cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 3046787X     EISSN : 30467179     DOI : https://doi.org/10.57235
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: 1. Sains, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2. Pendidikan dan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, 3. Hukum, Sosial, Politik, Budaya, Antropologi 4. Akuntansi, Ekonomi, Bisnis, Manajemen SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan April & Oktober
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 95 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024" : 95 Documents clear
Analisis Literasi Digital Siswa Kelas VIII E Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 16 Kota Jambi Fanny Puspasari Sianipar; Firman Firman; Alif Aditya Candra
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3485

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman literasi digital siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 16 Kota Jambi, untuk mengetahui tantangan atau hambatan yang dihadapi siswa Kelas VIII E di SMP Negeri 16 Kota Jambi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian data deskriptif kualitatif. Informan diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian disarankan agar pemahaman literasi digital siswa kelas VIII E di SMP Negeri 16 Kota Jambi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan perlu ditingkatkan melalui pembiasaan menggunakan media teknologi digital dalam pembelajaran. Juga disarankan untuk melakukan pemberian pelatihan kepada Guru mengenai penggunaan media teknologi digital serta dilakukannya evaluasi. Penelitian ini dapat disimpulkan (1) Kemampuan literasi digital siswa kelas VIII E dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan belum dapat dikatakan baik. Hal ini dikarenakan masih ada siswa yang belum terbiasa dengan penggunaan media teknologi dan tidak melakukan evaluasi atau pengecekan ulang terhadap informasi yang diperoleh. (2) Keterbatasan akses dan sarana, kurangnya keterampilan teknologi dasar, kesulitan dalam evaluasi informasi yang menjadi hambatan siswa menyebabkan kurangnya kemampuan literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Implementasi Pengelolaan PPH 21, PPH 22, dan PPH 23 di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau Nadia Fitri Ramadani; R Septian Armel
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3340

Abstract

PPH ensures that every individual or legal entity that owns wealth contributes to the financing of the state, so that the tax burden is evenly distributed across society and supports economic stability and general welfare. This is achieved by ensuring that any taxable transactions are fairly and clearly assigned to domestic taxpayers or permanent establishments. In addition, it promotes financial stability. Riau Province's Community and Village Empowerment Office conducted this investigation. The study looked at the system and management of PPh 21, 22, and 23 tax burdens. It was conducted from June to July 2024. The Dinas's Financial Data Application (ADK) and Daily and Monthly Transaction Recapitulation (RTHA DTH) used observations, interviews, and instructions to collect data for this study. Preliminary data was also derived from a qualitative descriptive approach. Articles 22 and 23 of Income Tax provide BPKD with the tax payable from relevant transactions, such as the purchase of goods and services, in accordance with the provisions of the applicable tax regulations. This is done to support clear and reliable regional financial management and ensure compliance with tax obligations. Riau Province's Community and Village Empowerment Agency brings together PPH 21, 22, and 23. The reports are sent via DJP Online e-Filing. The purpose of this process is to ensure tax regulations apply to the income of the individual or company being taxed.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Fase 2 Dalam Pembelajaran Sosiologi Menggunakan Model The Power of Two di SMAN 3 Padang Zariffullah Zariffullah; Buchari Nurdin; Sarbaitinil Sarbaitinil
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3228

Abstract

This research is motivated by the low learning outcomes of class X Phase E2 students in learning Sociology at SMAN 3 Padang. The purpose of this study is to improve student learning outcomes by using The Power of Two model. This research method is Classroom Action Research (PTK) formulated by Ari Kunto which consists of four components, namely (1) Planning, (2) Action, (3) Observation/evaluation, (4) Reflection, with a mixed approach or Mixet Methods. The data of this research is in the form of information about the data on the results of actions obtained from the results of observations, the results of observation of teacher activities, the results of student affective assessments and student learning outcome tests. This research was carried out in 3 cycles. The results of the 1st cycle of research obtained an average student score of 76.83 with 15 (41%) students completing 21 (58%). In the second cycle, the average score of students was 78.86 with student completeness increasing to 22 (61.11%) and incomplete students 14 (38.88%). In the third cycle, the average score of students was 85.25 with student completeness increasing by 32 (88.88%) and incomplete students by 4 (11.11%). This means that in the third cycle the research target has been achieved. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the application of The Power of Two model in Sociology learning can improve students' cognitive learning outcomes, namely from 41% in cycle I increased to 61.11% in cycle II, increased again to 88.88% in cycle III. 
Analisis Kearifan Lokal Batobo Terhadap Nilai Gotong Royong di Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabuputen Sijunjung Rahmi Nur Hafifah; Budi Juliardi; Indra Rahmat
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3278

