cover
Contact Name
Diah Ayu Septi Fauji
Contact Email
septifauji@unpkediri.ac.id
Phone
+6285648737266
Journal Mail Official
senmea@unpkdr.ac.id
Editorial Address
JL.KH AHMAD DAHLAN NO.76 KEDIRI
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
SENMEA
ISSN : -     EISSN : 27768171     DOI : -
Prosiding ini merupakan media publikasi bagi seluruh pemakalah yang mengikuti Seminar Nasional dan Call for Paper Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA). Seminar Nasional Manajemen , Ekonomi dan Akuntansi telah dilaksanakan berturut- turut sejak 2016. Adapun Prosiding SENMEA ini terbit satu kali setahun dengan scope ilmu - ilmu Manajemen, Ekonomi serta Akuntansi.
Articles 211 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021" : 211 Documents clear
ANALISIS REPUTASI, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA BARU MEMILIH PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Bella Kartika Agustina Sukmaningtias; Poniran Yudho Leksono; Rony Kurniawan
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study aims to explain the variables of reputation, location and promotion partially and simultaneously have a significant effect on the decision of new students to choose education at Nusantara University PGRI Kediri. This study uses a quantitative approach. The sample used in the study was 40 new students according to the specified criteria and analyzed using coefficient of determination analysis, multiple linear regression test and hypothesis testing (t test and F test) with SPSS software for windows version 25. Based on the results of this study partially there are there is a significant influence of reputation, there is a significant influence of location, there is a significant effect of promotion and simultaneously there is a significant effect of reputation, location and promotion on the decision of new students to choose education at Nusantara University PGRI Kediri. Keywords: Reputation, Location, Promotion, Choice Decision Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan variabel reputasi, lokasi dan promosi secara parsial serta simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa baru memilih pendidikan di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 40 mahasiswa baru sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan dianalisis menggunakan analisis koefisien determinasi, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan software SPSS for windows versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini secara parsial ada pengaruh reputasi yang signifikan, ada pengaruh lokasi yang signifikan, ada pengaruh promosi yang signifikan dan secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara reputasi, lokasi dan promosi terhadap keputusan mahasiswa baru memilih pendidikan di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci : Reputasi, Lokasi, Promosi, Keputusan Memilih
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, TINGKAT HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT SYAREKAH JAYA GAS KEDIRI Fatwa Muhamad Haris; Poniran Yudho Leksono; Rony Kurniawan
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The purpose of this study is to explain the variables of service quality, price level, and product quality simultaneously have a significant effect on purchasing decisions at PT Syarekah Jaya Gas Kediri. The research technique uses the causality method with a quantitative approach. The research sample is 40 consumers at PT Syarekah Jaya Gas Kediri according to the specified criteria and analyzed using coefficient of determination analysis, multiple linear regression test and hypothesis testing (t test and F test) with SPSS software for windows version 25. The conclusion in this study shows that partially service quality, price, product quality have a significant effect on purchasing decisions on purchasing decisions at PT Syarekah Jaya Gas Kediri. service quality, price and product quality simultaneously (simultaneously) have a significant positive effect on purchasing decisions at PT Syarekah Jaya Gas Kediri in 2021. Keywords : service Quality, Price Level, Product Quality and Purchase Decision Abstrak Tujuan penelitian ini menjelaskan variable kualitas pelayanan, tingkat harga, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Syarekah Jaya Gas Kediri. Teknik penelitian menggunakan metode kausalitas dengan pendekatan kuantitatif.. Sampel penelitian adalah 40 konsumen pada PT Syarekah Jaya Gas Kediri sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan dianalisis menggunakan analisis koefisien determinasi, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan software SPSS for windows versi 25. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan, harga, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian pada PT Syarekah Jaya Gas Kediri. kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Syarekah Jaya Gas Kediri tahun 2021. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tingkat Harga, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian
Gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor kecamatan Tanjunganom kabupaten Nganjuk Wahyu Rini Wulandari
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study aims to explain the form of leadership style in improving the performance of Tanjunganom district office employees, Nganjuk district. This study uses a qualitative approach. The informants used in the study were 5 people who had met the 5R criteria, namely : Relevance, Recommendation, Rapport, Readiness, and Reassurance. Data were analyzed by data reduction, data display, and data verification. Based on the results of the study, that the leader applies a democratic leadership style which can be seen from the way the leader (1) involves his employees in making decisions, (2) gives rewards to employees who have achieved achievements, (3) applies two-way communication, (4) provides examples kind to employees, (5) ready to bear the consequences of every action, (6) approach employees through communication. Keywords: Leadership Style, employee perfomance Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor kecamatan Tanjunganom kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian berjumlah 5 orang yang sudah memenuhi kriteria 5R, yaitu : Relevance, Recommendation, Rapport, Readiness, dan Reassurance. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan demokratik yang dapat dilihat dari cara pemimpin (1) melibatkan pegawainya dalam mengambil keputusan, (2) memberikan reward kepada pegawai yang telah mencapai prestasi, (3) menerapkan komunikasi dua arah, (4) memberikan contoh baik kepada pegawainya, (5) siap menanggung akibat dari setiap perbuatan, (6) melakukan pendekatan kepada pegawai melalui komunikasi. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai
IMPLEMENTASI MARKETING MIX UNTUK MENINGKATKAN BUYING DECISION KONSUMEN GOLDEN SWALAYAN KEDIRI Friscilla Leniensi; Basthoumi Muslih
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini terkait dengan bagaimana pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, dan pelayanan untuk meningkatkan buying decision konsumen di Golden Swalayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Responden dalam penelitian ini adalah 30 konsumen yang menjadi pelanggan Golden Swalayan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linier berganda dan koefisien deteminasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen. Hasil uji t menunnukan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,005, Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,000, Lokasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,597, Promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,422, Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,026. Hasil uji F menunnjukan diketahui bahwa nilai Ftabel 2,023 atau nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas sebesar 0,05 (0,000<0,05) Ho ditolak, ini berarti variabel dependen yaitu produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Marketing Mix (produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan), Buying Decision.
