cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Research Report - Engineering Science
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Research Report - Engineering Science merupakan kumpulan laporan penelitian yang dilakukan oleh para dosen Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dalam bidang rekayasa. Penelitian tersebut didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan. Bidang rekayasa mencakup berbagai disiplin ilmu, diantaranya Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Informatika, Matematika dan Fisika. Research Abstract diterbitkan dua (2) kali setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 (2012)" : 29 Documents clear
Konsep Kearifan Lokal Dalam Arsitektur Rumah Tinggal Masyarakat Kota Pesisir Utara Jawa Kasus Studi : Arsitektur Rumah Tinggal di Kampung Sumber Girang - Lasem Bachtiar Fauzy
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2787.605 KB)

Abstract

Bentuk arsitektur jawa pesisiran di Pesisirutara Jawa merupakan arsitektur yang sangat dipengaruhi olehnilai-nilai budaya Arab, Kolonial dan Cina. Hal inidiperkuat dengan data sejarah tentang masuknya budaya Arabpada abad ke - 15, Kolonial abad ke – 16 dan Cina abad ke -13 di kawasan tersebut.Studi ini bertujuan untuk mengungkap konsepkearifan lokal dalam arsitektur rumah tinggal masyarakat kotaPesisir utara Jawa di kampung tumbuh mandiri Jawa, yaknikampung Sumber Girang, Lasem yang merupakan permukimanmasyarakat Jawa yang dipengaruhi oleh nilai dan unsur budayaCina. Nilai-nilai dan konsep kearifan lokal tersebutmemiliki unsur yang baku sehingga bentuk arsitekturnya dapatditelusuri melalui relasi konsep fungsi, bentuk dan maknanyayang pada akhirnya akan menemukan struktur permukaan danstruktur dalam arsitektur masyarakat kota Pesisir utara Jawa.Metode yang digunakan dalam studi ini adalahdeskriptif, analitis dan interpretatif berdasar pada buktiempiris dengan menerapkan teori budaya, strukturalisme,tipolmorfo dan relasi fungsi, bentuk dan makna yang digunakanuntuk mengungkap konsep kearifan lokal dalam arsitektur rumahtinggal masyarakat kota Pesisir utara Jawa.Hasil dari studi ini menyebutkan bahwaarsitektur pesisir memiliki konsep kearifan lokal dalamarsitektur yang dapat diterapkan pada rumah-rumah di kawasanperumahan tradisional lainnya berdasarkan latar belakangpengaruh budayanya. Studi ini diharapkan dapat memberikanmanfaat sebagai rujukan bagi kasus studi yang serupa dibeberapa kawasan Pesisir lainnya serta dapat menyumbangkanpengetahuan teori arsitektur rumah tinggal Pesisir sertaadanya konsep kearifan lokal dalam arsitektur secaraberkesinambungan.Kata kunci : Konsep, kearifan, lokal, arsitektur rumahtinggal, masyarakat kota Pesisir utara Jawa
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AWAL AKAN SISTEM PENDUKUNG KOMUNIKASI SOSIAL UNTUK PENDUDUK LANJUT USIA (ELDERLY) DI INDONESIA Johanna Hariandja; Carles Sitompul
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26704.156 KB)