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh bentuk gotong royong dalam kearifan lokal batobo Nagari Padang Laweh. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis kearifan lokal batobo terhadap nilai gotong royong di Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi: Wali Nagari, Niniak mamak, Anggota Batobo,dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data kearifan lokal batobo di Nagari Padang Laweh adalah kegiatan di bidang pertanian yang dilaksanakan secara bergotong royong guna untuk menolong sesama masyarakat yang memiliki lahan pertanian. Kegiatan yang dilakukan dalam batobo yaitu mulai dari proses pembersihan lahan hingga dengan panen hasil, yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Hal tersebut membuat masyarakat memandang kegiatan batobo sebagai kegiatan yang memberikan rasa kepedulian baik suka maupun duka, tidak hanya dalam batobo tapi juga dalam kegiatan lainnya seperti membantu masyarakat yang mengalami musibah. Kesimpulan dari penelitian ini ialah batobo merupakan kegiatan yang memiliki nilai kerja sama yang dilakukan untuk tolong menolong secara bersama dan sukarela yang dibuktikan dengan kegiatan dalam menyelesaikan proses pengelolaan lahan pertanian dan memiliki banyak manfaat dalam menjaga silaturahmi antar masyarakat, membantu satu sama lain dan berbagi ilmu tentang pertanian yang dapat meningkatkan rasa kepedulian baik suka maupun duka yang membuat kearifan lokal batobo tidak tergantikan oleh teknologi.
Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Burnout Dalam Belajar Siswa Vira Winellya; Raja Arlizon; Tri Umari
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3449

Abstract

Burnout dalam belajar siswa terjadi karena faktor internal yang terdapat dalam diri siswa yaitu kondisi fisik dan psikis yang lelah, dan dari faktor eksternal yang terdapat dari luar diri siswa seperti bosan dengan metode mengajar guru didalam kelas, siswa yang tidak akrab dengan temannya atau orang disekitarnya dan tugas-tugas sekolah yang harus dikerjakan. Untuk mengurangi burnout dalam belajar siswa, salah satu layanan yang dapat diberikan di sekolah adalah konseling kelompok dengan bantuan teknik self instruction. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh konseling kelompok dengan teknik self instruction untuk mengurangi burnout dalam belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan match kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa yang memiliki tingkat burnout dalam belajar tinggi sebanyak 7 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif, uji wilcoxon, dan N-gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok dengan teknik self instruction untuk mengurangi burnout dalam belajar siswa.
Analisis Pelaksanaan Penyidikan Terhadap Tindak Pidana Pencurian Alat Mesin Pabrik Tapioka di Lampung Tengah (Studi Putusan Nomor: 188/Pid.B/2023/PN Gns) Zulfi Diane Zaini; Dimas Caesar Pratama
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3522

Abstract

Hukum pidana, menurut W. L. G Lemaire P. A. F Lamintang, terdiri dari peraturan yang mencakup kewajiban dan larangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk digunakan sebagai sanksi, yaitu penderitaan yang khusus. Hasil penelitian faktor penyebab tindak pidana pencurian alat mesin pabrik tapioka di Lampung Tengah berdasarkan Putusan Nomor 188/pid.b/2023/PN Gns. Faktor-faktor yang menyebabkan tindak pidana pencurian, yaitu faktor ekonomi yang menyebabkan terjadinya tindak pidana pencurian, faktor pendidikan, faktor pekerjaan, faktor kelalaian korban, faktor lingkungan, faktor individu, faktor penegakan hukum, faktor perkembangan global dan faktor gaya hidup dan bagaimanakah Pertimbangan Hakim dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana pada tindak Pidana pencurian alat mesin pabrik tapioka di Lampung Tengah berdasarkan Putusan Nomor 188/pid.b/2023/PN Gns. Pertimbangan Hakim mempertimbangkan unsur-unsur dan fakta-fakta yang ada di persidang dan juga Majelis Hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan seperti terdakwa Perbuatan Terdakwa I dan Terdakwa II meresahkan masyarakat, hal-hal yang meringankan seperti Terdakwa I dan Terdakwa II belum pernah dihukum, selama jalannya persidangan Majelis Hakim melihat pada diri Terdakwa I dan Terdakwa II masih dapat diperbaiki tingkah lakunya.
Analisis Kinerja Petugas Lost and Found Dalam Menangani Laporan Bagasi Rusak Padamaskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Syahfran Syahfran
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3381

