebesar 6,2 % pada prestasi belajar siswa SMK Negeri 10 Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 10 Makassar.
Analisis Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Pelurusan Rambut Mahasiswa Konsentrasi Tata Rias PKK FT UNM Israwati Hamsar
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.1935

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran hasil belajar mata kuliah pelurusan rambut mahasiswa konsentrasi tata rias; (2) untuk mengetahui gambaran fasilitas belajar mahasiswa pada mata kuliah pelurusan rambut; (3) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pelurusan rambut; dan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar mata kuliah pelurusan rambut berada pada kategori sangat tinggi; (2) fasilitas belajar mata kuliah pelurusan rambut berada pada kategori tinggi; (3) fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah pelurusan rambut di jurusan PKK FT UNM
Pengembangan Aplikasi Konsultasi Menggunakan Obrolan Suara dan Terapi Psikis Berbasis Android untuk Penyandang Tunanetra Dwi Gusna; Syahrul; Dwi Rezky Anandari Sulaiman
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.1985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi konsultasi berbasis Android dengan fitur obrolan suara dan terapi psikis yang khusus ditujukan untuk penyandang tunanetra serta mengetahui hasil pengujian dari aspek kelayakan materi dan standar ISO 25010. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan metode prototipe. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa Tunanetra SLB A Yapti Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen untuk validasi materi, validasi sistem (functional suitability) dan uji aspek usability serta teknik observasi untuk pengujian aspek portability dan performance efficiency. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Aspek konten/materi, dan usability menggunakan skala Likert; aspek Functional Suitability menggunakan skala Guttman. Hasil uji materi menunjukkan bahwa materi yang digunakan dalam aplikasi yang dikembangkan berada pada kategori layak. Aplikasi ini juga berfungsi dengan baik dalam pengujian aspek functional suitability. Pengujian portability menunjukkan bahwa aplikasi dapat befungsi dengan baik di berbagai versi Android, mulai dari Android 8 hingga 12. Dalam aspek performance efficiency, aplikasi ini memenuhi standar penggunaan CPU maksimum yang direkomendasikan, yaitu di bawah 15%, dan tidak mengalami masalah force close. Pada aspek reliability, aplikasi berhasil diuji untuk seluruh jalur independen dan berada pada tipe prosedur yang terstruktur dan stabil dengan faktor resiko yang rendah untuk terjadi kesalahan. Selain itu, aspek usability menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap aplikasi berada pada persentase kepuasan 87% dan berada pada kategori sangat baik.
Analisis Pola Lelang di Ebay Menggunakan Metode K-Means Clustering Rezty Amalia Aras; Ilna Nardiyah
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Platform lelang daring telah menjadi aspek penting dalam perdagangan elektronik, yang menghadirkan peluang besar bagi analisis pola perilaku pengguna. Dalam penelitian ini, kami melakukan analisis pola lelang di platform eBay menggunakan metode klastering K-Means. Data transaksi lelang dikumpulkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi pola yang mungkin tersembunyi di dalamnya. Langkah-langkah pembersihan data dilakukan untuk memastikan kualitas data yang optimal. Setelah itu, metode K-Means diterapkan untuk mengelompokkan transaksi lelang berdasarkan karakteristik tertentu. Hasil klastering divisualisasikan untuk memberikan wawasan tentang kelompok-kelompok transaksi yang berbeda. Evaluasi hasil klastering dilakukan dengan mempertimbangkan metrik evaluasi seperti inertia dan Silhouette Score. Temuan dari analisis ini dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang perilaku pengguna dalam melakukan lelang di platform eBay.
Analisis Efektivitas Mixed-Mode Learning dalam Menjawab Tantangan Era Metaverse pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Wahyu Hidayat M; M Syahid Nur Wahid; Fauziah Fauziah; Sul Fitriana; Al Hikma
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.2189

Abstract

Peningkatan teknologi dan perkembangan media digital telah membawa dampak signifikan pada dunia pendidikan, terutama dalam menghadapi tantangan era Metaverse. Metaverse menuntut adopsi pendekatan pembelajaran inovatif guna memenuhi kebutuhan mahasiswa yang semakin beragam dan dinamis. Salah satu pendekatan yang muncul sebagai solusi adalah Mixed-Mode Learning, yang mengintegrasikan pembelajaran daring dan tatap muka. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Mixed-Mode Learning sebagai metodologi pembelajaran campuran dalam menjawab tantangan era Metaverse, khususnya pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Metodologi penelitian ini melibatkan pengumpulan data kualitatif melalui penyebaran angket (Kuesioner) terhadap mahasiswa yang mengikuti program Mixed-Mode Learning pada Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Mixed-Mode Learning secara positif memengaruhi efektivitas pembelajaran, memfasilitasi interaksi antara mahasiswa dan dosen, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dalam konteks Metaverse. Oleh karena itu, artikel ini menyajikan temuan-temuan yang mendukung penggunaan Mixed-Mode Learning serta implikasi praktis dan saran untuk pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan penerapan Mixed-Mode Learning di lingkungan pendidikan tinggi.
Optimizing E-Learning: Analisis Persepsi dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan SYAM OK di Universitas Negeri Makassar M. Syahid Nur Wahid; Wahyu Hidayat M; Nurul Ilmah; Dian Syahrah
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Inovasi terbesar dalam bidang pendidikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menunjang pembelajaran yang dikenal dengan E-Learning. Universitas Negeri Makassar sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia juga telah mengadopsi teknologi tersebut dalam bentuk Sistem E-Learning SYAM OK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Makassar terhadap penggunaan SYAM OK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa Universitas Negeri Makassar mempunyai persepsi positif dan kepuasan terhadap penggunaan SYAM OK dalam pembelajaran.
Development of Interactive Media for Hybrid Motor System in Strengthening Industrial Skills in Vocational High School Muhammad Yahya; Sanatang; Wahyudi
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.2223