Abstract

Belakangan ini, fenomena penuaan populasi (aging population) telah melanda di negara-­‐negara berkembang seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup penduduk dan jumlah penduduk lanjut usia (elderly). Indonesia pun tidak luput mengalami fenomena tersebut, melihat proporsi jumlah penduduk lanjut usia dari total jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu implikasi yang cukup penting dari fenomena tersebut adalah peningkatan rasio ketergantungan lanjut usia (old-­‐age dependency ratio). Ketergantungan lanjut usia terhadap orang lain cenderung meningkatkan kebutuhan orang lanjut usia untuk bersosialisasi. Di samping itu, waktu yang tersedia untuk bersosialisasi pun relatif menjadi lebih banyak dibandingkan ketika mereka masih belum menginjak usia lanjut. Namun ironisnya banyak orang lanjut usia yang cenderung mengalami masalah kesepian (loneliness).Dalam rangka memfasilitasi aktivitas sosial lansia yang lebih efektif dan efisien, dibutuhkan adanya suatu media komunikasi sosial yang lebih sesuai dengan kebutuhan, pola hidup serta kemampuan fisik dan kognitif mereka. Penelitian ini melihat permasalahan tersebut dari sisi pandang perancangan produk dan teknologi komunikasi dengan mengidentifikasi kebutuhan awal dan menghasilkan konsep desain suatu sistem pendukung komunikasi sosial untuk penduduk lanjut usia di Indonesia.Dua langkah utama yang dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah melakukan survei melalui wawancara dengan 40 orang lansia yang berdomisili di 3 kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta dan Surabaya, serta menyelenggarakan suatu design workshop. Dari hasil survei diperoleh beberapa kebutuhan awal akan sistem pendukung komunikasi sosial untuk lansia, antara lain perlu dirancang suatu sistem yang memungkinkan komunikasi yang rutin dan mudah, memudahkan penggunaan media komunikasi dengan teknologi masa kini, dan menggunakan media komunikasi yang ergonomis. Berangkat dari persona dan scenario yang disusun berdasarkan kebutuhan-­‐ kebutuhan tersebut, dilaksanakan suatu design workshop yang diikuti 10 orang mahasiswa yang menghasilkan 5 konsep desain yaitu FamilyTab, L-­‐Pad, Just Write it Down, CerKom dan Fairy Tale Phone sebagai alternatif konsep sistem pendukung komunikasi sosial untuk lansia.
Explorasi Java 2D Rendering Engine Luciana Abednego; Cecilia E Nugraheni
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4875.21 KB)

Abstract

Proses rendering adalah proses penggambaran primitif-primitif grafik pada piranti keluaranseperti layar monitor atau printer. Proses penggambaran ini mencakup berbagai prosespengaturan berbagai informasi geometri, seperti mengatur arah pandang (view point), tekstur,pencahayaan (lighting), maupun bayangan (shading). Penelitian ini mengeksplorasi sebuahrendering engine Java 2D. Hasil penelitian ini dirangkum dalam sebuah modul eksplorasirendering engine Java 2D dan program-program kecil untuk melihat langsung jalannyabeberapa metode / algoritma dasar komputer grafik.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PROGRAM IbM KOMUNITAS IBU BELAJAR MATEMATIKA Livia Owen; Agus Sukmana; Benny Yong; Ivonne Martin; Liem Chin; Taufik Limansyah
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1796.02 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu tahapan dari program pengabdian masyarakat yangdilaksanakan oleh kelompok dosen dan mahasiswa jurusan Matematika UNPAR.Program ini berupa pelatihan dan pendampingan bagi komunitas ibu untuk belajarMatematika. Merujuk pada hasil PISA (Programme for International Student Assessment)tahun 2009 bahwa kemampuan siswa Indonesia pada umumnya buruk dalammenyelesaikan masalah Matematika. Kebanyakan siswa berpandangan bahwaMatematika sulit untuk dipelajari dan kurangnya dukungan orang tua untuk membantusiswa belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, kami merancang program untuk membantupihak sekolah untuk memberdayakan para Ibu siswa supaya mereka dapat membantuputra-putrinya untuk belajar Matematika. Tujuan tersebut dapat dicapai bila terjalinkerjasama yang harmonis dan berkesinambungan antara tiga pihak yaitu: sekolah-­‐orangtua-­‐siswa. Bentuk program adalah pendampingan dan pelatihan kepada para ibu sambilmenunggu putra-putri mereka mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Tujuan penelitian iniadalah menyiapkan buku ajar Matematika untuk pelatihan dan pendampingan. Langkahpenelitian yang telah dilaksanakan adalah survei kebutuhan, menyusun kerangka danmembuat draf modul, uji validitas dari pakar, revisi, dan modul final. Hasil penelitianberupa bahan ajar yang terdiri dari 40 topik-topik esensial dalam Kurikulum Matematikasekolah dasar. Struktur bahan ajar untuk setiap topik dimulai dengan konsep, contoh soal,latihan, pembahasan, dan kunci jawaban. Buku ajar tersebut siap digunakan untukprogram tersebut.
OPTIMASI RASIO TEPUNG TERIGU, TEPUNG PISANG, DAN TEPUNG UBI JALAR, SERTA KONSENTRASI ZAT ADITIF PADA PEMBUATAN MIE Judy Retti Witono; Angela Justina; Heidylia Stella Lukmana
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3185.146 KB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada diversifikasi pangan di Indonesia (dalam hal ini adalah mie)menggunakan alternatif bahan baku yang relatif murah dan tersedia berkelimpahan. Selaintepung terigu, akan digunakan tepung pisang dan tepung ubi jalar untuk substitusi parsial.Penelitian dimulai dengan analisis bahan baku (kadar karbohidrat, protein, serat, air, danabu); pembuatan mie dengan variasi rasio tepung terigu terhadap tepung campuran, variasijenis dan konsentrasi aditif (CMC dan xanthan gum). Produk mie dianalisis tekstur dan sifatfisiknya selama pemasakan (swelling index dan cooking loss). Faktor yang diamati adalahrasio dari tepung terigu dan campuran dan konsentrasi zat aditif. Sedangkan respon yangakan diamati adalah tingkat kekerasan mie, nilai swelling index, dan nilai cooking loss.Kondisi optimum ditentukan menggunakan standar mie di pasaran. Mie yang dianggapoptimum dianalisis karbohidrat, protein, serat kasar, abu, dan airnya. Hasil yang diperolehmenunjukan bahwa tepung pisang dan tepung ubi jalar dapat digunakan sebagai bahan bakupembuatan mie. Rasio tepung berpengaruh signifikan terhadap tingkat kekerasan mie, nilaiswelling index, dan nilai cooking loss mie kering. Sementara, konsentrasi zat aditif hanyaberpengaruh signifikan terhadap nilai cooking loss mie kering yang dihasilkan. Daripenelitian ini diharapkan dapat dikembangkan penelitian lanjutan dengan target modifikasipati sehingga tidak menggunakan tepung terigu sama sekali. Penelitian ini sendirimerupakan bagian dari penelitian besar dengan tujuan akhir bisa didapatkan re-assemblybaik di bidang pangan maupun non pangan.
ANALISIS CUSTOMER LIFETIME VALUE TERHADAP WHOLESALE CUSTOMER PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DENGAN MEMPERHITUNGKAN RISIKO POTENSI LABA Fransiscus Rian Pratikto; Yogi Yusuf Wibisono
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1313.398 KB)