Analisis Kompensasi Untuk Meningkatkan Kinerja Pekerja Harian Gudang Nganjuk PT Tirta Restu Ayunda Muhammad Afandi Syahroni
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya sumber daya manusia sangat penting bagi suatu perusahaan atau suatu lembaga dalam mengelola, mengatur, dan menjalankan kegiatan di suatu organisasi, agar dapat mencapai kemampuan yang maksimal. Manusia menjadi penggerak dan penentu jalannya organisasi di mana mereka mampu mengetahui informasi-informasi dari lingkungan dengan menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujun untuk menganalisis kompensasi untuk meningkatkan kinerja pekerja harian pada Gudang Nganjuk PT Tirta Restu Ayunda. Pemberian kompensasi yang baik, sesuai dan tepat waktu pastinya dapat meningkatkan kinerja pekerja harian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan melakukan wawancara kepada pemimpin gudang dan juga pekerja harian. Infoman dalam penelitian ini adalah enam orang. Informan tersebut terdiri dari satu orang pimpinan gudang dan lima orang pekerja harian lepas. Wawancara yang dilakukan yaitu wawancara tidak terstruktur. Dilakukan dimana peneliti tidak mengunakan pedoman wawancara yang tersusun secara sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah yaitu (1) Sistem penggajian pekerja harian Gudang Nganjuk PT Tirta Restu Ayunda diberikan secara tunai setiap minggu pada hari sabtu, tetapi ada juga keterlambatan. (2) Imbalan untuk pekerja harian juga diberikan oleh pemimpin gudang apabila kinerja pekerja harian meningkat yaitu berupa uang rokok, makan dan lainnya. (3) Tunjangan atau ganti rugi pekerja harian jika mengalami kecelakaan kerja dikelola oleh pemimpin gudang. (4) Fasilitas penunjang untuk pekerja harian di gudang nganjuk disediakan pemimpin gudang.
PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PLN KERTOSONO NGANJUK Rizky Reva Ananda; Hery Purnomo; Dodi Kusuma Hadi Soejoko
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan di PLN Kertosono Nganjuk. Dalam penelitian ini, kinerja pegawai merupakan variabel terikat, dan variabel bebasnya adalah knowledge sharing, dan motivasi kerja. Kinerja bukanlah mata rantai terakhir dalam rangkaian proses kerja, melainkan tampilan yang holistik yang diawali dari faktor aktivitas input proses, output serta bahan outcome. Data diperoleh dari pelanggan PLN Kertosono Nganjuk. Jumlah sampel sebanyak 40 pelanggan. Teknik analisa data digunakan regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5%.. Hasil yang didapat bahwa knowledge sharing, motivasi kerja secara individual berpengaruh signifikan pada kinerja karyawan, dan knowledge sharing dan motivasi kerja kolaboratif memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Adjusted R Square sebesar 97,3% artinya besarnya pengaruh knowledge sharing, dan motivasi kerja terhadap keputusan konsumen, sedangkan 3% diterangkan faktor lainnya tidak ada dalam penelitian ini.