Abstract

The development of hybrid motor technology is currently one of the competencies that students must master in the automotive spectrum at Vocational High Schools (SMK), the current engine work system has developed rapidly towards the use of a combination of automotive technology and electronic technology, while learning equipment is still very limited to simple media and does not support mastery of competencies quickly and precisely. This media students can be more interactive in understanding hybrid motors. Hybrid is a type of vehicle that uses a combination of engines, resulting in significant fuel savings. Based on the description above, an Applied Research Scheme for Media Development of Hybrid Motor Working Systems Based on Industrial Learning is proposed. This research aims to produce learning media in the form of a hybrid motor working system trainer to support automotive practicum learning that can be operated and observed by students to increase students' understanding and knowledge, one of which is in the development of current vehicles. In addition, this research also developed a trainer introduction guidebook and jobsheet to make it easier for students to do practicum. This research uses the research and development method with the output in the form of a hybrid motor working system trainer in supporting students' understanding of the working system. The research and development steps used are the ADDIE model which consists of Analysis, design, development, implementation and evaluation. Based on the data, it can be concluded that the internet of things-based robotics trainer media that has been developed meets the valid criteria, the average practical aspect of the application is 91.67%, the appearance is 95.83%, the content is 91.67% and the language is 91.67%, so it can be concluded that the hybrid motor trainer media is in the very practical and effective category in its use with an N-Gain value of 0.77 or in the high category.
Pengembangan Prototype Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir Berbasis Android Zulhajji; Abdul Wahid; Nur Ikhsan
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.2226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan prototype sistem peringatan dini bencana banjir berbasis android. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (research and development) yang menggunakan model prototype. Dengan tahapan: pengumpulan kebutuhan, proses desain, membangun prototype, evaluasi sistem, dan pengembangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik, observasi, dan kuesioner. Pengujian pada sistem monitoring banjir menggunakan Black-box testing dan standar ISO25010. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu : Fungsional Suitability pada sistem yang telah dibuat adalah 100% “sangat layak”. Usability persentase kelayakan 91% “sangat layak”. Maintainability diperoleh hasil dari instrumentation, consistency dan simplicity dapat dikategorikan sesuai dan memenuhi standar. Portability menunjukan sistem dapat diakses diberbagai jenis android yang berbeda. Pengujian sistem secara keseluruhan dengan menguji komponen utama perangkat keras seperti : esp32, sensor ultrasonic, lcd 16x2, dan buzzer semua komponen tersebut dinyatakan berfungsi dengan baik. Pengujian sensor dengan membandingkan jarak sebenarnya dengan jarak hasil ukur didapatkan nilai kelayakan 98%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut sistem monitoring banjir berbasis android telah memenuhi pengujian dan dikatakan layak.
E-Modul Riset Operasi Materi Metode Grafik Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Rokania Riky Prima; Jufri; Ramses Hutagol
Jurnal MediaTIK Volume 7 Issue 2, Mei (2024)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/mediatik.v7i2.2246

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-modul  riset operasi materi metode grafik mahasiswa pendidikan teknologi informasi (PTI) Universitas Rokania yang valid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development ( R&D) dengan menerapkan model pengembangan Plomp. model pengembangan Plomp terdiri dari penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap pembentukan prototipe (prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Penelitian ini menggunakan angket validasi yang di validasi oleh dua validator yaitu ahli materi dan ahli media. Nilai validasi dari ahli materi didapatkan nilai akhir validasi e-modul yaitu 3,79 dengan kategori valid tidak perlu revisi dan untuk nilai validasi dari ahli media didapatkan nilai akhir validasi e-modul yaitu 3,62 dengan kategori valid tidak perlu revisi. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya e-modul riset operasi materi metode grafik mahasiswa pendidikan teknologi informasi (PTI) Universitas Rokania dinyatakan valid dari segi isi, tampilan dan layak digunakan.