Abstract

Pendekatan holistic marketing, di mana 2 komponen di antaranya adalah relationship marketing danperformance marketing, menekankan pentingnya menjaga hubungan jangka panjang dengankonsumen dan membuat setiap keputusan terkait dengan hubungan tersebut akuntabel. CustomerLifetime Value (CLV) merupakan salah satu pendekatan untuk mengkuantifikasi proyeksi laba yangdiperoleh perusahaan dari setiap konsumennya. Nilai CLV bisa menjadi justifikasi bagi keputusaninvestasi pemasaran perusahaan.Bisnis wholesale dalam telekomunikasi melayani konsumen yang masuk dalam kategori OLO (OtherLicensed Operator). Konsumen OLO membeli produk dan layanan untuk dijual kembali padakonsumen retail.Biasanya, pembelian dilakukan berdasarkan suatu kontrak untuk periode 1 tahunatau lebih. Dalam penelitian ini, produk wholesale dikategorikan ke dalam 4 streamyaituinterkoneksi, jasa jaringan, multimedia, danvalue added service (VAS).Selama ini penerapan CLV biasanya menggunakan discount rate yang sama untuk semua konsumen,padahal setiap proyeksi aliran laba dari setiap konsumen mengandung risiko yang berbeda-beda,sesuai dengan kondisi setiap konsumen.Dalam penelitian ini dikembangkan model untuk memasukkan aspek risiko dalam perhitungan CLV.Risiko akan berpengaruh pada discount rate, dan dipengaruhi oleh berbagai macam aspek, yangdikelompokkan dalam 2 kategori besar yaitu aspek internal konsumen dan aspek hubungan strategisantara konsumen dengan perusahaan. Studi kasus dilakukan pada konsumen wholesale dari salahsatu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.
PELESTARIAN ARSITEKTUR MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA Alwin Suryono
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4904.793 KB)