ANALISIS DUKUNGAN SELEBRITI, GAMBARAN MEREK, DAN HARGA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK BUSANA 3SECOND Khusna Fatimatus Syahroq; Hery Purnomo; Dodi Kusuma Hadi Soejoko
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mendampaki keputusan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di 3Second Kota Kediri. Keputusan konsumen merupakan variabel dependen sedangkan variabel independen adalah harga, citra merek, dan celebrity endorse. Data diperoleh dari pelanggan 3Second Kota Kediri. Jumlah sampel sebanyak 40 pelanggan. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5% untuk memperoleh grafik komprehensif hubungan satu variabel dengan variabel lain. Penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, citra merek dan celebrity endorse berpengaruh signifikan pada keputusan konsumen. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel harga, citra merek dan celebrity endorse secara simultan berpengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan. Hasil adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0,837 atau 83,7% yang artinya bahwa besarnya pengaruh harga, citra merek dan celebrity endorse pada keputusan konsumen secara bersama-sama (simultan) adalah sebesar 83,7%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 16,3% diterangkan faktor lain yang tidak ada di penelitian ini.
PENERAPAN METODE ABC DAN EOQ DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAAN SUSU FORMULA PADA SAKINAH 212 MART KEDIRI Ishmatul Maula; Rony Kurniawan
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian dilatar belakangi oleh hasil riset dari peneliti bahwa pengendalian persediaan susu formula Sakinah 212 Mart Kediri belum dikelola dengan optimal, pengelolaan kurang efisien mengakibatkan kelebihan stok toko tersebut. Selama ini toko tersebut belum menggunakan metode analisis ABC dan EOQ. Penelitian ini dilakukan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Berdasarkan analisis ABC jumlah permintaan susu formula pada kelompok A sebanyak 10 dengan presentase 10.88%-68.62%. Susu formula kategori B sebanyak 12 dengan presentase 71.17-90.70%, yang kategori C 91.66-100.00%. Berdasarkan analisis metode EOQ guna meminimalisir biaya penyimpanan dan over stock, kategori A nilai permintaan yang lebih tinggi dibandingkan kategori B dan C. Pembelian semula 1392 unit per pesanan dengan frekuensi 48 kali dalam satu tahun, metode EOQ pemesanan menjadi 561 unit per pesanan dengan frekuensi pemesanan menjadi 3 kali dengan jarak 104 hari. Total biaya persediaan sebesar Rp. 4.655.723, menurut metode EOQ sebesar Rp. 383.121, jadi perusahaan terdapat penghematan sebesar Rp. 4.272.602. ROP sebanyak 45 unit per tahun.
ANALISIS PENERAPAN PROMOSI DI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BENGKEL CAT KK-PAINT KOTA KEDIRI Dedy Eka Septian Alief Mukmin; Sigit Wisnu Setya Bhirawa
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini memunculkan persaingan yang semakinketat sehingga membuat para pengusaha mencari strategi yang tepat untukmengelola kelangsungan usahanya. Banyaknya jenis media sosial saat ini seperti,Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Perusahaan pada dasarnya didirikandengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan jalan menyediakan jasa yangsesuai dengan kebutuhan masyarakat. Keuntungan dapat diperoleh apabilaperusahaan bisa mencapai pendapatan yang lebih daripada tahun ketahun.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan promosimenggunakan media Instagram dalam meningkatkan Pendapatan BengkelKKpaint. Berhubung penelitian dilakukan pada bengkel yang dalam usia masihmuda,dengan temuan-temuan yang ada diharapkan dapat menambah pengetahuanmengenai media sosial yang digunakan sebagai media berpromosi untukmenawarkan jasanya.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganteknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara dengan pengelola dan pelangganBengkel KK-Paint. Teknik analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dansekunder.Kesimpulan dalam penlitian ini adalah: (1) Bengkel KK-Paint telahmemanfaatkan jejaring sosial Instagram sebagai media promosi, karena jejaringsosial Instagram telah membantu dalam kegiatan promosi Bengkel KK-Paintsebagai pelaku usaha bisnis dibidang jasa pengecatan dengan target pasar yang telahmereka tentukan, karena Instagram dianggap lebih dapat diandalkan dibandingmediasosial yang lainnya. (2) Bukan hanya Instagram tetapi juga menggunakanmedia sosial seperti facebook, tetapi dalam pengertian fitur lebih banyak Instagram.
DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN WALLPAPER DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI ONLINE DAN WORD OF MOUTH PADA K.A WALLPAPER KEDIRI Kharis Abadi
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 6 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2021
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keputusan pembelian produk pada K.A Wallpaper yang mengalami fluktuatif atau tidak menentu. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, promosi online, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk K.A Wallpaper Kediri serta menganalisis masalah apakah yang sebenarnya terjadi serta mencari tahu variable apakah yang berpengaruh signifikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran angket kuisioner. Cara analisis yang digunakan oleh peneliti adalah Analisis regresi berganda dengan software SPSS 23 kemudian hasil analisis berupa angka-angka tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk K.A Wallpaper. Promosi online berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk K.A Wallpaper. Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk K.A Wallpaper. Kemudian melalui uji F dapat diketahu bahwa secara simultan ketiga variable tersebut mepengaruhi keputusan pembelian.

Page 1 of 22 | Total Record : 211