Abstract

Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) merupakan sebuah bandar udara yang terletak di Desa Palihan Kecamatan Temon, Kulon Progo. Dalam setiap penerbangan, sebagian besar penumpang akan membawa bagasi. Bagasi dapat berupa koper, tas, atau benda lain yang dibawa oleh setiap penumpang. Dalam melaksanakan pelayanannya, maskapai penerbangan termasuk Garuda Indonesia bekerja sama dengan perusahaan ground handling untuk membantu dalam memberikan pelayanan baik untuk melayani penumpang, barang dan bagasi penumpang, maupun melayani cargo. Dalam setiap penerbangan, sebagian besar penumpang akan membawa bagasi. Bagasi dapat berupa koper, tas, atau benda lain yang dibawa oleh setiap penumpang. Dalam penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif, data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah dikumpulkan kemudian diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi untuk menarik kesimpulan sehingga hasil penelitian  dapat di pertanggung jawabkan. Kinerja petugas Lost and Found pada maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Yogyakarta telah memenuhi standar yang diharapkan dalam penanganan laporan bagasi rusak dengan tepat waktu, mespons cepat, melaporkan kerusakan, pemerikasaan dokumen, Komunikasi dengan penumpang dan kompensasi. Petugas Lost and Found pada maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Yogyakarta telah melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, yang mencerminkan dedikasi perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpangnya.
Keputusan Ina Namabalu Untuk Tetap Mempertahankan Statusnya Sebagai Single Parent di Desa Sabungan Nihuta Kecamatan Ronggur Nihuta Dahlia Naibaho; Supsiloani Supsiloani
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan para Ina Namabalu di desa Sabungan Nihuta Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir memilih untuk tidak menikah lagi dan mengungkap strategi perjuangan Ina Namabalu dalam mempertahankan hidup sebagai single parent. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitiatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan data-data secara mendalam tentang objek penelitian, sedangkan pendekatan fenomenologi yaitu untuk menjelaskan kondisi sesuai dengan situasi yang dialami Ina Namabalu berdasarkan pengalaman hidup mereka. Fenomena yang terjadi di desa Sabungan Nihuta adalah bahwa banyak Ina Namabalu yang tetap mempertahankan statusnya sebagai single parent. Alasan utama Ina Namabalu dalam memilih bertahan sebagai single parent yaitu karena memegang nilai filosofi batak Anakhon Hi Do Hamoraon Di Ahu. Semua informan yang telah di wawancarai sama-sama mengungkapkan alasan utama mereka adalah nilai filosofi tersebut, kemudian di dukung oleh beberapa alasan lainnya seperti rasa trauma kehilangan, sudah berdamai dengan keadaan, takut mendapatkan suami yang tidak sesuai dengan harapannya, takut tidak diperbolehkan untuk tetap tinggal dalam rumah suaminya, dan takut tidak dapat ikut serta dalam pernikahan anaknya ketika menikah. Keputusan Ina Namabalu untuk mengambil tindakan tidak menikah lagi dilakukan bukan tanpa tujuan, tetapi setiap tindakan Ina Namabalu memiliki makna dan tujuan di dalamnya, seperti untuk mempertahankan posisinya dalam keluarga suami, mempertahankan anaknya, dan menjaga agar hubungan dengan keluarga suami tidak putus.
Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 169 Pekanbaru Safira Deswita; Febrina Dafit
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3503

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negeri 169 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I menunjukkan bahwa meskipun media video animasi mempengaruhi minat belajar siswa, hasilnya masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan hasil refleksi, siklus II dioptimalkan dengan penyesuaian modul ajar dan media, yang kemudian menghasilkan peningkatan signifikan dalam minat dan keterlibatan siswa. Tanggapan siswa menunjukkan bahwa media video animasi membuat pembelajaran lebih menyenangkan, memudahkan pemahaman materi, dan meningkatkan konsentrasi serta semangat belajar. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa media animasi dapat secara positif mempengaruhi minat belajar siswa. Disarankan agar guru terus mengintegrasikan media animasi dalam pembelajaran, siswa memanfaatkan media ini untuk belajar mandiri, dan sekolah serta peneliti selanjutnya mempertimbangkan penggunaan teknologi pendidikan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Pengaruh Penggunan Alat Peraga Bangun Ruang (Jaring-Jaring Kubus) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 116 Pekanbaru Aldo Rispaldi; Siti Qurratul Ain
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3353

Abstract

Penenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas 5A SD Negeri 116 Pekanbaru. Desain Penelitian ini menggunakan One Group Design yang hanya meneliti satu kelas dan membandingkan sebelum penggunaan alat peraga dan sesudah penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika kelas 5 materi bangun ruang kubus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran, dapat menjadi pilihan yang efektif bagi guru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa

Page 1 of 10 | Total Record : 95