Abstract

Adaptasi Museum Sonobudoyo terhadap tuntutan modernisasi dan lingkungannya yang berubahperlu dicermati pengaruhnya pada kebertahanan makna kultural Budaya Jawa. Studi Ini bertujuanmendeskripsikan fokus Pelestarian Arsitektur, Elemen-elemen Arsitektur Museum yang signifikan danImplementasi pelestariannya. Ketidak-pahaman akan pelestarian beresiko pada hilangnya MaknaKultural yang bernilai.Metode yang digunakan dalam studi ini ialah deskriptif-analitis dan interpretatif berdasarkan buktiempiris dengan menerapkan teori strukturalisme, relasi fungsi-bentuk-makna arsitektur dan teoripelestarian arsitektur, untuk mengungkap fokus pelestarian arsitektur, elemen-elemen signifikanobjek studi dan Implementasi pelestarian arsitektur.Fokus Pelestarian Arsitektur: Fungsi saat ini ialah kegiatan Pameran pada Bangunan utama,Pendopo dan halaman (semula Pendopo untuk menerima tamu/pertunjukan. Bentuk Bangunan(selubung, tata ruang, struktur bangunan), Ruang luar (tapak, lingkungan, arca), dekorasi, ornamen.Makna Kulturalnya ialah bangunan Jawa melalui aspek Bentuk yang serupa rumah tradisionalbangsawan Jawa.Elemen Arsitektur signifikan: Pendopo (terbuka, atap limasan, struktur rangka kayu), Banguan Utama(semi tertutup, tata ruang rumah Jawa), Gerbang Utama, pagar muka/ cepuri, gerbang samping,ornamen/dekorasi (kebenan, saton, wajikan, lung-lungan, padma, peksi garuda, kaligrafi dan wuwungatap).Implementasi pelestarian: Perawatan rutin pada semua bagian bangunan, Adaptasi pada Pendopo(area gamelan ditengah ruangan di bawah atap puncak, kaca pelindung dinetralkan), adaptasiBangunan Utama (optimalisasi penerangan alami), konsolidasi gerbang samping (penguatan).Kata kunci: Fungsi, bentuk, makna, signifikan, implementasi.
ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN DAN PERFORMANSI LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI DI TEKNIK INDUSTRI – UNPAR Yogi Yusuf Wibisono; Hotna M. R Sitorus
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1653.826 KB)

Abstract

Perbaikan secara berkesinambungan harus selalu dilakukan oleh organisasi apapun, termasuk institusi pendidikan agar dapat bertahan dan berkembang dalam persaingan yang sangat ketat. Teknik Industri sebagai salah satu program studi yang ada di Unpar juga menghadapi situasi persaingan dalam merebut calon mahasiswa yang semakin ketat. Adanya stagnansi peminat yang mendaftar ke Teknik Industri Unpar harus diwaspadai oleh pengelola program studi. Upaya-upaya kreatif untuk meningkatkan jumlah peminat harus terus dipikirkan tidak hanya sekedar melalui promosi-promosi tetapi juga dengan upaya jangka panjang seperti membangun reputasi yang baik di mata masyarakat. Reputasi dapat dicapai dengan penyampaian mutu yang tinggi kepada konsumennya. Saat ini di mata mahasiswa sebagai konsumen utama Program Studi Teknik Industri, mutu layanan yang disampaikan TI masih belum sempurna. Oleh karena itu perbaikan terhadap mutu layanan menjadi sangat krusial. Hampir tidak mungkin semua perbaikan dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Banyak kendala antara lain yang utama adalah dana menuntut organisasi termasuk TI-Unpar untuk melakukan prioritas perbaikan. Dalam penelitian ini, prioritas perbaikan disusun dengan melihat dampak perbaikan terhadap kepuasan mahasiswa sehingga sumber daya yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara efisien dan efektif.
Pengukuran Kepuasan Pengguna dan Usulan Peningkatan Layanan Akademik Online di Universitas Katolik Parahyangan: Pengukuran dan Pengembangan Inisiatif Usulan Perbaikan Paulus Sukapto; Fransiscus Rian Pratikto; Gede Karya
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.291 KB)

Abstract

Penyedia layanan selalu berusaha untuk meningkatkan layanannya. Upaya ini membutuhkan pengukuran sebagai dasar bagi inisiatif perbaikan yang akan dilakukan. Layanan akademik online Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dibangun untuk memfasilitasi mahasiswa dalam proses administrasi akademik selama masa studinya. Layanan ini mulai beroperasi pada tahun 2008 dan saat ini sudah beroperasi secara  penuh dan mencakup mahasiswa di semua Program Studi yang ada di Unpar.Sampai saat ini belum pernah dilakukan evaluasi terhadap layanan tersebut dalam bentuk pengukuran kualitas atau kepuasan pengguna yang bisa dijadikan sebagai dasar untuk inisiatif perbaikan. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran tingkat kualitas dan kepuasan pengguna layanan akademik online Universitas Katolik Parahyangan yang nantinya diharapkan bisa menjadi dasar bagi inisiatif perbaikan yang perlu dilakukan oleh Biro Teknologi Informasi sebagai pengelola layanan.Pengukuran didasarkan pada model Customer Information Satisfaction (CIS) dengan modifikasi sesuai dengan kondisi yang ada, menghasilkan 5 dimensi dengan 18 butir pertanyaan tentang kualitas layanan dan 1 butir pertanyaan tentang tingkat kepuasan total. Survey dilakukan secara online melalui portal mahasiswa kepada mahasiswa angkatan 2008. 2009 dan 2010 dengan jumlah responden sebanyak 1.754. Tingkat kepuasan total rata-­‐rata adalah sebesar 3,58 pada skala 6 atau 53,4% berdasarkan TTB. Berdasarkan leverage analysis, 7 atribut menjadi fokus perbaikan, yaitu ketersediaan customer service, kualitas customer service, akurasi informasi, keamanan data, kemutakhiran informasi, fleksibilitas akses, dan kesesuaian content. Berdasarkan hasil pengukuran dan analisis diusulkan beberapa inisiatif perbaikan, yaitu peningkatan koordinasi antara BTI dengan unit terkait, peningkatan kompetensi petugas customer service, perpanjangan jam operasi customer service pada saat beban tinggi, edukasi pengguna mengenai aspek sistem dan content layanan, evaluasi sertifikasi SSL, dan peningkatan fleksibilitas akses.Kata kunci: kepuasan pengguna, kualitas layanan, Customer Information Satisfaction
OTOMASI UJI FUNGSIONAL WEBENTER PRISE Gede Karya; Elisati Hulu
Research Report - Engineering Science Vol. 1 (2012)
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2828.396 KB)

Abstract

Salah satu rangkaian penting dalam pengembangan perangkat lunak adalah fase uji coba. Agar perangkat lunak yang dikembangkan berkualitas dan handal, maka dilakukan uji fungsional dan non fungsional. Untuk melakukan uji fungsional, diperlukan spesifikasi, skenario dan sampel data uji. Pengujian dapat dilakukan berulang-ulang sampai semua kriteria fungsional dapat dipenuhi. Agar pelaksanaan pengujian berjalan konsisten sesuai dengan spesifikasi, skenario dan sampel data uji, walau dilakukan berulang-ulang, maka diperlukan tools otomasi untuk melakukan hal tersebut. Pada penelitian ini dikembangkan model otomasi pengujian fungsional pada lingkungan sistem terdistribusi. Model ini diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak alat uji (tools) yang dapat digunakan oleh pengujian secara berulang-ulang. Alat uji yang dihasilkan diimplementasikan menggunakan antarmuka berbasis web yang memiliki fitur : pengelolaan skenario, agen uji, (test agent), pemesanan pengujian (order), pelaksaan pengujian (test) dan pelaporan hasil (reporting). Test Agent diimplementasikan menggunakan bahasa Java yang memiliki kemampuan mengemulasikan browser yang mendukung HTML, Java Script, dan Ajax. Pengujian dapat dilakukan dengan pendekatan multi agent, baik bersifat standalone maupun service sehingga cocok untuk aplikasi berbasis web  sekala besar (enterprise). Untuk pembuatan skenario, dikembangkan juga bahasa yang dapat digunakan untuk manipulasi semua objek antarmuka pengguna (user interface) berbasis HTML. pengujian telah dilakukan pada sistem portal akademik Unpar yang disederhanakan dengan hasil baik.kata kunci : otomasi uji fungsional, test agent, web enterprise

Page 1 of 3 | Total Record : 29